iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…jiannn pedessss tenan komen-komen dari seluruh kanal social media Iwanbanaran. Termasuk video Youtube yang dihujani komentar hingga 1400 komen dan like lebih dari 2.7k. IWB nggak akan menyebut produk apa biar adem cak, sing jelas pedesnya ngalah-ngalahin cabe rawit. Komen tersebut juga melontarkan keheranannya pada desainer Honda yang dikatakan semakin cakep (bukan IWB lho ya yang bilang). Tidak heran terlontar kalimat….seperti desainer yang tertukar, pertanyaannya benarkah demikian. So…diartikel ini IWB akan coba memberikan analisa IWB, kenapa hal itu terjadi. Bedah rahasia makin cakepnya desain Honda, ini analisanya !!!

Era demi era terus berjalan. Setiap pabrikan memiliki masa keemasan namun juga masa sulit….koyok roda berputar cak. Tentang desain jaman dulu…Suzuki dan Yamaha menjadi benchmark karena rata-rata produk mereka futuristik. Terutama Suzuki….wisss ora usah ditanya cak. Jangkrik apik-apik tenan pokoke. Mereka berani menggebrak dengan desain out of the box tapi keren. Bayangin wae…ketika desain masih serba membulat, mereka tiba-tiba berani meluncurkan desain ala motor dari planet neptunus. Masih ingat Tornado ?

Pertama kali IWB ngeliat bentuk headlampnya, woww IWB terbengong-bengong cak. Lhooo kok kerennn ? generasi yang cukup mencuri perhatian pasar saat itu adalah RGR150, Smash, Shogun, Satria 120 termasuk Satria 150 dll. Sementara Yamaha mulai bangkit dan mencuri perhatian ketika lahir Mio yang begitu booming. Dilanjutkan gebrakan yang menggoncang pasar sport 150cc dengan lahirnya Vixion 1st gen. Desain cakep dengan power dan fitur melompat dari jamannya yakni injeksi, deltabox dan mesin SOHC 4 katup ditahun 2007. Sedang Kawasaki mulai mendapatkan path-nya dengan Ninja series yang tetap termasyur hingga sekarang. Honda ?

iklan iwb

Ora dilirik cak khususnya para biker muda. Honda dipandang motor yang cenderung mature kebapak-bapakan. Mungkin dari sekian motorsport Honda yang dipandang hanya Tiger…itupun juga mulai tertekan akibat tren pasar yang terus berubah. Dan puncaknya ditahun 2007 setelah dihantam Vixion…..market sport 150 dan 200 Honda goncang. Mereka seperti kecolek, shock dan tidak menyangka. Market yang dipercaya akan tetap dikuasai mereka bergeser dengan sangat cepat. The power of design and feature sukses menggulingkan brand power. Dan ditahun 2010 ini IWB anggap sebagai cikal bakal perubahan Honda yang cukup terasa….

AHM merombak total berbagai divisi. Dari pabrikan yang awalnya kolot dan tidak mau mendengar….berubah total. Mereka seperti sadar kompetisi market tidak bisa mengandalkan nama besar brand seperti masa lalu. Divisi RND yang dulu cenderung dipandang sebelah mata dioptimalkan. Ini IWB rasakan karena secara aktif para RND ini seringkali menggali informasi langsung ke para Blogger termasuk IWB. Ngobrol santai namun IWB paham betul arah perbincangan adalah mengoleksi data…seperti apa motor yang diinginkan biker? apakah A sudah oke atau kurang ? apa yang kurang ? IWB sih blak-blakan kalau ngasih kritikan dan pujian…

Itu dilakukan intens sampai sekarang. Apakah pabrikan lain tidak melakukannya ? dari pengalaman pribadi nggak ada. Mungkin mereka percaya dengan tim survei sendiri atau sungkan untuk mengggali informasi….mungkin lho ya. Tapi tim RND AHM ini memang real bergerak dan sangat IWB rasakan. Contoh dan pengakuan yang cukup membanggakan IWB adalah CB150R frame merah diatas. Kuwi hasil dari masukan IWB cak…itu diakui tim RND AHM pak X sebut saja demikian. Saat itu soalnya banyak yang ngecat frame CB warna merah dan IWB sampaikan ke AHM. Dilalah direspon AHM pada next masspro dan sambutan pasar bagus. Mantappp ora jal….

Walau mungkin nggak semua produk langsung mulus dipasaran seperti Spacy contohnya. Tapi isunya Spacy ini memang cenderung dipush oleh prinsipel pusat yang akhirnya menjadi percontohan real sehingga prinsipel Jepang malah semakin mendengarkan masukan AHM. Dari kalimat ini sampeyan wis paham kan ? yup….itulah rahasia sebenarnya posisi pabrikan dimana intervensi pusat sangat dominan yang membuat pabrikan beda pendekatan…..

Seluruh decision maker diputuskan pusat Jepang. Tapi kondisi AHM beda dibandingkan dengan pabrikan lain yang sudah di take over 100 sahamnya oleh pusat Jepang. Sedang Astra Honda memiliki saham 50:50 yang membuat mereka memiliki bargaining position sangat kuat. Maksude ? mereka bisa menolak dan berdebat jika produk dianggap tidak memiliki potensi dipasarkan….

Dengan porsi kepemilikan 50:50 membuat Astra bisa bersuara dengan lantang…terlibat langsung mengembangkan sebuah produk, dan keputusanpun punya otoritas. Lawong 50:50 cak…itulah kekuatan sesungguhnya diluar SDM yang memang semakin tajam. Tim RND yang sudi listening, melihat tren pasar dan kemudian diterjemahkan oleh mereka dalam bentuk produk dilapangan. So…nggak heran suka atau tidak…desain mereka terus improve dari waktu kewaktu. Terbukti setiap facelift rata-rata produk mereka makin ganteng tidak sebaliknya….

Semua pabrikan sebenarnya juga melibatkan orang lokal untuk riset and development produk. Namun perbedaan signifikan dibandingkan Astra Honda adalah keputusan final. Jika tiga pabrikan lain “manut” nggak punya hak bersuara, tapi AHM dengan posisi kepemilikan saham 50:50 sebaliknya. Itulah kenapa kalau sampeyan perhatikan desain Honda makin kesini makin sesuai selera tanah air sedang pabrikan lain karena full disetir pusat kadangkala hasilnya kurang maksimal. Lhaa piyee cak, IWB kie jiannn heran bagaimana bisa desain palang pelk sejak jaman empu gandring masih dipertahankan. Tenan kieee…..ora mudeng blas babar pisan. Dari jaman IWB muda sampai tuwo masih ada, pelk legendaris keramat tenan koyone cak…..

Last….ketika Suzuki dipegang Indomobil dimasa lalu….sedang Yamaha karena mungkin pergantian resources didalamnya, taste atau selera juga bergeser. Kita hanya berharap mereka-mereka kembali pada path yang benar supaya kompetisi juga semakin seru. Kuncinya sebenarnya simpel…”listening” ! pay anttention and trust to local resources, karena merekalah yang tahu selera market dan percayalah jika itu dilakukan…hasilnya pasti beda !! saran IWB baca komen-komen dalam Youtube Iwanbanaran dibawah sebagai bahan masukan. Nah kalau menurut sampeyan piye cak, ngerasa demikian nggak atau hanya IWB yang merasakan bahwa Honda makin kesini desainnya makin cakep ? (iwb)

173 COMMENTS

  1. Nama mio seharusnya yg gede bukanya gear, atau setara saja miogear…

    Urusan desain mio gen1 / mioJ paling keren…

    Mending focus bigmatic saja 250cc keatas

  2. Selain itu waktunya yamaha mengedepankan jiwa muda mv12 fq20 sebagai bintang iklan…

    Sory sory to say ya masanya vr46 sdh habis boss, jd jgn dipajang iklan lagi…

  3. Ngakak cak pelek empu gandring :v . Berarti suzu indo masih dijalanya karena berani menolak dr150 tp apakahmereka masih disetir pusat karena bandot 150 ?

  4. Cakakakakak…
    Velg geal geol sejak jaman purba sampe sekarang masih dipake??? jangan salah cak iwan…
    Soale velg tersebut punya fitur kejeglong titik langsung geal geol dan itu mungkin sdh dipatenkan???
    Ditambah lagi knalpot bletak duor yg suka nembak nembak juga dipatenkan???

  5. berarti jangan ngarepin saluto atau filano dong cak..
    kalau pingin skuter matik tapi nunggu sccopy di design mirip saluto double shockbleker, dek rata dan lampu di kepala,
    dan jangan ngarepin w175 pakai kick starter tapi nunggu sasis verza di design kayak w800 hehehe

  6. maklum,tu velg yamaha bikinan sendiri,jd klo desain velg nya baru,harus development lg dari awal,yg artinya biayanya ga dikit,
    mereka sebenarnya sadar,tapi mereka tutup mata

Comments are closed.