iklan iwb

Iwanbanaran.com- Kangbro…..kompetisi balap sejagad roda dua yang dibalut dalam ajang Motogp sudah digelar sejak era 1960an. Direntang moment tersebut pasti kita penasaran, siapa saja sih paling jawara dan sanggup mengoleksi juara dunia terbanyak? Apakah pabrikan Eropa atau Jepang? Lalu brand apa dan berapa kali kemenangan yang diraih? Artikel ini akan menjawab…siapa pabrikan terbanyak yang mengoleksi mahkota juara dunia Motogp !!

Dulu balap roda dua lebih dominan dikuasai oleh mesin 2 tak. Beberapa pabrikan sukses menjadi dominator yang pada saat itu tetap dihiasi oleh tiga pabrikan yakni Honda Yamaha dan Suzuki.?Lalu aturan pun berubah dimana pada tahun 2002 seluruh pabrikan harus melakukan konversi ke mesin 4 tak yang dianggap lebih ramah lingkungan….

Mesin 4 tak pertama kali MotoGP mematok 990cc yang berakhir hingga tahun 2006. Dan tercatat pada tahun 2007 kubikasi menjadi turun ke 800cc. Era ini hanya bertahan hingga tahun 2011. Karena dianggap lebih berpotensi menimbulkan kecelakaan sebab seluruh pabrikan berlomba-lomba mengeksploitasi cornering speed maka pada tahun 2011 aturan berubah…

iklan iwb

Kubikasi mesin kembali diupgrade ke 1000 cc namun dengan beberapa aturan yang mengebiri ledakan Power. Kubikasi dipertahankan hingga saat ini. Pada rentang tersebut ternyata pabrikan yang masih mendominasi gelar juara dunia tetap dipegang oleh Honda dengan gap yang cukup signifikan. Pabrikan Raksasa ini berhasil mengoleksi 67 kemenangan secara total….

Rekor ini diukir sejak partisipasinya tahun 1960. Dengan kemenangan di kelas 500cc dan Motogp lewat Honda NSR 500 serta RCV mencapai 23 kali. Sementara Yamaha membuntuti di posisi runner up dengan 38 kali juara dunia diseluruh kelas. Angka ini diraih 14 kali di kelas Premier lewat Yamaha YZR500 dan M1….

” Mick Doohan mendominasi ajang GP500 era 1990an dengan Honda NSR500…”

Yang menarik di posisi ketiga dan empat ternyata diisi oleh pabrikan Italia yakni MV Agusta serta Aprilia kangbro. Keduanya masing-masing mengoleksi 37 serta 19 kali. Dominasi kedua pabrikan lebih cenderung diera lawas di mana eksistensi pabrikan Jepang belum terlalu mengakar…

Sementara Suzuki berhasil mengoleksi juara dunia sebanyak 15 kali dan mengisi posisi 5 dibelakang empat pabrikan lain. Yang unik mayoritas kemenangan pabrikan S disumbang di kelas Premier era 2 tak.? Suzuki saat itu cemerlang dengan mesin RGV500-nya. Berikut urutan lengkap juara dunia Motogp masing-masing pabrikan sejak kiprahnya di ajang balap dunia paling bergengsi tersebut……..(iwb)

Sumber : Speedweek

396 COMMENTS

  1. Yang jawab! berarti orang smart!!

    Kenapa R25 & MT25 jadi sport ter ora payu dan terlemot dikelasnyaa ?????

    • Hello pak mana fakta nya ????

      Enggak malu sering ganti nick name ???? Wkwkwkwkwk

    • kasihan skali hidup lo,penuh tekanan krn jualan garpu karatnya gak laku2..
      gw hampir tiap keluar pasti sering lihat kalo motor honda mau dikirim ke konsumen,tp knp gw gak pernah lihat ya kalo ada motor garpu karat yg mau di kirim???
      perbandingannnya tuh 10 banding 0.

    • ?fbh kam-bi? says:
      2 January, 2018 at 06:55
      Memang lek, semua juga tau kalo dealer yamaha terkenal nakal ?. <? sekedar mengingatkan kembali kesahihan yamprol memang sampah adalah jawabannya ini sudah diakui sendiri sama fb yamprol sampah. fix yamaha memang nakal brey. fb yamprol sampah diguyu bae brey. ekekekekekekkkk

      Itu

  2. Wkwkwkwkwk

    Fby beruk. pengemis prom*g

    Suka gonta-ganti nick name, maklum kena moderasi.

    Awas IP fby beruk akan di blok sama di TMC blog.

    Wkwkwkwkwk

  3. Fby pengecutttt pake nick name kloningan.

    Lihat aku pak! cukup 1 untuk menusuk hati fby beruk. dan akhirnya dia lupa! kalau dia bolos kerja. Wkwkwkwkwk

  4. Wkwkwkwkwk

    Nihh fby beruk ada prom*g

    Salam usd v3 bocorrr
    Salam r25 rongsokann
    Salam nmax mesin kasarr grobakk
    Salam pigson gigi tonggoss

    Wkwkwkwkwk

  5. jadi sebenarnya yg lebih pantas koar koar “jualan” spirit motogp itu jelas brand yg mana hahaha..

    Lalu bisa apa atau apalagi yg bisa dijual si brand pembodohan konsumen dgn ms yg terus menukik itu SELAIN DGN:

    Iklan bombastis murahan (jembatan runtuh, berkendara vertikal, baju sobek??) yg menyesatkan

    Mendewakan ambassador legenda motogp, yg hampir separuh kemenangannya justru di dpt dari honda dan saat ini tdk kompetitif

    ??

  6. di GP500 honda emang gak terlawan dah apalagi pas jaman 1994-2001 josscuma suzuki KRJR yg bs memutus dominasi di musim 2000…
    di GP250 sebenarnya yamaha bs mengalahkan honda andai aja mereka gak memutus tim factory di akhir 2002 tim petronas sprinta,, sementara HRC masih mensupport team scot aoyama sampe 2009

    • Wkwkwkwkwk,

      Nihh fby beruk selamat beruk dapet prom*g,

      Ingat 1 nick name = 1 prom*g berarti 10 nick name = 10 proma*gg

      Wkwkwkwkwk,

  7. edyan militan komentator pro Yamaha, tiap komen nyenggol sesembahannya langsung di reply cemoohan. belom lagi komentar yang diulang-ulang untuk kasus yang belum tentu valid, saya sempat baca crf yang terbakar itu karena kesalahan modifikasi, serampangan. CB yang protol juga karena segitiga bukan menggunakan part bawaan Honda tapi pake modifikasian, bukan kerangka yang patah, tapi segitiga aftermarket! yo jelaslah yang punya warung ogah nanggapin hal hal gituan, itu mah sengaja digoreng sama FBY, tak perlu data dan kronologis jelas, FBY mah yang penting judulnya. BIKIN ENEG YANG MAU BELI MOTOR YAMAHA!! SELAMAT YAMAHA KALIAN MEMELIHARA PENYAKIT (FBY)

  8. ya setidaknya penjualan yamaha di RI (gabungan) sempat mendekati sang juara hanya di tahun 2009-2010 (ayo dong fby bangga) … selebihnya cek sendiri ya ..

    wajar sih kalo banyak comment yg bully untuk menjatuhkan

    #ga nyambung dgn judul yah :p

  9. 1973 , 1974,, ymaha n suzuki kmbli lewat two stroke dmn honda masih setia dg 4 stroke!

    motogp di mulai 1951 ..
    ymha juara pertama kli lewat agostini 1975…
    baru lewat eddi spencer 1983 pertama kali honda jurdun,,(( hhh telat bgt di bnding ymha)) malah juara lewat two stroke bkn setia dg ideologinya yg 4 stroke..wkwk??

    era 1975 – 2001 klo di itung..
    ymaha : 10 kali
    honda : 11 kali
    suzuki : 6 kali

    naah cm slisih satu.wkwk
    gt kok jumawa stngh mati.??ngomong fkta looh ini!!

  10. Si gerombolan goblok beye otaknya kgk nyambung! Yg dibahas jumlah kmenangan motogp…
    Eh…mlh bahas expor…banyakan makan ampaz singkong busuk! Ya???
    Klu otak lo kgk bisa nangkep ni artikel mending kgk usah ikut coment! Cm malu”in!! ?????
    Krn emg pada dasarnya fby itu goblok semua! Akakakakakkkkkk…?????

  11. News :
    ? Belum 1 bulan Seal Usd R15 v3 sudah rembes/bocor oli.
    ? Abis lewati jalan berlubang Swing Arm R15 Retak hingga patah dan terputus.
    ? Dua shock belakang Aerox 155 bermasalah di Seal sehingga rembes dan bocor oli.
    ? Terpaksa servis ke Dealer, Aerox 155 ada suara Krek-Krek-Krek di sektor mesin,
    ? Diketahui Nmax/Aerox 155 tiba-tiba mati sendiri dan enggak hidup walaupun di starter berkali-kali,

    Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk.

Comments are closed.