iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..asli IWB cukup kaget dengan pemandangan didepan mata selama hampir satu minggu di kampung halaman yakni Tulungagung Jawa Timur. Kota yang tidak pernah IWB sambangi hampir 1 Tahun Lamanya karena pandemi covid 19. Namun karena ada kepentingan keluarga serta sowan ingin bertemu orang tua, akhirnya, sejak hari Jumat kemarin IWB sudah di Tulungagung….. menikmati suasana kota kecil yang begitu asri dan damai. Wira wiri di jalanan demi mencari kuliner dan di sanalah IWB cukup terkejut dengan populasi Honda PCX 150. Asliiii cak…. beda banget dibandingkan dengan 1 tahun sebelumnya. Walaupun di Jabodetabek sebenarnya juga demikian namun dominasi yang lihat begitu kental terasa dikota ini membuat IWB terkejut. Ya….cukup mengkuatirkan cak. Maksude piye ki???

Tren sepertinya terus bergeser. Sepertinya para pengguna Maxi scooter semakin membludak. Terbukti populasi motor ini luar biasa banyak untuk ukuran kota kecil seperti Tulungagung. Tapi satu hal yang membuat IWB terperangah adalah fakta bagaimana dominannya Honda PCX 150 di kota ini. Asli cak…diluar dugaan walaupun jika dibandingkan dengan Jakarta sekalipun sebenarnya Jabodetabek juga sudah membludak populasi PCX. Tapi di Tulungagung beda cerita. Mayoritas pengguna Maxy skuter adalah PCX. Kondisi ini berbeda dibandingkan dengan 1 tahun sebelumnya…..

Sebagai blogger yang demen otomotif kondisi ini membuat IWB penasaran, Bagaimana bisa populasi PCX 150 di kota ini begitu dominan? Asli cak…. tidak sulit bagi IWB untuk menemukan motor ini di setiap sudut jalan. Bahkan dibandingkan rival dekatnya NMax, IWB lebih sering menemukan PCX 150 Wira wiri di jalanan. Komposisi depan mata 60:40 (old Nmax). Apalagi yang Nmax baru cak….komposisi 90:10. Ediannn…..wong Tulungagung FBH semua euy?. Kondisi ini berbeda dibandingkan dengan sebelumnya. Artinya terjadi pergeseran yang cukup mengejutkan dan ini lumayan mengkuatirkan…..

iklan iwb

Betul cak, populasi Maxi scooter di kota marmer ini ini ternyata didominasi oleh PCX 150. Cepatnya pergeseran membuat IWB sangat penasaran sebenarnya, apa yang membuat mereka memilih PCX150 dibandingkan dengan lainnya? Untuk menjawab rasa penasaran IWB mencoba mencari tahu info teman kiri kanan salah satunya adalah Tomie. Dan berikut kata doi….

” Nyaman, PCX dianggap nyaman dan enak dipakai. Yang kedua harga bekasnya stabil…..” seru Tomie singkat. Woww, hanya dua alasan tersebut? ” Sama gampang ngejualnya…..cepet laku kalau pengen jual…” tambah Tomie lagi. Ini mengejutkan cak…. alasan dikemukakan semuanya adalah basic. Nyaman dan harga jual atau resale value. Kondisi yang tentu saja tiap daerah akan berbeda. Karena dari pengamatan pribadi Yamaha nmax sangat kuat di Jabodetabek. Motor ini laris manis dan cukup gampang dijual. Tapi ternyata di daerah lain belum tentu kondisinya demikian. Contohnya Tulungagung di mana PCX 150 ternyata lebih mendominasi. Iki belum yang 160 lhoooo…waahhhh….

Last….. market tiap daerah tentu saja berbeda. Bisa saja di Tulungagung PCX 150 secara kasat mata lebih mendominasi populasi, namun di kota lain bisa saja sebaliknya yakni NMaxlah yang mendominasi. Apapun itu trend market memang terus bergeser. Populasi PCX yang inferior 1 tahun sebelumnya kini terlihat Superior setelah mengaspal beberapa tahun tanda penetrasi motor Honda ini memang harus diwaspadai. Sebab dari pengalaman masa lalu gerakan skutik Honda memang selalu pelan dan pasti. Mulai dari Honda Beat Honda Vario. Dan sekarang maxi skuter PCX series. Wahhh….FBH seneng ki cak????. Nah….kalau didaerah sampeyan trennya gimana cak? Apakah sama dengan kampung halaman IWB atau sebaliknya? Monggo berikan opininya….(iwb)

Segelintir contoh foto PCX di TA, populasinya dominan

128 COMMENTS

  1. Gua msh bingung manfaat fitur Y-conak yamaha,semua indikator informasi kan sdh ada di panel dasboard spidometer.ngapain hrs di lihat lewat hp.nyari motor di parkiran pake hp pdhl sdh ada tombol answer back system.

    • Gunanya agar semakin dekat lagi , misal ngingat tenggat waktu cicilan langsung diambil dari hp dikantong ?

  2. di Sumatera kota saya yg kategori type A,
    enmek vs peceex belakangan ini populasinya 10:9
    Sebelumnya bisa 10:5 untuk enmek
    Klo kelas kwek2 z1 paling dominan dipakai abegeh sok roadrace liaran, supra125 mayoritas dipke inventaris dinas
    Kwek2 super hampir punah, sangat jarang liat (sonic,mxking,Fufi)
    Untuk sport 150 cb150 vs vixionR terbaru 50 : 1, padahal jaman vixion advance 10:7 cb150
    Sport Firing 150 cbr vs gsx vs r15, 5 : 1 : 4
    Sport 250 cbr250rr vs ninfi 2 silinder 50:50, zx25 msh jarang liat
    R25..?? Punah.!!!!
    Malah Inazuma bnyak seliweran modif touring atau dijadiakn roadster,sceambler ala2 bmw RnineT
    Metic entry level beat bs mio series 1000 : 10
    Vario series vs leksri 100 : 5
    No Fansboy, cuma realita dijalan saja

  3. Tulungagung pusatnya fizr cak??sy beli fizr jg plat ag..tp kl hrga jual second jateng&jatim ttp tinggi hon hon

  4. NMAX semakin tergerus pasarnya, apa sudah tergerus?? YAMAHA harus bikin dobrak nih, ga cuma maenan kelir doang. asli New NMAX kayanya ga mampu menaikan pamor maxi skuter

    • Tapi memang kalo naik Nmaks itu pembawaannya jadi bersemangat & bergairah, berkat disematkannya teknologi VVA:

      V3LL3rque V3rg3t4r As33kk

  5. Di Semarang PCX gredek2 jarang terlihat tuh tapi mungkin PCX 160 overbore sangat mungkin bisa merajai di tahun ini

  6. tanpa data yang jelas seharusnya tak boleh giring opini seolah ini motor paling dominan khawatir pas kebetulan saat survei yg nampak adalah motor tersebut, disisi lain meski sdh disebutkan hanya di kota tertentu namun pembaca terkadang menjustice seluruh Indonesia, ini tidak adil. kecuali berdasarkan data yg valid, kadang kasihan brand tertentu jadi bahan bulian negatif padahal blm tentu yg sebenarnya.

  7. menentukan pilihan produk adalah hak setiap orang, bkn berarti yg banyak dipilih itu menandakan produk itu lebih baik, terkadang banyak orang yg minum minuman yg terbuat dr bahan pemanis buatan dan sedikit yg mau minum air mineral itu bukan berarti yg banyak minum minuman dr pemanis buatan itu lebih baik. penilaian itu harus objektif tidak subjektif.

    • dulu ada komentator namanya Fikrie itu kemana ya? komennya lutju tenan, tapi lupa komennya apa, muncul lagi donk mas Fikrie 😀

  8. Menurutku tergantung sikon lalulintas daerah tersebut mas,kalau daerah lalin ruwet atau daerah perbukitan mungkin lebih suka nmax karena tarikan awal mayan nendang…lain hal kalau lalin lengang dan daerah kontur rata enakan pcx karena lebih smooth. Selain itu juga tergantung trend yang sedang terjadi,misal musim KLX nah motor cross yang banyak di beli ?

  9. Gk usah adoh? cak, coba Karo diamati Nang dalan antara Mio sporty dgn beat lama kiro? jek awet & akeh ndi sing ijek dinggo?
    Dulu Vario yg slalu dibilang starter kasar spt besi jatuh cacat produk.skrg masih bnyk yg pake & tk pernah ada keluhan dibanding merk lain yg seumuran wkt itu.

  10. Pesen saya cuman 1 lek, nitip ikan maskoki jenis ranchu yang gede size indukan, kalo sampean ga paham brati ga update sama kampung halaman, paling terkenal desa wajak lor, cobalah rumah sampean dihiasi sama kolam dan ikan maskoki yang gendut gendut, ,heheh

  11. kalo tampang menurut saya pribadi sih lebih suka nmax klihatan maskulin gitu..klo soal kenyamanan memang jgn tanya lg pcx jauh lebih enak.Nmax gak ada beda dg produk yamaha lainnya yg bs dipastikan gak pernah ada nyamannya klo dipake,bikin badan linu semua?

Comments are closed.