iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….tertegun ketika IWB melihat data terakhir penjualan pabrikan Astra Honda yang ternyata diluar perkiraan. Menutup tahun ini dengan raport yang melesat dibandingkan 2022….jelas ini diluar prediksi kita semua mengingat sebelumnya AHM diserang perkara rangka eSAF. Emang seperti apa penjualan AHM ? simak detilnya dibawah ini….

Data AISI sejauh ini memang tidak sedetil dulu cak. Jika dimasa lalu kita bisa melihat secara detil per-produk namun sekarang tidak. Ibaratnya hanya permukaannya saja namun dari sini sudah cukup bagi kita untuk melihat total penjualan dll. Nah disini IWB jelas sangat penasaran dengan raport AHM yang sempat diserang sangat masif perihal isu eSAF. Masifnya serangan begitu luar biasa dan momentum ini langsung digunakan rival dekatnya Yamaha untuk bergerak…

Terbukti kita banyak menemukan display motor pada kondisi “diTelanjangi”. Pamer rangka didealer-dealer Yamaha. Bahkan perang opini disosial media dari masing-masing sales begitu panas. Tidak hanya itu..pabrikan juga mengundang semua media, Blogger dan Vlogger seluruh tanah air dikumpulkan dipabrik….demo air dikucurkan dalam sasis sebagai penegas bahwa produknya lebih baik. Sirkulasi lancar membuat karat minim. Sebuah tindakan yang sah-sah saja….namanya juga usaha cak..

iklan iwb

Dari AHM sendiri mereka juga merangkul KNKT dan memberikan keleluasaan secara penuh untuk investigasi. Dan hasilnya tidak ada masalah dengan eSAF karena konstruksi kuat dan bagus. Hanya rekomendasi untuk lebih fokus peningkatan anti karat karena kondisi iklim Indonesia yang memang sangat lembab. Dari sana AHM, memberikan pelayanan dengan memberikan garansi full tak terbatas kilometer pada semua produknya baik matic, sport dan bebek atau setara 5 tahun. Itu adalah sekelumit kisah eSAF yang begitu ramai dan bombastis disosial media. Terus gimana didunia nyata ??

Ternyata nggak ngaruh cak. Justru pada penutupan penjualan AHM pada 2023 mengalami peningkatan yang sangat pesat. Data yang dirilis AISI menunjukkan bahwa AHM berhasil mengoleksi wholesale 4.880.888 unit. Data wholes ini artinya distribusi dari pabrik kedealer. Terus piye penjualan dari dealer ke konsumen ? nahh ini dia cak yang menarik. Saat IWB intip untuk penjualan retail AHM berhasil ditutup diangka 4.7 jutaan unit. Wowww…ediann iki. Sebab Angka ini melesat signifikan dibandingkan tahun 2022. So…kenaikan tercatat 18-20 % dibandingkan tahun lalu !! btw itu belum termasuk eksport 137 ribuan unit ke Filipina…19.9 ribuan unit ke Vietnam dan sisanya 4000-an dibeberapa negara lain…

Last…fakta data AISI AHM yang begitu moncer kendati diserang habis-habisan disosial media menjadi penegas bahwa strategi “framing” sudah tidak lagi efektif dimasa sekarang. Jadi yang paling efektif jelas inovasi produk itu sendiri. So…saran IWB yang paling manjur dan mujarab adalah racik produk sekeren mungkin supaya pasar merespon positif. Nahh….kalau menurut sampeyan sendiri piye cak…apakah eSAF ini memang hanya ramai disosmed ?? kalau nggak kenapa penjualan ke konsumen malah melesat naik 18-20% ? monggo berikan opininya……(iwb)

1 COMMENT

Comments are closed.