iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk… tidak bisa dipungkiri banyak sekali komen-komen minor yang menggaris bawahi sepak terjang Yamaha terhadap motor sport 150cc mereka. Monggo sampeyan intip saja komen-komen baik di Facebook iwanbanaran ataupun di youtube channel…. rata-rata melakukan aksi bully pada mesin yang dianggap sudah terlalu tua. Mesin yang dirilis lebih dari satu dekade namun terus digunakan pada produk-produk terbarunya termasuk new MT15.?Sudah berumur satu dekade lebih, mesin Yamaha 150cc terlalu tua ?? Benarkah demikian?

Pada tahun 2007 Yamaha mengguncang market sport 150cc lewat kelahiran V-ixion yang sebelumnya diisukan menggunakan nama Viper. IWB sendiri menjadi saksi detik-detik peluncuran motor yang di awal kelahirannya dibandrol pada kisaran 18,6 juta on the road Jakarta. Menggunakan mesin yang jauh lebih maju yakni SOHC 4 katup radiator dengan frame model deltabox langsung memukul eksistensi Honda yang saat itu hanya mengandalkan Megapro dan Tiger dengan mesin SOHC 2 katup air cooled sasis model diamond….

Alhasil motor ini Laris manis dan sangat sulit untuk mendapatkan dengan harga normal. IWB masih ingat karena permintaan lebih besar daripada suplai banyak sekali dealer yang menjual di harga 21 jutaan. Ini fakta karena IWB saat itu langsung ke dealer karena cukup penasaran dengan Yamaha Vixion. Upping price sudah hal biasa cak sejak dulu. Impresi yang yang kita dapatkan kala itu adalah canggih dan powerfull. Bayangkan saja Cak, mesin 150 cc nya sudah mampu mendekati ledakan tenaga Tiger 2000. Nggak heran inden membludak dan Vixion jadi idola baru di kelas 150 cc….

iklan iwb

Waktu terus berjalan dengan status Megapro serta Tiger terus mendapatkan tekanan dari Rival. Berbagai upaya dilakukan Honda untuk bangkit hingga lahirlah engine terbaru basis pengembangan dari CBR 150 Thailand. Mengusung mesin DOHC lahirlah New CB150R K15A 1st gen yang disusul K15G setelahnya. Posisipun dibalik Honda dengan cara menggeser mesin SOHC masuk entry level 150cc. Yup….mesin SOHC 2 katupnya diturunkan masuk kelas low entry….pelan dan pasti motor sport Honda kini sudah menggunakan mesin DOHC kecuali Verza. Begitu juga dengan Suzuki yang menelurkan mesin DOHC pada Sport terbaru mereka GSX 150 series hingga Bandit 150….

Sementara Yamaha tetap setia dengan mesin yang ditelurkan di 2007 silam. Mesin SOHC 4 katup yang terus diikembangkan untuk mengejar para rival. Dengan pengalamannya memiliki mesin SOHC 4 katup bertahun-tahun mereka berusaha keras meningkatkan performa pada titik maksimal. Berbagai upaya mengoptimalkan engine yang sudah lahir 12 Tahun lamanya membuat engineering memiliki tenggang waktu yang cukup untuk melahirkan beberapa terobosan seperti VVA misalnya. Tetap menggunakan basis engine yang identik, mesin ini pun dipecah pada hampir seluruh varian 150 cc yang sudah eksis seperti pada produk terbarunya MT 15. Pertanyaannya Apakah mesin Yamaha sudah terlalu tua mengingat tipe mesin ini sudah memasuki 1 dekade lebih alias tembus 12 tahun ?

Mungkin kalau kita hanya memperhitungkan kalkulasi umur betul adanya. Namun dari sisi performa toh Yamaha membuktikan bahwa mesin yang mereka miliki tidaklah kalah dengan DOHC engine yang sudah beredar.?Justru keuntungan Yamaha dengan umur mesin yang cukup lama memberikan waktu lebih bagi mereka untuk mengembangkan komponen racing guna mendongkrak kemampuan di ajang balap. Melimpahnya komponen racing juga mempengaruhi prestasi mereka di balap 150 cc……

Komentar para followers di Youtube IWB terhadap kelahiran new MT15

Tidak ada satupun pabrikan di dunia ini yang menggunakan satu engine untuk satu motor karena semuanya berhubungan dengan riset dan development yang cukup mahal. Dengan mesin yang sama biasanya akan dipecah dalam berbagai varian untuk memperkaya dan mengisi seluruh segmen yang hadir. Mungkin banyak yang berharap Yamaha akan merilis mesin 150 cc DOHC. Sebab DOHC sendiri kini tidak lagi hanya membicarakan tentang performa namun juga masalah Gengsi. Lha piyeee cak…kalo bully2an sekarang dikit-dikir nyeletuk, ahhhhh loeee mesin SOHC aja bangga benerrrrr…sering IWB denger cak. Artinya secara pride…mesin DOHC mempengaruhi rasa kita sebagai owner sang kuda besi…kira-kira demikian…

Last….umur 12 tahun memang tidak singkat.?Mesin yang sudah berjasa terhadap Yamaha….memberikan kontribusi penjualan di seluruh dunia dari 125CC hingga 150 cc masih dipandang cukup tangguh dan tidak ketinggalan. Oleh karena itu jangan pernah berharap ketika mesin dianggap masih mumpuni….buat apa mengembangkan mesin baru? Engine yang durable, efisien serta tangguh. Toh…. di kelas ini perbedaan power tidak terlalu signifikan antara satu produk dengan yang lain. Bedanya cuma sak incrit cak. So…. menurut sampeyan apakah Yamaha perlu mengembangkan mesin 150cc baru dari yang dimiliki sekarang tipe DOHC misalnya ? Seberapa perlu ? Monggo berikan komen sampeyan siapa tahu akan dibaca para petinggi Yamaha. Gazzzzz pakdeeee…(iwb)

79 COMMENTS

  1. Masukan untuk Yamaha, kembalikan mesin dengan gen 3C1 yang terkenal awet dan gak rewel. Gak masalah basis mesin jadul, asal kualitas jadul yang terkenal durable. Sekarang Yamaha terkenalnya klan vampire, dari NVL sampai Nmax sekalipun. Beda Old Vixion, hampir gak ada keluhan sama sekali.

    Itu saja, Yamaha. Kami ingin semua pabrikan maju biar permotoran gak jenuh sama yang itu2 saja

    #SalamJozGandozKotozKotoz ?

    • betul gan.. saya pakai gen pertama facelift lampu depan dari awal 2010 sampai sekarang gak ada keluhan. lah yg baru2 kok dengar sering ngebul? apakah ada part yg di downgrade …

    • Yang paham kelebihan engine 3c1 pasti akan nyari Vixion 2012 kebawah. Karena engine 1PA dan gen selanjutnya gak lagi sedurable mesin 3c1.

  2. Yaa, bahas sohc atau dohc, apa lagi kelas 150 cc. Gk da ngaruhnyaaaa..

    Moge 1000 cc 500 jt lebih saja sohc gak da masalah gk ada tu yg blng mesin kuno lahh..
    Kan mesin sohc vixion 2007 sama 2018 uda ada pengembangan..

    Crv saja dari dohc malah ke sohc malah lebih kebut dan hemat.. Gk ada tu yg blng jadi kuno lah itu lah.. Mesin cb old lebih bagus dri new cb..
    New cb kuat di modelnya.. Dan org indo model no 1 mesin no 3.. Sekian

  3. Gak perlu karena untuk pasar Indonesia desain yang berbicara, lihat aja Honda dengan mesin yang biasa saja (kecuali CBR250RR yang joss gandos) dibalut desain yang disukai mayoritas bisa laris manis, Yamaha dengan fitur yang cukup melimpah bisa lumayan laku, Suzuki gak selaris kedua rivalnya karena desain yang anti mainstream tapi selalu jadi pertimbangan speed freak. Jadi segmentasi pasar motor Indonesia sekarang sudah lengkap, mau desain yang keliatan mantep oleh mayoritas ya pilih Honda, mau yang punya fitur lebih dan desain yang gak begitu mainstream ya Yamaha, mau yang penting kencang gak peduli sama hal sepele semacam desain ya Suzuki, mau stand out among the crowd ya Kawasaki. Begitu menurutku cak

  4. harusny spek SOHC 4klep sdh turun ke Byson beberapa tahun yg lalu. skrng sdh terlanjur overprice.. klo pun naik kasta, DOHC dgn harga rasional, paling jadiny DOHC 250cc 1 silinder. sayang momentny sdh terlewatkan. sayang harus mengorbankn nama besar vixion..

  5. Ngesohc
    Dowc
    Begitu Kira Kira contoh Kata Kata para fb yang suka nge bc

    Hemmm waktu Dan tempat Di persilahkan

  6. nggak perlu perlu banget sebenernya…..
    meurut saya pribadi,masalah utama yamaha di kelas sport tanggung150 itu desain…..
    delok wae vixion desain mengecewakan….yang desainnya jos kaya mt15 regane nggilani wkwkwk

    belajarlah dari kasus mio,yang di take over mbit

    • Bener juga, aq kira harusnya vixion itu facelift tampang dan bodinya kyk MT15, mungkin bakal beda ceritanya klo seperti itu, tapi yasudahlah toh ane penikmat motor bebek, mau motor laki gak bakal acc ibu negara wkwkwkwk

  7. Saya pengguna vixion facelift waktu zaman kuliah tahun 2009-2014, secara performa saya sangat terkesan, cuma ketika mesin panas pas perjalanan naik gunung di kecepatan 60 – 100 km/jam bisa seperti lose power gitu. Saya rasa Yamaha sudah perlu pakai mesin baru yang lebih powerfull dari sebelumnya atau DOHC sepertinya sudah keharusan.

    • Waktu ke bromo dgn temen pake nva.. dan bison.. kedua motor pasti kalo panas.. kalah di kanpas kopling.. aku g tau apa penyebabnya.. motor hidup.. tapi power droop total.. seolah koplingnya lengket.. sampek motor nva tmn aku.. harus di naikkan ojek ke bengkel dgn biaya ojeknya 400.000.
      Bener2 pengalaman yg bikin bertanya2.. knpa dgn mesin nva nya.. sukur masin bison masih sanggup walau harus nunggu dingin baru bisa di ajak jelajah lautan pasir yg bner2 nguras tenaga.

      • di bromo mah gak cuman vixi om.. mau ninja opo cbr jg kalo teknik ngopling ngaco yo wasalam kampase

      • di bromo, karena ekstrim, wajib ganti sprocket. bahkan bebek2 100-110 cc juga lebih bandel disana, karena koplingnya sentrifugal, dan ganti sprocket ringan. bukan faktor mesin superior/inferior.

    • yang bikin powerfull itu bukan dohc atau sohc, namun teknologi yang digunakan. kalau loss power umumnya disebabkan setelan katup terlalu rapat. rata2 mekanik menyetel katup tanpa panduan feeler gauge dan manual book. atau bisa juga karena overheat. dicek saja suhunya kalau posisi suhu normal namun ngeloss, bisa jadi setelan katup. kalau ngelosnya dari powertrain, bisa jadi kopling, kalau suhunya over bisa jadi overheat.

  8. imho, apakah potensi mesin ini sudah tergali sampe ke tingkat maksimalnya kalo buat harian? kalo udh keqnya yamaha harus develop teknologi baru untuk dongkrak potensi atau gk pake mesin baru :v

    well, setidaknya mild hybrid atau turbo bisa jadi pilihan untuk sekitar 10 tahun yg akan datang :v

    • turbo? guyon cakkk.. emte15 wae SOHC VVA wis deket 40 juta og.. hahaha.

      wis masa depan kui mesin listrik, mau gak mau, combust engine udah mentok. nanti EURO 7 apa 8 wis musnah cakk lawong euro 4 euro 5 wis wae banyak berguguran hihihi

    • belum, karena katup yang digunakan masih kecil. katup masih bisa dibesarkan lagi. dengan range rpm harian, engine ini masih ok.

  9. Engine boleh sama lek. Tapi yang tau bedanya 3C1 dan 1PA dan seri setelahnya…bakalan nyari Vixion 2012 kebawah.

  10. Pendapat saya sih, silahkan diganti mesin. Cuma kalau urusan frame. Deltabox byk keunggulan, motor sport kyknya lebih cocok deltabox. Honda pun dgn nsr 125,nsr 150, cbr jadul dgn deltabox keliatan bgt gagahnya. Bukan kyk motor skrg frame kaleng2, terus nanti dikasih aksesoris plastik ala2 deltabox.

  11. Kalo ane malahan mending calm aja macam sleeper car. Biarlah SOHC, tapi kalo bisa “ngepretin” mesin DOHC kan bisa bilang “masa DOHC yang terkenal kenceng kalah sama SOHC”. Udah ada contoh di UB150, si MX King selalu jadi jawara. Sorry ane bukan FBY yak, yang ngeyel silahkan berngamuk ria :v

  12. kenapa motor2 dgn mesin dohc selalu ada stiker dohcnya, sedangkan di motor2 dgn mesin sohc gak ada stikernya? maksudnya biar supaya apa ya?

  13. sekarang tuh jamannya motor full fitur apalagi u tuk fitur keamanan n keselamatan. motor kenceng tapi gampang bikin celaka ato gampang dimaling sama aja zonk

  14. Kalo kata ane lek… yamaha tetep pake sohc 4 kelp karena lebih irit bahan bakan dan mengejar efisiensi dari motor itu sendiri… selain itu juga mengejar efisiensi cost produksi pabrikan yimm… karakter mesin2 motor yamaha sendiri sebenernya langkah panjang alias tarikan nya yg kuat… alias torsinya yang terasa spontan dan ngisi banget dibawah menengah… tapi ketika r15 vva dan vixion r keluar, mereka melakukan pengembangan dari bore strooke yg tadinya overstrooke jadi near square setelah itu ditambah dengan vva yang menurut ane adalah gerakan revolusioner yamaha untuk motor kelas cc 150 alias cc kecil yg pake sistem buka tutup katup bervariasi… dimana mesin ini menghasilkan tarikan yg kerasa dari bawah dan power tetap terisi di rpm atas… gak salah sih karna memang karakter yamaha itu tarikan nya yg berasa… setuju ane sama lek iwb “kalo ada mesin yg masih mumpuni, buat apa mengembangkan mesin baru?” Kalopun yamaha ngeluarin dohc buat kelas 150cc mereka, maka karakternya tetap akan sama yaitu tarikan nya yg berasa dan malah karakternya akan sama kaya new cb dan cbr yg pake mesin dohc square…
    So… gak salah karena setiap pabrika punya keunikan sendiri atas produk2 nya lek… cuma kalo komen ane desain yg harus dibetulin… sejauh ini yg keren cuma r15 vva dan new mt15 aja dikelas 150cc… r25 malah depan nya doang yg berubah, tau nih mt25 mau kaya apa nanti kalo ada versi facelift nya… vixion r dan new vixion malah lebih ke kalem yg mana bukan khas nya sport yamaha banget yg sejak dulu terkenal berdesain garang…
    Well pilihan ada ditangan masing2 konsumen…

    • Desain kalem setuju. Abis desain yg makin meruncing antar generasi. Eh malah tau2 berubah jadi bulet2.

      • Gua kira sih lumayan banyak beda nya ya, kode berubah, bore x stroke juga berubah, kompresi naik, pendinginan otomatis berubah, apalagi di tambah variabel valve. Sebenarnya ini mesim generasi baru yamaha, kalo hanya di sempitkan Dohc dan sohc lucu juga ?

  15. diskusi artikel kali ini berbobot,, dan jauh dari fansboy alay,, Alhamdulillah,, saran saya sih,, cuma perbaikan konstruksi packing aja sih,, yang kadang2 rembes,, trus kasus vampir oli di mesin 150 yang sekarang juga gak seberapa ,, sayangnya yamaha perlu koreksi getaran mesin, perlu dikaji ulang,, honda sudah memberikan kenyamanan yang baik buat konsumen,, itu poin penting
    ayolah yamaha pasti bisa,,,

  16. hahahaah xD
    masih mikirin DOHC vs SOHC di kelas 150cc ???
    buat apa DOHC kalau SOHC aja udah lari didepan DOHC
    cuman 150cc banyak cingcong, enjoy saja…
    yang punya moge beneran juga ga banyak cingcong

    • masalahnya mereka cuma bisa banggain extra satu noken as doang. power kalah, rangka kalah, suspensi kalah, swing arm kalah, model kalah, ukuran ban kalah, kualitas kalah, dan seterusnya. biarkanlah mereka membanggakan noken as sebiji itu

  17. Saya pengguna vixion sejak 2012 sampai sekarang. Dari segi mesin yg paling saya tidak sukai ketika menghadapi kemacetan pasti suhu mesin langsung naik kipas radiator nyala dan yg paling ngeselin tarikan jadi loyo. Tapi soal durabilitas part mesin ga usah diragukan lagi selama 7 tahun pakai hanya 2x ganti kampas kopling.

  18. Bicara sohc dan dohc saat ini sebenarnya hanya bicara gengsi.
    Ok lah secara teori dohc lebih bisa mengail top speed. Tapi kondisi jalan saat ini rasanya kurang membutuhkan top speed. Tapi lebih membutuhkan kelincahan dan akselerasi. Honda mengerti itu,makanya dohc nya di buat near square yang berarti tetap membutuhkan akselerasi ala sohc yang otomatis mengorbankan top speed yang menjadi ciri khas mesin dohc.
    Sementara di sisi lain,yamaha berusaha mengimbangi mesin honda dengan menambah 5 cc plus penyematan VVA. Saya kira kini kondisinya sudah berimbang. Tinggal bagaimana yamaha memaksimalkan desain jajaran produknya plus blow up VVA nya.
    Vixion yang saat ini penjualannya kalah jauh dari cb,terutama disebabkan oleh desainnya,bukan dohc/sohc nya.

    Lalu,perlukah yamaha membuat mesin dohc? Dilihat dari sisi fungsi,sebetulnya belum perlu. Tapi kalo dilihat dari sisi pride,sepertinya yamaha mmg perlu. Karena dohc ini benar2 dimanfaatkan oleh para kompetitor untuk mengkampanyekan produknya. Lagian,apa sih susahnya bagi yamaha membuat mesin dohc? Kan tidak perlu merubah keseluruhan mesin? Alias gear box dan part2 lain masih bisa digunakan.

  19. Kalo untuk mesin, saya menilai mesin skrg msh bagus… Ga perlu mikirin bikin mesin lagi…

    Tinggal yamaha cuma perlu memikirkan design/model motor yg diinginkan orang indonesia kayak gimana… Tapi memang agak sulit karena motor yamaha bukan hanya untuk pasar indonesia saja tapi juga untuk pasar LN…

  20. 2007? Mesin itu pertama kali hadir tahun 2004 di jupiter mx, lalu di bore up jadi mesin vixion

    Tapi masih tuaan mesin supra x 125, pertama kali hadir di tahun 1999 di kirana 125, sampe sekarang masih dipake

  21. Hmmmm… dari total angka market share 2018 kemaren aja uda kelihatan yamaha bermasalah. Mantan market leader macam Vixion dihajar CB150; R15 dihajar CBR150; R25 dihajar CbR250RR. Apalagi maticnya; ancurrr.

    NMAX uda dideketin PCX. Lah trus cuma mau jadi merk pilihan orang yg antimainstream aja??

    Desain tuh diperbaiki. Pasar motor sekarang lebih mentingin desain. Baru durabilitas; aftersales servis; harga; resale value; nah terakhir baru power engine.

    Jangan dibalik2. Ga tau napa petinggi yamaha makin lama makin payah. Too bad.

  22. aduh, bikin artikel kok sok tau. mesin gsx dan cb / cbr sekarang itu nenek moyangnya jauh lebih tua daripada vixion.

    • wkwkw mesin cbr sekarang dasarnya cbr versi langsing, mesin gsx sekarang dasarnya suzuki fxr. tapi tetap yamaha yang paling tua wkwkw

  23. Menurut saya gak ada yg salah. Saya sendiri pernah punya CS1 dari 2008, cb150r, vixion sampe skrg masih pake r15 gen 1. Kalo dibilang mesin vixion terlalu tua, apa bedanya sama mesin cb150r? Toh juga itu teknologi dari jaman cbr dulu bgt bedanya skrg strokenya lbh panjang.

    Malah menurut saya masalah utama mesin vixion/r15 selama saya pakai yaitu mesin yg kalo udah panas tenaga kaya nahan. Ini yg bedain dgn Honda. Dulu cs1 sama cb150r saya pakai malah kalo dingin gak enak, pas panas enak. Mesin vixion ini kebalikannya.

    Justru dengan hadirnya VVA malah ada ‘state of the art’ dari mesin 4 tak cc kecil. Karena biasanya teknologi katup begini cuma hadir di motor besar.

  24. Alhamdulilah, punyaku dari 2009 masih terawat baik,, mash puas dengan yg lama dari pada yg skrang,, mash kenceng, mash mau otw 128 km/jam.. Gak wani banter” cak,, cedek mbe makam..

  25. riset mesin ga keluar banyak, paling cuma nambah vva doang, yg ada mesin gen 2ny ada yg ngeboel berjamaah 8ribu rpm, dan dri gen2-skrg vampir oli, paling jg keluar banyak utk desain eh salah, desain jg copas plek indihe, kcluali emteh15&ermolas, bengkel resmi segitu gitu doang, harga mongtor beda tipis bahkan sama dg pabrik seblah yg udh riset mesin dohc, bengkel resmi makin banyak dimana mana, heran aku tu, kemana aja lari tu dana kesuksesan masa lalu meong+pigson ssincan ini?

  26. Ngga masalah sih SOHC VVA atau DOHC. Yang penting adalah mesin yg kuat untuk dibawa kerja keras harian. Mesin yg tetep prima walau telat ganti oli 1000-2000 km. Bukannya males ganti oli tapi karena org kerja harian ngga tiap saat punya waktu ngebengkel. Jadi motor harus punya sifat “harap maklum blm smpt ganti oli”. Buat apa kita kerja harian pake mesin high tech kalo bentar2 harus ngebengkel? Karena mayoritas kita yg pake motor itu justru bukan anak motor tapi org biasa yg aktifitasnya pake motor. Jd gak masalah dohc atau DOHC yg penting tahan banting dipake harian.

  27. Tetap perlu untuk tambah line up
    Banyak macam mesin
    150 2 katup sohc, 150 4 katup sohc, 155 vva sohc
    Tinggal 150 dohc

  28. Dr dlu si cbr karbu smpe skrng jg smalah..beda setingan aja..biar kekinian..
    Maslah skrng ya desain aja sih…

  29. Nimbrung gan shogun 110 yg bisa menumbangkan supra setelah muncul 125 langsung ko, Jupiter burhan yg sip begitu muncul Jupiter robot langsung gle tak, mesin 150 vixion telah terbukti irit handal dan bersaing dengan yg lain kalo bikin baru tak kiro blunder lagi yamaha, saya lebih cenderung yamaha bikin desain yg awet gantengnya seperti vixion lama yg sampe saat ini masih jossss harganya

    • kalau cowok melihat cewek pertama pasti tampangnya, baru yang lain. kendaraan juga. mesin bagus tampang jelek, gk laku. tampang bagus, mesin jelek, ya pasti ketahuan belangnya,

  30. kalau sebagai marketing yang hebat, seharusnya bisa menanamkan mindset bukan dohc yang bikin superior, namun teknologi. mungkin bisa dengan membandingkan produk dengan sebelah. asalkan produk sendiri lebih superior, lama2 mindset dohc sohc juga tinggal kenangan. cuma buat alay sj yang masih mengaagung2kan dohc.

  31. ehem… jangan lupa cak. mesinnya crf 150l, verza, dan megapro malah udah hampir 20 tahun.

    basis yg sama dari mesin nya crf 150 f yg dirilis dari taon 2003

    tambah sepuh lagi wong udah 16 taon berjalan.

    hm

    hm

    hm

    ?

    ?

  32. Biasanya, yang ribut soal jenis mesin DOHC atau SOHC cuma sales, atau fb yang merasa paling tahu padahal aslinya . . . (isi sendiri). Saya bukan fb Yamaha tapi saya baca ada cukup banyak artikel soal Jupiter MX King yang sering jadi juara balap. Itu mesinnya masih SOHC bukan DOHC.

  33. Tetep andalan. Desain vixion gen1 yg slim, lightweight, tapi tetep garang dengan lampu buletnya dan manouverability yg joss.

    Bahkan sampe sekarang yg model pertama ini masih jadi favorit saya untuk naked 150cc lokal. Sejak NVL udah mulai gak suka, NVA lumayan.. tp tetep dimensi dan bobotnya bagi saya kegedean buat motor 150cc. Yg terbaru ini gak minat blass

Comments are closed.