Lho!!!!…koq ada komponen Bajaj Pulsar di Yamaha Byson..????

59
136

Hari ini saya sedikit dibuat kaget ketika meneliti blok mesin my new blue angel. Disitu ada sesuatu yang menarik perhatian. Sesuatu yang saya sendiri sudah sangat familiar….yaitu salah satu komponen yang terdapat pada Bajaj Pulsar 200. Apa ini artinya…??

Jika brother teliti baut-baut yang mengikat blok mesin Byson sisi kiri dan kanan akan kita jumpai tulisan ” Pooja Forged” pada kepala mur-mur tersebut. Komponen vital ini juga digunakan pada Pulsar series.  Hal ini tentu sedikit mengagetkan dan membikin kita bertanya-tanya. Apakah betul mesin Yamaha Byson sebenarnya masih mengambil dari India lewat seri FZ16 atau YMKI memang sudah berganti haluan mengimpor baut-baut tersebut buat produk mereka. Namun yang terakhir ini sangat mustahil, sebab kemampuan lokal dalam penyediaan suku cadang ini sudah sangat mampu. Pooja Forged sendiri adalah perusahaan pembuat skrup mesin,  baut serta besi tempa berkekuatan tinggi yang berlokasi di Faridabad, Haryana India. Didirikan Oleh Jagdish Aggarwal pada tahun 1977 dan hampir semua motor India menggunakan jasanya berkat kualitas yang diberikan. Terlepas dari semua itu sebenarnya tidak lazim seandainya ATPM tanah air mengimpor komponen-koponen tersebut hanya untuk mengaplikasikannya pada motor lokal. So masih percaya mesin Byson murni dirakit disini..??? …Bagaimana menurut bro semua. Monggo dishare….(iw/11/10/2010)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

59 COMMENTS

  1. apa ini bisa dikonfirmasi bahwa byson yang beredar sampe saat ini merupakan impor dari india yang dilakukan oleh ymki untuk mengejar target perilisan (dan selanjutnya distribusi penjualannya)?

  2. memang misteri… tapi kemarin sempat barengan sama byson… tapi setelah saya perhatikan kok stiker di tangkinya tulisannya malah FZ.. dan ga ada tulisan bysonnya…. piye iki??

    apa memang bener masih import??

  3. Emang banyak bredar kabar bahwa kelahiran byson di Indonesia terlalu di paksakan oleh Ymki..
    Mengingat isu byson udah lama dihembuskan (ampir 2taunan) tp dng mesin 250cc, kmudian dperparah adnya isu peluncuran NMP ole AHM.. Smetara itu lini produksi Ymki sudah penuh ditambah keterbatasan financial..
    Jd ga da cra lain lg de utk mempertahankan mindset pasar.. Ya terpaksa harus boyong mesin byson bulat2 dr yamaha indihe sono..IMHO..

  4. @ bonex_80
    Arahnya memang kesitu…
    @ Hourex
    Saya curiga juga seperti itu. Saya pribadi sih tidak masalah yg penting jangan mengurangi kualitas aja bro…..

  5. kalo kata temen saya yang kerja di yimm sih untuk sekarang emang mesin masih ngambil utuh dari india mas tapi sudah disesuaikan dengan kondisi di indonesia,salah satunya ya dikasik kick starter itu,,

  6. berarti byson yang skarang ini kemungkinan besar masih made in india, ga rugi dong yang beli skarang dengan harga masih 19.9 jt, coba kalo ente import lewat iu bisa-bisa harganya 30 juta tuh …

  7. info ajah bro, udah banyak byonic2 yang lepas logo byson di ganti jadi fz, bahkan ada juga yang cat warna item (indo kan g bikin warna item)

  8. @ Byonic
    Mz bro..boleh minta info beli stiker fZ dimana. tertarik juga nih. Soale font Byson terkesan kaku kurang bagus…

  9. @ uwar
    Nais inpoh mz bro..
    @ fr1z
    Benar jg ya bro…semoga awet deh pokoknya. Sekalinya pindah merk garputala jgn dibikin kecewa aja hehehe

  10. Lah sudah jelas2 kok. Byson masih produk india murni, hanya disesuaikan untuk pasar Indonesia.(yang disesuaikan ya adanya kick starter ana pedal persneleng, plus ganti nama…)
    Kalo produk cacat itu relatif. Kalo produk impor memang YA. Makanya inden juga lama, lantaran nunggu barang masuk yg kadang (dipersulit?) Tapi semoga kualitasnya gak mengecewakan.

  11. bagi saya YMKI terlalu terburu-buru mengeluarkan byson, terbukti banyaknya keluhan di surat kabar & blog.
    sungguh sayang kalau YMKI mengeluarkan byson karena emosi semata (takut kalah ma NMP) yang sama juga merusak nama YMKI

  12. wah kasian deh……mbanggain merk jepang ternyata buatan india juga wkwkwkwk……makanya jgn beli merk….kalo barang india mending bajaj pulsar lah. Di ekspor keluar india ttp ga ada yg dirubah. Ymh dan honda yg jelas mati angin dihajar sm bajaj pulsar series…

  13. pulsar 180 menarik, …
    harganya discount lg, cuma 16 jt-an.
    Sayang 1 hal yang bikin kecewa, gak ada kick stater.
    Bisa dibayangin motor yang gede + berat, trus motor stater ngadat…bisa2 ndorongnya bikin kehabisan nafas.
    Yamaha byson pake part india, is ok yang penting kualitasnya.
    kalo menurutku byson gak buru2, lha wong spy shootnya jg sudah lama muncul kok.
    yang pasti kita mesti terimakasih pada bajaj dan TVS, karena kemunculan mereka, pabrikan jepang mulai buat motor sport yang keren2.

  14. sama mas,,, byson saya turun awal bulan januari ini, bautnya juga masih ada tulisan seperti itu…. padahal sudah hampir 4 bulan sejak launching… berarti YMKI masih ngimpor byson donk… kok yo mang niru2 pssi menaturalisasi pemain….

  15. bukan tabiat Yamaha launcing pertama pake barang CBU, kata orang ymh makanya kalo 100 unit pertama suka banyak masalah, selanjutnya akan terus ada perbaikan, beda sama honda 100 unit pertama biasanya cbu kemudian pelan2 diganti ama lokal konten dikit demi dikit… gak tau kalo tabiatnya udah berubah

  16. oon semua, w orng ya mesen byson jga.
    dan memang motor byson BU (Build Up) dari india sana. untuk 6 bln kedepan kmngkinan byson sudah drakit dsini. kenapa untuk saat ini BU ?
    karena yamaha lagi bikin pabrik baru di indonesia. ditambah lagi YMKI akan menerima jabatan baru sebagai PUSAT PASAR SE-ASIA TENGGARA (KIBLAT MOTOR YAMAHA), sebelumnya kan kiblat asia tenggara di thailand, nah mulai sekarang mau pndah ke indonesia. jadi YMKI akan mengeksport motor ke seluruh asia tenggara serta jepang sendiri. jadi kualitasnya jg naik sebagai standarisasi kualitas ekspor

  17. padahal dari desain yamaha byson sudah mantap, sampai -sampai saya ngefens sama yamaha byson tp sayangnya yamaha byson bukan made in indonesia melainkan made in india…….:-(

  18. harga yamaha byson juga jatuh… coba liat poskota.. banyak yg sudah berani diturunkan dibawah 15jt yg notabene sama dgn harga tiger revo thn 2007. kalo emang produksi indihe.. mending ambil yg bajaj 220 sekalian ….

  19. well black byson ane 2013 baut blok mesin polos mas broo,g ada tulisan”Pooja Forged”….kalo ini murni made in indo bautnya,,

Leave a Reply