iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..ini seru cakkk, karena diam-diam ternyata Yamaha Indonesia mendaftarkan produk sport unik terbaru mereka ditanah air. Mengusung label Yamaha PG-1…motor dengan desain serta fitur ala Honda CT-125 ini sudah bisa kita temui dilaman direktorat hak Cipta dan desain Indonesia. Disini kita pun bertanya…apakah Yamaha PG-1 memang siap diluncurkan di Indonesia ??

Walau bukan indikasi mutlak produk akan dirilis di tanah air namun manuver Yamaha mendaftarkan sport unik yang sudah dirilis di Thailand ini tetap menjadi perhatian kita semua cak. Betul cak…seperti yang sampeyan semua tahu, Yamaha Thailand sudah merilis New PG-1 tahun kemarin. Saat itu semua tidak menyangka Yamaha menggebrak dunia dengan motor bebek unik yang memiliki desain rada out of the box. Masuk sebagai bebek dengan gaya retro adventure…Yamaha PG-1 resmi diluncurkan dengan harga yang miring tenan….

Yamaha PG-1 (All-New YAMAHA PG-1) merupakan hasil kolaborasi Yamaha Motor Japan dan Thai Yamaha Motor. Artinya pengembangan memang merupakan hasil kerjasama keduanya cak. Dari konfirmasi Tuan Palat Praweerchanon dari Thai Yamaha Motor Company Limited…..All New YAMAHA PG-1 menyasar mereka yang menginginkan sepeda motor dengan Transmisi untuk keperluan multiguna….bisa buat jalanan buruk, pelosok, gunung ataupun perkotaan….

iklan iwb

Secara desain asli cak…kita memang butuh waktu untuk mencerna. Sebab bebek adventure ini memang sedikit unit. beberapa poin yang membuat kita mengerutkan dahi adalah mesinnya serta swing arm. Tidak seperti kebanyakan motorsport Yamaha yang sudah bergeser dari swing arm kotak biasa, tapi untuk motor ini tidak cak. Sampeyan akan menemukan gen terbaru ini masih mempertahankan model ” lawas” yakni lengan ayun kotak. Termasuk pengereman belakang tromol. Termasuk hadirnya velg spoke wheel alias jari-jari dan yang paling outstanding menyita perhatian adalah….mesinnya cak…!!

Yup….mesinnya masih model 2 katup dan silinder tidur. Ciri khas mesin bebek banget cak. Fix ini adalah lawan Honda CT125 karena bahasa desain yang seakan dibenturkan oleh Yamaha. Kubikasi murni 114cc, 1 silinder, air cooled yang mampu memuntahkan tenaga hingga 9 PS @7.000 rpm dan torsi maksimal 9,5 [email protected] rpm. Transmisi PG-1 adalah semi-otomatis tanpa tuas kopling di handlebar kiri. Yahhh…judule motor bebek banget cak. Yang jadi fokus kita adalah sasisnya cak. Sebab frame dan engine disebut merupakan pengembangan baru atau all new. Terus piye soal kaki-kaki ??

Nahh iki sing menarik. Yamaha PG-1 dijejali roda berukuran 16inch dengan komposisi depan belakang sama yakni 90/100. Jadi kalau sampeyan intip pasti menemukan ban identik cak. Lalu untuk ban, sampeyan akan menemukan ban model tahu macam motor trail…kesannya jadi siap tempur dijalanan rusak. Yamaha mengklaim bebek terabas ini memiliki kaki-kaki kuat dan ditopang dengan sasis yang rigid pula. Beberapa poin lain adalah lampu-lampu semua masih bohlam biasa, sein model jadul mirip punya Byson ataupun R15 lawas serta tanki BBM adalah 5,1liter…..lumayan besar untuk mesin yang diduga bakal irit banget…

Yamaha PG-1 memiliki bobot super ringan yakni hanya 107kg, ground clearance 795mm….suspensi depan teleskopik, pengereman depan double diskbrake 1 piston dan belakang tromol. Yamaha menawarkan PG-1 dengan 4 varian warna yakni biru, coklat, kuning dan hitam. Harga All New YAMAHA PG-1 sudah resmi dan ternyata banderolnya miring tenan. Yamaha Thailand mematok diangka 64.900 baht atau sekira Rp 28,6 jutaan. Kuwi diThailand pakde…ingattt di Thailand. Tapi ternyataaaa….perkemarin IWB mendapatkan bocoran registrasi paten motor ini di Indonesia. Betul cak…registrasi ditanah air dengan nomer registrasi A00202304343…

Pendaftaran tersebut dilakukan 29 September 2023 dan sudah di acc pada tanggal 16 Februari 2024. Nama pemohon adalah Yamaha Hatsudoki Kabushiki Iwata Shizuoka Jepang. Ini jelas membikin penasaran…apakah Yamaha Indonesia mendaftarkan paten ini hanya untuk melindungi produknya dari penjiplakan atau memang ada hidden agenda ? itu yang perlu kita pantau mengingat PG-1 adalah salah satu produk yang kita prediksi siap menggempur tanah air berbarengan dengan beberapa produk Yamaha lain disini. Mari kita tampung dan pantau sama-sama…seruu kieee..(iwb)

 

10 COMMENTS

  1. Cocok buat motor inventaris k/l petugas lapangan … bukan malah metik yg bikin duit operasional aja kurang buat perawatan

  2. Ini bukan motor yang diperuntukkan untuk perkotaan yang jalannya lebar dan mulus bro…Jadi jika anda orang kota,ya wajar jika beranggapan ini motor tidak laku.

Comments are closed.