iklan iwb

banner-460x110(1)

1445780610

Bro dan sis sekalian….nyomot judul dari beritasatu, IWB cukup tertarik dengan artikel yang dibuat oleh jurnalis kang Heru Andriyanto. Secara runut doi membeberkan data lap time Marc Marquez, Lorenzo, Dani serta Valentino Rossi agar kita semua tidak melakukan justifikasi berdasarkan feeling atas insiden Sepang. Dan inilah hasilnya….

iklan iwb

muffler

Pada saat start pertama……seluruh pembalap mencatatkan lap time yang nyaris seimbang. Disinilah Lorenzo malah paling lambat dibanding lainnya yakni 2 menit 07.089 detik. Memasuki putaran kedua….Marc ternyata cukup kencang dan memiliki kecepatan identik dengan Dani Pedrosa ataupun Lorenzo pada kisaran 2 menit nol sekian. Sedang Rossi masih paling buncit dengan 2 menit 01.268 detik dan terus berusaha mengejar rombongan depan…

Lap time Sepang 2015

data lap time Sepang (2)

Memasuki putaran ketiga……bukannya mengejar rombongan depan, tiba-tiba torehan waktu Marquez langsung anjlok tembus 2 menit 02.003 detik. Tidak jelas apakah memang ada masalah dengan motornya. Namun dari sisi racing hal ini kurang wajar karena perbedaan sepersekian puluh detik diajang Motogp sangatlah besar. Anehnya, anjloknya lap time Marc saat posisi Lorenzo sudah berada didepan Marquez….

Memasuki putaran ke -4….lap time Marc berada dikisaran 2 menit nol satu detik. Ketajaman RC213V saat putaran kedua yang mampu bermain dikisaran 2 menit nol detik seperti menguap. Dan pada puncaknya….torehan waktu Marc vs Rossi begitu identik yakni 2 menit 01,938 detik vs 2 menit 01.937 detik. Duel keduanya dengan manuver agresif membuat Lorenzo dan Dani menjauh dengan santai. Entah kebetulan atau tidak….ketika Pedrosa dan Lorenzo mencatat 2′,00 Marquez melaju 2′,01, dan ketika dua pembalap terdepan itu dalam zona 2′,01 Marquez berada di 2’02. So…performa keempat pembalap digambarkan dengan grafik seperti dibawah ini….

data lap time Sepang (1)

Dari data terjadi inkonsistensi lap time pada Marc. Disini yang paling ngedrop memang Marquez. Banyak yang mengatakan Rossi sulit meningkatkan ritme karena tertahan Marc. Sedang sibaby alien tetap pada pendiriannya bahwa dia hanya ingin membalap untuk tim. Anehnya….hingga detik ini, misteri kenapa performa Marquez langsung turun setelah Lorenzo menyalip??. Tidak ada jawaban. Marc sendiri sejauh ini juga tidak mengeluhkan adanya problem pada RC213V tunggangannya. Mumet jal….

Last….diluar possibility skenario adanya kepentingan pribadi atau golongan….tindakan Rossi memang tidak bisa dibenarkan. Puncak kekesalan yang berujung pada penalty malah membuat kans juara dunia menjadi tertutup. Start dari posisi belakang diValencia….dan jelas, tahun 2015 adalah milik Lorenzo. Juara dunia yang penuh dengan polemik di 3 seri tersisa. Apesnya…regulasi tentang strategi melambatkan rider lain tidak ada ada dalam buku panduan punishment. Selama dilakukan dengan bersih….tidak melakukan kontak, maka semua legal. Sayang sekali. Padahal dengan data diatas tidak bisa diingkari, ada indikasi sportivitas tercederai. Sebagai rider yang banyak makan asam garam….ternyata Vale sudah mencium gelagat ini lebih tajam dibanding kita jauh hari sebelum ini terjadi. Analisa lap time ini berbicara. Kalau sudah begini….siapa yang dirugikan??. Jelas Valentino Rossi mzbro. Poor Vale…….(iwb)

627 COMMENTS

  1. Udah JELAS kan si Marq MAMPUS itu, Biang kerok dari Semua ini..Kemungkinan kalau si marquez itu Racenya tidak untuk menjegal ROSSI, Laptime nya akan identik dengan Pedrosa, podium 1 atau 2 lah. Nah, tinggal Duel ROSSI dan Lorenzo prebutan posisi 3,4. dikarenakan kelakuan Alay si marquez, timbulah keadaan KACAU seperti ini.
    dan Seperti Kang Iwan Bilang, yang PALING DIRUGIKAN adalah ROSSI. ternyata untuk mengalahkan ROSSI yang sudah berumur, Pembalap muda, si Jolor dan Marquez yg katanya Baby alien, mereka harus Kongkalikong menggunakan cara tidak Sportif untuk membuat ROSSI tidak Juara Dunia.

    • ente kayak baru nonton motogp kemaren aja bos…

      msh inget race valencia tahun 2013?

      coba buka lagi buku harian race valencia 2013.

      waktu itu terjadi perebutan jelar juara dunia antara hohe dan marq marquez.

      disitu jelas2 rossi dan tim satelite yamaha diinstruksikan buat membantu hohe dan menghambat marq marquez, hohe pun sengaja memperlambat ritme balapan?, DAN ITU SAH?!!!

      bedanya waktu itu marq ga kepancing dan ga memakai cara ilegal spt yg dicontohkan rossi kemaren?

      yg msh blm inget, coba buka buku primbonnya lagi..

      malah yg punya warung ini sendiri memuji strategi hohe yg memperlambat ritme balapan spt yg hohe lakukan waktu itu. yg punya warung ini sempet nanya sama Hohe, KENAPA STRATEGI SPT ITU TIDAK DILAKUKAN SEJAK AWAL MUSIM????

      Masih inget khan??

      hehe??

      Reply

  2. Mmm… kok tumben mas Iwan bawa2 data lap 🙂 secara tersirat Mas Iwan sepertinya suka banget sama Rossi

    Bicara balapan sepertinya Rossi sudah END mental dia ga seperti dulu, jiwa Fighternya sudah habis !
    sudahlah ga usah mengeluh cari alibi kalo Marc katanya melambatlah, nutup racing line lah.
    Bicara balapan adalah bicara speed dan nyali selama tidak ada kontak fisik dan clear itu ok aja

    Disini terlihat mental baja seorang Marc meluluhlantakkan sang maestro Rossi..
    Seorang Rossi dibuat tak berdaya dan berubah menjadi jiwa looser.

    Ayo tunjukkan jiwa fight mu jangan hanya psywar dengan tuduhan bernada provokasi yang yang nantinya malah melumatmu..

    Ingat Ross bagaimana korban2mu dulu semoga arwah Simoncelli selalu tersenyum melihatmu.

  3. Udah JELAS kan si Marq alay itu, Biang kerok dari Semua ini..Kemungkinan kalau si marquez itu Racenya tidak untuk menjegal ROSSI, Laptime nya akan identik dengan Pedrosa, podium 1 atau 2 lah. Nah, tinggal Duel ROSSI dan Lorenzo prebutan posisi 3,4. dikarenakan kelakuan Alay si marquez, timbulah keadaan KACAU seperti ini.
    dan Seperti Kang Iwan Bilang, yang PALING DIRUGIKAN adalah ROSSI. ternyata untuk mengalahkan ROSSI yang sudah berumur, Pembalap muda, si Jolor dan Marquez yg katanya Baby alien, mereka harus Kongkalikong menggunakan cara tidak Sportif untuk membuat ROSSI tidak Juara Dunia.

  4. Si Bocah licik udah puas liat rossi gagal jurdun,, si lorencong jurdun dengan memalukan tidak fair,, poor motogp

  5. rossi tetap legenda..
    marquez pecundang…
    yamaha semakin di depan…
    lorenzo selamat yah sudah nambah fansboynya. ..
    crot..

  6. mesti dilihat tuh data bukaan gas dan pedal rem. serta racing line marquez. secara visual sih udh keliatan begitu overtake rossi langsung ditahan selagi trek sempit meliuk. begitu kebalap sama rossi, langsung tancap gass lagi. bisa dibandingkan seharusnya data data marquez antara ketika didepan dan belakang rossi.

    bukan untuk membatalkan keputusan, setidaknya membersihkan nama yang tidak salah dan mengungkap siapa yang berniat jahat. Ini penting untuk kedepan, apakah marquez pantas diidolakan atau tidak

  7. Lap 6:?Rossi dives inside Marquez at Turn 7, forcing the Honda rider to lift his bike. Rossi then looks back and gestures at Marquez on the exit of Turn 8. Dorna TV commentator Nick Harris: ?Marc Marquez is saying back to him ?you shouldn?t have said all those things on Thursday night if you didn?t want to scrap like this old chap!?? Marquez sweeps inside Rossi to reclaim third at Turn 14.?
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    Mulutmu harimau mu rossi. Pantes aja marc dendam ama rossi.
    You Reap What You Saw Rossi

  8. seharusnya rossi dapet black flag… tapi race direction takut fasn pada turun ke lintasan mengingat banyak yanh fanatik, terbukti lorenso walk out dari podium selepas dapat piala.. opini saja

  9. ternyata mm suka mewek juga..
    makanya jgn dendam rasakan akibatnya..
    gara gara insiden ini rating motogp makin tinggi, bloger makin rame….
    good job vr46

  10. Disini mm93 jelas curang. Melanggar semua aturan balap.
    Hahahahahahaha.
    Sudah lunas yaa ! Gak pake mewek lg.
    Masak om om mewek.

    • penggiringan opini lagi. ckckck
      tau arti legal ngga? klo merasa direcok salip aja , bkn pake tendang pekok wkwkk

    • ane rasa memperlambat ritme balapan, menutup racing line, adalah hal yg sah. itu dilakukan oleh semua rider buatmengamankan posisinya.
      selama dilakukan dgn bersih tidak menjatuhkan, menabrak, menjegal, atau menendang lawan.

      sedangkan reaksi dgn menendang lawan itu jelas hal yg ilegal…
      ane rasa penalty 3 msh terlalu toleran atas tindakan sebrutal itu.

      tahu race philip island 2013?
      hanya karena telat ganti motor aja marquez diganjar dgn hukuman Diskualifikasi..!!

      padahal ga ada yg dirugikan waktu itu, satu2 yg dirugikan justru marq marquez sendiri.

      klo rossi memang mampu adu skill ya ga usah ladenin marquez, langsung aja overtake dan kabur menjauh.

      tapi knp rossi dgn mudahnya buat bulan2an marquez..??

      seolah2 balapan kemaren marquez yg atur?

      klo seorang kandidat juara dunia aja gampang jadi bulan2an spt itu.., apakah pantes menyandang gelar juara dunia???

  11. Sebagai fans jl!
    Saya kecewa ma mark! Harusnya dia fighting secara jujur kalo bisa didepan kok melambat kalo bisa menyalip kenapa harus membahayakan rider lain!
    Toh kalo mark dlosor gak akan pengaruh apa2 kalo menyebabkan rosy dlosor pasti merugikan sebagai salah satu kandidat jurdun!
    Memang lebih baik tendang aja dengan segala konsekuensinya toh kalo sampe rosy dlosot pasti gak dapat nilai apapun sama2 mencederai nama baiknya!
    Hanya opini pribadi!
    Berharap jl bisa menunjukkan sikap besarnya demi tim bukan ego pribadi!

  12. iwebe adalah fanboy rossi yg fanatik dan radikal
    artikel nya cuman mewek2 aja krna rossi kena penalti

    • dan ente fans anak celleng aka markonah …
      main srudak_sruduk layak dihadiah,i tendangan T ….

      ciaaatt brakkkk..!!!

      zlub tenan.

  13. Kalo di valencia lorenzo berani start dri belakang nemenin rossi…pasti seluruh penonton di dunia salut dah sama dia..

  14. ” ternyata vale sudah mencium gelagat ini lebih tajam dibanding kita ”

    nah zlub tenan !!!

    modiarr kowe kambingg…

    zlub.

  15. Panasin dulu Ahhh

    Hal itu membuat juara dunia 9 kali ini bereaksi.
    ?Tidak, Marquez tahu itu tidak benar, karena
    sangat jelas dari gambar, terutama dari
    helikopter, di mana saya tidak ingin membuatnya
    terjatuh,? ujar pembalap Movistar Yamaha ini.
    ?Aku hanya ingin membuatnya kehilangan waktu
    dan pergi keluar dari racing line dan
    memperlambat karena saat ini (di Malaysia), jauh
    lebih buruk daripada di Australia, dia membuat
    permainan kotor gak? Ketika saya melebar,
    melebar, melebar, saya memperlambat laju, kita
    hampir berhenti dan aku melihat dia untuk
    mengatakan, “F**K, apa yang kamu lakukan?”
    Rossi pun menerangkan setelah mereka
    bersentuhan dan Marc menyentuhnya dengan
    setang kanannya pada kaki Rossi, dan kaki Rossi
    terlepas dari footpeg, tetapi jika kita melihat
    gambar dari helikopter jelas bahwa ketika kaki
    Rossi terlepas dari footpeg Marquez sudah jatuh.
    ?Jadi saya tidak ingin menendangnya. Juga jika
    Anda memberikan tendangan ke sepedamotor
    MotoGP, itu tidak akan membuat jatuh.
    Sepedamotor MotoGP sangat berat jadi bukan
    berarti begitu Anda tendang dia langsung jatuh.
    Sayangnya, kami bersinggungan, dia ingin belok
    dan saya melebar dan saya merasa setangnya
    berada di kaki sehingga kaki saya lepas dari
    pijakan. Itulah ceritanya.?

  16. Sedih?..
    Tp tak ada yg tak mungkin di dunia ini. Semangat mbah Rossi. Rebut piala juara dunia 2015, Kalaupun gagal tahun ini masih ada tahun 2016.. #goVale

  17. Sing bedebah ki lorenzo, uwis di untungke tp malah melu2 ngompori insiden rossi vs marq…lak yo Logok tenan tow,,

  18. kang IWB, kalo boleh kasih saran sistem komentar di warung kang iwan coba pakai Disqus saja. biar ketawan mana komentar yang bagus karena bisa di upvote dan mana komentar yang ngawur dan bisa di downvote, supaya memotivasi dan membiasakan komenters yang lain juga kang agak komennya tetap terarah ke topik/berita yang kang iwan sajiin. terima kasih kang, mudah mudahan dipertimbangkan masukan saya. maju terus IWB, keep upgrade & rame terus warungnya! ini linknya kalo mau cari tau disqus.com/

  19. Semoga musim depan rossi pensiun. Biar tau rasa si dorna. Motogp tanpa rossi = kumpulan sampah licik penuh ego. Hwehwehwe.

  20. Mamola’s impression was that the pace of Marquez and Rossi was not suspiciously slow:??Even with those guys passing each other the way they were, they were doing 2m 1.9s, which is still quite a fast race pace. Would Valentino have been able to close on Jorge [without the Marquez battle]? Nobody knows.??Was Marc trying to slow in some corners? I don’t think so. There were sections where Valentino was clearly faster and there were sections where he could not pull away [from Marquez].??The only way you can do it is like in F1, by bringing up the telemetry: ‘Did you brake in the same zone? Did you stop the bike?’??Marquez and Rossi passed each other nine times on lap 5 alone, is that proof of something unusual???Should Marc just pull over and let Valentino go? I think there was a lot of ‘clouds’ above both riders [after what had been said earlier in the weekend] ‘I’ll do this and you do that’ type of thing. That’s my belief.??Mamola also saw no reason to doubt that the mistake by Marquez, which allowed Lorenzo to take over second place, was genuine.??He picked up the back [wheel]. How many times have we seen Marc nearly crash during the season? So would you say that he could have nearly crashed trying to follow Dani into Turn 4? I would say yes.??At the beginning of the race, trying to stay with Dani, he makes an error and everyone says ‘oh, but he seemed to just let him go by’. But if he’s on the kerb and nearly onto the grass – and Jorge is not a slow guy. Jorge is there for blood; to win at the beginning of the race and do his style of race.??Mamola concluded: ?No-one’s going to be satisfied with the end result today. We’re all up in arms because what we had in Australia was something very beautiful.??Rossi was given three Penalty Points by Race Direction, meaning he will start the Valencia title showdown from last on the grid. The Italian has a seven point advantage over team-mate Lorenzo.?

  21. Sama seperti dalam sepak bola… bermain bertahan alias ‘Parkir Bus’ tidak enak dilihat dan terkesan mencederai sportifitas olahraga..
    ane pun eneg kalau liat tim yang bisanya cuma bertahan mulu dalam 90 menit pertandingan..

    Namun itu lah strategi…
    selama tidak melanggar aturan tertulis, ya kagak bisa di hukum…

    Intinya MM dan VR sama2 salah..
    ane penggemar mereka berdua , dan ane menyesalkan insiden Sepang kemaren
    -___-

  22. Besok VR 46 balapan di valencia Pake Setingan Spesial
    memakai Suling dewa krishna
    dan akan jadi juara

    muehehehehe

  23. Marc difitnah sama idolanya sendiri (VR) dia sedih.
    Dia battle dengan agresif tapi bersih malah di jorokin ama idolanya sendiri.
    Gua mau liat fans fanatik rossi klo sukses balapn di moto gp digituin ama rossi ekspresinya gimana yak?
    Bagaimanapun juga rossi selalu benar (versi FBR fanatik buta)
    PREPARE FOR ANGRY PANASBUNG ROSSI

  24. Eo mesti iku kang.. lah wong marquezzz mbuktekno nang Rossi negh iki loh jenenge memperlambat… cek kuapok pak de rossi… kedepan e cek gak koar2… iku jenenge nglempar granat tapi ada halangan tembok bueesar… Eo mbalek nang awak e dewe… Wkwkwk Wkwkwk ajooeerr

  25. Saling salip”an gimana bisa cetak best lap

    Gas rem gas rem gas rem

    Rossi ngasi aba” pake tangan biar marq maju, udah maju malah disalip balik, tentu saja marq salip balik gitu terus, siapa yg provokasi ?

    Rosidin ngamuk kena salip” melulu karena kalah motor pdhal dia yg nyuruh marq maju

    Akhirnya keluarlah jurus tendangan

  26. Dan seharuse rossi lbih sbar dlm mnghadapi MM..dan tak seharusnya rossi mnuduh MM ktika presscon sblm race.vale kan senior..apapun mslhnya monggo dilakukan di sirkuit..ojo slig tduh sblm race..dan itu buat vale lemah sblm brtandig..cba klau kmren rossi santai2 saat presscon,MM ditendang pun gk bkal nampak curiganya..la wong ini sblm race udah di singgung duluan…#opini sih..spertinya race thun ini tdk ada gregetnya..vale atau jorge yg jurdun,gk ada rsa bangganya ane… #pisss

  27. Swat turun semua bela si MM93 bocah kotor!

    Takut Motor Repsolnya gak ada yang beli!!!! disepak ama Movistar yang lewat! Ngoahahahahahaha

  28. Vale sudah mencium gelagat ini lebih tajam dibanding kita jauh hari sebelum ini terjadi.Hmmm.. Sudah Kuduga
    #SaveMotoGP

  29. Udah tau kalah motor

    Ngasi aba” marq utk maju, udah maju, malah disalip

    Kalo udah nyuruh marq maju, sadar motor gak mampu ngelawan rcv ya jgn disalip balik ros

    Kan kliatan rossidin yg provokasi, disalip balik malah nendang

    Makanya motor lemot jangan dinaikin, parkir di paddock aja

    • motor lemot juara dunia …

      rcv cepat dibacot kambing doang….

      fakta musim 2015 gak dapat gelar secuil pun…

      kecuali marcelleng juara nyari akik …

      akakakakakak

      zlub.

  30. its balapan..fight yg sbenarnya..heran gua,sukanya pada ngebuly..gua mah asik2 aja,lawong mung tontonan..lucune leat fans rosi ngomel2..woles broo..ahaha..kyak abg labil..apa jangan2..ihihi.

  31. menurut saya wajar saja waktu marq melambat,ketika over take,ada late brake motor kencadmg masuk tikungan,sblm keluar tikungan motor perlu seimbang,kecepatan motor dikurangi,berapa kali marq sm vale saling over take di tikungan,jd banyak waktu yg terbuang,

Comments are closed.