Impressi 11 bulan nunggang Byson…
Jelajahi Topik
Poin Penting
- Brother sekalian…tidak terasa usia sudah hampir satu tahun sikebo menemani lalu lalang menembus padatnya lalu lintas Jakarta.
- Ibarat pengantin…masing-masing sudah sangat tahu kelemahan dan kelebihan yang ada pada diri pasangan.
- Dan berikut impressi 11 bulan nyemplak motor racikan Yamaha India ini…
Brother sekalian…tidak terasa usia sudah hampir satu tahun sikebo menemani lalu lalang menembus padatnya lalu lintas Jakarta. Ibarat pengantin…masing-masing sudah sangat tahu kelemahan dan kelebihan yang ada pada diri pasangan. Dan berikut impressi 11 bulan nyemplak motor racikan Yamaha India ini…
Iwb menerima sikebo pada tanggal 19 Oktober 2010. Dalam jangka waktu tersebut sudah 2 kali klaim speedometer akibat pengembunan jika terkena air hujan. Untung pihak Yamaha sangat kooperatif dalam menyelesaikan setiap keluhan sehingga kendati ada beberapa masalah, hati merasa puas tidak ada nggrundel. Jarak tempuh dikalkulasikan dengan speedo lama telah melahap sekitar 18.000km. Untuk bahan bakar Byson masih irit belum ada tanda-tanda perubahan komsumsi yakni direntang 1 : 40km. Angka diatas hanya sebagai patokan…bakal terjadi penyimpangan jika kita melaju kencang atau santai. Mesin???…tidak ada keluhan sama sekali. Begitu pula suhu. Entah kenapa Byson termasuk adem jika dibandingkan motor lawas IWB dulu. Bisa jadi akibat teknologi YRCS (Yamaha Ram Cooling System). Cara sederhana mengatur air flow menuju silinder atas…hasilnya tidak butuh lama engine sikebo cepet dingin….
Yamaha memang menggaris bawahi bahwa Byson merupakan produk yang diperuntukkan buat biker yang mengedepankan desain. Makanya jangan berharap lebih soal top speed ataupun kebringasan mesin. Engine FZ16 lembut, halus minim vibrasi…cocok buat pemakaian turing harian. Efeknya tidak ada stres otot atau capek berlebih. Posisi duduk juga santai tidak pegal. Kekuatiran stang baplang menyulitkan manuver ternyata tidak terbukti. Apalagi didukung torsi besar 13nm@6000rpm. Dijamin sampeyan nggak perlu sering oper gigi untuk berjalan stop dan go. Suspensi monoshocknya juga terbilang mumpuni. karakter memang agak keras dibanding pabrikan sebelah. Kelemahannya…jadi kurang nyaman melibas jalanan beton. Namun kelebihannya, motor anteng dibuat rebah ekstrim serta nihil ambles walau bonceng bobot berat.
Sayang saat ini masih ada satu PR yang mengganjal yakni suspensi depan. Yup…ada indikasi bocor disana. Sebenarnya kondisi tersebut sudah terdeteksi sejak baru namun mekanik yang memeriksa kala itu mengatakan normal dan meminta memakainya hingga benar-benar terbukti ada rembesan oli. Padahal jelas terdapat jejak tidak wajar pada batang suspensi. Akan tetapi karena doi merasa setelah diusap dengan tangan kering tidak ada unsur liquid, klaim dipending. Dan setelah 11bulan, kini rembesan makin terlihat. Tipis sih memang namun merasa tidak nyaman melihatnya. Dan celakanya…pak Dedi yang memeriksa dulu sudah resign dari Yamaha Mega Cibubur.
Yup…memang tidak ada produk yang sempurna. Khusus untuk Byson, beberapa keluhan masih dalam tahap normal tidak mengkuatirkan. Jadi jika ditanya impresi 11 bulan nunggang Byson, dengan tegas IWB akan jawab….cukup puas diluar segala masalah yang disebutkan tadi. Ada komentar atau pertanyaan mzbro??….(Iwb)
Posted with WordPress for BlackBerry.
