Home / Honda / Test Top Speed Honda CBR250RR SP Quick Shifter, berani lawan Ninja ZX-25R ???
Honda Diperbarui

Test Top Speed Honda CBR250RR SP Quick Shifter, berani lawan Ninja ZX-25R ???

Iwanbanaran

Oleh

Iwanbanaran

Publisher & Editor • sejak 2009

Baca 6 menit
Test Top Speed Honda CBR250RR SP Quick Shifter, berani lawan Ninja ZX-25R ???
Test Top Speed Honda CBR250RR SP Quick Shifter, berani lawan Ninja ZX-25R ??? — Foto: Iwanbanaran

Poin Penting

  • Iwanbanaran.com – Cakkkk….IWB mungkin Blogger paling buncit yang meracik video ataupun artikel review Honda New CBR250RR.
  • Namun alhamdulillah jebule sampeyan masih terpesona dengan IWB (suwe-suwe kog nggilani wkwkwk).
  • Maksudnya cak….walaupun wis basi jebule respon sampeyan masih luar biasa.

Iwanbanaran.com – Cakkkk….IWB mungkin Blogger paling buncit yang meracik video ataupun artikel review Honda New CBR250RR. Namun alhamdulillah jebule sampeyan masih terpesona dengan IWB (suwe-suwe kog nggilani wkwkwk). Maksudnya cak….walaupun wis basi jebule respon sampeyan masih luar biasa. Terbukti video test ride sang Quick Shifter masih membludak dan sudah ditonton 70K hanya dalam 15 jam. Asli maturnuwun tenan cak. Nahh…untuk membeberkan dalam sebuah artikel, IWB sudah racik feel keseluruhan sang CBR250RR SP. Seperti apa ? simak detilnya dibawah ini…

Soal lain-lain IWB nggak akan bahas cak dan IWB hanya akan fokus pada feel power, rasa dari fitur Quick Shifter serta assist slipper clutch. Lainnya soale sami mawon cak….termasuk feel riding ataupun built quality yang sudah cukup baik dikelasnya. Nggak berlebihan karena Honda nggak hanya menaikkan tenaga sebab pabrikan sayap mengepak sampai harus mengganti suspensi USD khusus untuk SP dengan panjang 5mm lebih molor dengan kekerasan 10% meningkat dibandingkan versi sebelumnya. Ngarep mburi cak…depan belakang dikerasin. Buat apa ?

Meladeni power yang kini sudah meningkat hingga 41PS. Dengan power besar Honda ogah kehilangan total controlnya. Makanya suspensi juga direvisi seperti yang sudah IWB sebutkan. Yup…..Seperti yang sampeyan ketahui PT Astra Honda Motor (AHM) resmi memperkenalkan Honda CBR250RR SP Quick Shifter sebagai motor supersport 250cc 2-silinder terbaik di dunia….

Advertisement

Iklan Iwanbanaran

Varian tertinggi Honda CBR250RR ini memiliki Quick Shifter serta Assist/Slipper Clutch. Dibekali mesin terbaru bobot tetaplah ringan hanya 168kg. Honda CBR250RR SP Quick Shifter mengusung mesin anyar 250cc 2-silinder DOHC 8-katup dan mampu memuntahkan tenaga maksimal 30 kW (41 PS) / 13.000 rpm dan torsi maksimum hingga 25 Nm (2,5kgf.m) / 11.000 rpm. Nah….seperti apa jalannya test? Simak detilnya dibawah ini..

Untuk versi Honda CBR250RR SP Quick shifter, tenaganya memang cukup terasa perbedaannya. Ediannnn….ara ngapusi tenan jebule. Padahal ketika tes IWB menggunakan Mode Sport bukan SPort + (efek nggak merhatiin riding mode). Yang paling terasa adalah “pick up power”. RPM sedikit dibuka motor sudah lari. Ini beda dengan versi standart yang masih ada feel ngayun. Waladalah….ternyata dengan power meningkat nyaris 3PS membuat Honda CBR250RR SP Quick shifter memiliki akselerasi yang lebih spontan. Yang kedua adalah saat oper gigi…

Quick Shifter (QS) membuat tenaga ketika shifting juga tidak ditemukan drop. Sambung menyambung dan ini membuat tenaga yang keluar terasa padat. Syemmm…..ngene wae kok jadi beda ya, teknologi emang bikin motor makin cadaz. Dari pengetesan pribadi disirkuit Cikarang AHM, Karakter QS Honda CBR250RR SP gear satu kedua tidak se-smooth gear 3 keatas. Analisa IWB mungkin karena torsi yang cukup besar (25NM)…

Dengan dua piston pressure torsi memang menyenangkan namun konswensinya rada liar cak. Yang kedua bisa saja hanya faktor setingan. Tapi dari gear 3 sampai final gear….alussss sehalus pipi kembang desa (haiyaahh). Oh Ya…..Honda CBR250RR SP Quick shifter memiliki 4 setelan yang bisa diseting. Tapi IWB menggunakan full up and autoblipper. Dan seperti biasa kita nggak perlu menarik kopling ataupun menutup gas ketika shifting. Semua bisa dilakukan dengan smooth dan bikin mesin sang total control makin beringas dikelasnya. Ahhh IWB ngapusi ??

Tenang, IWB sudah racik video testing dengan kamera lengkap mulai dari posisi di “congor” helm sampai fairing. Jadi dari sana sampeyan bisa simpulin sendiri jadi nggak ada keraguan diantara kita (suitt-suitt wis kayak judule sinetron wae cak). Dan satu hal yang juga mencengangkan adalah top speed. Yup…kecepatan puncak ketika testing di Sirkuit Cikarang dengan total panjang 1.2 km walaupun IWB sebenarnya sudah ngerem dari jauh karena ogah pecicilan takut miss kalkulasi…

Dorongan dari gigi pergigi cukup kuat. Digandoli badan IWB yang memiliki bobot 80kg tidak membuat Honda CBR250RR SP Quick Shifter mengeluh. Dengan kondisi trek yang sebenarnya masih kurang panjang jika ingin menggali top speed sesungguhnya, Honda CBR250RR SP Quick Shifter ditangan IWB tembus 178 km/jam atau setara dengan 169km/jam real speed GPS (terlampir semua di Video). Ediannnnn iki sih buanterrrrr cakkkk. Padahal speed tersebut berpotensi naik dan bisa diraih dengan cukup cepat. Asyiknya gear 6 yang biasanya overdrive pada versi SP dorongannya masih cukup kuat. Nggak heran banyak yang bertanya, top speed Honda CBR250RR SP Quick Shifter berani lawan ZX-25R dong ?

Wehhh iki pertanyaan memang rada nggak apple to apple sebenarnya karena beda konfigurasi mesin. Beda kelas pakde. Namun kalau pertanyaannya demikian dari hasil pengetesan pribadi faktanya memang demikian. Disentul IWB terbaik top speed on GPS dengan ZX-25R adalah 168km/jam. Hasil ini tentu dengan segala keterbatasan jarak. Sedang dengan Honda CBR250RR SP Quick Shifter terlampir adalah 169km/jam. Iki GPS lho…real speed, IWB nggak mau patokan speedometer karena kalibrasi speed tiap pabrikan berbeda. Dengan alat GPS yang sama dan pengukuran yang sama yakni Go PRO Max….jadi fair cak…

Yup….nyaris seimbang jika dari angka. Namun yang harus diperhatikan adalah…seberapa cepat motor bisa meraih speed tersebut ? kuwi yang tidak apple to apple karena beda lokasi. IWB sih anggap mesin 4 silinder masih tetap tidak bisa dibandingkan mesin 2 silinder. Abot cak soale. Diatas semua, Honda memang edian kalau sudah meracik motor secara serius. Mesin dua silinder wae iso sangar begitu….piye kalau dimasa depan mereka benar-benar meracik mesin 250cc 4 silinder?? cicak bin kadal tenan pasti…..

Last….selain QS jelas hadirnya slipper clutch juga memberikan reaksi menyenangkan ketika kita ngurangi gigi pada high speed sebab motor tetap anteng tidak ditemukan gejala ban selip. Efek engine brake sangat minim dan IWB percaya, lap time versi SP ini pasti jauh mengungguli versi standart jika digeber diatas lintasan resmi. Juozz tenan. Nahh untuk menjawab rasa penasaran dan gambaran gamblang IWB sudah racik video test ride Honda CBR250RR SP Quick Shifter dibawah. Seru cak….monggo intip saja dan jangan lupa berikan komen cerdas sampeyan. Gazzzzz (iwb)

Review Video CBR250RR SP

Share this article
Post

Baca Juga

Artikel Honda Lainnya

Lihat Semua Honda
Honda Bikin Ulah Lagi…Racik Mini Forza 150 ?? Mewah dan Garang !!
Honda

Honda Bikin Ulah Lagi…Racik Mini Forza 150 ?? Mewah dan Garang !!

Iwanbanaran.com – Cakkk…..lagi-lagi jagat otomotif dibuat geger gara-gara isu panas yang berhembus makin kencang. Lhaa piyee…Honda bikin ulah lagi cak. Lewat Honda Wuyang diam-diam kepergok lagi menyiapkan skutik gambot anyar bermesin 150cc! Dengan fitur yang mirip dengan Forza 250…nggak heran sosok yang diregistrasi oleh Honda ini disebut sebagai Mini Forza. Yup….garis desainnya mengadopsi aura kemewahan […]

August 22, 2026 0 Baca →
Rahasia BBM Vario Evo 160 Irit dan Ngacir….Insinyur Honda memang pinterrrr !!!
Honda

Rahasia BBM Vario Evo 160 Irit dan Ngacir….Insinyur Honda memang pinterrrr !!!

Iwanbanaran.com – Cakkkk…sudah 2 kali ini IWB full mengikuti Turing Vario EVO 160, skutik gen terbaru AHM yang banyak menyita perhatian kita semua. Memang cak…setiap produk tidak ada yang sempurna, pasti ada juga kekurangannya. Namun soal performa engine…gen ke 2 V160 ini banyak mendapatkan pujian. Bahkan guyonan para Blogger dan Vlogger disela turing terlontar celetukan…Insinyur […]

August 20, 2026 0 Baca →
Turing Banyuwangi 170km nunggang Vario EVO 160….Konsumsi BBM-nya IRIT Parah !!!
Honda

Turing Banyuwangi 170km nunggang Vario EVO 160….Konsumsi BBM-nya IRIT Parah !!!

Iwanbanaran.com – Cakkkk….Siapa sih yang bisa nolak pesona eksotis ujung timur Pulau Jawa? Yesss, Banyuwangi Cak! Begitu IWB mendapatkan kesempatan untuk mengeksplor tanah The Sunrise of Java ini bersama generasi anyar Honda Vario EVO 160, rasanya adrenaline langsung melonjak. Perjalanan turing kali ini menempuh jarak total sekitar 170 km dengan medan yang sangat lengkap…mulai dari […]

August 19, 2026 0 Baca →