iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…diajang Tokyo Motorshow 2023 Yamaha kembali menegaskan eksistensi XSR900GP…sebuah motor klasik tampang racing yang menggunakan mesin 3 silinder. New XSR900GP merupakan penegas kesukses pabrikan garputala diajang balap dunia sejak era klasik hingga sekarang. So…seperti apa sosok dari Yamaha XSR900GP ? intip detilnya dibawah ini..

Yamaha melakukan unveiling motor sport retro racing konsep berlabel XSR900GP. Disebut sebagai heritage DNA motorsport, XSR900GP ini diracik oleh Naochika Hashimoto sebagai kepala desainer yang diserahin meracik XSR900 menjadi GP version….

Kami ingin kalian merasakan semangat balap Yamaha, XSR900 GP memiliki gaya yang memberikan penghormatan kepada mesin balap tahun 1980an dan 1990an. Target audiensnya adalah orang-orang berusia 40-an dan 50-an. Meskipun mereka tidak mengendarai seri YZF-R di sirkuit, mereka dapat menikmati nyawa sport masa lalu dengan motor ini. Konsep posisi ridingnya juga berbeda dimana versi GP lebih condong ke depan dibandingkan XSR. Kami bekerja keras pada aspek berkendara di GP….

iklan iwb
” Naochika Hashimoto…desainer XSR900GP….”

” Kami tidak ingin orang berpikir ini hanyalah XSR dengan penutup mesin yang terpasang terpisah. Kami Yamaha, sangat memperhatikan kualitas riding. Tidak hanya setang terpisah yang digunakan dan setelan suspensi diubah, bodi motor juga telah “disetel” khusus seperti ketebalan braket yang menahan mesin. XSR memiliki speedo 3,5 inci, namun pada GP series kami menggunakan speedometer TFT full color berukuran 5 inci. Ada total 5 mode berkendara, 3 riding mode + 2 tipe custom. Dan kalian dapat memilih desain tampilan speedometer favoritmu sebanyak 4 opsi...” tutup Hashimoto seperti dilansir Autoby….

Jadi dari penuturan diatas cak, bisa kita pastikan perbedaan XSR900 GP dibandingkan versi XSR reguler adalah posisi riding yang dirubah termasuk penambahan pada braket mesin untuk memperkuat dudukan engine. Itu diluar penampilannya. Dan karena basis mesinnya mengambil dari XSR maka bisa kita simpulkan mesin sudah lulus Euro 5 sehingga lebih ramah lingkungan. Mesin lebih ringan 300g….mendapatkan sentuhan dengan basis engine MT09 (CP3 889cc) dimana stroke 3mm lebih panjang sehingga kubikasi lebih besar 43mm dari old gen….

New XSR900 power naik 4PS menjadi 119PS. Ledakan tenaga ini juga hasil tuning konstruksi knalpot terbaru Material sasis direvisi, menggunakan model aluminium dengan konstruksi baru yang diklaim lebih ringan dan rigid. Ketebalan diatur ulang dari tertipis 1,7mm hingga paling tebal 3,5mm. Revisi ini bertujuan meningkatkan handling dan kestabilan serta lincah. Pengereman menggunakan Brembo master silinder terbaru sehingga braking makin handal. Suspensi depan dijejali model USD berkelir emas racikan KYB…

Pelk juga menggunakan material berbeda. Dari konfirmasi Yamaha pelk anyar lebih ringan 700G. Termasuk ECU dan update electronic dengan hadirnya 6 Axis IMU sehingga traksi kontrol, slide control, anti wheelie dan cornering ABS lebih akurat. Beberapa poin kelebihan lain pada XSR900GP adalah hadirnya Brake Control dan Lift Control, QC (Quick Shifter) auto blipper, Tiga riding mode + 2 custom dan juga hadir fitur cruise control, Speedometer TFT 5 inch full color, Revisi raiser lebih rendah dan nyaman, Tanki BBM 14 liter, wheelbase lebih panjang 55mm untuk kestabilan dll…

Last…Yamaha XSR900GP rencananya bakal mulai didistribusikan per awal 2024. So…kali ini Yamaha hanya pengenalan serta launching beberapa event bergengsi dunia seperti EICMA serta Tokyo Motorshow. Kita lihat saja berapa Yamaha akan membanderol sang racik klasik…menarik iki cakk…..(iwb)