iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk……ini benar-benar kejadian extra ordinary. Gimana nggak…sekarang udah masuk hari Kamis namun para tim yang seharusnya sudah ada disirkuit sejak Selasa hingga hari ini ternyata tidak aman. Bahkan Beberapa tim GP saat ini kehilangan 50 persen stafnya karena belum juga bisa masuk di India. Yang paling celaka adalah tim Honda cak. Sebab dilaporkan 50 % tim HRC nggak bisa masuk India….sedang Yamaha, Ducati dan Aprilia aman !! cilokooo tenan….

Seperti yang sudah pernah IWB bahas sebelumnya…..balapan India memang diwarnai kesemrawutan akibat manajemen yang carut mawut. Sekitar 2.000 orang yang terkena dampak akibat Electronic Travel Authorizations (ETA) tidak dapat diketahui secara pasti, bahkan dua hari sebelum sesi latihan pertama GP India. Yang apes lagi adalah tim Honda dan KTM sebab kini dilaporkan sekitar 50 persen staf tim MotoGP Honda Racing Corporation (Repsol) dan Red Bull KTM masih terjebak di Eropa. Mereka belum bisa berangkat karena visana belum juga turun. Namun beruntung bagi pabrikan MotoGP Yamaha, Ducati, dan Aprilia karena mereka sudah full squad di India dengan aman sentosa….

“Tim pabrikan MotoGP kami sudah sepenuhnya tiba di India. Hanya tim Master Camp Moto2 kami dimana pembalapnya yakni Manuel Gonzalez dan seorang mekanik belum berangkat. Mereka belum menerima visa dan terdampar di Spanyol.” seru Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing. Selain itu Ducati juga mengungkapkan rasa beruntungnya….“Kami beruntung, seluruh anggota tim dan pebalap Ducati Lenovo tiba di India,” seru direktur olahraga Ducati Paolo Ciabatti. CEO Aprilia juga mengunglapkan rasa beruntungnya…. “Semua anggota tim kami ada di sini,” lapor CEO Aprilia Racing Massimo Rivola, yang terbang dari Italia pada Selasa….

iklan iwb

Kejadian luar biasa India juga diungkapkan insinyur data Red Bull KTM Binder yakni Tex Geisser. Menurutnya ini adalah pengalaman luar biasa karena visa datang pada saat kondisi genting….

“Tidak ada visa sampai check-in di bandara di Munich. Lalu datanglah visa. Aku kembali untuk check-in dan meyakinkan mereka kondisinya. Kemudian mereka menelepon supervisor dan dia memberi lampu hijau. Alhasil dia masih bisa mendaftarkan bagasiku. Tapi sekitar setengah dari tim kami hilang.” serunya. Yang ngeri cak….ternyata Dorna dan IRTA kini merekomendasikan agar tim berhati-hati dan selalu menutup ruang perhotelan, kantor tim, dan ruang ganti di paddock pada malam hari sebab orang India biasanya menggunakan kamar ini untuk bermalam. Wediann cakkk….

“Penyelenggaraan Grand Prix India sejauh ini merupakan bencana. Dorna sangat meremehkan kompleksitas birokrasi India. Dan kami terkejut Dorna dibiarkan sendirian dengan masalah visa dan pajak…” seru salah satu manajer Motogp. Ditambah lagi dengan harga akomodasi dan layanan antar-jemput yang selangit. HRC membayar 28.000 euro ( 490 jutaan) untuk layanan antar-jemput. Karena birokrasi yang rumit serta masalah bea cukai dan pajak, Formula 1 tidak pernah kembali ke India sejak 2013. Dan itulah mengapa Kejuaraan Dunia Superbike bahkan tidak menggelar race di Greater Noida dekat New Delhi di India di bawah promotor Flammini – meskipun ada kontrak multi-tahun…..

Masalahnya adalah Ketika para pejabat Flammini ingin menyelesaikan masalah dan perselisihan di India, mereka melihat menteri olahraga, menteri keuangan, dan menteri pariwisata (mereka berasal dari partai yang berbeda) tidak bisa kompak dan begitu terpecah sehingga mereka tidak berbicara sepatah kata satu sama lain. Sehingga acara tersebut dibatalkan dan kontrak SBK pun diputus. Dilalah Dorna masih berusaha untuk menepis semuanya karena menganggap pasar India adalah market potensial akibat penjualan motor terbesar di dunia. Dan hasilnya ?? ancurrr tenan cak…. (iwb)

14 COMMENTS

  1. Dorna harus bertanggung jawab menyebabkan kerugian ke para tim dengan memilih lokasi balap yang tidak rekomen

    Negeri 1000 protein daki jari

    • Semua ulah fby indie
      Yg di persulit pasukan H doang
      Lihat aj tampang tampangnya penduduk indie buluk dekil kamvungan mirip tampang fby di mari
      MuuuuUUUuuuuehehehe…..

    • Yang untung yamaha
      India penduduk padat dan bisa di manfaatkan buat pelanggan odong2 nya
      MuuuuUUUuuuuehehehe…..

  2. Bukan cuma india blok ini juga suka baned ip
    Ekekekek
    Padahal kita cuma bilang kenyataan di lapangan ada motor krospos

  3. Mungkin ini balasan kepada Dorna karena selalu mengejek Prindavan Prindavan Mulu setiap launching motor india

  4. Yaudah batalin saja, karena 1 org peserta/crew gabisa hadir lantaran negeri Krishna irresponsible, berarti GP batal…. Ngapain maksain balap di negara yg gamau didatangi…. Skip saja Dorna, atau karena nehi nehi emang negara kelahiran Resi Dorna….. Wkwkwkwkwk….

  5. Ini negara yg mengklaim udah ke bulan…lawak kali…sapi saja lebih tinggi derajatnya dari manusia…

Comments are closed.