iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…..Yamaha Motor baru saja memamerkan sebuah kendaraan concept berlabel Tricera Concept. Kendaraan futuristik dengan desain yang sangat unik terinspirasi oleh koneksi antara manusi dan mesin…ngono cak bosone.Yang jadi pertanyaan seperti apa sih Tricera Concept dan akan dibawa kemana kendaraan konsep ini ?

Yamaha Tricera Concept adalah sebuah kendaraan konsep listrik Yamaha terbaru. Ingat cak…ini adalah konsep cak yang artinya memang belum tentu masuk masspro. Tricera menawarkan Kendaraan roda tiga “konseptual” yang memadukan powertrain listrik dengan sistem kemudi roda belakang yang unik. Mesin roda tiga hingga detik ini memang berbeda cak, diklasifikasikan sebagai motor di beberapa belahan dunia dan mobil di belahan dunia lain. Namun Tricera tampaknya memiliki keunggulan tersendiri, dengan desain yang berbeda dari mobil dan motor yang sudah eksis….

Tricera Concept memiliki kokpit terbuka, tempat duduk untuk dua orang, dan desain roda tiga “delta” dengan dua roda depan dan satu roda belakang. Namun yang membedakannya dari yang lain adalah kemudi roda tiganya, yang memungkinkan roda belakang juga berputar, selain kemudi rack di depan pastinya. Artinya, mesin listriknya akan super gesit dan responsif, terutama di tikungan ekstra sempit. Selain itu, Yamaha mengatakan roda depan dan belakang dapat dikemudikan dalam arah yang sama atau berlawanan. Namun jika terasa janggal, sampeyan bisa mematikan atau menonaktifkan roda belakangnya….

iklan iwb

Karena merupakan kendaraan konsep, Yamaha belum membeberkan detail mengenai jenis mesin apa yang menggerakkan Tricera atau spesifikasi lainnya. Namun, beberapa pihak berspekulasi bahwa Tricera bisa melahap jarak 100 km untuk sekali pengisian daya dengan top speed 80 km/jam. Yang pasti Tricera dirancang untuk menawarkan kesenangan dan kenyamanan bagi pengendaranya…

Tidak jelas apakah Yamaha akan memproduksi masal Tricera Concept namun yang jelas tetap menarik untuk kita pantau perkembangannya.  Btw Selain kendaraan roda tiga Tricera, Yamaha juga akan menghadirkan beberapa konsep kendaraan masa depan di Japan Mobility Show 2023. Termasuk konsep sepeda motor Motoroid 2 AI, motor trail Leaning Multi-Wheeler (LMW) roda tiga, dan YXZ1000R berbahan bakar hidrogen. Seperti apa sosok Tricera ? intip detilnya dibawah ini….(iwb)