iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….IWB cukup tertarik atas banyaknya pertanyaan perihal manuver para pabrikan yang memilik produk banyak banget. Produk dengan variasi macam-macam namun mayoritas menggunakan basis mesin yang sama. Jadi kasarnya berganti body tapi basis mesin sama. Kenapa demikian ?

Kalau sampeyan perhatikan…hampir seluruh pabrikan saat ini memang melakukan manuver “smart” dengan memecah sebuah produk dalam beberapa varian namun basis engine sama. IWB bisa ambil contoh beberapa pabrikan sebagai berikut..

Honda

iklan iwb
  1. Basis engine Beat untuk Beat Street, Scoopy serta Vario 110 eSP
  2. Basis engine PCX untuk Vario 125-150 dan PCX 150
  3. Basis engine CBR150 Thailand untuk new CB150 serta CBR150, Sonic 150 serta Supra GTR150
  4. Basis engine Megapro untuk Verza serta CRF150L

Yamaha

  1. Basis engine Mio 125 untuk Mio, X-Ride 125, Fino 125, Soul GT125
  2. Basis engine NMax 155 untuk Aerox 155
  3. Basis engine Vixion untuk Xabre 150, YZF R15, Jupiter MX King
  4. Basis engine R25 untuk MT25

Suzuki

  1. Basis engine FXR150 untuk Satria dan GSX150 series

Kawasaki

  1. Basis engine Ninja 250 untuk Z250
  2. Basis engine KLX untuk D’Tracker series

Itu hanya beberapa contoh yang nggak bisa IWB sebutkan satu persatu semuanya. Yang menjadi pertanyaan…kenapa pabrikan harus memecah basis engine identik dengan beberapa varian berbeda? Nah…ini menarik untuk dibahas agar tidak banyak pertanyaan dan terlalu kritis dalam menyikapi common engine divarian berbeda. Yang pertama…pengembangan mesin…

Untuk mengembangkan sebuah mesin baru, pabrikan butuh waktu bertahun-tahun. Tidak mudah dan harus melalui proses cukup jlimet. Bahkan IWB mendengar untuk RnD sektor engine yang benar-benar baru…pabrikan bisa menghabiskan waktu hingga 5 tahun sebelum masuk produksi masal…

Mesin ini harus melalui serangkaian uji reliability, durability serta banyak faktor yang cukup melelahkan. Kontruksi dapur pacu diitung sedemikian rupa dengan credo….engine harus fleksibel dan tetap durable walau sudah melewati 10 lebih dijamannya. Setelah dari sana selesai, pabrikan lalu menyerahkan tender komponen-komponen part kevendor…

Tiap “pieces” komponen atau baut tidak dibuat sendiri namun diserahkan pada vendor sesuai spesifikasi yang diinginkan pabrikan. Contohnya transmisi yang biasa digarap Musashi, atau gasket dan seal digarap NOK, banyak lagi komponen lain yang jika ditotal bisa mencapai ratusan. Dan dengan mesin baru ini…seringkali vendor harus membuat cetakan baru pula…

Tentu saja untuk melakukan hal itu membutuhkan waktu yang cukup panjang. Selain itu dibutuhkan biaya yang cukup besar cak. IWB bahkan sempat mendengar salah satu vendor suspensi mereka harus mengeluarkan uang milyaran untuk menyediakan robot yang siap garap suspensi USD. Hal ini karena proses dan alat untuk garap suspensi USD beda dengan teleskopik normal. Namun dengan investasi yang dilakukan…harapan mereka untuk bisnis dalam jangka panjang terbuka. Begitu pula jerohan engine….

Dari sana sampeyan bayangin, kalau pabrikan kekeh memberlakukan prinsip…varian baru maka engine harus baru…yang ada kita akan mendapatkan motor baru per 2-3 tahun sekali. Lawong RND engine ki lama banget. Selain itu, harga motor pasti akan melambung tinggi mengingat biaya riset dan pengembangan yang sangat mahal. So…dengan basis mesin sama, akan terjadi efisiensi. Apalagi engine tersebut bisa diutak-atik dengan teknologi baru seiring perjalanan jaman. Basis engine identik, namun lebih advance. Enak tenan to….

Last….itulah beberapa alasan kenapa sekarang kita bisa mencicipi motor dengan desain keren tanpa perlu menunggu waktu bertahun-tahun. Common engine, desain beda tetap akan menjadi daya tarik tersendiri. Nah…dari sini sudah dapat bayangan kan kangbro. Intinya….dengan mesin sama maka akan lebih efisien serta efektif dalam menekan cost, mempercapat refreshment produk serta mempermudah ketersediaan komponen serta part pendukung. Kira-kira ngono cak. Wis ya, wis paham to dari sini. Jadi jangan protes dan saling bully hanya gara-gara basis engine sama di varian berbeda. Okrekkk…….(iwb)

222 COMMENTS

  1. yaMaho sebagai Pabrikan yang Hobinya menjiplak Produk honhon Global.. skrng juga merambah untuk menjiplak Rangka Paralon honda CBR AHM y Josh ghandoss?

    Sebagai Contoh yaMaho Rhoembeng Plastik25 dan Maho Tulen25 yang mana rangkanya Menciplak Honda CBR n CB mentah mentah tanpa kompromi.. skrng Hora Payu aka Numpuk Gudang.. maklum getaran mesinnya Maut broo?

    Maklum Motor Jiplakan aka KW emang gk sebagus Aslinya?

  2. sudah sudah, nanti berdarah.sekarang FBH diem ajalah, ngalah dikit sama sales yamaha & FBY. ngga liat MS-nya udah tinggal seucrit gitu, itung2 buat hiburan. ntar kalo FBY punah ga bisa seru-seruan lagi. mau pekok, goblog, biarin aja dah.

    FBY juga harusnya mikir, kalau liat MS sampai hari ini, kebanyakan orang beli motor honda. that?s an evident proof kalo saat ini motor honda lebih baik, para FBY mau komen apa aja diblog ini atau blog majapahit, tapi ini cuma dunia maya. pertarungan yang sesungguhnya ya di dunia nyata, lihat customer banyakan mana, after salesnya kaya apa, ente bilang vixion ente ga ngebul ya sah2 aja berarti ante dapet produk super bagus, cuma ane juga liat dengan mata kepala ane sendiri ada NVL/A punya temen ane ngebul, udah complain ke beres tetep aja ngebul . orang sekarang udah melek informasi ngga kaya jaman dulu , juga lebih kritis jadi makin sulit dikibulin. ngoahahahaha

  3. Kl SOHC RRRRRRijekan India, Jadi inget ridernya pengen cepet cepet pulang ngebut cuman karena menghindari tangan kesemutan, pundak Antep, boyok Mlintir, Getaran Maut sangat kuat, Encok Kambuh..

    Wkwkwkwkwkwkwk Muke aja Di Jebeberin nah Ridernya Tersiksa broo

  4. Kl yaMaho Rhoembeng15 mah masih tunggu revisi dari indihe. maklum rnd nya kan dari Indihe broo..

    YIMM cuman mengimport n tugasnya cuman ngecat ulang.. makae Koar koarnya Mentok ya Catnya tebel bla bla bla.. sampe ndasne koyo lele dadine lebuih berat 5kg

  5. Seiring perkembangan jaman, konsumen Indo makin cerdas.
    Tercermin dari tahun 2007 dulu yg marketshare YIMM 60%, lalu 2016 jadi 20%.

    Katanya Konsumen AHM yg cuma org2 thn 70-80an
    Klaim yg tidak berdasar dan tidak terbukti.

    Jaman makin berkembang kan.
    Konsumen Indo makin cerdas kok.
    Ekekekekekekk

  6. rompal25 buatan lokal rangka kandang beruk, tanki plastik, arm tahu sumedang, minus link monocross, power disunat, harga mepet cbu??? tipu2 jurus kartel

  7. Beli motor cash bisa, konsumen Ya-Senang
    Nah beli motor harus kredit, konsumen Ya-Maho dong. wkwkwkwkw

  8. R15 itu motor dewa

    keren?.tp sayang masih banyak orang yg belum pintar?.
    jadi ya kejebak beli ceboker

    mari fby? bersama blogger independen om mono ki cerdaskan masyarakat indonesia?
    kita beri pengetahuan seluas luasnya tentang kwalitas motor?

    motor sport 150 itu harus sohc
    motor sport itu tidak boleh all new kalau blm 10th
    cukup ganti sticker saja untuk lebih advance

    motor sports itu headlamp harus gede

    motor sports itu harua rangka deltabox yang tipis?
    motor sports itu harus punya knalpot yang panjang
    motor sports itu harus di import dari india

    motor sports itu harus mesinnya tidak boleh ada improvement selama 10th

    motor sport itu harus sohc UPERSTRUK
    4 KLEP vva 19 ps(Power palSu) kl vva mati cuma 14.53 hp….

    motor sport itu harus?.

    yg selain saya sebutkan berarti motor sport abal abal

  9. TIPS BUAT PPARA BIKER?..

    KALO MOTOR SAMPEYAN SEMUA PINGIN SUARANYA KENCANG??..

    GANTI AJA KNALPOT MOTOR SAMPPEYAN SEMUA DENGAN CONGOR FBY BERUK?..

    DIJAMIN KNALPOT MOTOR SAMPEYAN SEMUA LEBIH KENCANG SUARANYA?????

  10. Sales yamaha tentu berat atau malu jika selalu mengucapkan salam kebesarannya karena tidak sesuai dengan kenyataan. Masak konsumen sudah pada tahu bagaimana hasil latihan sepang hari ke3, tahu MS yamaha dibanding honda trus setiap hari harus ngomong ? Salam semakin di depan? apa konsumennya gak malah nimpali, ?Semakin di depan dengkulmu atos?

  11. Yg Real Fakta itu cuma Vixion ?NGEBUL?8000rpm?.pak ABIDIN petinggi yamaha saja MENGAKUI dan itu NORMAL.

    Zzzzzzlllubbbzzzzz
    Ngahahahaaha

    Vega says;
    motor sport macam apa, baru 8000 rpm udah ngebul wkwk

  12. No pict:hoax

    Vixion oli rembes,shock depan mudah peot,velg gampang pecah,ngebul berjamaah,deltabox mudah robek,mesin jadul,,

    Ini Fakta,sama sekali bukan BC,,

  13. aWAS JANGAN DEKet deket y sebelah kanan Kang? itu motor Pasarit yaMaho Pigson RaCun penghisap BBM dan OLI.. maklum Buorosnya gk ketulungan ngeden bin lelet lagi. bikin kantong jadi kering kerontang.. di pingirkan aj apa buat pakan lele bagus itu kang..

    Sumpeh ane Zzzzzzzzzzzzuzur kang?

  14. Saran inyong,2018 m1 tambah vva aja, tp dihelm jd klo kesalip rcv desmo gsx m1-kw valve actuatornya open buat dinginin kepala ridernya

    Waoww?.
    Teknologi sangat kentjang tuh!!!
    Harus dikombinasikan ama SOHC UPERSTRUK dan transmisi 5 speed virtual tanpa kopling aka C.V.T rekk!!!

  15. Iwakbeneran
    5 January, 2018 at 20:42

    Tentu tidak bisa! Dasar tukang kloningan @kribo = @mbah dharmo dan @mbah dharmo = @kribo

    @aditya=@miwon=@kribo=@mbah darmo

    Cie cie ketahuan fby beruk.

    MuuUUUuuuehehehehe??

  16. Waw ramainya pak! Hati-hati fby datang dengan nick name palsu pak!

    Salam smile!

  17. Awas tiang listrik ini??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????ini?????????ini?

  18. apa?? ini,??? kenapa??? jadi??? begini??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  19. ???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? ?? ?_? ?? ????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? ?? ?_? ?? ?????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  20. .
    .
    .
    Oh ternyata pabrikan lain jg sama, ga pernah perhatiin merk lain soale.
    .
    Gua sih ga masalah soale dari jaman cb, gl-series sampe skrg mesin nya ok2 smua sih .
    .
    .

  21. sales n fbh dari honda yg paling banyak bc. guoblog . makasih lek dri dulu dpet informasi dari sampean, tapi maaf lek saya mau berhenti baca blog sampean lek. komen di cari refrensi isinya SAMPAH. BLOG PANJENENGAN IKU DADI TEMPAT SAMPAH

    Dargoni dari depok

  22. Siberuk dikasih 1 mesin bwt smua parian lek…contoh: si namex,mx jengking,pigson,rongsok15 sama ngorox!! ???????
    Ekekek beye dikasih mesin banci murahan manggut”! Itu fakta lek…
    ??????????????????????????????????????????

  23. Baca komen para FB gak jelas bikin pusing jga apa lgi yg punya warung ya opo gak pusing ya

  24. Namanya jg produksi ya sah” aja pake material atau basis yg sama , sah” aja asalkan ga melanggar hak cipta ?????????

  25. Sangat faham..
    Makanya mesin ngorok gak ada solusi sampai sekarang.. Hanya make up aja yg di ganti…

  26. Klo wuling confero murah dibanding sekelasnya wajar cak, lha wong tinggal comot dari tiongkok padahal teknologinya kawin campur vw sama chevrolet.

  27. CBR Thai itu samanya di CBSF K15 dan CBR lokal K45
    CBR zaman skrng malah square yg memalukan nafas pendek2
    Lawan CBSF old Aja gak lawan sama skali

  28. hahaha… coment’ny para pasukan kartel memang benar benar… awas mas IWB ntar blog ente bau.. one heart n semakin didepan kartel’ny…wkwkwk…

  29. Even yg baru Xpander skrg. Dikira mesinnya bener2 baru? Nope! Mesinnya hasil pengembangan dr mesin Colt (bukan colt angkot sini yak, tapi colt HB di luar negeri)

    • Klo dunia otomotif ga cuma common engine om, tapi kadg jg common parts. Klo di roda 4 bisa liat Honda, brio- jazz-mobilio-brv tuh pake model dashboard sama.
      Handle pintu 11-12 jg, mesin L15 jg sama (kecuali brio yg 1200cc), paling beda di komposisi jeroan dan setingan . Toyota jg: mesin k3-ve dulu dipake avanza-xenia, trus skrg mesin 2nr-ve sienta jg dipake veloz dan next rushter (meskipun mungkin beda dikit jeroannya dan setingannya). Ga cuma mesin.. kadang handle pintu, spion, alarm sistem, setir, bisa common parts.
      CMIIW

  30. ???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? ?? ?_? ?? ????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? ?? ?_? ?? ????????????????????????????????????????rasakan ini paravsales

  31. Tapi tetep aja cakk harus ada diferensiasi lah..
    Contohnya CBR k45g masa yg harganya 30jutaan pakai basis mesin New Sonic yg 20jutaan.. sama? DOHC Nearsquare yg dibedain cuma setelan ECU aja..
    Keliatan bener ngejual mesin k56 dengan untung tinggi bawa nama besar CBR,
    Makanya CBR sekarang payah, imagenya turun cakk.. yang dulu identik dg kecepatan sekarang malah inferior..

    Masukan untuk AHM jangan terlalu profit oriented, tapi menjaga identitas itu juga perlu!!

  32. Iya wak skarang semakin ngeriii, montor sport skarang pake mesin metic, bahkan tanki bensin ditutup pake plastik biar keliatan guedeee, bahkan knalpot yg kecill di pakein cover plastik juga, 34jt-an cuma dpt motor plastic + mesin matic sohc + teknologi ngibul

    Salam criiiitt

Comments are closed.