iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…Perusahaan minyak terbesar Malaysia, Petronas dirumorkan tidak akan memperpanjang kontrak kerjasama dengan SRT – Sepang Racing Team untuk musim 2022 sebagai titel sponsor. Hal ini tentunya akan mempersulit situasi tim satelit Yamaha untuk melanjutkan proyeknya musim depan. Duh makin runyam cakkk !!

Menurut Motorsport.com, Petronas tidak ingin melanjutkan kerjasama titel sponsor dengan Sepang Racing Team. Tidak hanya dikelas MotoGP melainkan Moto2 dan Moto3 akan terkena imbasnya, sehingga Sepang Racing Team dikabarkan cabut dari dua kelas penjenjangan tersebut.

Masalah ini didasari karena imbas dari Covid-19, dimana dinegara Malaysia juga memiliki kasus yang tinggi dan ditiap harinya kasus bertambah hingga ribuan orang yang positif Covid-19. Ditambah lagi dengan Daba yang mereka kucurkan kepada Sepang Racing Team tidak sebanding dengan pengeluaran yang mereka berikan.

iklan iwb

Faktor lainnya juga bisa ditengarai bahwa Sepang Racing Team tidak lagi memproyeksikan pembalap lokal Malaysia dan lebih memilih pembalap Eropa demi mencapai hasil yang lebih baik. Namun dimusim ini dari ketiga kelas, Sepang Racing Team mengalami penurunan yang cukup drastis dari kelas MotoGP, Moto2 hingga Moto3.

Dengan demikian, maka Sepang Racing Team harus bergerak untuk mencoba opsi mencari sponsor titel baru setidaknya untuk membantu operasional mereka musim depan. Efek dari perpisahan antara kedua belah pihak nampaknya akan berimbas juga kepada Spec motor yang digunakan Sepang Racing Team musim depan alias mereka akan mendapatkan dua Spec lama yang minim update.

Sepang Racing Team sendiri, melakukan debut untuk pertama kali pada tahun 2015 di kelas Moto3. Kemudian melanjutkan proyeknya menuju Moto2 pada tahun 2018 dan puncaknya adalah, mereka masuk kelas MotoGP tahun 2019 bersama Yamaha menggantikan posisi Angel Nieto Team atau yang lebih dikenal dengan Aspar.

Prestasi dari tim asal Malaysia tersebut sangat menjanjikan, dimana pada musim perdananya di MotoGP mereka sukses menyabet gelar tim independen dan rookie of the year bersama Fabio Quartararo yang berhasil mencetak 7 podium.

Kemudian tahun 2020 merupakan tahun terbaik Petronas Yamaha SRT dimana mereka sukses meraih 6 kemenangan dan 11 podium dengan duet Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo. Morbidelli sendiri juga berhasil mengamankan gelar Runner-up yang menandai capaian terbaiknya di MotoGP.

Hasil cemerlang mereka musim lalu, tiba tiba meredup tahun ini cakkkk. Dan benar saja Petronas Yamaha SRT hanya mencetak 1 podium saja dalam 10 balapan dengan Franco Morbidelli pada putaran keempat Jerez, Spanyol. Sedangkan The Living Legend, Valentino Rossi baru sekali menembus sepuluh besar tepat di Home Racenya Mugello, Italia. Jelas ini akan membuat pasukan satelit Yamaha semakin suram. Kita lihat saja siapa pengganti titel sponsor Petronas nanti karena isunya negosiasi antara Petronas dan SRT Yamaha masih terjadi….(CB iwb)

Sumber : Motorsport

2 COMMENTS

Comments are closed.