Home / Otomotif / [HOT ISU] Ssssttt, produksi motor ditanah air terancam tersendat gara-gara Chip dari India ??
Otomotif Diperbarui

[HOT ISU] Ssssttt, produksi motor ditanah air terancam tersendat gara-gara Chip dari India ??

Iwanbanaran

Oleh

Iwanbanaran

Publisher & Editor • sejak 2009

Baca 3 menit
[HOT ISU] Ssssttt, produksi motor ditanah air terancam tersendat gara-gara Chip dari India ??
[HOT ISU] Ssssttt, produksi motor ditanah air terancam tersendat gara-gara Chip dari India ?? — Foto: Iwanbanaran

Poin Penting

  • Iwanbanaran.com – Cakkkk….pasti sampeyan bingung dengan judul diatas, iki maksude chip opo ???
  • terus kenapa dari India bisa ngaruh ditanah air ?
  • dan apakah ini artinya produksi akan terancam mandeg ?

Iwanbanaran.com – Cakkkk….pasti sampeyan bingung dengan judul diatas, iki maksude chip opo ??? terus kenapa dari India bisa ngaruh ditanah air ? dan apakah ini artinya produksi akan terancam mandeg ? semua akan coba IWB beberkan dari isu hot yang masuk ke newsroom IWB dibawah ini….

Isu perihal chip sebenarnya sudah masuk ke IWB sekitar sebulan lalu pasca India memberlakukan lock down. Namun karena IWB anggap belumsahih dan keyakinan juga nggak terlalu kuat mengingat hanya datang dari satu sumber….maka bisikan info tersebut IWB lupakan. Dilalah cak….sekitar satu minggu lalu, IWB kembali mendapatkan bisikan dengan tema yang sama dari teman…

Beda dengan pertama yang memiliki korelasi dengan vendor, teman IWB ini adalah salah satu owner dealer besar dengan koneksi luar biasa. Dan ternyata informasinya sama….masalah chip sedang dihadapi pabrikan besar karena produksi chip ini tersendat dari negara pembuatnya yakni India. Yakin ? mulai yakin cak…

Advertisement

Iklan Iwanbanaran

Dilalah perhari ini IWB kembali mendapatkan informasi susulan namun beda dengan sebelumnya yang bekerja didunia motor….sekarang dari rekan yang bekerja di mobil. Informasinya dilalah sami mawon cak….problem komponen chip membuat banyak mobil dengan fitur canggih tersendat produksinya. Disini IWB kaget….waahh berarti beneraaannnn tooo. Tiga orang berbeda dengan status high profile mengatakan chip problem. Ediann njaran tenan. Terus btw….iki yang dimaksud chip opo ??

Kalau sampeyan nanya spesifik…tentunya IWB belum bisa mendapatkan konfirmasi apapun karena tidak mungkin pabrikan akan menjawab perihal isu ini. Tapi isu yang masuk ke IWB…chip ini berkaitan dengan banyak hal kelistrikan termasuk software. Salah satu yang masuk isu adalah fitur Y-Connect juga membutuhkan chip tersebut. Makanya jangan heran stok yang melimpah adalah versi non Y-connect. Untungnya pabrikan garputala isunya sudah aman hingga sebulan kedepan karena stok berlimpah dari sebelumnya. Tapi konon ini akan bertahan hanya sampai bulan depan. Sedang Honda ?

Itu yang membuat kita berpikir….apakah tersendatnya produksi PCX160 karena berhubungan dengan chip India ini?? Karena hingga sekarang inden PCX160 masih membludak dan yang paling parah tipe ABS. Herannya produksi seperti tidak bisa berakselerasi. Celakanya perusahaan pemasok chip asal India isunya masih belum bisa menjalankan tugasnya akibat kondisi lock down efek pandemic gelombang kedua di negeri Bollywood. Rentetan terus terjadi dan ini juga berpengaruh atas produksi mobil baru andalan Astra yakni Raize dan Rocky….

Last…chip ini sepertinya berhubungan dengan kinerja kelistrikan, sensor canggih kendaraan termasuk TCS hingga koneksi antara HP ke kendaraan dan banyak hal lain. India memang menjadi negara dengan kemampuan luar biasa didunia otomotif. Bahkan mereka juga memproduksi komponen rem Bybre termasuk Minda yang menyuplai Electrical Switches, Power Sockets, Lever Holder Assemblies, Horns & Lighting dan masih banyak lagi lainnya yang dieksport keseluruh negara dunia. Dengan populasi roda dua kita yang menempati rangking 3 besar di dunia jelas kondisi India membuat mumet para pabrikan besar. Isunya konon sekarang para pabrikan sedang menyiapkan rencana alternatif untuk mencari supplier lain jika lock down India masih berlangsung. Semoga saja ada solusi cak….(iwb)

Share this article
Post

Baca Juga

Artikel Otomotif Lainnya

Lihat Semua Otomotif
Breaking !! Ducati Rilis StreetFighter V2 S Terbaru….beughh sangarrrr cakkkk !!
Otomotif Trending

Breaking !! Ducati Rilis StreetFighter V2 S Terbaru….beughh sangarrrr cakkkk !!

Iwanbanaran.com – Cakkk…Ducati kembali memperkuat posisinya di segmen hyper-naked middleweight global melalui kehadiran Ducati Streetfighter V2 dan varian tertingginya, Streetfighter V2 S. Mengusung filosofi Fight Formula, Ducati mentransformasikan performa murni khas motor sport menjadi sebuah naked bike yang tidak hanya memancarkan aura agresif, tetapi juga dirancang agar jauh lebih lincah dan mudah dikendalikan untuk penggunaan […]

August 31, 2026 0 Baca →
Pengakuan Terbaru Marquez…Kini Tidur tidak bisa Miring Kanan !!!
Otomotif

Pengakuan Terbaru Marquez…Kini Tidur tidak bisa Miring Kanan !!!

Iwanbanaran.com – Cakkk…Marc Marquez, mengungkapkan dampak emosional dan fisik yang terus membayanginya akibat cedera bahu kanan berkepanjangan. Di balik penampilan agresifnya di atas lintasan balap, pebalap asal Spanyol tersebut mengakui bahwa cedera tersebut telah mengubah berbagai pola kebiasaan dalam kehidupan sehari-harinya secara drastis. Yup..Pengakuan Terbaru Marquez…Kini Tidur tidak bisa Miring Kanan !!! Masalah kesehatan pembalap […]

August 26, 2026 0 Baca →
Kaget Ngetes Jaecoo J5….ini Mobil Tidak Masuk Logika !!!
Otomotif

Kaget Ngetes Jaecoo J5….ini Mobil Tidak Masuk Logika !!!

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..berawal dari Pidato presiden Prabowo, baru sekarang IWB mulai merenung. Ancaman-ancaman kendaraan bensin, hingga akan diberlakukannya Carbon Tax bener-bener bikin puyeng. Apakah sepengaruh itu ?? sebenarnya nggak….toh IWB percaya tidak akan semudah itu mengganti mesin ICE dengan EV. Lawong pakai ICE durable dan bikin hati aman serta nyaman. Namun pasti ada cak..rasa penasaran […]

August 26, 2026 0 Baca →