iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro…. Yamaha Byson merupakan motor yang berhasil membuat IWB kesengsem pada tahun 2010. Desain bak moge dengan label FZ16 di India berhasil meluluh lantakkan pendirian IWB untuk meminang Honda New Megapro. Tidak perduli perfoma lemot atau Segala minor review India, Yamaha Byson akhirnya IWB boyong ke rumah. Dan pada saat itu penjualan motor ini lumayan cakep sebab Yamaha berhasil menjual antara 5000 hingga 6.000 per bulan. Kondisi yang tidak sama pada generasi kedua yang justru makin terpuruk dan puncaknya di bulan Januari 2018 Byson Fi hanya terjual 2 unit. Apa yang salah?

Di awal kemunculan Byson Fi sebenarnya IWB sudah merasa bahwa desain yang begitu mengalir serta ganteng pada generasi karbu dirusak oleh generasi kedua yang mentah-mentah mengambil basis desain dari India. Padahal untuk generasi kedua ini Yamaha Melakukan lompatan cukup besar. Lompatan yang membuat motor ini Jadi lebih ringan serta powerful dengan perbaikan pada sisi torsi dan akselerasi…

Selain itu Yamaha sukses merubah pengabut bahan bakar dari karburator dengan full injection. Fitur pun juga semakin kaya sebab pada generasi kedua atau versi FI Yamaha juga membekali fitur Eco riding yang membuat kita bisa mengatur gaya berkendara supaya motor jadi jauh lebih irit dan efisien. Artinya secara fitur dan engine termasuk handling…. Yamaha Byson full injection melompat dari Yamaha Byson karburator. Tapi…. inilah Indonesia cak…

iklan iwb

Impresi pertama fisik adalah modal penting jika ingin motor sukses di pasaran. Tidak sekedar iming-iming fitur dan performa….tapi Bagaimana desain cakep dan enak dilihat mata. Dari pengamatan IWB Yamaha sebenarnya mayoritas sukses melakukannya. Desain produk rata-rata outstanding alias sporty look. Tapi juga tidak jarang justru mereka sendiri yang merusak asistensi produk yang sudah disukai oleh para bikers melalui produk facelift….

Intip saja bagaimana sikalajengking Yamaha Scorpio harus rela disuntik mati karena sekarat tidak mampu bergerak pasca Yamaha merilis generasi terakhir. Mengadopsi bentuk FZ, akan tetapi basis pengembangan desain terlihat seperti kebingungan. Bentuk sebelumnya yang rupawan seperti tidak berbekas. Lalu kini Byson. Dengan desain terbaru sikebo sangat sulit melakukan penetrasi pasar. Kegagahan serta keanggunan generasi karbu seperti tidak tersisa. Opini IWB ini selaras dengan penjualan di Pasar yang makin mengkerut dan puncaknya Januari 2018 sikebo hanya terjual dua unit. Sayang banget cak….

Last….. sebelum kemunculan generasi injeksi sebenarnya pada saat itu IWB sudah sering memberikan masukan arah facelift Byson yang diinginkan oleh para biker tanah air. Pertama bekali Byson dengan double disk brake tinggalkan tromol dan tuning engine supaya makin powerfull plus pengabut bakar injeksi. Jika perlu bisa juga dijejali headlamp ataupun stoplamp LED. Termasuk posisi lampu belakang Supaya ditarik ke atas tidak lagi di bawah. Yahhh…semua memang sudah menjadi bubur kangbro. Kini Byson sudah pada kondisi sekarat. Logikanya jika hal ini terus terjadi, maka potensi pabrikan melakukan diskontinue produk sangat besar…dan ini logis cak. Nah…kalau menurut sampeyan piye cak….punya opini lain soal ini? (Iwb)

 

197 COMMENTS

  1. Mgkin kontrak designer yamaho cuma tuk produk perdana aja soalnya ga kuat bayar, tuk produk versi facelift selanjutnya cukup anak magang yg dibayar murah dgn kutak katik dari design perdana tp malah guagal total haha.. ?

  2. Urun rembuk kang IWB :
    kalo menurut saya / opini :
    1.YIM kurang atau tidak melakukan survei apa yg diinginkan komunitas Yamaha (sayang padahal komunitas seabrek )
    2. Harga overprice dibandingkan sebelah
    3. fitur belum atau kurang dibandingkan merk sebelah
    4. buta dan tuli tidak mendengarkan saran Blogger Otomotif R2
    Wis Lek IWB ngono wae ….

    Salam JOS GANDOZZ

  3. Selain desain…kepepet jg dg mx king n vixion..dg fitur n tenaga yg lbih..ok..nmabh dikit atau hrga lbih murah dpt fitur lbih ok…lah byson..????

  4. Bison Sohc 2 klep fby mana mw wan

    Nguwahahahahah hohahh hohahh hohehh hohehh
    Ngiah ngiah ngiah ngiah

  5. Fby jas jes joz doang beli bison Sohc 2 klep yg terkenal lemot kagak?

    Nguwahahahahah hohahh hohahh hohehh hohehh
    Ngiah ngiah ngiah ngiah

  6. Ringsek 25kg facelift keluar fby tetep jas jes joz doang beli nya ninin 250

    Nguwahahahahah hohahh hohahh hohehh hohehh
    Ngiah ngiah ngiah ngiah

  7. Fby mempermasalahkan soal knalpot palsu, terus fby yg rugi? Masalah buat lo fby? gak seneng? atau gak seneng pcx lokal hadir di Indonesia?

    Nguwahahahahah hohahh hohahh hohehh hohehh
    Ngiah ngiah ngiah ngiah

  8. Inti nya fby gak sudi ato gak terima pcx lokal hadir di Indonesia wan.

    Nguwahahahahah hohahh hohahh hohehh hohehh
    Ngiah ngiah ngiah ngiah

  9. hahaa… bang iwan, ane pemilik byson fi.. buat ane desain byson fi lebih enak diliat karna keliatan lebih sporty, dan untuk ukuran badan ane lebih pas byson fi karna ga keliatan terlalu bulky. tapi itulah selera, tiap orang beda-beda. overall, ane tetep puas dan gak nyesel ambil sikebo baru walaupun masin minus headlamp dan stoplamp LED sama read disc brake. tp insya Allah keduanya bakal ane lengkapi kalo ada rejeki

  10. Modelnya mungkin yang cungkring.. yang bikin salah.. coba di sesuaikan dengan market Indonesia yang selera model nya tinggi.. terbukti.. klo model nya di sukai oleh masyarakat indonesia.. di sukai oleh dunia juga…

  11. yg jd perusak sebenere headlamp.nya yg kliatan kaya konde.. sama ga ada RDB..

    mutlak New Bison kalo mau tenar lg harus:
    1. Rombak desain headlamp, minimal kaya versi lama
    2. Pasang fitur Rear Disc Brake kaya versi terbaru di India
    3. Torsi n Daya harus lebih tinggi dr versi pertama (Namanya jg upgrade ya naik, masak turun..? penjualan jg turun lah.. logika lah.. yg pertama dicari user adalah ANGKA)
    4. pertahankan bobot ringan versi skarang (kalo bisa lebih ringan)
    5. Kaki-kaki lebih besar, bisa pakai velg All New R15 (sama kaya versi India)

  12. Sejak awal peluncuran, coba sendiri test ride pake motor punya temen kantor, feeling berkendaranya aneh… body gede kok mesinnya lemot gini, mungkin juga karena faktor saya lebih dulu riding vixion 2010, gak enak pokoke tumpakane lek, cuma menang body gede TOK

    Salam

  13. Yg salah itu cuman 1 kenapa fby jas jes joz beli bison kagak?

    Nguwahahahahah hohahh hohahh hohehh hohehh
    Ngiah ngiah ngiah ngiah

  14. Orang Indo klo lihat motor baru yg dilaunch di Thailand: “pada ngiler…”. Klo motor baru yg dilaunch di India: “lha.. indihe.. bagusan di kami…”. Setuju dgn komennya adi916 do atas, klo mau nyomot basis desain, pabrikan bagusnya ngambil basis Thailand.. Jgn India.. Konsumen jg gak mau dicap: “Alamak.. selera ente motor indihe…”

  15. Yang suka ngatain buosok ternyata cuma 2 biji…. kalah sama yang klotok klotok.

    Lah wong yang knalpotnya palsu juga payu 12,000 kok yang asli cuma 2 biji?

    Mending ditipu knalpot palsu aja deh, banyak temen. Muehehehehe…

    • Haha ditipu kok seneng gan…hidup harus sesuai dengan kebenaran jangan membohongi diri kalau salah akui salah

      #Nah

  16. Bhuahahahaaaaa

    Sebulan cuma laku 2 ekor?

    Kalah dong sama tetangga ane jual sampi di pasar bisa laku 5 ekor seminggu

    Lah ini jualan kebo di seluruh indonesia yg segini luasnya cuma laku 2 ekor sebulan

    Hadeuh …

    Saking buosoooknya kah?

  17. Ymh kl mau abisin stok jgn kyk gt crny . Kl dilihat2 tren yamaha itu abisin stok dgn facelift design. Tp jd boomerang krn bad design .gk ky dulu. Parah dah . Jual ja ke astra. Yg bnyk modal

  18. Padahal dulu sy sempat melirik byson fi sebelum lama nimbang2 ambil Cbr150 k45A. Menurut sy modelnya not bad, cm mungkin kurang value for money

  19. Setuju. Di zamannya, Scorpio itu mesinnya “wow”, sayang desainnya “aduh..” Byson muncul dng desain “wow”, tp performa mesinnya “oalah…Vixion beda baju” Lalu muncul Xabre desain “wow”, mesin “lha..Vixion lagi”. Skrng Byson malah dandan bollywood. Ya rasakan ga laku itu, ga serius klo garap segmen baru.

  20. Menurutku masalah penjualan di byson fi dan new mega pro fi adalah di range harga mereka, yang cenderung bersaing dengan produk kelas di atasnya yang superior segalanya sebut saja vixion atau new cbsf dengan performa yang jauh lebih bagus dari kelas byson maupun new mega pro ditambah fitur juga lebih lengkap misalnya rear disc brake, radiator, lampu led, dsb.

    Sehingga kondisi nyata di pasaran, sales akan lebih merekomendasikan produk vixion maupun cbsf dibanding byson ataupun new mega pro. Beda dengan verza yang harganya terpaut jauh jadi kalau yang bisanya beli verza pasti tidak akan bermimpi untuk membeli cbsf maupun vixion. Harga mungkin terpaut 3 atau 5 jutaan dari kelas di atasnya tapi di sekema kredit selisih biaya cicilan bisa cuma ratusan dibu aja per bulannya.

    Jadi menurutku mending pabrikan fokus ke produk flagship kelas vixion maupun cbsf, dan kalau mau main di entry level harga harus terpaut lumayan jauh semisal harga honda verza.

  21. Padahal gen-1 tinggal ditambahin cakram belalang, lampu belakang naikin ke ujung buritan, dan mesin dinaikin powernya….y*ki tidak mendengarkan konsumen kebanyakan

  22. “Desain bak moge dengan label FZ16 di India berhasil meluluh lantakkan pendirian IWB untuk meminang Honda New Megapro. ”

    Hmmmmmh, yg di pinang megapro..????

  23. Nek iso nggih pak, pean kasih saran,, seharusnya mesin byson di pasang ke body retro wae pak. Soale nek desain tajem, mgkin desainer.e bakal mbulet gae ngolah desain byson current edition pak. Dengan kata lain, buka pasar sendiri kyok kawasaki pak.

  24. emang yamaha terkesan membunuh dirinya sendiri dengan produk facelintnya, harusnya makin di sukai tp ini kok malah makin di ogahi, kenapa to kamu YIMM

  25. Modal ganti lampu depan jadi LED sama rem belakang jadi disc brake, padahal udah keitung keren si Byson, liat fork depannya yg gede bikin kesengsem. Sukur2 ya lebar velg baru sama kek Yamaha R15

Comments are closed.