Home / Otomotif / Tantang Lambretta, Royal Alloy Rilis 2 Gacoan barunya GP125 dan GP180 !!
Otomotif Diperbarui

Tantang Lambretta, Royal Alloy Rilis 2 Gacoan barunya GP125 dan GP180

Iwanbanaran

Oleh

Iwanbanaran

Publisher & Editor • sejak 2009

Baca 4 menit
Tantang Lambretta, Royal Alloy Rilis 2 Gacoan barunya GP125 dan GP180
Tantang Lambretta, Royal Alloy Rilis 2 Gacoan barunya GP125 dan GP180 — Foto: Iwanbanaran

Iwanbanaran.com – Cakk… Motor skuter retro semakin ramai dipasar global, beberapa pabrikan seperti Lambretta, Piaggio dan Vespa ikut meramaikan kelas skuter retro ini, namun kali ini mereka mendapat ancaman baru dari pabrikan Royal Alloy yang menelurkan produk barunya yakni GP125 dan GP180 untuk pasar Malaysia, digacoan barunya kali ini Royal Alloy memiliki keunikan tersendiri yaitu dengan membawa desain jadul yang sudah mereka ciptakan di tahun 1960-an dan mereka kembali terapkan ditahun 2021. Tapi cakk… Meski desainnya keliatan tua Royal Alloy sudah menerapkan mesin dan fitur yang modern, begitu pun sistem pencahaannya sudah menganut full LED baik itu dari headlamp, lampu sein, hingga stop lamp…..

Selain desainnya yang jadul, Royal Alloy GP125 dan GP180 memiliki keunikan lainnya cakk, yakni joknya yang terpisah antara rider dan pembonceng lalu uniknya lagi karena spakbor depan menyatu dengan body, jadi ketika belok cuma bannya doang cakk yang belok sedangkan spakbornya tetap diposisi semula. Royal Alloy GP125 maupun GP180 sudah memakai bahan metal untuk bodynya, jadi sampeyan bakal terkesima cak kalo liat langsung motor ini, soale body bahan metal itu terkenal lebih premium apalagi kalo dipegang kesan solidnya makin kentel cak, dan istimewanya lagi bahan metal memiliki sifat responsif dan lebih mudah untuk dimodifikasi.

Nah… Royal Alloy GP125 sendiri terdiri dari 2 varian yakni versi CBS (Combi Brake System) dan ABS (Anti Lock Braking System) dari BOSCH, untuk sektor mesin dibekali dengan kubikasi 125cc 4 tak satu silinder fuel injection dengan output 9,65 Hp diputaran 7.500 Rpm, dan torsi yang dihasilkan dari mesin ini yaitu 9,2 Nm diputaran 7000 Rpm, tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui V-Belt dan transmisi CVT, dengan kapasitas tangki bensin 10,5 liter dan diklaim oleh Alloy skuter ini bisa melaju sejauh 280 kilometer untuk sekali pengisian bensin, lalu sistem radiatornya dibekali dengan pilihan berbeda yaitu Air-Cooled untuk versi CBS dan Liquid-Cooled untuk versi ABS. Untuk sektor suspensi sendiri sudah disematkan dengan sistem Leading-Link Preload-Adjustable Fork untuk bagian depan dan Monoshock untuk bagian belakang, kemudian untuk keseluruhan komponen, bobot motor ini terbilang ringan yaitu sekitar 130 Kilogram.

Advertisement

Iklan Iwanbanaran

Berbeda dengan GP125 untuk GP180 secara desain memang sama persis, dan yang membedakan dari keduanya hanya besaran kubikasi motor saja, walaupun dibekali dengan label 180 tapi kapasitas murni dari motor hanya 169cc dan peningkatan tenaga pun sangat tipis sekali yakni hanya menghasilkan 10 Hp di 7.250 Rpm dengan torsi sebesar 10,6 Nm di 5.250 Rpm, spesifikasi kedua motor ini sangat identik sekali termasuk speedometer digital dan sudah dilengkapi dengan port usb. GP 125 hadir dalam tiga pilihan warna yakni Ocean Blue, Flame dan Ivory White sedangkan GP180 hadir dengan warna Sherwood Green Matte, Mint Green dan Matt Bronze.

Last…. Royal Alloy merupakan pabrikan inggris dan memiliki basis produksi di Thailand yang produknya sudah tersebar lebih di 15 negara, Royal Alloy sebenarnya sudah pernah memboyong produknya ke Indonesia tahun lalu yakni GP200 dengan harga yang cukup tinggi yakni Rp 95 jutaan. Sedangkan untuk GP125 yang dipasarkan di Malaysia dihargai RM 12.497 atau sekitar Rp 43 juta dan GP180 dihargai RM 15.525 atau sekitar 54 jutaan, sayangnya sampai saat ini belum terendus kabar bahwa Royal Alloy akan memboyong kedua produknya ke Indonesia, sementara itu di Indonesia sendiri pasar skuter retro dengan kubikasi mungil sangat diminati sekali, tapi tidak menutup kemungkinan GP125 dan GP 180 akan dipasarkan di Indonesia, gimana cakkk sampeyan minat ora kalo dipasarkan di Indonesia? (RA edited iwb)

 

Share this article
Post

Baca Juga

Artikel Otomotif Lainnya

Lihat Semua Otomotif
Breaking !! Ducati Rilis StreetFighter V2 S Terbaru….beughh sangarrrr cakkkk !!
Otomotif Trending

Breaking !! Ducati Rilis StreetFighter V2 S Terbaru….beughh sangarrrr cakkkk !!

Iwanbanaran.com – Cakkk…Ducati kembali memperkuat posisinya di segmen hyper-naked middleweight global melalui kehadiran Ducati Streetfighter V2 dan varian tertingginya, Streetfighter V2 S. Mengusung filosofi Fight Formula, Ducati mentransformasikan performa murni khas motor sport menjadi sebuah naked bike yang tidak hanya memancarkan aura agresif, tetapi juga dirancang agar jauh lebih lincah dan mudah dikendalikan untuk penggunaan […]

August 31, 2026 0 Baca →
Pengakuan Terbaru Marquez…Kini Tidur tidak bisa Miring Kanan !!!
Otomotif

Pengakuan Terbaru Marquez…Kini Tidur tidak bisa Miring Kanan !!!

Iwanbanaran.com – Cakkk…Marc Marquez, mengungkapkan dampak emosional dan fisik yang terus membayanginya akibat cedera bahu kanan berkepanjangan. Di balik penampilan agresifnya di atas lintasan balap, pebalap asal Spanyol tersebut mengakui bahwa cedera tersebut telah mengubah berbagai pola kebiasaan dalam kehidupan sehari-harinya secara drastis. Yup..Pengakuan Terbaru Marquez…Kini Tidur tidak bisa Miring Kanan !!! Masalah kesehatan pembalap […]

August 26, 2026 0 Baca →
Kaget Ngetes Jaecoo J5….ini Mobil Tidak Masuk Logika !!!
Otomotif

Kaget Ngetes Jaecoo J5….ini Mobil Tidak Masuk Logika !!!

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..berawal dari Pidato presiden Prabowo, baru sekarang IWB mulai merenung. Ancaman-ancaman kendaraan bensin, hingga akan diberlakukannya Carbon Tax bener-bener bikin puyeng. Apakah sepengaruh itu ?? sebenarnya nggak….toh IWB percaya tidak akan semudah itu mengganti mesin ICE dengan EV. Lawong pakai ICE durable dan bikin hati aman serta nyaman. Namun pasti ada cak..rasa penasaran […]

August 26, 2026 0 Baca →