iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…dihari pertama tes Valencia, ALex RIns sudah mampu memberikan penilaiannya terhadap Yamaha. Menurutnya ini motor yang benar-benar memiliki potensi besar. Dibandingkan Suzuki, karakter Yamaha sedikit berbeda. ” Ini benar-benar smooth..” ! serunya…

Usai hari pertamanya bekerja di tim pabrikan Yamaha MotoGP di Valencia pada Selasa, Alex Rins membuat perbandingan menarik antara Yamaha dengan Suzuki. Sesama motor yang menggunakan konfigurasi sama yakni inline 4…Yamaha memiliki karakter yang lebih smooth. Yup…Alex Rins berada di posisi ke-19 diatas Yamaha pada akhir tes resmi MotoGP Valencia, Selasa. Pembalap Spanyol berusia 27 tahun itu terpaut 1,3 detik dari waktu terbaik yang dibuat oleh Maverick Vinales (Aprilia) dan lebih lambat setengah detik dari rekan setimnya Fabio Quartararo…..

“ Aku merasa cukup baik dengan motornya. Kami membagi hari menjadi dua bagian. Di pagi hari aku turun trek dengan setup Fabio, itu hanya pengenalan awal. Seperti gimana posisi stang dan pengaturan foot step yang tepat. Sore harinya kami berkonsentrasi pada banyak lap dan mencoba dua fairing berbeda. Sejauh yang aku rasakan dan menilai motornya, salah satunya bekerja lebih baik….

iklan iwb

“ Btw…Ini adalah sepeda motor yang sangat berbeda. Aku bisa berbelok ke tikungan dengan lebih banyak melakukan tekanan pada rem depan. Itu bagus – kami bisa mengimbanginya dalam hal waktu putaran. Motornya terasa cukup smooth lebih dari yang aku duga. Namun kami masih harus menyesuaikan perangkat elektronik dengan gaya berkendaraku termasuk ride-by-wire….

“Saat ini perbedaan konsep mesin bukanlah perbedaan terbesar, melainkan aerodinamika. Dengan Yamaha aku memiliki banyak kecenderungan wheelie saat angin kencang. Motornya melaju dengan baik, tapi aku harus menunjukkan masalah wheelie ini pada Yamaha. Saat kami mencoba fairing lainnya, wheelie lebih minim tapi tenaga mesin seperti tertahan. Jadi kami harus cari kompromi. Btw…dengan konsesi baru kami sedang menyusun rencana. Semakin banyak hari test berarti kita dapat mencoba lebih banyak hal baru…” seru Alex RIns…

Last….Rins kembali bekerja dengan Yuta Shimabukuro, yang dia kenal sejak masih di Suzuki. “Bagus sekali kami memiliki dia di tim. Dia memiliki banyak pengalaman dengan Suzuki dan kemudian menghabiskan satu tahun di GASGAS bersama KTM. Aku menyadari bahwa aku membuat keputusan bagus. Dia meminta sikap serupa dengan apa yang kami miliki di Suzuki dan itu berhasil dengan baik. Dari perspektif itu, kami memiliki banyak hal untuk diuji dan dicoba – itu bagus!” tutup Rins…(iwb)