iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….dilalah jebule, sampeyan masih banyak yang komen perihal sponsorship Motogp Trans7 yang dipegang Yamaha. Iki seperti kisah masa lalu yang sebenarnya sudah pernah IWB bahas. Komen sampeyan yang mempertanyakan…kenapa sekelas AHM yang nobatebe menjadi penguasa market tidak menjadi sponsor Motogp dan malah Yamaha yang tetap kekeuh disana. Padahal dana yang digelontorkan untuk menayangkan Motogp tidaklah murah. Apakah Honda tidak mau mengeluarkan dana tsb ? Kenapa Honda sulit jadi sponsor Motogp Trans7 ?? ketimbang banyak pertanyaan, ini fakta dibelakang sejarah perihal sponsor Motogp Trans7 hasil investigasi IWB….

Sampeyan pasti tahu bahwa Yamaha Indonesia menjadi sponsor resmi sejak bertahun-tahun lamanya sebelum balap Motogp semakin ngetren. Bahkan menurut survei Indonesia menjadi negara terbesar yang memiliki fans MotoGP luar biasa masif. MotoGP adalah olahraga balap yang cukup terkenal dan memiliki fans luar biasa besar di dunia. Berjuta-juta audiens dengan senang hati selalu nongkrong di depan TV untuk menikmati pertarungan atau duel seru antara Marc Marquez, Valentino Rossi, Fabio Quartararo, Andrea Dovizioso ataupun masih banyak lagi pembalap lain….

Untuk menayangkan mereka semuanya dibutuhkan perangkat canggih seperti kamera ataupun kru-kru profesional yang tentu saja besar banget biayanya. Oleh karena itu jangan heran jika ingin menayangkan balap MotoGP stasiun TV harus membayar dengan jumlah sangat besar pula. Jumlahnya tidak hanya 1 atau 2 milyar namun jauh dari angka tersebut cak. Mungkin di masa lalu IWB sudah pernah membahas nilai kontrak yang digelontorkan oleh Yamaha untuk stasiun TV eksklusif yang menayangkan MotoGP di tanah air. Angka tersebut isunya mencapai 60 Milyar semusim. Nahhh?.mules ora sampeyan. Kuwi isu angka ditahun 2018…

iklan iwb

60 miliar tersebut adalah Harga kisaran dan merupakan paket yang ditawarkan oleh pihak stasiun TV. Jadi memang angka yang tidak kecil. 60 miliar satu tahun ini berarti satu bulannya pabrikan harus membayar sekitar 5 Milyar. Ediannnn sugihhhh rekkkk. Jadi kalau ada yang mengatakan Yamaha pabrikan gurem?sampeyan salah besar, gede cakkk duitnya. Angka ini hanya sponsor di stasiun TV belum menempelkan logo pada motor MotoGP. Dan angka ini diperkirakan jauh melejit dibandingkan sekarang. Sekarang yang menjadi pertanyaan, kenapa Honda nggak mau masuk jadi sponsor Motogp TRans7….kenapa terus Yamaha ? apakah AHM pelit dana ?

Nah…opini ini harus sampeyan buang jauh-jauh karena keinginan AHM untuk take over sponsor Trans7 Motogp sangatlah besar. Yup…perjuangan untuk mengambil alih dari rumor yang IWB terima sudah dilakukan sekitar 4 tahun lalu namun berujung pada penolakan. Bahkan isunya AHM berani membayar dengan nilai sponsor yang lebih tinggi dari Yamaha namun ditolak halus. Kenapa ?

Jawabannya sudah pernah IWB bahas yakni lebih kepada history pada saat MotoGP pertama kali diperkenalkan di tanah air. Ketika ajang balap ini belum terlalu ngetren, Trans7 Bersama Yamaha sudah saling bekerja sama. Hubungan harmonis ini terjaga selama bertahun-tahun. Dari tayangan yang kurang diminati hingga menjadi favorit. Hubungan inilah yang tidak bisa serta-merta bisa dihilangkan. Trans7 disinyalir berusaha menjaga relasi mereka dengan sangat baik..

Dengan kata lain sampai kapanpun sepertinya Yamaha akan menjadi prioritas pertama buat stasiun TV tersebut. Ketika kontrak perpanjangan MotoGP Dorna diteken ulang, maka Yamaha yang diberikan kesempatan 1st priority. Selama Yamaha tetap setia menjadi sponsor jangan pernah berharap Honda bisa masuk. Kecuali pabrikan garputala menyerah dan angkat tangan tidak lagi sanggup menjadi sponsor. Barulah Honda memiliki kesempatan. Setidaknya demikian info yang masuk ke newsroom IWB, alasan kenapa Honda cukup sulit masuk jadi sponsor MotoGP Trans7. Kuwi cak alasan tepatnya…

Last…sulitnya AHM masuk jadi sponsor Motogp di Trans7 membuat grup Astra putar otak dengan tetap menjadi bagian dari tayangan Motogp. So….mereka akhirnya menembak tayangan TV kabel FOx Sport Motogp. Jadi kalau sampeyan berlangganan TV kabel dan nonton Motogp pasti tahu AHM menjadi sponsor utama mereka. Makanya jangan kaget kalau nonton Motogp di Trans7 iklan yang muncul adalah Nmax dan Aerox sedang di Fox sport yang muncul adalah PCX ataupun CBR250RR. So…kalau ada yang berkomentar Honda pelit enggan menjadi sponsor MotoGP. Kualik cak. Honda ngebet tapi ora iso. Ngono kiro-kiro. Btw, siapapun sponsornya, bagi kita ora masalah. Yang masalah kan FBY vs FBH sing terus cakar-cakaran. Wissss, bubar-bubarr….penggaweane kok gaplok-gaplokan zizizizizi. Dari sini wis paham oraa cakkk ??….(iwb)

 

112 COMMENTS

  1. Icon yamaha udh melipir pasti pikir” lg deh dan mudah”an ganti sponsor soalnya bosen juga udh terlalu lama

  2. Bagi Yamaha perbulan mengeluarkan 5 M tdk menjadi beban. Karena bebannya misalkan ( Rp. 350.000 /motor) dialihkan ke pembeli Yamaha yg include harga motor. CONTOH penjualan Yamaha sebulan 15 rb motor X Rp. 350.000 maka = 5.2 M pebulan
    CUKUP Kan.

Comments are closed.