Data sales November 2016…market share Yamaha makin tergerus Honda. Waduh…kenapa ya?…
Jelajahi Topik
Poin Penting
- ?Iwanbanaran.com – Kangbro……sepertinya terjadi pergeseran market roda dua tanah air dibulan November 2016.
- Dari laporan data AISI yang direkap dibulan tersebut market share Yamaha ditanah air makin tergerus Honda.
- Pabrikan yang kini mengusung satu atap YIMM dari sebelumnya YMKI yang ngurusi marketing kini hanya mengisi porsi kue 18,9 % dari sebelumnya masih diatas 19 %.
?Iwanbanaran.com – Kangbro……sepertinya terjadi pergeseran market roda dua tanah air dibulan November 2016. Dari laporan data AISI yang direkap dibulan tersebut market share Yamaha ditanah air makin tergerus Honda. Pabrikan yang kini mengusung satu atap YIMM dari sebelumnya YMKI yang ngurusi marketing kini hanya mengisi porsi kue 18,9 % dari sebelumnya masih diatas 19 %. Waduh…kenapa ya?….
Dari informasi terbaru yang dirilis AISI, market share Honda bulan November terus menanjak tak?terbendung Yamaha. Pada penjualan motor yang mencapai?570.923 unit….pabrikan sayap mengepak sukses mendistribusikan?450.331 unit. Sedang Yamaha nangkring kedua dengan gap sangat jauh yakni?107.501…disusul Kawasaki ketiga dengan?8.104 unit, Suzuki keempat diangka 4,857 unit dan terakhir TVS dikisaran 130 unit…
Untuk best top ten produk terlaris dibulan tersebut, Beat masih merajai diangka 203,438 unit….kedua 122,658 unit lalu ketiga Scoopy 52.261 unit. Ditempat keempat…Yamaha Mio M3 ternyata lumayan bagus dipasaran dengan 29,044 unit. Dan seperti biasa…sang maxi skuter NMax 155 laris manis direntang 26.826 unit. Angka ini bahkan naik dari sebelumnya yang berada dikisaran 24 ribuan. Welldone buat NMax155….
Yamaha kembali nongol diurutan 8 lewat Fino dengan penjualan 12,466 unit. Namun selebihnya dikuasai Honda termasuk segmen bebek dan sport. Untuk sport CB150R sanggup terdistribusi?15.129 unit. Sebuah angka sangat baik mengingat saingan terdekatnya Vixion terlempar dari top ten. Sedang moped….Supra X125 ternyata tetap disukai konsumen menutup posisi terlaris 10. Dengan seluruh gambaran diatas, maka dibulan November 2016….
Market share grup Astra ini mencapai 78,9 %….dengan tren terus naik. Sedang Yamaha sebaliknya mengalami tren dengan kecenderungan menurun dan kini hanya mengisi porsi 18,9 %. IWB sendiri lumayan mengerutkan dahi….apa ada yang salah dengan Yamaha?. Kalau boleh jujur, mereka sebenarnya memiliki produk ciamik. Nyaris semua line up ganteng dan rupawan…..
Namun strategi ditahun 2016…IMHO mereka cenderung kurang masif akibat kecurigaan yang berlebihan tanpa sudi berkomunikasi secara elegan. Diperparah dengan tindakan “mengkotak-kotak” untuk melakukan publikasi. Jadi?seolah-olah sekarang ada blok Rusia vs Amerika. Sebuah tindakan yang sebenarnya nggak perlu karena kita bukanlah politikus. Blogger adalah penulis yang menulis apapun yang ada didepan mata…dilakoni dan fakta dilapangan tentang motor diterjemahkan untuk dishare kepembaca. Itu saja…..
Dibutuhkan marketing secara dewasa, yang tidak memandang media online atau Blogger sebagai alat. Tapi pandanglah mereka sebagai partner.?Ingat…partner cak. Arti partner disini adalah…tidak ada arogansi diantara mereka karena saling membutuhkan. Media butuh berita, pabrikan butuh publikasi. Sudah membuang filosofi tersebut…..siap-siap makin dlosor sebab produk tidak akan terpublikasi secara maksimal…..
Blokade informasi yang rugi bukan medianya lho pakde. Tapi sebaliknya. Lha piye……kita ban bocor aja bisa jadi berita…iyo ora. Baut wae bisa menjadi bahan….bener kan (ngelirik bocoran
).?Contoh simpel….IWB aja yang Blogger otomotif baru tahu ada Vixion SE setelah produk wira-wiri didealer selama sebulan lebih. Kuwi Blogger otomotif lho. Piye dengan konsumen….lak yo makin ngaplo……
Last….kritik memang kadang terasa pedas. Namun lewat?kritikan kita makin dewasa dan maju. Dengan catatan kritikan tersebut diterima secara dewasa bukan buruk sangka yang langsung direspon negatif. Mungkin publikasi tidak dianggap penting. Tapi diakui atau tidak berkat publikasi yang super masif pula, Honda di 2016 bisa mencapai pada titik sekarang. Artinya IMHO publikasi sangat vital dalam sebuah produk…komponen penting agar?biker aware atas kehadiran dan keunggulan produk itu sendiri. Semoga Yamaha bisa bangkit sehingga kompetisi kembali seru seperti masa lalu. Menguasai seluruh kanal digital dengan strategi cerdas ciri khas dari pabrikan garputala. Semoga saja kangbro…..(iwb)
Penjualan 10 motor terbaik November 2016
1. Honda BeAT Series: 203.438 unit
2. Honda Vario Series: 122.658 unit
3. Honda Scoopy: 52.261 unit
4. Yamaha Mio M3: 29.044 unit
5. Yamaha NMAX: 26.828 unit
6. Honda Revo: 17.963 unit
7. Honda New CB150R: 15.129 unit
8. Yamaha Fino: 12.466 unit
9. Honda Supra X 125: 12.060 unit
10. Yamaha Soul GT: 10.345 unit



