Home / Kawasaki / Test ride Kawasaki Ninja ZX-25R, Gilaaaa kayak Motogp bike !!!
Kawasaki Diperbarui

Test ride Kawasaki Ninja ZX-25R, Gilaaaa kayak Motogp bike

Iwanbanaran

Oleh

Iwanbanaran

Publisher & Editor • sejak 2009

Baca 7 menit
Test ride Kawasaki Ninja ZX-25R, Gilaaaa kayak Motogp bike
Test ride Kawasaki Ninja ZX-25R, Gilaaaa kayak Motogp bike — Foto: Iwanbanaran

Poin Penting

  • Iwanbanaran.com – Amsyonggggg cakkk….mesin 4 silinder emang gila.
  • Sepertinya Persaingan di kelas 250cc akan semakin panas di masa depan.
  • Karena Kawasaki telah menyeret kompetisi di kelas seperempat liter ini menjadi semakin tinggi secara level.

Iwanbanaran.com – Amsyonggggg cakkk….mesin 4 silinder emang gila. Sepertinya Persaingan di kelas 250cc akan semakin panas di masa depan. Kenapa? Karena Kawasaki telah menyeret kompetisi di kelas seperempat liter ini menjadi semakin tinggi secara level. Bagaimana tidak, sebagai tester IWB nyaris sulit mengkritik reaksi motor ketika diajak turun di sirkuit. Mulai dari suspensi, handling, frame, reaksi mesin, transmisi, built quality hingga yang terakhir vibrasi. IWB seperti nunggang moge berukuran kompak. Mini moge yang akan IWB jabarkan ke sampean semuanya secara gamblang dalam artikel review Kawasaki Ninja zx25r di bawah ini…

Ergonomi riding

Surprise !!! mungkin itulah yang bisa kita rasakan saat nongkrong di atas motor 4 silinder terbaru Kawasaki. Mengusung klan ZX ternyata tidak membuat Ninja ZX-25R menyiksa pada saat kita duduk di belakang stir sang kuda besi. Mulai dari pressure di telapak tangan hingga posisi kaki….pas dan rileks. Jika IWB kasih rating…ZX25R berada di tengah-tengah antara Ninja 250 FI serta Honda CBR250RR. Kaget kan ? Podo cak…IWB juga demikian…

Advertisement

Iklan Iwanbanaran

Tangan tidak perlu menjulur terlalu jauh untuk meraih stang…. bentuk tangki besar di atas namun di bawah slim sehingga kita bisa menjepit dengan sempurna. Kemudian posisi footstep juga sedikit rendah sehingga paha tidak dipaksa menekuk secara ekstrim. Kunci lain adalah walaupun sang 4 silinder menganut model underyoke namun Kawasaki mendesain stang sedemikian rupa dengan sedikit memberikan tekukan ke atas sehingga membuatnya tetap nyaman. Dan setelah IWB gunakan motor ini beberapa lap bisa IWB simpulkan ergonomi riding motor ini memang fleksibel. Buat rebahan oke buat santai juga menyenangkan..

Mesin

Nahhh….. sektor ini menjadi kekuatan yang tidak terbantahkan pada Ninja ZX-25R. Mungkin top speed mirip-mirip dengan 2 silinder namun yang istimewa betapa cepatnya mesin meraih kecepatan yang diinginkan. Lentingan engine tidak sungkan untuk menabrak limiter. Bahkan pada gear 5 kecepatan mampu meraih 176km/jam dengan gampang. Asyiknya gear 6 yang biasanya overdrive tidak kita temukan pada ZX25R. Power masih nonjok tanda top speed motor ini memiliki potensi yang lebih tinggi terbuka lebar. Padahal bobot IWB 81kg cak.? Btw pada saat test lek Kobay sukses torehkan speed 182km/jam dan terus naik sebelum dihadang T1 Sentul. IWB ? Melas cak…mung 176 km/jam. PWR ancur pakde…ora usah guyu hehehe. Tapi ini record terbaik top speed IWB di sirkuit Sentul kelas 250cc….

Yang menyenangkan lagi adalah vibrasi. Konfigurasi 4 silinder ternyata sukses membuat getaran mesin cukup minim bahkan pada saat nabrak limiter RPM sekalipun. Kehalusan terjaga baik distang tangki ataupun foot step. Dengan ukuran piston mungil berjumlah 4….weehhhh alussss sehalus pipi kembang desa cak getarannya. Btw… prediksi Kawasaki ZX25R bakal lelet di putaran bawah tidak sepenuhnya benar. Karena dengan ukuran sproket gear belakang berukuran besar yakni 48 cukup memberikan akselerasi yang menyenangkan. Nggak galak emang tapi smooth…

Transmisi

Ini yang membuat IWB juga tercengang. Kombinasi quickshifter serta assist and slipper clutch memberikan sensasi yang memukau untuk ukuran kelas 250cc. Kawasaki Ninja ZX-25R minim guncangan ketika kita memasukkan dan mengurangi gigi. Bahkan ketika IWB coba downshift dengan cepat dari speed 175 km/jam ke gear 4….motor hanya meraung namun tidak membuat ban slide atau selip. Motor tetap anteng lurus nggak ada gejala geal geol. Belum lagi Quick Shifter mampu memaintain tenaga dengan baik. Tidak ada power drop ketika oper gigi. Tenaga jadi terasa sambung-menyambung….asyikkk puolll cak…

Praktis kopling hanya digunakan pada saat kita akan berjalan. Setelahnya benar-benar nganggur alias kita hanya memainkan gas, gear dan rem. Wisss jian kayak Motogp bike cak. Sebuah gebrakan yang menyeret kelas 250cc pada level yang lebih tinggi. Jujur cak….baru pertama kali ini IWB merasakan fitur quick Shifter up and down pada 250cc dan inilah yang membuat IWB sampai bengong bagaimana luar biasanya mekanisme fitur yang membuat motor sampean bakal terasa stabil dan minim guncangan pada saat shifting. Semprul uenakkkk…

Braking

Wissss horaaaa complaint blasss dari sektor pengereman. Mungkin ini adalah rem terbaik yang pernah IWB tes untuk kelas 250cc. Menggunakan rem Radial monoblok 4 Piston membuat reaksi rem begitu presisi serta pakem. Sekali colek kecepatan berapa pun mampu dihentikan dengan precise. Awalnya IWB cukup terkejut cak karena nggak nyangka begitu pakem. Maklum diawal IWB menyamakan feeling dengan 250cc yang lain. Tapi ternyata ZX25R bisa dipush hingga sangat dekat tikungan. Kenthirrrrrr tenan kieee remnya….

Handling

Disini IWB kembali ketipu. IWB membayangkan sebuah motor yang memberikan sensasi berat ketika sampeyan melakukan counter weight saat berpindah posisi belok kanan-kekiri secara cepat ketika melibas S Kecil. Tapi bobot 182 kg tidak menggambarkan sensasi tersebut di lapangan. Agilitynya top !

Sepertinya sumbangsih dari frame yang rigid… ditambah konstruksi kombinasi suspensi unitrack hyperlink horizontal bagian belakang dan suspensi Upside Down SFF BP depan membuang semua feel kedodoran. Termasuk lincah cak…bener-bener ketipu. Gimana dibandingkan dengan Ninja 250 FI yang memiliki bobot hanya 164 kg? Enteng mungkin tetap 2 silinder tapi bagaimana reaksi motor ketika nusuk di tikungan sempit ataupun melahap cornering speed, kestabilan justru mengalahkan 2 silinder. Itulah yang memberikan sensasi PD dan membuat KawasakiNinja ZX-25R berada di level yang berbeda.

Built quality

Yessss…its Kawasaki. Always dan selalu pabrikan ini Paling konsisten soal material yang dicangkokkan. Mulai dari ketebalan casing, cat yang nempel dengan coating tebal hingga plastik kulit jeruknya terlihat berkelas. Hebatnya lagi Kawasaki tidak latah untuk menggunakan tangki model cover plastik. Mereka kekeh tetap memberikan plat murni sehingga memberikan kesan lebih solid. Walau semuanya punya kelebihan di mana konstruksi dengan cover tangki akan membuang tangki terlindung ketika terjadi benturan dibandingkan dengan full plat…

Kesimpulan

Terus Apa kelemahannya? Asli cak… kalau sampeyan bertanya tentang kelemahan dari sisi performa handling, fitur, perangkat rem, built quality….IWB nyerah nggak bisa komen. Nyaris sempurna dan berada di level yang berbeda. Mungkin kalau kita cari-cari dan sedikit kita paksakan hanya 2 poin yang menjadi Sisi lemah dan itu pun bersifat subjektif. Pertama desain yang dibuat mirip dengan versi 250 cc 2 silinder. Tapi itupun juga tidak sepenuhnya tepat karena filosofi model untuk sport fairing Kawasaki saat ini emang mirip semua. Intip saja saja ZX6…. dan bahkan rumornya Ninja ZX-10R pun akan di facelift dengan model yang sama. Bahasa desain yang digunakan sebagai karakter Kawasaki saat ini…..

Yang kedua harga. Jika boleh berharap Mungkin banyak yang menginginkan harga bisa lebih murah lagi supaya motor impian bisa dipinang. Tapi kembali kalau kita kalkulasi secara fair harga yang dipatok oleh Kawasaki terhadap ZX25R sebenarnya sudah cukup murah. Karena semua fitur ada di sana. Kalau sudah begini, IWB berharap pabrikan lain segera mengikuti. Karena suka atau tidak Kawasaki ZX25R sekali lagi memberikan benchmark baru dikelas 250cc. So…welldone Kawasaki, sloganmu “Lead Dont Follow” ternyata bukan gimmick belaka. Nah… untuk memberikan gambaran lengkap sampeyan bagaimana test Ride Sentul IWB sudah siapkan full review video YouTube iwanbanaran di bawah ini. Saran pribadi hati-hati dan jangan lupa berpegangan pada celengan sekuat tenaga agar nggak ambrol. Ninja ZX-25R? mumet ndaseee cakkk cakkkkk (iwb)

Full Review test Ride ZX25R Sentul

 

Share this article
Post

Baca Juga

Artikel Kawasaki Lainnya

Lihat Semua Kawasaki
Breaking !! Kawasaki Rilis new Z500 Terbaru 2027…wihhh Makin Keren !!
Kawasaki

Breaking !! Kawasaki Rilis new Z500 Terbaru 2027…wihhh Makin Keren !!

Iwanbanaran.com – Cakkk…..Kawasaki secara resmi memperkenalkan pembaruan untuk jajaran supernaked kelas menengah mereka, Kawasaki Z500 dan Z500 SE untuk model year (MY) 2027. Mengusung konsep desain agresif khas “Sugomi”, motor naked ringan ini hadir dengan penyegaran warna dan grafis yang kian tajam. Yess makin Keren cakkkk !! Masuk dibulan ke 6 2026 ini cak, geng […]

August 27, 2026 0 Baca →
Breaking !! Kawasaki Rilis New Ninja 250 FI Terbaru 2027….Mesin 2 silinder pantang menyerah !!
Kawasaki

Breaking !! Kawasaki Rilis New Ninja 250 FI Terbaru 2027….Mesin 2 silinder pantang menyerah !!

Iwanbanaran.com – Cakkk…Kawasaki Motors secara resmi mengumumkan kehadiran sepeda motor sport full-fairing andalannya, Kawasaki Ninja 250 model tahun 2027. Motor sport 250cc yang dijadwalkan meluncur pada 5 September 2026 ini mendapatkan penyegaran tampilan utama melalui pilihan warna baru Pearl Robotic White x Metallic Magnetic Dark Gray. Pembaruan ini dihadirkan untuk memenuhi tingginya permintaan konsumen yang […]

August 17, 2026 0 Baca →
Breaking !! Ini dia New Kawasaki Ninja 250 Terbaru 2026….Mesin 2 Silinder Unjuk Gigi !!
Kawasaki

Breaking !! Ini dia New Kawasaki Ninja 250 Terbaru 2026….Mesin 2 Silinder Unjuk Gigi !!

Iwanbanaran.com – Cakkk….Siapa yang tak kenal dengan klan sport fairing legendaris berkapasitas 250cc dari pabrikan geng hijau? Yup, Kawasaki kembali bikin geger para pecinta roda dua! Baru-baru ini di negeri Sakura sana, Kawasaki Jepang resmi merilis penyegaran berupa pilihan warna dan striping grafis terbaru untuk sang kuda besi andalan, Kawasaki Ninja 250. Kombinasi kelir yang […]

July 27, 2026 0 Baca →