iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..seperti yang sampeyan tahu Jonathan Rea mulai tahun depan akan gabung bersama Yamaha. Rea melakukan tes Jerez hari Selasa kemarin. Namun ternyata pembalap Kawasaki ini justru sempat crash di tikungan 13. Yang menjadi pertanyaan apa yang terjadi dan gimana rasanya setelah jajal R1 dari sebelumnya ZX10R ? berikut kata Jonathan Rea….

Pada debut pertamanya diatas mesin R1, Jonathan Rea mencatatkan waktu terbaik 1’40.302 detik. Tetapi Rea hanya mampu menyelesaikan 12 lap karena hujan dan kecelakaan yang dialaminya. Waktu terbaik Rea kurang dari setengah detik dari Remy Gardner, yang tercepat pada hari Selasa. Berikut kata Rea….

“ Aku baik-baik saja. Sungguh luar biasa bisa mendapatkan lap pertama dengan R1 karena kalian selalu penasaran tentang bagaimana motornya nanti. Aku sangat bersemangat sampai pagi ini, namun tiba-tiba aku menjadi sangat gugup. Aku berpikir ‘bisakah aku cepat dengan motor ini?’ atau ‘bagaimana rasanya duduk di atas motor baru ?’. Dan ternyata aku merasa nyaman tapi posisinya memang aneh. Segera setelah aku keluar dari pitlane, ada banyak hal positif yang dapat aku ambil. Kami melakukan tiga ekplorasi….

iklan iwb

“ Sayang cuacanya jauh dari sempurna. Bahkan pagi ini, banyak tikungan dipenuhi bercak air.  Menjelang makan siang, kami menghadapi gerimis dan kemudian basah total. Kami mempertimbangkan untuk menjaga motor tetap bagus dan kering agar besok bisa mengikuti jadwal test dengan sempurna. Mudah-mudah malam ini cuaca kering, walau tetap penting juga untuk ngetes motor dalam kondisi basah.…” serunya..

Rea sendiri akan mencoba lagi Yamaha barunya pada hari Rabu ini, test terakhir di Jerez.

“ Aku pikir tes ini akan fokus dulu pada kenyamanan. Aku minta pada tim jangan terlalu banyak menguji komponen hardware ataupun komponen elektronik. Aku ingin memahami R1 dulu, menemukan batasan motor dengan riding styleku dan kemudian, setelah semuanya familiar otomatis kita dapat mulai menguji bagian-bagian yang sulit. Tapi jika kita melakukan hal itu sekarang, kita akan mudah tersesat. Tim memahami hal itu…” tutup Rea….(iwb)