iklan iwb
” Suzuki GSXS750, kalau saja Suzuki mengaplikasi bagian depan headlamp ini pada Bandit 150 pasti cakep “

Iwanbanaran.com – Kangbroooo….walau belum fix mengusun nama Bandit 150 sebelum Suzuki mengetukkan palu, IWB mendapatkan sedikit wangsit akan dapur pacu sang kuda besi. Motor naked Suzuki yang konon akan dirilis tahun depan dengan ciri menggunakan jok yang jauh lebih nyaman dari GSXS150 dan rombakan desain total dibagian depan dan belakang. Dan yang paling menarik adalah sisi dapur pacu. Emange piye ? yuk kita intip?mesin Suzuki Bandit 150 versi Indonesia !

Suzuki terus bekerja, itu yang IWB tahu cak. Dibawah kepemimpinan Seiji Itayama, PT SIS memang lumayan greget khususnya dalam hal strategi marketing termasuk mapping produk yang coba dibenahi pelan-pelan. Soal jaringanpun PT SIS sadar betul. Dalam pengakuan mereka…jaringan menjadi PR yang menjadi target utama selain produk. Namun tentu saja produk kunci dari semua….

Ketika produk laku, pasti jaringan juga akan bergerak secara otomatis. Makanya pabrikan harus meracik produk yang juoz. Diawal gebrakannya, Suzuki sudah sukses dengan GSX series. Tentu saja ini hanya awal karena beberapa produk baru rumornya masuk tahap pengembangan. Beberapa produk yang sudah IWB endus adalah maxi skuter 175-180cc, trail 150cc, skutik entry level dan sport 150cc..

iklan iwb

Nah…untuk sport 150cc, suramnya GSXS150 karena desain yang dirasa kurang membumi bagi selera biker tanah air. IWB sendiri saat diskusi langsung dengan Seiji Itayama san selaku boz PT SIS roda dua selalu menekankan beberapa kelemahan yang membuat GSXS150 sulit menggedor. Pertama adalah headlamp dan bentuk jok yang tidak nyaman. Naked bike lebih sering digunakan untuk mobilitas sehari-hari sehingga harus diracik senyaman mungkin. Dan mereka mendengarkan kangbro…

Tidak heran isu perkara nama Bandit langsung menyeruak. Sebuah isu yang tentu saja cukup membuat penasaran karena Bandit 150 bisa jadi pelengkap versi GSXS150 atau malah suksesor GSX150…belum jelas. Namun yang pasti…kendati masuk kategori naked bike, Bandit 150 bakal menjadi sport naked 150 yang kencang. Kenapa ? Karena dari rumor yang IWB terima, mesin yang diusung bakal identik dengan GSXS150. Artinya DOHC 4 katup cak !

Selain itu desain akan berubah total dibagian depan. Dari terawangan pribadi, revisi headlamp juga menjamah buritan yang tidak lagi nungging. Konon Suzuki sampai harus menggunakan frame baru untuk mewujudkannya. Termasuk kontruksi jok yang konon masih dipertimbangkan konstruksinya apakah bakal full tandem atau tetap split seat namun dengan porsi nempel seperti halnya GSXS750. Artinya sport naked pabrikan S ini patut kita tunggu karena bakal menjadi hot item ditahun depan

Last….Suzuki dikelas 150cc sepertinya sangat pede dengan mesin yang mereka usung sekarang. Nggak berlebihan sebab engine yang basisnya dari FXR150 ini emang banter untuk ukuran kubikasi 147,3cc. Paling kecil cc nya namun paling njengat powernya. Nah, kalau menurut sampeyan sendiri…apakah nama Suzuki Bandit 150 dengan mesin DOHC 4 katup power kisaran 19,2HP udah cukup menarik jika Suzuki betul-betul merombak desain dengan model tandem ? Monggo berikan opininya kangbro….(iwb

254 COMMENTS

  1. yuhuuu split seat dempet, plus jok boncenger agak lebar dari yang sekarang, perbaikan bentuk buritan, perbaikan bentuk tangki bbm, perubahan headlamp

    apalagi klo misalnya bisa 155
    iso tambah laris mestine

  2. Masalah upping price,,, wagh,,, juragan harus bungkam saza,,, karena memang benar adanya di konsumen biaza saza,,,, nagh kalo juragan sebagai kawan tidur abidin chan saza,,,, bisa dikatakan ambil motor sesembahan juragan ini gratees,,, jadi cuma harga normal yagh seperti kewer kewer daun pisang yg juragan gunakan sebagai penganti sempak saza

  3. Yagh,,,,, kewer kewer dollar di asumsikan untuk mmebuat fby bangga akan motor recallan dan murahan saza sebagai kualitas eksport,,, padahal kualitasnya saza beda antara motor yg di jual di indonesia dengan di luar negeri saza,,,, yagh, ibarat baju kualitas rijectan selalu untuk indonesia saza,,,, dibuktikan selain dengan recallan juga dengan kualitas produk produk sesembahan juragan saza??

  4. Dear kanjeng pembaca sekalian saza,,,, wagh,,,,, juragan di sindeer nigh,,,, terlalu jlubh jlubh jlubh,,,,, jika pembodohan opini juragan gagal maning,,,, wagh bisa bisa juragan gagal kawin sama rondho kempling opo meneh perawan ayu kemayu,,,,, waghhhh, semakin sering juragan bertemankan sabun saza,,,,,,

    • Aduh telat cung ganti nicknamenya,,,,
      Wkwkwkwkwk ….

      Itu nick sama email siapa ya yg dulu sering niruin kanzeng triatmoncrot? Kirain beneran fbh lain, taunya? Pffffftttttt….
      Kloningan kabeh!!!!

      Semangat lembur ya cung! Ingat bahwa 10 kloningan 10 nasbung!

      Salam bontet, wkwkwkwkwkwk
      ??????

  5. kewer kewer dollar di asumsikan untuk mmebuat fby bangga akan motor recallan dan murahan saza sebagai kualitas eksport,,, padahal kualitasnya saza beda antara motor yg di jual di indonesia dengan di luar negeri saza,,,, yagh, ibarat baju kualitas rijectan selalu untuk indonesia saza,,,, dibuktikan selain dengan recallan juga dengan kualitas produk produk sesembahan juragan saza??

  6. kewer kewer dollar di asumsikan untuk mmebuat fby bangga akan motor recallan dan murahan saza sebagai kualitas eksport,,, padahal kualitasnya saza beda antara motor yg di jual di indonesia dengan di luar negeri saza,,,, yagh, ibarat baju kualitas rijectan selalu untuk indonesia saza,,,, dibuktikan selain dengan recallan juga dengan kualitas produk produk sesembahan juragan saza??

  7. Taun depan?lha skrg ini tanggal 1 aja masih januari 2018,kelamaan…paling nanti cb udh facelift lek,blm lg klo ahm brojolin cb150 xmotion,blm lg kalo vixion jg ikut update,wah bs kalah start Suzuki

    • Ya kalo penjualan kalah dr cb pasti bakal facelift,kalo garis desain yamaha g balik ky dulu lg ya udah alamat, RND ny hrs diganti it,jgn ngambil RND dr SPBU lg??
      CBR150 jg denger2 mau update jg,klo update ny sampe ke sektor mesin plus ad kenaikan power (anggaplah sm dgn gsx powernya) tinggal cangkokin aj ke update nya ke cb,g tau deh kalo suzuki klamaan bisa2 ky kasus new r155 vs gsx dlu, kalah start

  8. Ijin share Kang Iwan, lumayan buat wawasan bagi yang belum tahu hehee :mrgreen:

    Untuk dimesin FUFI dan GSX-R/150 11:12 sama tapi GSX-R/S 150 yang paling powerfull dan sementara itu untuk BASIC mesin nya dari Suzuki FXR 150.

    Soal Design (Masalah Selera Pribadi Masing2).

    Btw berikut kelebihan FUFI yang belum terpublikasi :

    1. Harga ?Spare Parts? FUFI paling murah meriah di kelasnya, bahkan dgn FU Karbu sekalipun dan kualitas ?Spare Parts? FUFI di atas rata2 bila dibandingkan milik kompetitor.
    2. FUFI Menggunukan biji plastik yang berkualitas di atas rata2.
    3. FUFI menggunakan?Cat?kualitas terbaik dikelasnya atau paling bagus.
    4. FUFI menggunakan ?Big Size Radiator? (Dimensi/Ukuran) terbesar dikelasnya.
    5. FUFI mengunakan ?Dual Oli Filter? sedangkan milik kompetitor hanya 1 (Satu) saja.
    6. FUFI menggunakan ?Big Per Kopling? terbesar dikelasnya yang sebanyak 5 (Lima) buah, sedangkan milik kompetitornya yang hanya 4 (Empat) buah saja.
    7. FUFI ada ?BAGASI? minimalis di depan, sedangkan kompetitor tidak ada sama sekali.
    8. FUFI menggunakan ?Velg? buatan ?ENKEI? yang kualitasnya jauh di atas rata2 dgn ?Velg? milik kompetitornya.

    9. FUFI menggunakan teknologi ?SALCS? (Suzuki Advanced Lubrication and Cooling System).

    Penjelasan : SALCS adalah teknologi sistem pelumasan yang berfungsi mengurangipanas dan gesekan mesin. Sehingga mesin lebih tahan terhadap serangan panas meskipun di geber terus menerus dan dengan teknologi SALCS komponen mesin seperti piston, ring piston dan dinding silinder akan lebih awet.

    Dan Teknologi ?SALCS? terdapat juga pada crankcase berupa nosel pelumas yang berfungsi menyemprotkan pelumas ke dinding silinder, tidak seperti halnya motor ? motor pabrikan tetangga yang mengandalkan gayungan kruk-as untuk melumasi silinder.
    Contoh Pict : intip.in/4qc0

    10. FUFI menggunakan teknologi : ?SAPECS? (SUZUKI Advanced Power Engagement Clutch System).

    Penjelasanya : Jika anda pengedara motor yg teliti, pastilah anda merasakan kehalusan perpindahan antar gigi perseneling pada motor SUZUKI dibandingkan dengan motor pabrikan tetangga.

    Pada motor SUZUKI perpindahan gigi perseneling nyaris tanpa hentakan, coba anda bandingkan dengan motor pabrikan tetangga, pasti hentakan perpindahan gigi persenelingnya sangat terasa, salah buka throttle gas sedikit saja roda depan pasti terangkat.

    11. FUFI menggunakan ?Big Size Box Filter? terbesar di kelasnya.
    12. FUFI sudah berteknologi cylinder ?SCEM? (Suzuki Composite Electrochemical Material), yang juga terdapat di motor ?Big Bike? Suzuki seperti ?Hayabusa?.
    Penjelasan : silakan search di Google! soalnya panjang kalau di ceritakan.

    13. FUFI sudah mengusung teknologi ?LEaP? (Light, Efficient and Powerfull).
    Penjelasan : Dengan Konsep desain mesin (Engine) ringan, efisien dan tenaga besar di peroleh dengan cara :
    1. Mengurangi kerugian kerja mekanik di dalam mesin
    2. Mengurangi kerugian gesekan antar komponen mesin
    3. Mengurangi kerugian pada kerja pemompaan (pumping loss)
    4. Dipadu dengan material komponen pilihan (berkwalitas) untuk mengurangi bobot kendaraan.

    14. FUFI menggunakan ?Katup? ?Big Size Throttle 32mm? terbesar dikelasnya, yg bernama ?TPS? (Throttle Position Sensor) teknologi.
    Penjelasan : Volume udara yang melewati Throttle Body berhubungan erat dengan putaran mesin per menit (Rpm). Semakin terbuka katup throttle maka akan semakin tinggi pula putaran mesin.

    Jika ada yang bilang semakin besar Throttle body maka semakin besar pula konsumsi bahan bakarnya itu salah besar, karena di throttle body telah ada sensor yang mengukur volume udara yang masuk atau melewati throotle body ?TPS? (Throttle Position Sensor), sehingga sensor akan melaporkan banyaknya volume udara yang masuk ke ECM/ECU.

    Dan ECU/ECM akan memerintahkan nosel untuk menakar volume bahan bakar yang akan disemprotkan ke intake manifold atau klep masuk.

    15. FUFI menggunakan piranti Parts ?BYBRE? yaitu adalah Parts anak perusahaan ?BREMBO?, ya, untuk piranti pengereman roda depan dengan jumlah 2 (Dua) piston. Sedangkan piranti pengereman roda belakang adalah ?TOKICO?.

    16. FUFI terdapat ada ?Alumiunium Foil? di Body plastik samping kiri dan kanan (Dekat Dgn Engine) itu terdiri dari 2 sisi yang pertama Alumunium Foil digunakan untuk menangkap panas/kalor, sementara bagian keduanya punya fungsi melepas dan menyebar panas ke area sekitar (makanya sering digunakan untuk kegiatan masak, supaya matangnya merata)! Nah, Kenapa dipasang di bagian dalam sayap samping 1

    IMHO, Ini bertujuan agar plastik sayap tersebut (yang kena hawa panas ekstrim secara langsung) bisa menyerap-melepas-menyebar panasnya lebih cepat ! Ini juga bisa disebut sebagai tindakan preventif terhadap kasus plastik ?meleot? atau meleleh gitu tuh Brosist! Selain itu, Fungsinya juga agar kaki sang rider nggak ?mateng? karena panasnya bakal disebar !Wah, detail juga yak Suzuki ini ? :mrgreen:

    17. FUFI menggunakan Rantai Seal O-Ring!
    Penjelasan : Seal O-Ring berguna untuk menahan pelumas yang sudah ada di bagian sambungan sejak rantai itu diproduksi, selain itu, dari logika saja, kita bisa tahu juga kalau Seal O-Ring berguna untuk memperkuat rantai dari beban berat, dan bisa memperpanjang usia rantai.

    Udah gitu, rantai yang menggunakan Seal O-ring juga biasanya lebih senyap dibanding rantai-rantai yang tidak menggunakan Seal O-Ring. Ya!! sederhana aja lah, ada gak moge yang gak pakai rantai O-Ring? 95 persen pakai O-Ring bahkan X-Ring! Kenapa? Karena moge punya bobot yang berat, torsi yang kejam, dan kinerja mesin yang di atas rata-rata, kira-kira itulah framework nya masbro.

    18. Sebenarnya masih banyak lagi teknologi SUZUKI (FUFI) yang kurang terpublikasi seperti Sensor2, oleh sebab itu saya berupaya untuk memberikan informasi seluas ? luasnya?.
    Mohon maaf jikalau ada yg salah ketik text.
    Terutama kepada Admin Iwanbanaran dan PT SIM atau PT SIS.

    Sekian dan terima kasih!. :mrgreen:

    (Bikers Indonesia). Salam Damai Brosist!

    • ini baru promosi yg bener, menunjukkan kelebihan-kelebihan produknya. bukan kaya pasukan nasbung merk2 MS 81% dan 19% yg cuma bisa menyerang produk kompetitor.

      Jempol kang

    • Ada 3 cara kampanye: 1. Positive Campaign, seperti yang ini. 2. Negative Campaign, menjabarkan fakta kejelekan produk lawan dan bisa dipertanggungjawabkan. 3. Black Campaign, seperti yang biasa dilakukan sales duo kartel dan FB nya. Asal bunyi tanpa pertanggungjawaban dengan tujuan membodohi konsumen, sekalinya uji kualitas produk head to head, ketahuan cuma tipu-tipu.

    • @Niemand
      KUALITAS TIPU2 ???? SIAPA YG TIPU2 ???? ADA DATA FAKTA ????

      JAWAB GOBLOK!! ????????

  9. Mas Iwan, yang penting bisikannya ke petinggi Suzuki supaya jangan terlalu lama untuk mengeluarkan new model ini. Tahun depan itu 2019 (karena artikel ini dinaikkan 01 Januari 2018), berarti ada sekitar minimal 12 bulan lagi calon konsumen menunggu.
    Suzuki udah nggak diragukan lagi soal kualitas materialnya, tinggal bagaimana DESAIN-nya joss gandhos dibanding desain kompetitor. Konsumen Indonesia umumnya tidak mau tau, apakah motor itu pakai 2 klep atau 4 klep atau berapa. Yang penting, kalau motor ada gangguan, ada bengkel resmi maupun bengkel pinggir jalan yang mengerti cara memperbaikinya. Maksud dari “bengkel pinggir jalan mengerti”, karena tau sendiri kalau motor orang awam rusak, pasti nyetornya ke bengkel pinggir jalan dulu. Maksudnya, teknologi boleh advanced, tapi yang mudah dimengerti juga (hampir nggak mungkin sih, teknologi advanced tapi mudah dimengerti. Hehehehehe).
    Harga nggak usah terlalu murah seperti GSXS-150, taruh mepet (lebih rendah) 500-750 rb dari merk tetangga aja, pasti laris manis deh KALAU DESAIN-nya memang paling josss dari merk sebelah.
    Sekian dari calon konsumen Suzuki Bandit 150. Udah ngerasain Vixion gen 2, udah ngerasain Streetfire Gen 1 dan juga yang All New CB. GSXS-150 nggak jadi beli karena boncenger-nya tinggi banget, istri protes keras.
    Sukses buat Suzuki.

  10. Kalau saya lek lebih baik bandit pakek model.kayak thunder radak Gambir.shock tinggal revisi.buritan belakang revisi .headlamp-nya tetep bulet.mesin GSX 150.

  11. Tetap split aza kang iwb biar ganteng dan beda dari yg lain.. tapi nempel. Jgn kejauhan jarakx kaya gsx atau r15 v2.

  12. Mantaabb suzukii truuss berkaryaa… Jgn lupa design bagian head lamp mirip2 gsx750 n klo bs frame rombak ulang biar tmbah kekar!! Soal enginee gk usah di ragukan lg 4 jempol dah buat Suzuki????

  13. hedlem pk lampu bulet aza lah ..bosen liat lampu desain sekarang …segitiga…trapesium..halaaah…monoton

  14. Sasisnya jangan pake punya gsx 150 series yg deltaplastik. Berharap pake sasis rgr150/ tiru gladius yg tubular.

  15. bagusnya mesinnya ditune ulang kang, camshaft, pengapian, sprocket, header, panjang intake runner, dll supaya tenaganya tidak terlalu di atas seperti GSX-R/S 150. soalnya ini motor naked street fighter, bukan full fairing, harusnya bisa nyaman di rpm bwh-menegah, gak perlu gantung rpm tinggi buat dapet torsi yang besar.

    trus ganti rangkanya, mending trellis macem honda CB150R tanpa cover. emang sih, biaya RnD lagi. mungkin untuk ke depannya rangka barunya bisa dipakai untuk next GSX-R/S 150.

  16. Jangan kelamaan lek sampaikan ke suzuki pengen minang gsx s nih cuman ya itu kalo saya masalah jok untuk headlamp tidak masalah bagi saya, tapi untuk kenyamanan pembonceng ini yang sangat jadi perhatian.

  17. Kang iwan diproduksi 2018 ato 2019
    Lebih cepat lebih baik Kalo boleh saran headlamp ama buritan kaya gini aja kang keren, kalo jok tandem aja kaya vixi ato cbsf….thanks

  18. Masukan utk calon Bandit 150 :

    1. Headlamp pakai punya satria Fu FI aja yg sdh ada barangnya, utk efisiensi produksi
    2. Desain jok belakang jangan nungging, bikin kayak vixion/cb150r.
    3. Jok dibikin tandem boleh, dibikin split seat jg boleh. Kalo split, mgkn bs dibikin kayak jok pulsar 135/180/200/220, walaupun split tp nempel dan antar jok tdk terlalu tinggi, sehingga nyaman buat pembonceng
    4. Foot step depan dan belakang diberi karet spy lbh empuk, seperti foot step KTM duke/rc yg ada karetnya, sehingga lbh nyaman dan tdk licin. Sporti dpt, kenyamanan dapat.
    5. Lampu blkg dibikin terserah gimana lah, yg penting pantes & futuristik.
    6. Harga, kalo bs sama dengan harga GSXS150

    Dah gt aja masukan buat calon Bandit 150. Thn depan jk jadi brojol, dan sesuai harapan, insyaAllah bakal beli buat nemenin bajaj pulsar ane.

  19. Suzuki sekarang pancen Juozz Gandozz Kang produk nya

    Kualitas diatas Ahm dan Yimm….

    Nahh…..

  20. Kualitas di atas duo kartel tp kenapa jualannya paling gak laku…? Yg paling laku malah pabrikan dengan kualitas motor paling jelek di antara kompetitor. Kira2 ini kenapa ya? Ada apa dgn masyarakat indo?

    Serius nanya ini…

    • Kebanyakan masyarakat kita belum terbiasa mandiri mikir logis & bikin keputusan sendiri berdasar pertimbangan/observasi ilmiah, seringnya bertindak & buat keputusan cuma berdasar emosi, perasaan kira2, kepercayaan atau APA KATA ORANG. Makanya gampang bgt digiring opininya & diprovokasi, termasuk soal beli barang.

      Ada tikungan yg sering ada kecelakaan dibilang ada penunggunya, padahal klo orang negara lain mikirnya ada yg salah soal radius sudut tikung berbanding derajat kemiringan permukaan jln, kontur jln, bla2.

      Buka warung kurang laku langsung dibilang kurang sajen ato kurang amal, kaga pernah dicek gimana cara pelayannya melayani tamu, gmn kualitas makanannya.

      Beli motor? apa mereka observasi dulu secara teknis, baca spek detail trus bandingin? Cari tau metalurgi siapa yg paling bagus, observasi dr owner masing2 brand trs dibandingin? Boro2, paling juga nanya bapak, abah, kakak, paman, temen nongkrong, DONE putusin beli merk A, kata orang awet, irit, dijual gampang, case closed.

      Utk jualan di masyarakat model kya gini & segmen barang kelas middle low, low education & yg ga terbiasa mikir kritis & logis, superioritas kualitas produk mah hampir ga ada artinya. Itupun klo mereka TAU klo si solo kualitasnya lbh bagus, yakin gw banyakan yg ga tau atau anggap smua merk sama aja. Jangan dianggap skian juta pembeli motor itu orang2 yg hobi otomotif & melek informasi kya kita yg segelintir ini.

      Trus Klopun emang si solo kualitas nya diatas duo kartel, toh ga signifikan bak bumi sama langit kan beda mutunya sampe bisa mindahin minat beli masyarakat, toh 3-3nya juga bisa dipake jalan skian tahun, udah cukup bagus & dibilang awet sama mereka. Kcuali duo kartel kualitasnya parah bgt kya mocin, barulah faktor kualitasnya si solo bisa bikin masyarakat pindah haluan.

      Lah udh gtu ditambah lagi si solo DIPOPULERKAN & DIANGGAP sebagai merek kaga laku, susah jualnya, susah cari servis nya, ya tambah ogah orang kita yg suka gampang, males mikir, pengen praktis & cari aman.

      Beli motor mau servis, bengkel bejibun sepelemparan batu dari rumahnya. Mau jual lagi? Seminggu laku. Di jalan semua orang pake itu, ya udah, habis perkara. Dianggapnya itulah brand nomor satu, terbaik soal segala-galanya, pilihan utama buat DIBELI (dan dijual lagi).

  21. Please Suzuki, karena sudah buat frame baru, mohon dengan sangat buat motor dengan 2 peruntukan, 1 bandit buat street yang nyaman jok tandem design bagus, 1 lagi dengan jok super nyaman jok tandem dengan design mirip vstorm 250, nanggung toh uda buat frame baru, mesin sudah sangat sangat bagus…sekian…semoga di dengarkan

  22. Tambahin lagi ah…kan suzuki satria fufi penjualan gak bagus, mending bikin versi touringnya, city sport touring lah kalo boleh dibilang, contoh saja cs1, tp syaratnya shock depan harus full sport, tongkrongan depan kayak vstorm kecil, belakang bebek underbone, biar makin kenceng penjualannya, 1mesin 6varian, 4sport 2underbone

    Kepengen punya suzuki tp nunggu bandit direalisaikan dulu deh, syukur ada varian touring sekalian

  23. Yang penting desain.
    Jangan sampe bikin produk bagus tapi dibilang jelek hanya karena lampu belakang atau lampu depan jelek.

Comments are closed.