iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..rangka esAF menjadi perbincangan kita akhir-akhir ini. Sebagai Blogger yang sudah kenyang makan asam garam karena berkecimpung didunia maya selama hampir 14 tahun…sejak 2009, IWB paham betul perjalanan seluruh pabrikan roda dua tanah air. Mulai dari Yamaha yang menggegerkan jagad roda dua lewat inovasi briliannya dengan kemunculan Mio…kemudian diikuti Vixion, Yamaha betul-betul melesat. Sedang AHM…sempat merasakan kedigdayaannya…lalu tertekan ditahun 2010…namun kembali bangkit dengan posisinya sekarang, perjalanan AHM tidaklah mulus. Beberapa isu masif menerpa mereka…turun dan naik…..

Perjalanan AHM sebenarnya tidak pernah mulus dalam perjuangannya untuk bangkit. Serangan yang dilakukan pada AHM begitu masif disosial media…sangat luar biasa. Dalam sejarahnya pabrikan Astra ini entah kenapa menjadi musuh nomer satu netizen….kenapa ? karena ketika ada satu video dan gambar muncul….dengan narasi produk cacat, langsung booming digoreng secara masif. Celakanya IWB yang memang kenal cukup dekat dengan para pejabatnya selalu kena getahnya…dianggap membela…pasang badan…di endorslah…dibayarinlah…nggak Netral-lah….wisss uakehhhh cakkk sampe klumut lek boso Jowone hahaha….

Terus gimana respon IWB ? santai cak….soale Wiss biasa karena ini bukan case pertama tiap kasus berhubungan dengan AHM IWB juga diserang masif. IWB sendiri tetap profesional….melihat dan mengumpulkan informasi secara dingin dan netral. Namun tetap, apa yang sampeyan keluhkan, IWB sampaikan ke AHM….dibelakang layar karena IWB nggak perlu jadi pahlawan kesiangan..sok-sokan memamerkan, ini lhooo….Iwanbanaran udah ketemu pejabat tinggi AHM….wisss diterima lho, IWB keren kiiieee…eksisss terus iki lhoo, ora perlu cak. Wiss nggak level kita seperti itu hahaha….

iklan iwb

Kasus pertama yang sangat heboh dimasa lalu menyerang AHM adalah frame teralis CB150R. Saat itu kasusnya mirip sekarang…gambar bertebaran dimana-mana (dikisaran 2015). Dianggap sasis gagal…berbahaya dll. Digoreng habis dan uniknya banyak yang juga menyerang IWB dianggap diam saja…nggak bersuara….ora netral dll. Wiss pedes tenan. Padahal saat itu IWB masih bingung karena kebetulan banyak teman-teman punya CB150R termasuk adik kandung IWB frame-nya aman-aman saja. Mencari informasi ternyata banyak muncul di grup Facebook. Ya….hanya ada gambar dan video…langsung disebut, rangka gagal !!…

Karena nggak puas…IWB coba cari informasi AHM soal itu. Dan dari konfirmasi mereka… barulah diperoleh kesimpulan bahwa hasil investigasi mengatakan ada modifikasi pemasangan frame slider yang tidak proper. Ada lagi sasis udah mengalami modifikasi buat stuntman style dll. Jadi nggak murni kesalahan pabrikan akan tetapi sudah mendapatkan modifikasi. Dan memang cak, ini sinkron dengan lapangan dimana para kenalan IWB sasis CB150Rnya nggak ada yang patah alias baik-baik saja bahkan hingga sekarang. Dari sana IWB buat artikel berdasarkan keterangan pabrikan dan berusaha memberikan pencerahan. Hasil akhir ? seperti biasa IWB diserang tidak netral. Horaa po2, karena IWB harus membeberkan sesuai fakta yang IWB dapatkan dari lapangan. Dan ternyata hingga detik ini kasus rangka CB150R prothol hilang sendiri tanpa ada suara…

Kasus kedua kasus suspensi PCX bengkok. Ini juga ngeri cak gorengnya. Hanya gara-gara suspensi memiliki spring yang agak rapat dan ketika dinaikin memang seperti mleyot…netizen heboh. Grup geger dan menyebut ini suspensi gagal. Showa sebagai supplier suspensi sampai memberikan pencerahan termasuk AHM bahwa ini hanya visual karena kerapatan suspensi beda dengan lainnya. Justru PCX menggunakan suspensi triple rate..dimana kerapatan bawah dan atas dibuat berbeda sehingga pengendara akan nyaman saat mengendarai. Praktis kerapatan spring juga lebih padat dan ini yang membuat looks-nya seolah-olah bengkok. Kita nggak percaya….

Saat itu kita sampai diundang AHM diberikan edukasi suspensi triple rate yang memiliki spring rapat. Suspensi yang akan memberikan rebound lebih nyaman dan durable. Dari sana IWB baru paham…ealaahh ngono to. “ Kalau bengkok, pasti oli suspensi akan bocor karena ini memang springnya saja…visual saja. Jadi nggak usah kuatir..” ujar tim teknis AHM saat itu. IWB sampai manggut-manggut karena juga baru tahu, ilmu kuwi cak. Dilalah saat IWB coba share diBlog…IWB malah dianggap ora netral….

Suspensi busuk kok dibilang baik-baik saja, dasar blogger bayaran…ora netral….ujarnya saat itu (emang suwek ini wkwkwk). Piyee yak…nggak bikin artikel dituduh bungkam, memberikan pencerahan disebut ora Netral. Pokoke kamus netral bagi netizen “haters AHM” ini adalah….jelekin produknya maka sampeyan akan dibilang netral. Yo emoh rek…tanggung jawab IWB pada followers sangat besar. Jadi kita harus buat artikel apa adanya bukan karena tekanan. Dan dilalah hingga sekarang isu tersebut menguap juga karena memang tidak ada masalah apapun….

Beberapa kasus lain yang sangat heboh adalah mesin klotok-klotok, gredek serta posisi mesin Vario 160 yang rawan terbentur sehingga berpotensi pecah jika pada kecepatan tinggi. Karena desain hanger mesin diatas nggak dibawah lagi seperti masa lalu. Soal ini klotok-klotok inipun juga sudah pernah IWB sampaikan ke AHM dan mereka memperbaiki pada gen selanjutnya. Termasuk gredek…pada gen baru seperti Vario 160, PCX160, ADV160 sudah hilang. Sebenarnya pada ADV150 juga sudah mulai bagus. Terbukti ADV150 IWB yang sudah berumur 3 tahun juga baik-baik saja…

Sedang desain hanger engine Vario 160….suka nggak suka memang seperti itu adanya. Namun selama berkendara normal tidak menghantam lubang ekstrim pada kecepatan tinggi….semua baik-baik saja. Terbukti dari ribuan unit, kasus pecah mesin hanya segelintir. So…preventifnya adalah pasang protector bawah biar hati lebih tenang. Laaahh kok repot bener ? beli kan maunya nggak direpotin ? yo wis berarti cari matic lain…kan banyak opsi cak. Lawong konsumen ki raja…bener oraaa. Yahhh….pokoke kalau dirunut banyak cak. Dan sekarang muncul lagi kasus berbeda yakni eSAF….

Sama dengan diatas, rangka eSAF ini luarrr biasaaa masif. Mirip dengan yang terjadi pada kasus CB150R yang netizen sebut rangka jemuran (asyemm tenan ono-ono wae wkwkwk). Namun sekarang lebih bombastis karena ada tik tok dll. Jadi viralnya cepat apalagi yang ngeshare dibumbui narasi-narasi menyeramkan. Beat kelipat sendiri, rangka keropos tanpa sebab…dan bahkan Vario 125 aja disebut pakai eSAF. Nahh makin ngawurr to. Dan sekali lagi kalau Iwanbanaran nggak buat artikel…disebut nggak berani, dibungkam AHM dll. Weladalaahh….Iwanbanaran anti dibungkam cak. Kalau sampeyan bilang begitu berarti sampeyan ora percoyo sama gusti Allah. Lawong rejeki ono sing ngatur. Tapi IWB selalu memantau secara seksama ora grusa-grusu….kemudian survei kecil-kecilan para pemakai Beat baru, Genio, Scoopy Vario 160 dll. Semua yang IWB cek baik-baik saja…

Dari sana IWB cek ke AHM dan mereka memang masih melakukan investigasi. Sebab mereka punya SOP….meneliti secara seksama, mengumpulkan history dan cara pakainya….kemudian baru mengambil tindakan. Investigasi secara komprehensif diperlukan untuk melihat apa yang membuat frame gagal. Apakah motor digunakan ditambak ??…pernah nyemplung kelaut ? kelipat gara-gara nabrak, membentur ekstrim ? Yess…karena dalam video tidak pernah ada kronologi lengkap. Pemiliknya pun seperti raib kemana. So…yang ada Hanya narasi patah, keropos atau kelipat. Pasti butuh investigasi cak. Dari sana barulah mereka bisa melakukan tindakan. Jadi kita harus meracik artikel seseimbang mungkin supaya kita tidak dianggap black campaign. …

Last…jika memang ada yang kurang pada produk, pabrikan wajib memperbaiki. Sebab jangan sampai nama yang sudah luar biasa besar tercederai hanya satu masalah. Namun sebagai bikers, kita juga harus fair, tenang dan jangan gampang terprovokasi karena banyak narasi menyesatkan. Nggak usah kuatir sebab tiap isu apapun pabrikan besar pasti memantau dan bertanggung jawab. Yang IWB heran dengan masifnya hantaman kepada AHM sejak dulu yang luar biasa masif…market share mereka semakin melejit. Bahkan kini menuju ke 80 %…jadi rasanya kok nggak cocok dengan “garangnya” suara diinternet. Produk sampeyan beli juga…njurrr kepriye wkwkwk. Karena memang harus diakui, dibalik kekurangan pasti ada kelebihan. Nggak ada produk yang sempurna cak. Dan suka atau tidak sejauh ini rata-rata produk matic Honda memang sesuai dengan kebutuhan serta selera kita. Padahal pilihan jatuh ditangan sampeyan sendiri yang punya uang. So…Rangka eSAF ?? kita tunggu saja hasil investigasi AHM…(iwb)

62 COMMENTS

    • Dengan model plat, bisa dibayangkan betapa banyak dan luas area bekas potongan. Seperti kulit kita yang terbuka karena luka. Mudah terpapar bakteri dan kuman.
      Begitu pun dengan bekas potongan plat besi. Akan mudah dan cepat teroksidasi oleh udara atau oksigen.
      Nahh, melapisi bekas potongan besi tersebut yang harus diperhatikan. Permukaan potongan besi haruslah bersih dan rapih. Dan lapisan coating cat dilakukan dengan cara yang benar dan baik. Dengan cat yang berkualitas juga.
      Nahh, setelah itu diajukan ke lembaga penguji dari pihak luar pabrikan yang telah diakui dunia, kelas global lah.
      Kalau belum lolos uji, harus diperbaiki dulu.
      Pastinya makan waktu yang lama test pengujiannya. Karena diuji di segala medan dan kondisi. Wajib hukumnya menguji dalam keadaan terburuk.
      Jadilah anda semua pribadi yang luas dan mendalam.

  1. Kalau cuma 1 kesalahan user, kalau ada beberapa bisa disimpulkan sendiri.
    Kasus komstir kayak krupuk juga kurang perhatian

    • Rangka sepeda motor digaransi.
      Dan satu tahun garansinya.
      Coba ditelaah, ditimbang, dikomparasi dengan produk produk masa atau era perkembangan sepeda motor produksi massal sebelumnya.
      Dr. Wannandadakkan sudah mengakui umur sepeda motor produksi era 2010 ke atas disengaja lebih pendek daripada 1990an.
      Logis saja karena untuk kelangsungan hidup pabrikan yang kudu menghidupi karyawannya yang sangat besar jumlahnya.
      Nahh rangka yang mudah rusak atau patah atau keropos adalah ceruk baru pemasukan perusahaan dari sektor part suku cadang.
      Sudah sangatlah gamblang apa motivasi dibuatnya part baru ini

  2. Biasa cak itumah buzzer gocap, pengalihan isu ini….. Wkwkwkwkwkwk….
    Gorengan berikutnya bakalan lebih parah lagi Cak….
    Ceritanya ngehantam produk laris BeAt, Scoopy dan Vario sekaligus…. Wkwkwkwkwkk….
    Tapi ya itu justru dibenci dihujat biasanya kalo produk bagus ya bakalan lebih laris lagi, itung itung promosi juga buat honda….

    • Dah lumrah BeCe murahan para fby yang berafiliasi 😂
      Saking lumrahnya…semakin gak ngaruh Pak Dhe , bener kata sampeyan .. jualan Zultan Hnd tetap lancar jaya dan selalu bikin Sumringah.

      Tetangga ? Sh00ck kanan bawah keluar +- kurang 1 cm sedari dulu sampe g3n sekarang masih gitu aja … Ml0rot2 tuh olinya. belum lagi mesin 3-4 bulan jadi aut0 mesin jahit berjalan, atau laher kruk as nya Ng0blak dah kek suara genset 😂 …geterrrrrr Sepanjang jalan , tiap 3 hari cek oli , hidup kok ribet.
      Berasa kencang tapi ment0k 140 kmh sama saja dengan 17 hp yang mentok 140 kmh.
      Berasa kencang 122 kmh tapi bisa dilihat dari spion 117 kmh yg berada didepan. 😂
      149 CC 2 cyl bisa nyundul2 155 pea yang berisik nya ampun2an , 125 CC mentok 80 kmh dilibass sama 110 CC 2 klep…

      Bersambung….

      • Wahhh .. sales Honda ASBUN nya ga nanggung wkwkkw

        Inget kata Cak Iwan Banaran, Ga perlu Black Campign ..

        NORAK .. !!

      • Rasah kakean omong bro,, itu real bukan mengada-ada,,,
        So cap sayap bukannya mengutamakan quality tapi mengejar quantity
        Konsumen yang berbicara bukan abal-abal

  3. Saya pengguna NCB150R tahun 2016 baik² saja, km sudah 100rb lebih, ada juga beberapa motor matic Honda dan juga yamaha. Politik otomotif kejam cak, tau sendiri harga jual kembali matic honda sangat stabil, ini yang buat pabrikan lain kepanasan, karena kultur orang Indonesia beli motor juga mempertimbangkan harga jual, dengan penggunaan 3-4 tahun sudah mikir ganti motor. Misal aja nih, kelas beat karbu masih di harga 6-7 jtan, Mio karbu 3 jtan, spin 2 jtan, kelar wes. Yang posting rangka patah bengkok karat juga gak bisa dipertanggungjawabkan history penggunaannya, itu yg aneh. Sepertinya kebencian mereka terhadap AHM sudah begitu memuncak, karena setiap hari mereka ‘dipaksa’ melihat motor Honda secara masif. Hehehe

  4. Kalo beli kendaraan, jangan beli yg batch ke 1. Nunggu facelift aja. Biasanya nanti ada perbaikan. Mirip seperti kasusnya cb150 series.

  5. tapi temen tinggal digunung cak….motor sayapun honda semua…cuma lama….nah punya temen beberapa kropos….ini tunggal di pegunungan lho cak bukan laut…beat saya yg karbu sampe sekarang aman…..menurut saya material esaf gg sesuai cak…ini kan vendor….dulu cb 150 juga vendor yg ternyata mengurangi ketebalan…klo secara desain menurut saya esaf bagus….cuma material gg sesuai….

    • material sesuai. hanya CAT yg kurang, harusnya di Bagian sambungan di cat Lebih tebal. krna d bagian situlah banyak air menggenang.
      sejauu ini rangka esaf itu jempolan, mungkin klo anda beli motor lbih baik Bongkar lalu cat sendiri di sambungan” rangka.. supaya me ghindari oksidasi dan keropos.. krna awal mula Karat itu ketika Besi ketemu Udara, atau catnya Luntur.

  6. Udah gak usah dibetulin ESAFnya gitu aja udah sip udah laris kok. Ngapain dengerin omongan netizen. Dibilang mrotol ya biarin. Mosok motor udah laku jutaan unit mau direcall semua. Dibetulin nanti aja kalo udah ada gugatan clash action dr konsumen.

  7. Ada yg ngalamin bodi plastik geter brisik bgt gak yah klo lwt jalan kurang mulus.. skupi ane kyk gitu, cek ke beres katanya baut2 lengkap smua..

  8. enSyAF, enSyaF,……. jangan lagi ada penggorengan ….meskipun sunco diskon 50%… black campaign udah mulai meskipun 2024 masih lama…. lu punya duwit, lu punya buzzer, tapi gak gitu nyet

    • Harusnya, honda ga usah bikin motor canggih canggih amat, mungkin kalau buat motor irit top speed 100kmpj kuat nanjak rem cakram tromol irit 45kmpL aja udh cukup. Ga ush buat cbs iss abs deluxe led. Ga usah kalau ga masuk dgn harga 17jt++
      Buat aja mtr irit,kuat di tanjakan,kuat di rangka, body tebel,design keren khas honda.
      Ga perlu canggih canggih, bisa nya karbu, joss bisanya platina ya gasss… Bisanya FI ya jos gas…

  9. Kualitas esaf akan ditingkatkan, tapi kalau harga naik jangan mengeluh yaa…..atau kalau mau harga tetap, tapi ada kualitas part lain yg dikurangi yaa….

  10. Dah lumrah BC murahan para fby yang berafiliasi 😂
    Saking lumrahnya…semakin gak ngaruh Pak Dhe , bener kata sampeyan .. jualan Sultan Hnd tetap lancar jaya dan selalu bikin Sumringah.

    Tetangga ? Shock kanan bawah keluar +- kurang 1 cm sedari dulu sampe gen sekarang masih gitu aja … Mlorot2 tuh olinya. belum lagi mesin 3-4 bulan jadi auto mesin jahit berjalan, atau laher kruk as nya Oblak dah kek suara genset 😂 …geterrrrrr Sepanjang jalan , tiap 3 hari cek oli , hidup kok ribet.
    Berasa kencang tapi mentok 140 kmh sama saja dengan 17 hp yang mentok 140 kmh.
    Berasa kencang 122 kmh tapi bisa dilihat dari spion 117 kmh yg berada didepan. 😂
    149 CC 2 cyl bisa nyundul2 155 pea yang berisik nya ampun2an , 125 CC mentok 80 kmh dilibass sama 110 CC 2 klep…

    Bersambung….

    .

  11. Dah lumrah BeCe murahan para fby yang berafiliasi 😂
    Saking lumrahnya…semakin gak ngaruh Pak Dhe , bener kata sampeyan .. jualan Zultan Hnd tetap lancar jaya dan selalu bikin Sumringah.

    Tetangga ? Sh00ck kanan bawah keluar +- kurang 1 cm sedari dulu sampe g3n sekarang masih gitu aja … Ml0rot2 tuh olinya. belum lagi mesin 3-4 bulan jadi aut0 mesin jahit berjalan, atau laher kruk as nya Ng0blak dah kek suara genset 😂 …geterrrrrr Sepanjang jalan , tiap 3 hari cek oli , hidup kok ribet.
    Berasa kencang tapi ment0k 140 kmh sama saja dengan 17 hp yang mentok 140 kmh.
    Berasa kencang 122 kmh tapi bisa dilihat dari spion 117 kmh yg berada didepan. 😂
    149 CC 2 cyl bisa nyundul2 155 pea yang berisik nya ampun2an , 125 CC mentok 80 kmh dilibass sama 110 CC 2 klep…

    Bersambung….

  12. mas iwan, bilang sama orang atasan AHM mas, berita ini beda bikin bisnis baru untuk aplikasi antikarat di bengkel AHASS. pasti banyak yang mau deh…

  13. Mantau aja lah… kebetulan seumur2 blm pernah punya produk Honda… jadinya cuma nyimak…. Yg jelas kalau produk S baru saya punya opini…👌

  14. Ini mah pengalihan isu, yg jelek dr ah*m itu plastiknya plastik ember, klo sasis gpp.
    Makanya smua produk ahm yg pake plastik ember ga bisa export, bisa malu2in.
    Semua produk honda expor dr thai.

  15. Rangka esaf ini cuma punya tebal 1mm/lapis
    Masih mending rangka pipa drpd rangka press
    Tp kalau rangka pipa tebalnya 1mm ya sama aja, kecengklak juga.
    Ada yg bilang, katanya karna rumahnya dkat laut jd rangka cepat korosi, lalu apakabar org yg punya motor dr tahun 1970-2019 sblm esaf muncul, bukankah mereka baik baik saja, meski memang ada sedikit yg patah karna terserang karat namun tak secepat esaf ini jangka nya.sy sering lihat mtr nelayan jenis apapun dgn merk apapun, memang pada berkarat di rangka, namun jarang sy liat “patah” bakhan jupiter mx, mio, supra 100 sampai membusuk di timbangan besi pun, masih tidak patah, hanya berkarat dan bengkok di ujung aja.. nah ini beat led iklan sama realita nya ngawor. Recall aja udah. Biar beat sy ganti rangka yg tebalnya 2mm/lapis atau 3mm/lapis 😅

    • jangan ganti rangka lebih tebal ntar malah ga bisa lari mas. ketebalan segitu sudah diperhitungkan hehehe. kata pakar metalurgi cuma perkara prosesnya kurang diawasi, klo bahannya sudah mantab … mantab cuannya wkwkwk

  16. Tapi kalo rangka pabrikan ini emang di buat di luar pabrik cak, kalo do dalam pabrik pasti atasan atasanya update terkait kekurangan atau cacat produksi langsung di line. Dan cepat di tangani sebelum kaluar pabrik

  17. Katanya umur motor khususnya dimari itu sengaja dikurangi. Betapa cepatnya ploduk baru nongol. Beda sama jaman ngundhah vedherral. Sapa tahu pengiritan material frame ada kaitannya dengan penyunatan umur. Who knows aja lohh

  18. Eranya Mbah Darmo ada frase kelinci percobaan untuk ploduk-ploduk balu yang dirilis
    #EnhancedStrongArchitectureFrame

  19. Pilih pabrikan yang sedang berjuang karena mereka akan sepenuh hati bikin ploduk berkualitas dengan material mumpuni sekaligus dengan harga yang bersaing untuk merebut hati konsumen.
    Ngasterah ngundhah itu bukan ngundhah vedherral. Yang jeli n cerdas dengan banyak baca informasi dan history

  20. Menurutku sih artikel nya masih kurang sreg cak, karena apa, ada tuh akun Honda Bekasi atau dimana kalau ga salah yg malah kek nantangin, bukan malah bikin adem suasana, terlebih lagi Honda terlalu lambat memberi tanggapan soal masif nya berita rangka ESAF yg dibilang Nitizen Cahasis Flip, harusnya dari divisi pemasaran turun langsung dan mengatakan kalau ada yg memang terjadi demikian dan dengan investigasi bahwa benar hal tersebut dikarenakan kesalahan pabrik, maka diberikan garansi penggantian rangka baru dari pihak Honda, dan kalau hasil investigasi nya lebih dari 30% kejadian memang dikarenakan kesalahan pabrik, Honda siap me recall semua unitnya, kan gampang cak, ini orang orang Honda banyak yg sembunyi bahkan terkesan menantang atau bahkan mengejek merk seberang, belum tentu juga ini kasus ini adalah kerjaan merk sebelah, lebih baik fokus memperbaiki produk sendiri, selain perbaiki kualitas barang, perbaiki juga kualitas sales nya, karena jujur aku dari 2014 sudah di bagian otomotif di bagian pembiayaan nya, jujur, sales garputala lebih bagus cara jualannya daripada sales kepak sayap tunggal, mungkin karena mereka sudah merasa produk mereka bagus sehingga orang pasti beli dan ga mungkin kelain hati, masih ingat kan betapa bagusnya market Suzuki di 2007-2011, kemudian sekarang bagaimana, Honda dari sisi bahan sudah mulai kurang, saya yakin, penguasa akan mengurangi kualitas bahan nya demi mengejar keuntungan lebih dan dikarenakan mereka menang dari segi demand, saya rasa, dengan sikap deffend nya Honda, akan membuat mereka semakin kehilangan kepercayaan masyarakat, padahal sangat gampang, beri jaminan garansi penggantian rangka dan jaminan recall unit dengan rangka ESAF jika memang rangka tersebut tidak bisa memberikan rasa aman bagi konsumen, sekian terima kasih

  21. Kang…perihal isu sasis ini, apakah rangka esaf tersebut memiliki sertifikasi uji ketahanan, semisal sertifikasi oleh Sucofindo, ECE, ISO (eg. load stress, durability)> Kalo ada pabrikan bisa paparkan ke publik melalui press conference. Jadi tidak hanya sekedar pernyataan umum pabrikan, namun juga bisa ditujukkan ke publik chasis yg dipakai sdh memiliki sertifikasi tertentu, sehingga beritanya tidak simpang siur kemana-mana & masyarakat jadi lebih aware. Nuwun sebelumnya.

  22. biasa klo ud diatas agak susah buat di koreksi,, sekali di kritik ujung2nya bangga2in market share.. “gk mungkin lah ploduk paling laris kualitas tipis” eh

  23. @chris
    Nahh ini difollow up dong. Pengakuan pihak lain berkelas internasional. Merk mendunia lhooo….. Bukan klaim pengakuan sendiri.
    Makasih bang Chris untuk pencerahannya yang cerdas 🙏🙏
    Ingat 85% up lhooo

  24. Nyimak ae cak….motorku suzi spin nggo ngarit,nggo angkut gabah yo ga maslah…
    Kesawah cenglu juga hayookkk….
    Semangat cak bikin pencerahane…👍🏿👍🏿👍🏿

  25. sebab keropos itu kan karena karat, itu hal yg lumrah terjadi pada logam. tinggal treatment dan proses painting/coating aja yg diperbagus, apalagi jika material nya plat yg tipis makin cepet keropos kalo kena karat.

    • Bagian bekas potongan plat yang paling berpotensi korosi Mas 🙏 dan itu luas sekali di model rangka plat. Makin banyak saja kesempatan teroksidasi oksigen.
      Harusnya bukan klaim keunggulan sepihak. Tapi sertifikasi pihak luar pabrikan kelas internasional.
      Ibarat orang ngaku2 hamba Tuhan, lahh Tuhan nya mengakui dia gak ?? Kan gitu. Dialektika, bukan doktrinal

  26. Kalau yg ban belakang dengan spark board gk center gmana itu Cak? Punya kakak saya vario 150 dari beli udah miring tuh

  27. Sampai ada yg baru turun belum ada sebulan benih2 karat sudah ada, buset, beli motor kek beli kaleng bekas khong guan. Diketok2 pun kualitas nya beda kedengar dari bunyinya. AHMPASSS, bagusan pas dipegang sama FEDERAL… AHM BOBROK!!!

  28. Utk AHM… Inget nokia… Ketika pelanggan tidak kamu dengar, tunggu saatnya kehancuran wkwkwkwkwwk jgn twrlalu rakus mengambil untung….

  29. Emang pada kaga waras, tujuan saling serang buat apa.
    Setiap prodak pasti punya kekurangan, seperti CB150 yang pengecatan rangkanya asal”an, solisinya ya tgl cat ulang, gitu aja ko repot… Mau awet ya harus keluar dana extra broo,,, jangan berharap lebih sama kendaraan murah. Kalau mau yang aga berkualitas ambil yang 250cc

  30. Iya cak setuju saya,weh tryt viral jg disaya neh. Namun klo mau jujur sy pemakai all new nmax jika pingin up soal karat ada kok cuma ntar dblg sengaja lagi hehe. Yg jelas sy juga netral ,punya keduanya digarasi. Taw kelebihan dan kekurangannya. terlepas dr isu esaf viral, emg perlu investigasi scr detail kepemilik. Jika kesalahan pabrikan biar di ganti biar konsumen puas,jika keslahan konsumen biar dibijaksanai. Salam Satu Aspal

  31. Aku user new beat
    Kerangka aman aman saja

    Kadang di bonceng ber3
    Sama bapak Ema dan aku

    Tiap hari di pake buat kerja PP
    Kadang kadang di pinjam

    Baru 7 blm
    Kilo meter sudah 15rb lebih
    Motor siap tempur

    Mungkin yang keropos itu usernya tinggal di pesisir laut????

  32. Rangka esaf emang tipis banget kok, beda sm rangka Revo absolute, klo rangka esaf di getok 🔨 5k pasti langsung rompal

Comments are closed.