iklan iwb

Iwanbanaran.com – Eittttttt…eitttt, jangan keluar tanduk dulu ki cak khususnya FBY. Tapi monggo dibaca dengan santai dan taruh spirit “samplok sandal swallow”. Sebab tulisan ini tidak berdasarkan ngarang pakde. Melainkan pengalaman IWB secara langsung…setelah beriteraksi dengan para penggede pabrikan berbagai merk. Dan bisa IWB simpulkan, Bagi pabrikan lain ternyata Honda cukup mengerikan soal kompetisi. Ahhh mosokkkk ??

Harus kita akui Yamaha saat ini menjadi lawan terdekat Honda soal penjualan ataupun inovasi produk. Mereka selalu kreatif serta memiliki keberanian melakukan terobosan yang pada akhirnya menjadi acuan beberapa pabrikan untuk ikut terjun dalam segmen yang telah dibentuk. Akan tetapi dalam perjalanannya tidak mudah dalam mempertahankan Market Share yang telah diraih….

Seperti yang kita tahu walau kini melorot diangka 24-25%, Yamaha sempat merasakan masa keemasan dan mampu menjadi leader market share di atas 40% beberapa tahun lalu. Sebuah kondisi yang ternyata konon tidak pernah mereka duga dan Sepertinya bakal sulit untuk diulang kembali. Hal ini diakui oleh salah satu kenalan IWB di tubuh Yamaha yang mengatakan bahwa kemenangan tersebut hanyalah kebetulan belaka….

iklan iwb

” Kita sih nggak ada apa-apanya Mas, kita juga tidak pernah menyangka Market Share dulu bisa di atas Honda sebab secara resources kita jauh lebih kecil dibandingkan dengan mereka. Kita melihat saat itu mereka lengah Jadi dengan kondisi sekarang sepertinya cukup sulit untuk mengulangi lagi Market Share 40 %. Sekarang kita hanya pengganggu saja dan tidak ada niat untuk mengalahkan. ..” serunya terkekeh pada saat kita ngobrol santai membicarakan tentang trend market roda dua di tanah air…

Menurut mereka kelebihan Honda adalah sumber daya yang sangat besar. Bahkan secara blak-blakan mereka mengatakan budget yang dimiliki oleh Honda sebagai kompetitor juga di atas mereka berlipat-lipat. Ditopang oleh jaringan yang luas, untuk melawan raksasa tentu saja akan menghabiskan energi. Jadi jangan heran jika Yamaha seringkali membuka segmen baru ketimbang berkutat dengan segmen yang sudah dikuasai kuat oleh Honda. Hhmm…logis juga yak. Terus piye dengan pabrikan lain ?

Sama cak. Ternyata kondisi tersebut juga dirasakan mereka. Pabrikan lain yang jauh lebih kecil juga kuatir jika Honda sudah mulai melirik segmen yang gemuk dan belum mereka masukin. Padahal mereka yang membabat alas sejak awal. Sebab menurutnya jika itu terjadi maka biasanya bakal merepotkan. Apalagi menurut kenalan IWB, kebiasaan Honda adalah “See and follow”. Jadi Honda mengamati kemudian jika potensinya menggiurkan serta menjanjikan Honda akan datang dengan produk tandingan yang jauh lebih Advance serta affordable price. Kuwi sing repot pakdeee…

” Honda mampu menekan harga akibat mass Production yang cukup besar. Kondisi tersebut membuat bergaining position juga sangat kuat dengan para vendor. Produksi besar pasti vendor juga memberikan harga khusus....” serunya membuat IWB mengerutkan dahi. Belum lagi komponen yang nempel pada motor sebagian merupakan produk sister Company dari Astra group yang disinyalir membuat perbedaan. Ibarate cak…..tonggo karo dulur pasti beda harganya. Ilustrasinya nggak mungkin sebagai penjual sampeyan akan memberikan harga yang sama antara saudara dan tetangga. Posisi ini semakin berat karena FIF menjadi leasing besar yang juga mendukung gerak Honda. Makin mumet bathuke cak….

Last…. dengan segala fakta diatas bisa IWB simpulkan, bagi pabrikan lain ternyata Honda cukup mengerikan soal kompetisi. Sebab jika melawan Honda yang dibicarakan tidak melulu hanya soal produk. Akan tetapi power dan kekuatan jaringan, sumber daya serta seluruh penyokong di belakangnya membuat gerak Honda jauh lebih lincah. Tidak ada yang salah sebab kompetisi tetap berlangsung sehat dan bebas karena semua ditentukan oleh pasar. Tapi ototnya cak. Ibaratnya Honda punya 10 otot, Yamaha 5 otot sedang Kawasaki dan Suzuki 1 otot…yo dlosor-dlosor rek kalau gebuk-gebukan head to head. Pasti 10 otot kroso tenan samplukane. Untungnya yang 5 otot ki gerakannya lincah jad kompetisi tetap seru. Nah…kalau menurut sampeyan piye pakde, apakah betul Honda terlalu kuat dan sulit untuk digeser dominasinya ? Ora setuju ngacung hayoooo? (iwb)

289 COMMENTS

  1. ASTRA. tunjukin klo lo punya nyali.. gue minta lu cerai sma Honda.. klo lo ngaku perusahaan otomotif yg punya taji, bikin merek sendiri

  2. kartel kok d bilang sehat,….

    produksi hnda besar sehingga vendor berni ngasih harga spesial aplgi kebanyakan vendorny adlh gruop sastra, tpi kok harga produkny pling mhal ya?? kualitas ny 1tingkat d atas minierva doang

  3. Ketika honda merangkul sebagian besar blogger….
    Yamaha dg putus asa merangkul agency….menebar panasbung k blog2 motor…..
    Parah….

  4. Hallahh.. mo bagus kayak apapun design sayap loakan kalo kualitas material masih paling buncit.. sorry to say.. gak tertarik dan sangat kapok.. yg ada was2.. new beat baru 5000 km aja komstir dah masalah direm narik2 kanan kiri.. di geber tutup gas mlah mati gak bisa nyala harus nunggu dingin.. itu baru beat.. belom yg cb series kemrosak rembez plastik icikiwir ember.. wekekekekk.. be a smart buyer !!

    • Yg heran yg pada beli mengamini kualitasnya memang inferior.. tapi kata mereka apa ? Wong tetangga aja pada beli honda.. gpp rusak ya bengkel banyak meskipun tidak digaransi.. kalo lampu stop banyak yg mati mah biarin aja.. bnyk temennya.. wkwkwk.. parahh sangatt..

    • Saya dah nyobain beat punya babe…ternyata enak tenan. Akselerasi ringan dan suspensi nyaman. Sampai saat ini fine2 aja. Kakak ipar saya waktu mo ganti motor lamanya juga nyobain beat, akhirnya ikutan beli beat….
      Anda keliatan banget…kalo ngarang cerita…

    • Heheh.. ngarang darimana bos.. yuk maen ke tempat ane kita ngopi.. keliatannya ente yg gak paham kualitas motor.. bedanya pemotor sama rider sejati ya gini ini.. gak terima kan ? Terserah ente.. ini opini gue.. gitu aje situ repot.. kualitas paling bagus ya menurut ane kawasaki suzuki yamaha.. hondut sayap loakan paling buncit.. paham ente ?? Gak usah nyolot coy..

    • @yudi
      Sorry ane bukan sales.. hanya penikmat merk suzuki yg dari dulu gak pernah ada masalah.. gak masalah aja ada perbaikan recall.. bentuk tanggung jawab pabrikan.. lah sayap loakan mana ? Cacat koq jadi fitur.. bayar sendiri pula.. hahahahahh.. kapok asli beli sayap loakan..

  5. mas bloger… tolong bilang sama ASTRA.. lo ditantang bikin merek sendiri.. nanti klo jawabannya ngeles mulu.. smpluk swalow congore..

  6. Mungkin yg harus diwaspadai peralihan dari mesin2 BBM ke listrik. Seperti halnya Tesla yang berhasil membuka celah dan jadi pionir di sana. Kita lihat peraturan2 pemerintah apakah memang kuat ke penguasa skrg atau ke buatan dalam negeri. Juga mass transportation ke depannya semoga lebih baik.

  7. Satu hal yang fbh gagal paham, harusnya mereka mendukung yamaha untuk selalu ngeluarin produk2 baru dan berkualitas.
    Kenapa? Karena kalau tidak ada kompetisi dan saingan dari yamaha, honda cuma bakal ngasih produk ala kadarnya.

    Kalo sales busuk si jangan dengerin, paling habis ini komen market share lagi.

  8. Harus diakui dr dulu nama honda melegenda.bicara motor ya honda,klo ortu beliin motor pingin honda. akan sangat sulit untuk ngalahin market share honda. Tapi salut buat yamaha dgn loyal teknology sehingga honda jg ngeh dan ikuti dimulai dr vixion yg paling ngena trus karang maxiscooter macam nmax dan xmax250.trus rangsangan kawasaki dgn ninja 250cc 2silinder.klo gak gtu..mgkn aja pasar motor cuma mentok di 150cc 1 silinder saja. Kini era bakal naik lagi…250cc 3,4 silinder. siapakah yg brani jd pelopor? atau maxi scooter 2 silinder? .ujungnya konsumen yg diutungkan biar semua pabrikan loyal teknology dan mengikuti perkembangan zaman pada tiap produknya.

  9. tapi kog makin kemari motor2 honda makin mahal tapi gag diringi dengan meningkat nya kualitas produk, apalagi di sektor finishingdna juga di aftersales, khusus nya di ketersediaan suku cadang yang sering kalidi jumpai saat butuh suku cadang tertentu harus inden sangat lama, sedangkan kasian org2 yang sehari2 transportasi nya hanya mengandalkan 1 motor, jadi terhambat sangat2 lama kegiatannya karena mgkn motor nya ga bisa di pake karena kelamaan nggu suku cadang…

  10. Honda akan datang dengan produk tandingan yang jauh lebih Advance serta affordable price. Pernyataan macam apa ini pul, uang membutakanmu tak sesuai fakta

  11. Honda mampu menekan harga akibat mass Production yang cukup besar. Faktanya selalu paling mahal dari yamaha dan suzuki, kualitas honda paling inferior

  12. Wan.. lo kan dkt sma petinggi2 ATPM.. apalagi sama ASTRA. . bilangin.. mereka ditantang bikin merek sendiri. .
    gue tunggu artikel lo dg jawaban dari Astra. . salam sawat sandal

  13. Hahahh fbh pada gak terima sesembahannya faktanya cacat jadi fitur.. mikir yg sehat makanya cung.. liat teknologi jangan liat merk.. pake produk kualitas minim pada bangga.. menurut ane yg malang melintang didunia permotoran emang cacat sayap loakan.. gak terima ?? Terserah.. wkwkwkwkk.. ampe ente berbusa juga bagus2in gak ngefek.. kecuali honda cbu thai or jepun.. baru ane yakin kualitasnya..

    • Ngomong ma fbh itu susah bro , berita byk ttg motor penyakit sesembahan mrk dibilang hoax , di omongin bener di bilang hoax lg , emang hidup fbh penuh dgn hoax ?????

  14. Honda kalau ngamuk ngeri, pernah terjadi juga kan di jepang? honda langsung nggelontorin motor apapun. cari motor apapun, pasti ada yg merk honda. yamaha dipukul mundur, bergitu juga era 2011an di Indonesia. hal yg sma pernah terjadi

  15. Udah bener jalannya apa yang terjadi saat ini, karena honda punya power mereka sah aja jadi follower di segmen yang hot, dan yamaha dengan kreatifitasnya selalu menelurkan segmen-segmen baru, kawasaki dengan idealisnya, suzuki dengan image kencang dan durable nya terus berusaha mengganggu pabrikan lain

  16. Ya memang seperti itu namanya kompetisi pemasaran. Folower ya ga haram kok. Ngejiplak asal gak 100% ya gada yg komplin. Mesin bebek bentuknya kaya gitu, rebahan semua, siapa yg pertama bikin, trus semua jg bikin, ga ada yg komplin. Trus penjualan, permudah beli cash, gk semua konsumen pengen kridit. Trus pikirkan harga jual kembali produk punya nilai yg tinggi. Sapa bilang itu gak penting. Banyak konsumen masih berpikir spt itu. Ktika mw nukar kendaraan ke yg baru, pasti ingin kendaraan lawasnya punya nilai yg tinggi, jadi nambahny gak kebanyakan. Boong kalo ini dibilang gak penting. Dan mash bnyak lagi.. Ada yg mau nambah??

  17. Berkompetisi itu mampu menunjukkan kualitas produk yang bagus, bukan masalah produksi massal…
    Pengalaman punya supra x 125r dulu plastik bodynya kewer2 padahal nggak pernah jatoh..

  18. Inget Yahaha Inget motor kualitas alakadarnya contoh : boros oli/bbm, suara mesin makin kassar/rewel, plastik tipis icikiwir, sering kuras uang kantong atau jajan spare part mulu dan kualitas lokal alakadarnya fakta no hoax cuy

    Nyuwahahahahahah hohah hohah hoheh hoheh
    Ngiah ngiah ngiah ngiah

    • Hahahahh.. fakta produk sesembahan ente koq diumbar dimuka umum.. tapi gpp lah biar makin jelas.. kalo ente maling teriak maling.. qwkwkwkwkk

  19. Yang masih berdarah2 persaingannya:
    maxi scooter 150 (mulai dijajal PCX)
    Trail (masih belum ada yang dominan)
    supermoto (kayaknya cuma kawasaki)
    sport full fairing 250cc (udah mulai berbagi kue antara Kawasaki, Honda sama sedikit di Yamaha)
    Yang belum dilirik sama honda:
    retro (mungkin baru penjajakan lewat verza baru)
    semua yang kubikasi mesinnya diatas 150cc s.d 200cc (rentang harga 30-40jt sepertinya cuma ada 150cc – mesin kecil – dengan fitur yang mubazir yang mana pikirku mendingan fitur pas dengan cc lebih besar – power lebih besar)
    yang kayanya ga dilirik sama honda:
    motor dengan pasar yg niche. keluarga honda monkey ga bakal resmi rilis di indo, grom/msx, zoomer, kubikasi kecil (dibawah 100cc).
    big-bike?? mending CBU aja dari thailand atau jepang sekalian.

  20. Emang susah ko…astra group..
    Yg g di suka sama hinda see n follow nya itu..g asik..dr bebek super,maxi sccoter,trail,sport 250…nunggu n nunggu..ibaratnya nyali ciut..

  21. Hanya segmen Bebek Super, MX King yang tak bisa dikalahkan AHM lek,,, biarpun harga lebih murah g jaminan di segmen ini. karena yg diliat pertama Design.. dan ternyata Supra GTR blm mampu menandingi design MX King…. biarpun udah dikasih diskon sana sini.

    • Yakin ente tong ? Detail datanya mana ? Pengalaman user ? Opini ? Ngarang ? Enak bener bacot ente.. coba serius gw tanya kualitas mananya yg lebih baik dari yamaha ? Hehehehhh cocotmu leeekk

  22. Mana ngepbeha panasbung antek sayap loakan.. bece lagi donk.. biar makin keliatan vekoknya jelek2in produk tetangga.. padahal aslinya produk sesembahannya paling cacat.. wkwkwk..

  23. Satu satunya alasan saya jadi FBY adalah waktu saya sering nonton latian balap di stadion th. 2006, waktu itu JupiterZ 110 dengan gagahnya nabokin Karisma 125. Teringat sampai sekarang, karakter Yamaha ya disitu. :))

  24. Situasi seperti terbalik, zaman yg lain jual 2tak honda jual 4tak.

    Dan setelah era 2tak berakhir, dan era matic lahir. Honda cuma jadi follower.

Comments are closed.