iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakde….pasti banyak yang mencibir dengan judul diatas. Halaahhh….IWB ki ngawur, mosok Tiger yang memiliki kubikasi 200cc kalah top speed dari Max. Ngarang ki. Bener cak…IWB sama dengan pemikiran sampeyan. Asliiii dijamin garansi. Bodynya yang gagah memang membuat imajinasi kita terseret pada motor dengan power besar. Tapi kalau top speed….dari pengetesan?bisa sebaliknya. Lahhhhh….

Kemarin IWB menerima surel dari kang Ceprot (sebut saja demikian), yang berasal dari desa Banaran (wah….satu perguruan ki). Doi menceritakan pengalaman dan uneg-unegnya. Sebuah pengalaman masa muda yang memiliki korelasi antara Max vs Tiger 2000. Berikut isinya….

iklan iwb

Assalamualaikum lek Iwan,

Perkenalkan saya Ceprot lek (sebut saja begitu), dari Banaran juga tapi bukan di Tulungagung melainkan sebuah desa kecil di kecamatan Minggir Sleman hehe. Membaca artikel lek Iwan yang ngomongin pengalaman dengan GL Max jadi keinget masa lalu saya, kejadiannya kurang lebih 8 tahun silam….

Ceritanya bermula karena Bapak juga punya GL Pro neotech lansiran tahun 1997. Ini motor sudah seperti istri kedua lek, gak sembarangan orang bisa pakai, kehujanan saat berpergian malam pun langsung dicuci saat itu juga, wes ora ngerti wayah tenan haha. Saat itu aku beranikan sembunyi-sembunyi pakai motor bapak lek. Jaaan gas dibetot iso mlayu 135 km/jam….

Motor standart pabrik. Lawong motore wong tuo kok bisa lari sekencang ini, itu juga belum top speed karena mata gak kuat nrocose lek, maklum ora nganggo helm dadi ulur gas deh hehe. Nah karena pengalaman itu, saat SMA aku ngotot minta dibelikan Tiger lek, maklum seri GL terakhir yg masih produksi, Tiger pece (picek) tahun 2009….

Saat itu tapi kok saat tak betot speed cuma sampai 120 km/jam itu juga wes aboot ora gelem narik meneh lek, motor standart isih anyar padahal. Dari situ aku mikir lek, GL pro punya bapak cuma 160cc kok bisa jauh lebih ngacir dibanding Tiger yg 200cc. sampai saat ini belum terjawab, kalau sempet tolong kasih pencerahan ya lek biar gak penasaran sampai tuo hehe…

Tapi sayang lek karena kesulitan ekonomi GL kesayangan bapak dijual, selang 3 tahun Tigerku juga dijual lek, ganti vario saat itu. Nah 1 tahun yang lalu aku beli GL 100 lek, maklum lagi jamane motor tuo hehe, reunian karo generasi GL lek hehe. Mungkin istilah From Father To Son pancen bener lek, seko bapak nurun nang anake hehe….

Saat warung lek Iwan nyinggung soal petisi yang mengingkan Tiger di produksi ulang, hati merasa ada getaran cinta lagi lek, sampai-sampai saya urungkan niat buat indent CBR 250RR yang lagi anget-angete. Semoga saja ya lek Tiger bisa diproduksi ulang, syukur-syukur pakai kode GL lagi karena bisa dikatakan GL cinta pertamaku lek hehe…

Cukup disini saja lek aku curhatnya, maaf kalau belepotan ora jelas haha. Oh iya inget cerita dari omku kalau dulu waktu muda Bapakku juga pakai GL 100. Di waktu itu kata om belum banyak yang punya.. helah dalah bapak anak podo kesensem karo GL iki lek haha. Ya udah lek, terima kasih sudah mau baca curhatanku…

– Ceprot/Sleman-Jateng –

Waallaikumsalam Wr.Wb. Jiannn keren ki ceritane….sing jelas kang Ceprot termasuk pelaku sejarah juga. Sejarah saat bawa kabur diam-diam motor bokapnya buat digeber top speed (guyonnnn :mrgreen: ). Btw…IWB nggak akan bahas perkara lainnya. Namun IWB akan fokus pada pertanyaan..”GL pro punya bapak cuma 160cc kok bisa jauh lebih ngacir dibanding Tiger yg 200cc. sampai saat ini belum terjawab, kalau sempet tolong kasih pencerahan ya lek biar gak penasaran sampai tuo..”. Jadi jawabannya gini cak….

Honda Tiger hadir tahun 1993 dengan mesin GL 200cc yang mampu memuntahkan tenaga pada kisaran 17,1 HP@8500 RPM dan torsi 15,9Nm@6500 RPM. Sementara GL-Pro Neo Tech kalau nggak salah memiliki kubikasi murni 156,7cc SOHC 2 katup yang meletupkan tenaga hingga 14,7HP@8500 RPM dan torsi 12,7Nm. Diatas kertas….power GL Pro kalah. Tapi harus kita ingat, bobot Tiger lebih berat dibandingkan GL-Pro pakde….

Bobot Tiger dari data yang IWB miliki adalah 123 kg. Sementara GL Pro hanya 106 kg…..gapnya sekitar 17 kg.?So…jika dikalkulasi PWR Tiger adalah 0,063 dan GL Pro 0,062. Nahh…kaget to. Mung sak incritttt bedanya. Semua makin merugikan top speed karena pabrikan menyeting Tiger lebih kepada torsi. Bisa dilihat dari mapping gear ratio yang cukup rapat dan pendek. Intip wae gear belakangnya yang gedenya segaban…

Artinya gigi 6 Tiger sebenarnya sebagai kompensasi nafasnya yang pendek sehingga jika sampeyan geber pada top speed…..nyaris susah naik?karena sudah kehabisan nafas. Hal ini beda dengan GL Pro. Mapping gear ratio diseting lebih lebar untuk mengimbangi transmisi yang hanya 5 speed. Walau akselerasi awal kalah…tapi nafas sang kuda besi jauh lebih panjang. Dibantu dengan ban serta body yang lebih slim…jelas Tiger bakal sedikit kedodoran meladeni top speed Pro. Kenapa IWB begitu yakin??…

IWB pernah jajal sendiri cak. Dan memang awalnya sampai nggak percaya saat pelan namun pasti sang macan ketinggalan ketika adu top speed yang jaraknya diatas 3 km melawan Max. Iki Max lho bukan Pro.?Sopo maneh kalau bukan Max-nya Tomi. Tiger milik Bahctiar (teman sendiri) waktu itu sukses menginjak angka 130 km/jam tidak mau naik lagi. Sedang Max-nya Tomi tembus kisaran 135 km/jam. Tapi beda ketika kita harus braking sama-sama. Akselerasi awal Tiger langsung kabur dan kita empot-empotan untuk menyusul. Max butuh beberapa saat supaya bisa nempel sang macan kembali…..

Last…tiap motor diracik sedemikian disesuaikan kebutuhan. Ketika pabrikan melihat motor tersebut lebih berat secara bobot maka gear ratio akan dirapatkan supaya akselerasi lebih nampol.?Body yang besar memang nyaman untuk turing. Namun secara aerodinamika jelas kurang menguntungkan sebab hambatan yang diderita juga lebih besar. Termasuk ban gambot pastinya. Dan inipun berpengaruh pada top speed. Jadi kira-kira demikian. Semoga kang Ceprot mendapatkan gambaran dan nggak kebawa penasaran sampe tuwo.?Eh…btw sampeyan ada pengalaman seperti kang Ceprot nggak cak..? (iwb)

138 COMMENTS

  1. Pengalaman naik Tiger th 96 boncengan total berat badan total sekitar 105 kg. Top speed di speedometer 120 kmh udah mentok. Kalo GL neo tech blm pernah nge gas sampe mentok. Begitu kura-kura.

  2. Pernah beli gl pro lansiran 1995 harga 4jutaan dan 1996 harga 5.5 jutaan, mesin lebih jos 1995 pernah betot gas, jembatan salam Magelang sampai morangan sleman hanya mampu 130km/jam. Smp sekarang masih ntu yg 1995 dipake ayah di Yogya mesin sdh 20tahun blm rewel
    Yg 1996 dah dilego, 2005 ganti Scorpio sering nabrak orang jg dilego,sejak 2010 ganti ninja karbu smp sekarang

  3. Numpang shared,
    Dlu mtorku pro’98 n prnh ntang hmpir smua mrek di jmnnya. Alhamdulillah jrg klh. Tp yg ANEH klo buat blpan gpp (aman” aj). Begitu ad yg pinjam buat bli rkok ato apalh di jamin celaka. Sampe kembang boreh, slametan dll, sdh dilakuin tp apes trus… akhirnya jual wis. Total celaka 25x, korban prh UGD.

  4. Pernah lek, sekitar tahun 2000 gl pro CDI black engine tahun 93 milik babe, rubahan cuma reamer karbu dan polish di inlet port. Saya jajal top speed di spidometer bisa 150kph. Spido masih berfungsi dengan baik (standar) pernah saya test riding jejer dengan beberapa motor baru (penyimpangannya sangat sedikit) bahkan pernah saya adu drag dgn king dan ninja di sekitar thn 2004 dan hasilnya bisa imbang. Sekarang gl pro udah pensiun dan berganti rupa menjadi cb. Demikian cerita saya lek.

  5. Saya pernah punya GL Pro tahun 1991, sebelum keluar black engine, bali dari baru harga 3.314.000. Saya pakai di Bandung, dan dioprek di bengkel AHASS Kiaracondong, perubahannya cuma main spuyer, bubut magnet dan ganti gear belakang GL MAX (40), kalau GL PRO (45). Saya test top speed di jl, Soekarno Hatta, tembus 147km/jam di spido, cuman ya tahun 1991 gitu ngga ada kamera buat dokumentasi, mas.

    Salam,
    Dion

    • dulu bokap juga punya yang 1991, stripping merah putih.. bisa dibilang ini glpro paling powerfull, soalnya yg black engine powernya turun (main jet turun dari 108 ke 105)
      kemudian makin lemot saat ganti neotech (karbu menciut skitar 2mm)

  6. hmmm. . .emang gl & tiger kalo oedah meracoeni hati loyalis honda soesah untoek di obati tak ada penawarx coy. . .
    andai ahm maoe mndngar soeara hati kami dgn sudi mereborn GL dngn desain ala honda rebel
    . . .hmmm
    Note Not Quote : ” Agar engkau di ingat seseorang seumur hidup, Jadilah yang unik di antara lain dan buatlah sesuatu yang biasa jadi luar biasa “

  7. Menurut sya bukan hanya urusan power atau pwr saja, tpi lbh kpd spesifikasi bore x stroke.

    Tiger: 63.5 x 62.2 squre engine
    Gl pro:63.5 x 49.7 overbore

    Terlihat mesin gl ini strokedown dr tiger. Memang akselerasi tpm bawah akan loyo dibanding tiger. Jarak 100-400m jelas tiger juara. Tpi gl pro ini berpotensi memiliki red line rpm lebih tinggi dr tiger. Sya tdk heran gl pro/megapro generasi lawas yg masih 160 cc mmiliki top speed lbh tinggi dr tiger. Hanya butuh trek panjang untuk meraihnya.

  8. Nyenengin juga lek liat ente ikut aktif di kolom komentar. Blog.e seger diliat nampak bertuan behahahaha ??

  9. saya punya tiger kang. emang bener tiger cuma setting di torsi saja top speed pun cuma tembus 125km/h. tapi kenyamanannya itu lho kang cb150 yg sekarang masih belum nandingin si tiger hehe

  10. Sudah lama denger Lek..

    Sedjak taon 1995 saya udah paham kalo Tiger cuma lari 120kpj,kalo punyae temen sampean bisa 130kpj itu udah istimewa pake banget

    Dulu pernah temen bilang, ada 3 Tiger2000 dites semua cm dapat 120kpj,sementara adik temen saya itu pake NSR 150R keluaran pertama warna maroon.

    Balik lagi ke GL PRO vs TIGER, dulu sempat baca, kalo GL PRO neotech mau ngibrit lagi pake lah kem Tiger standar, joss.. Karena durasi kem Tiger lebih bagus daripada gl pro neotech

    nah kalo Tiger pengen lebih yahud, pake lah piston GL PRO neotech /megapro kapal/primus, karena piston GL PRO NEOTECH/megapro kapal/primus itu diameter = piston Tiger tapi lebih jenong, jd kompresi lebih tinggi.

    Lebih advance lagi kalo Tiger mau papas head silinder, dan pasang piston Arias, pernah diulas tabloid OTOMOTIF, bisa tembus 180kpj

    :: pengalaman di jalan sih, Tiger cuma menang tarikan, khas motor turing torsi gede di rpm bawah-tengah, alias rpm jelajah nya cocok buat turing, tapi atasnya cm overdrive saja, bukan buat adu top speed.

    :: so, jangan remeh kan mesin generasi GL, biar saja disebut motor bapak-bapak tapi di dalamnya punya potensi luar biasa

  11. Pertama kali belajar naek motor pas SMP kelas 2 pake GL PRO punya bokap… dan pd jamannya buat ane ini motor paling keren.

  12. Pembaca blog – December 12, 2016
    Sy vote yusron deh,,sipa tau di kasih sarung tangan yg sebelah kanan,,,,

    komenmu lek lek
    marai ngakak

  13. ?aman SmA kang dulu ana pnah Betotan Tiger 2004 vs Scorpio….ni Tiger masih ana pke ampe skarang. Manteb lah

  14. Piye2ne tiger iku rajane motor…..terbukti !!!!
    C’z u must to know…..

    >> Honda adl takdir
    >> Honda adl kenyamanan
    >> Honda adl jati diri
    >> Honda adl kekuatan
    >> Honda adl kemapanan
    >> Honda adl keniscayaan
    >> Honda adl kemenangan
    {{{{{ CHOICE OF THE CHAMPION}}}}}

  15. penyimpangan speedometernya dahsyat itu gl pro… bokap aku juga punya gl pro waktu masih kecil inget banget diboncengin bokap,, di sebuah tikungan anjir speedonya nyampe 60 km/jam..

    sekarang aku nyoba lagi pake motor macem2 ditikungan yg sama paling banter 35 km/jam… lha tikunganya pendek.. tapi aku ingat lokasinya sama persis

  16. Punyaku dulu juga tahun 1997, top speed on speedo malah 140kpj lebih dikit.
    Mesin standard, oli pelumas pake elf semi sintetik, kadang Castrol GPS extra.

  17. Honda seri GL itu d rancang bwt aduan sm Yamaha RX series. Yamaha RXS y lawan y Max King lawan Pro..dlu sy ngalamin King sy kalah d Puncak pass geberan sm GL PRO lama 150cc blm Neotech.

  18. baik Tiger 2000 maupun GL Pro neo tech itu zaman mesin berisik dan ngak ada tenaganya.

    Generasi terbaik itu GL-Pro 145 cc. Power di brosur 16.5 ps pada 10,500 rpm

    Dalam kondisi sama2 standard pabrik Tiger 2000 maupun GL Pro neo tech kalah ama GL-Pro 145 cc. Top speed GL-Pro 145 cc itu 155 km/h on speedo. Saya owner GL-Pro 145 cc selama 10 tahun.

    Mau test di kemayoran atau gatsu saya pasti menang lawan Tiger 2000 maupun GL Pro neo tech.

    Cuma kalo masih suka ngebut jangan pake 4 tak. Cape jajan sparepartnya.

    Cukup pake ninja 150m 2 tak aja. standard pabrik lebih dari cukup buat ladenin motor 4 tak saat ini. kecuali lawan r25 atau cbr 250 rr. Ninjanya mesti spec Thailand dulu baru bisa lawan.

    Salam 1 aspal

  19. cak, ane bob dr solotigo, klo ane pake si e pro 93 standard glek, seher os 50 klo gk salah, thn 2011 kmrn dr arah kediri ke pare ane puntir gas liat speedometer udah 130kpj, gk brani gaspol takut rontok mrotoli dalemane… e pro emg mantep cak…

  20. Memang seperti ada nya pro menang top speed dari tiger .
    Hal yg dari sejak lama telah saya rasakan juga , cuma para pemilik tiger sering menampik hal ini .
    Di karna kan ya itu tadi , tiger punya kubikasi lebih besar juga 6 percepatan
    Jadi para pemilik tiger jarang yg bisa legowo mengakui speed GL pro dengan berbagai alasan , hehe
    Dulu pengalaman saya , perjalanan pekanbaru-payakumbuh(riau-sumbar) .
    Sekitar 4 jam perjalanan , saya gunakan satria R 120 6 speed edisi pertama.
    Setelah menempuh 3jam perjalanan, di libas GL pro
    Kaget , saya berusaha kejar ampe satria ngos-ngosan .
    Tak terkejar tuh GL pro . Ya mungkin si satria udah kelewat panas 3jam di geber , jadi lemot .
    Tapi si GL pro jadi makin kenceng setelah panas ..

  21. jaman SMA dulu GL PRO ’94 ane malah beberapa kali nyentuh angka 140KM/Jam, itu tahun 2000an, pas awal2 jalan Soekarno Hatta Bandung dari arah Samsat menuju Gedebage mendapat pelebaran dan di beton, waktu itu jalan masih kosong dan belum ada pembatas antar jalur lambat dan cepat, otomatis jadi trek lurus yg panjang, cocok buat betot gas

  22. Alhamdulillah cak, dulu tiger 2003 ku tembus 140.. hehe (modif sok belakang aja pke uk.360, selebihnya standar dar dar)
    cuma ganti seher os 50 punya gl-pro (made in jepang, papas jenong dikit (kurang lebih 2mm)), rocker arm juga pake made in jepang, noken as pake tirev (made in indonesia), bukaan angin di putar 2,75 sampe 3,5.. filter karbu masih dipake.. sekarang cuma tinggal kenangan.. hehehe

  23. Waduh gmn dengan verza saya dong mas berat y 129 kg cc 150 ( lihat spek)
    Tiger 123 kg 200 cc beda y 6 kg cc beda jauh makin lemot dong motor saya

  24. Yg bawa nga pande ngeluari tenaga tiger om.
    Cara ngeluarin power tiger nga bisa betot gas langsung terbang.
    Harus urut gas.
    Jangan samain sama neotech yg pakai piston jenong

    Beda karakter mesin beda cara betotnya.

  25. Tiger struk 62. Megipret 48. Jadi teorinya megipret bisa 12000rpm. Tiger mentok 9500.
    Gampang kq ngalahin megipret. Naekin gir depan 2 mata. Dah jauh banget tuh.

Comments are closed.