Home / Honda / Surat Pembaca : Honda Vario 150 vs Vario 125…..mending mana ???
Honda Diperbarui

Surat Pembaca : Honda Vario 150 vs Vario 125… — mending mana ???

Iwanbanaran

Oleh

Iwanbanaran

Publisher & Editor • sejak 2009

Baca 3 menit
Surat Pembaca : Honda Vario 150 vs Vario 125… — mending mana ???
Surat Pembaca : Honda Vario 150 vs Vario 125… — mending mana ??? — Foto: Iwanbanaran

Poin Penting

  • Iwanbanaran.com – Cakkkk….sebagai Blogger tuwo (haiyaahh) cukup banyak pertanyaan dilayangkan ke IWB perihal pilihan motor yang tepat.
  • Gimana karakter motor A dan B dan apakah pilihan tersebut sudah tepat.
  • Mungkin buanyakkkk yang nggak kejawab karena kesibukan namun IWB kali ini akan membahas satu pertanyaan karena IWB yakin sampeyan juga akan penasaran jawabannya.

Iwanbanaran.com – Cakkkk….sebagai Blogger tuwo (haiyaahh) cukup banyak pertanyaan dilayangkan ke IWB perihal pilihan motor yang tepat. Gimana karakter motor A dan B dan apakah pilihan tersebut sudah tepat. Mungkin buanyakkkk yang nggak kejawab karena kesibukan namun IWB kali ini akan membahas satu pertanyaan karena IWB yakin sampeyan juga akan penasaran jawabannya. Pertanyaan yang dilontarkan cak Pahrudin dengan tema Honda Vario 150 vs Vario 125…..pilih mana ???

Jujur cak sebenarnya pertanyaan cak Pahrudin tidak mudah. Sebab IWB rasa doi sudah tahu jawabannya. Sebuah surel yang bisa IWB share dibawah ini….

Permisi kang Iwan,

Advertisement

Iklan Iwanbanaran

Dilema ini kang, mau upgrade motor ke matic biar simpel ga ribet untuk nyonya. Sebenernya ibu negara pengennya scoopy tapi medan yg dilewati naik turun gunung, Kulon Progo – Wonosari. Aku mikire “nek scoopy dinaiki berdua kasian juga” sama secara postur saya 180 kalo naik scoopy jadi “wagu” to. Jadi kita berdua berencana ambil vario, toh istri mantepnya masih sama Honda.

Saya bingung milih vario 125 atau 150. Toh secara dimensi sama bobot sama cuma beda ke mesin beda tenaga. Untuk fitur ya sudah standar honda lah. Saya ga ngelirik pcx atau nmax karena istri bilang kebesaran bodynya. Kira2 yang pas mana ya menurut kang Iwan?
Mana diantara dua tersebut yg worth it? Karena saya sempat baca vario 150 nanggung kalo dibanding pcx dan disuruh pilih vario 125. Tapi kan secara pcx ga masuk kriteria istri karena kegedean. Saya jadi bingung ini kang…

Wissss clear yang pertanyaannya. Buat cak Pahrudin ora usah bingung karena IWB akan mencoba menjabarkan kesampeyan kelebihan dan kekurangan masing-masing matic tersebut. Jadi gini cak…

Secara umum Vario 150 vs Vario 125 memang hanya beda kubikasi. Basis mesin keduanya sama cak….nggak berbeda. Dengan diplacement yang lebih besar….Vario 150 mampu memuntahkan tenaga hingga 13,1PS dengan torsi 13,4Nm. Sementara untuk Vario 125 power mencapai 11,1PS dengan torsi 10,8Nm. Bobot keduanya hanya terpaut 1 kg dimana Vario 150 adalah 112kg dan Vario 150 adalah 113kg. Pertanyaannya, piye saat dilapangan ?

Memang beda cak, Vario 150 terasa lebih padat dan bertenaga. Sekali colek mesin sudah nampol sejak bawah. Sedang Vario 125 lebih jinak walau bisa IWB katakan juga termasuk powerfull menilik kubikasi yang hanya 125cc. Uniknya walau akselerasi Vario 150 lebih nampol top speed kedua matic ini mirip. Terus piye jawabannya? tergantung. Kalau sampeyan ingin mendapatkan climbing ability lebih apalagi buat boncengan pilih Vario 150. Tapi kalau motor sering buat sendiri, lebih jinak dan menyenangkan dikendarai vote Vario 125. Apalagi Vario 125 juga lebih irit dibandingkan dengan Vario 150 walaupun nggak signifikan…

Last….perbedaan 4 juta rupiah dimana Vario 150 dijual diangka 24 jutaan dan Vario 125 20 jutaan sebenarnya cukup gampang untuk memutuskan. Dan entah kenapa IWB sendiri cenderung akan memilih Vario 125 karena merasakan sendiri bahwa skutik Honda 125cc powernya sudah sangat cukup untuk meladeni kondisi jalanan dalam berbagai kondisi. Tapi Vario 150 anyar emang keren cak wkwkwk. Btw…kalau bingung mungkin cak Pahrudin bisa jajal langsung untuk komparasi biar bisa merasakan sendiri. Honda Vario 150 vs Vario 125…..pilih mana ??? wisss tahu jawabannya apa makin bingung kiee hehehe (iwb)

Share this article
Post

Baca Juga

Artikel Honda Lainnya

Lihat Semua Honda
Honda Bikin Ulah Lagi…Racik Mini Forza 150 ?? Mewah dan Garang !!
Honda

Honda Bikin Ulah Lagi…Racik Mini Forza 150 ?? Mewah dan Garang !!

Iwanbanaran.com – Cakkk…..lagi-lagi jagat otomotif dibuat geger gara-gara isu panas yang berhembus makin kencang. Lhaa piyee…Honda bikin ulah lagi cak. Lewat Honda Wuyang diam-diam kepergok lagi menyiapkan skutik gambot anyar bermesin 150cc! Dengan fitur yang mirip dengan Forza 250…nggak heran sosok yang diregistrasi oleh Honda ini disebut sebagai Mini Forza. Yup….garis desainnya mengadopsi aura kemewahan […]

August 22, 2026 0 Baca →
Rahasia BBM Vario Evo 160 Irit dan Ngacir….Insinyur Honda memang pinterrrr !!!
Honda

Rahasia BBM Vario Evo 160 Irit dan Ngacir….Insinyur Honda memang pinterrrr !!!

Iwanbanaran.com – Cakkkk…sudah 2 kali ini IWB full mengikuti Turing Vario EVO 160, skutik gen terbaru AHM yang banyak menyita perhatian kita semua. Memang cak…setiap produk tidak ada yang sempurna, pasti ada juga kekurangannya. Namun soal performa engine…gen ke 2 V160 ini banyak mendapatkan pujian. Bahkan guyonan para Blogger dan Vlogger disela turing terlontar celetukan…Insinyur […]

August 20, 2026 0 Baca →
Turing Banyuwangi 170km nunggang Vario EVO 160….Konsumsi BBM-nya IRIT Parah !!!
Honda

Turing Banyuwangi 170km nunggang Vario EVO 160….Konsumsi BBM-nya IRIT Parah !!!

Iwanbanaran.com – Cakkkk….Siapa sih yang bisa nolak pesona eksotis ujung timur Pulau Jawa? Yesss, Banyuwangi Cak! Begitu IWB mendapatkan kesempatan untuk mengeksplor tanah The Sunrise of Java ini bersama generasi anyar Honda Vario EVO 160, rasanya adrenaline langsung melonjak. Perjalanan turing kali ini menempuh jarak total sekitar 170 km dengan medan yang sangat lengkap…mulai dari […]

August 19, 2026 0 Baca →