iklan iwb

460x110GDN-460x110

Honda new CB150R dari atasBro dan sis sekalian…..saat ini banyak sekali yang menuding desain new CB150R serta Sonic 150R mirip dengan para rival mereka. Jika Sonic dikatakan menyerupai Satria FU maka CB dikatakan identik dengan NVA. Tak pelak kondisi tersebut menjadi bahan debat dari para fansboy masing-masing. Nah….pertanyaannya, apakah haram jika itu dilakukan??…..
Banner-YamahaMT25-460x140px_TMC&IWB(1)
pos jaga parts

460x160idul fitri

iklan iwb

New Sonic mengadopsi desain serba tajam dan agresif. Menyesuaikan pasar…..sosoknya beda dibanding Sonic 125 yang sudah dulu brojol. Hanya karena itulah maka ada beberapa suara sumbang menuding Honda mengopi bentuk FU. Nasib serupa juga dialami new CB…..

Mengaplikasi kunci kontak ditanki…..K15G dianggap mengikuti jejak New Vixion. Bahkan urusan rodapun jadi tema adu debat. Ukuran upgrade menjadi lebih besar dianggap mengekor. Seluruh tema jiplak menjiplak seakan menjadi topik panas yang terus saja muncul. Pertanyaannya…..apakah semua itu haram?. Dan benarkah Honda menjiplak para kompetitor mereka???…..

IMHO…tidak brosis. Dari kacamata pribadi Honda hanya mencoba menuruti keinginan pasar. Path yang sudah ada disempurnakan dan kemudian diolah kembali oleh para R & D. Sebelumnya….pasti mereka juga melakukan riset sendiri….seperti apa sih produk idaman konsumen?. Dari sana pola akan diperoleh…..dan mulailah mereka bekerja dari data base hasil riset. Artinya apa??….

Mereka punya tim khusus yang benar-benar bekerja siang malam. Ketika sebuah desain kebetulan mirip…..bisa jadi memang itulah yang sedang disukai pasar. Melawan keinginan market??. Kuwi jenenge bunuh diri. So….tidak ada yang salah disana. Toh detil beda mzbro. Semua produk kalau dimirip-miripin….pasti juga sama semua. Lha piye…..judule wae roda dua. Mosok berubah jadi roda 3…..Bajaj rek kuwi :mrgreen: ……

Last…..produk lahir terakhir biasanya penyempurnaan dari produk sebelumnya. Makanya revisi rata-rata nyaris lebih baik. Kalau nggak R & D nya harus banyak makan wortel biar pandangan awas (haiyahhh opo hubungane). So….terlepas ngopi atau njiplak…..secara first impression AHM telah berhasil membuat biker terpesona. Perkara sudah sesuai keinginan pasar atau belum…..biarlah waktu yang akan menjawab. So…..sebuah produk memiliki kemiripan dengan lainnya??. Koq gelemen mikir sampai kesana. Yang penting keren boyong…..ora coret. Ngono wae…simple to :mrgreen: …..(iwb)


Post by IWB. Follow us on?.

Twitter : @iwanbanaran
FB Fanspage : Iwanbanaran.wordpress.com
Email : [email protected]
Youtube channel : Iwanbanaran
Path : Iwanbanaran
Google+ : Iwanbanaran
Instagram : Iwanbanaranblog
Blog Author : IWBspeed.com | Iwanbanaran.com

623 COMMENTS

  1. Knp ga jd pelopor??? Knp jadi follower??mngkn desainer R&D nya merk H dlm hatinya seorang pecinta Y.blade,cbsf,new cbsf,sonice desain di luar pakem H,smuanya.yg asli hasil kreatifitas H tuh supra,supra fit,revo,vario,perja,nmp.itu orisinil desain H.weka…weka!!!

  2. kalian membela mati2an produk kebanggan kalian. dengan mencerca…menyela lawanmnya…mang kalian dapat imbalan dri yamaha..honda..susuki?? engga dapet kan.
    kalo ga dapet..ngapain kalian saling adu urat?? nambah2 dosa saja.
    kalian semua kacung jepang.

    • Makanya diusir aja. Da kasi contoh buruk buat negara ibi. Plagiat dilegalkan. Hahaha….

  3. produk bagus konsumen yang diuntungkan kecuali penyembah merek.
    klo desain tangki.dari artikel yang saya baca vixion mirip Kawasaki ER6N 2012 kalau desain ekor ninja RR yang 2 tak mirip CB 600 F HORNET 2011. kalau desain ekor new vixion nyontek CB1000RR 2010 akhir

  4. Jiplak mnjiplak saya rasa tidak, dunia ini luas HND, YMH, SZK, KWSK mereka punya byk varian mulai cc yg kecil sampai moge, sprt cb mulai th 70an sampai sekarang klan cb dr cc kecil sampai mogenya cb 1000cc ada, jd bisa saja mereka mngaplikasikan body moge mereka ke mt sport ringannya yg mn kt tdk tahu body mogenya sprt apa yg bredar dieropa ato amrik sana, yg kt tahu cuma motor yg bredar dimari, shg dikira jiplak atau apalah, selama bukan hak patent itu sah n diperbolehkan

  5. biarin lah kenapa ente mikirin toh yg bayar gaji perusahaan mereka klo ane sbg konsumen semakin di untungkan

    think smart

    • Smart mencontek…hahaha….. indonesia indonesia..
      ayo smua plajor dan mahosiswa…skolah yg bagus pas ujian nyotek aja ya. Ganti kata dikit aja. Saat ini plagiat udah dilegalkan kang iweb…..

  6. Ayo podo dituku.. Cah.. Iki Honda lho.. Mbok yo sandal cepit nek merek HONDA mesti payu..

  7. trus klo mirip masalah anda apa sbgai konsumen??kecuali klo ente sales maklum klo kebakaran jenggot

  8. Om om prduk Hp Appl3 sampe sekarang main tuntut menuntut smpe pengadilan lawan penjiplaknya Sumsang,sumsang mengaku tdk menjiplak,tp ingin memenuhi harga pasar dan sekarang penjualan sumsang lebih besar dr appl3,wajar kah kang??knpa juga appl3 menuntut smpe ke pengadilan yg kluar duit banyak buat sewa lawyer???
    Ya begitulah bisnis ,gak perduli yg lain .. yg penting w untung y lain buntung.. tolong berfikir bijak .. tidak usah memihak salah satu pabrikan

  9. ahh itu sih perasaan fby aja kang, yang emang maksa pengen di mirip2in sama motor baru.. herran..

  10. Trus karepmu piye FBYEKKK…..
    honda ben tetep jadul ra payu….njur sg moncer yamaha…
    Ngono pooo….????
    Mengko tak omongke ro designere….

    • Kan banyak motor sport honda yg keren jd rul model. Gitu to mas…kalo sperti dkrng ni ya sperti mochin lah…

  11. duh tobat iki jian kalau honda cb lebih bagus dari nva harusnya konsumen seneng to? barang kali dengan kemunculan cb besuk nva jadi tambah bagus nanti nva DOHC 6 speed, lampu led, spedo digital,USD, banana arm ? CCnya naik jadi 160 atau 200cc kan mantab ya gak? syukur2 keluar MT15

    • Mantabs kang pemikiran cerdas, kalo gak di getok kapan berubahnya vixion, moga kedepan vixion bisa pakai doch

      Kita yg harusnya mengadu domba pabrikan, bukannya malah kita yg gontok gontokan sendiri

  12. ga kang jelas2 desain produk honda emg ngikutin bgt rival(dlm hal ini Fu & Nva)..
    kita liat deh kawasaki walaupun ahir2 ini kelas 250 ada yg baru yg lebih kuat(r25), tp mereka ga kpikiran tuh buat ngikutin desain / fiturnya mereka. itu karna mereka punya ciri khas, ga mau jd follower. & itu berlaku jg buat produk mereka yg lain..
    trus VIAR jg walaupun ahir2 ini ngeluarin trail, mereka ga nyama2in sama rival koq (klx). mereka ttep punya ciri khas nya masing2..

    kembali ke AHM, mereka jelas2 mencotek & meniru. sama sekali ga da kreativitas, bhkan sama Viar sekalipun..

    saya bkn fansboy pabrikan manapun, cm biker yg sdkit kcewa sama arah pabrikan yg selama ini di klaim terbesar itu.. PEASE. . .

    • Yang ditiru bagian mana?
      Kunci di tangki? Honda punya produk yang pake kunci di tangki
      Velg sonic? Tu cb500 shape nya sama
      Model ayago fu? Lah honda dah punya sonic125 duluan

      Apanya??

      • Hehe, mas rifz bener, sebenernya hal hal diatas honda juga punya

        Tapi karena cb posisinya lgs dibenturkan ke vixi, banyak yg membandingkan

        Padahal itu buat muasin konsumen sih hihi

      • Tapikan tapikan bla bla bla bla mencoba berdalih dengan sisa sisa kepintaran yang ada

        Brgitulah fbyek katro, wawasan minim, ga tau malu pula

  13. hati2 kang iwan jgn main2 dgn montor dewa .. bisa disawat kertas buram ntar

    ekekek…

    lirik bloger cakil.. 🙂

  14. Eh kenapa lampu depan masih tetep sama nyala juga ga boleh sama dong gimana honda kurang kreatip roda sama knalpot sama ahh

  15. menurut saya new cb 150r facelift lebih condong ke cbr 150r yaitu tankinya,bannya.kunci kontak,dll

  16. Ini bukan permasalahan hak cipta atau hak desain. Tapi lebih ke arah first mover atau follower.

    Insting Honda beda sama insting Yamaha. Dan di di jepang demikian sama. Insting Yamaha membuka lahan baru yang di garap dengan desain ala mereka. example: YZF R1M , ini motor dengan desain radikal menurut saya, dengan desain Ikan Hiu Kepala Martil. Siapa coba Pabrikan yg mikir desain begini??? Gak ada!!! Maka dari itulah Sepanjang filosofis yamaha yang saya kenal adalah…

    “Desain sendiri, tidak peduli laku apa ngga”

    Ketika desain yamaha itu dirasa sukses laku oleh masyarakat maka honda baik di jepang mau di indonesia punya insting untuk “ATM ” Amati Tiru Modifikasi. Buat apa?? Menghemat cost R & D (disini yang saya gagal paham, kenapa pabrikan sebesar honda masih mikir ngirit cost R & D)

    Sistem ATM tidak salah. Hanya saja bias nya ke masyarakat mengarah ke Follower. Tapi dengan kekuatan merek Honda walau di kasih nama Honda di gerobak jg bakal laku. Kenapa? Merek meruntuhkan ide dan desain orisinil yang di kembangkan oleh pabrikan lain.

    • gak salahkan kalo disebut ahm follower .gak mau jd first mover …yamaha main skutik sukses..honda ngikut..yamaha keluarin vixion..honda buat cbsf.nvl sukses honda ngikut lagi bikin yg mirip.tapi honda pernah jd first mover ngeluarin cs 1..yg katanya bakal jd treend..eeehh..gak ada yg ngikut…hahahaha.

    • Lah trus maunya gimana??
      Ada first mover ya ada follower
      Masih bilang cbr150 jiplak r15??
      Tapi lupa kalo r25 ngikuti ninja??

      Atau lupa kalo honda pelopor 4 tak disini?
      Pelopor injeksi?
      Pelopor led headlamp?

      Sekarang lihat desain mio m3, apakah itu desain sendiri? Tidak peduli lau apa tidak

      Dan kenyataan nya, banyak yang gak laku daripada yang laku

      • Sebenernya Honda adalah gudangnya teknologi dan first mover om, kalau dilihat dari sejarah, coba cek cbx1000, cb750, regulasi 600cc, power cruiser, banyak mas
        Ahm pun sebenarnya pernah buka pasar sendiri om, tapi sayang gagal, cs1 kan original

  17. Ane malah ga suka desain NVL eh malah dijiplak New CB150. Ngarep ada motor 150 cc yg ga bongsor, seukuran old vixy or old cb150 tp desain a yg fresh n matching alias ga wagu dari depan sampe blakang, mesin SOHC aj biar irit n bisa minum premium.

    Harusnya CB150 facelift ga perlu ngikut NVL, yg lama dirombak bodynya tnp ngikut NVL, udah keker cuman wagu.

  18. Gk salah dengan ahm tapi kenapa produknya keluar belakangan???? Ahm seperti mengekor tanpa bisa membuat market sendiri jadi produk yg laris ikut nimbrung tapi namanya bisnis ya begitu adanya coba kalau bisa buat market sendiri dijamin gk bakal dibilang fotocopy iya toooo…..

  19. Jiplak, Cloning, Plagiat itu cuman ungkapan rasa ngiri & sakit hati para fby, CB ketauan lebih OKE dari NVA yg cuma sohcrutt 5 spitt, low CB dohc 6 spit, yg punya NVA jadi Banci banget sekarang wkwkwk

  20. hahha….kok pada ribut ya….mang pabrikan harus kaya gitu saling menjiplak dan mengkoreksi kekurangan pabrikan lain,apalagi produk yg lagi laris2nya,jadi konsumen gak usah kaget….itu ilmu yg pernah saya dapet waktu kerja dipabrik mobil yg produksinya terbesar no.1 didunia

  21. Sebenernya yang mempermasalahkan ini itu cuma konsumen Rnd ga ada masalah memang indonesia enak diadu domba cuma gini aja sampai pada emosi bukannya terima apa kemajuanya

    • Sebenernya ga ada masalah disini… bahkan vixion owner mengapresiasi akan new cb ini. hanya saja sales berbaju biru terancam mata pencariannya jadi dilakukanlah penggiringan opini a mirip b. Mohon dimengerti :v

  22. NVA cuma mentok di SOHCRUTT Overstruk 5 Spitt.
    M*2X KING KONG udah malu buat diangkat2 lawan sonic, M*2X KING KONG cuma jualan body yg bahenol + ban digede2in kya donat padahal itu cuman jenis itik bukan sport haha

  23. Kedua motor itu cocoknya buat yg seumuran kang iwan. 27-35 tahun.

    Pasar NVA bisa aja kerebut, saran buat yamaha kalo mo eksis bikin motor 150 cc yg ramping kaya Old Vixi yg di facelift, mesin pake NVA buat gaet pasar usia 20-27 tahun yg berbody kurus kayak ane hahaa..

    CBSF juga boleh, asal pake mesin SOHC biar irit n bisa minum Premium. bkn knapa-napa, sehari ane aja nempuh 60-70 km. Tekor kalo boros terus minumnya Pertamax pula.

    Setuju ora bray..

  24. Yang penting keren boyong?..ora coret. Ngono wae?simple to ?..(iwb)
    ——
    yes makjleb,ntar ada lg kang jiplak spion,jiplak jok haiyaaa,

  25. YIMM aja yg notabenya punya barang adem ayem aja.. lah ini cecunguk2 FBY kayak cacing kepanasan

  26. Ya bgitulah kwalitas indonesia.
    tugas ahir mahasiswa juga gitu.
    diplagiat dari yg sudah ada dimodif sdikit judul dan kata2nya.
    toh jadi sarjana juga kan.
    dmikian juga hohon ini.
    Indonesia kan. Bgitulah kondisi bangsa kita skarang.

  27. Pabrikan AHM aja woles wae,
    lah in cecunguk FBH ? Mulutnya pada berbusa :v

    mana pada ganti nickname dih klo kalah omongan :’D ekekeke

  28. @bro satu: DO ga boros koq,sy pake cbr thai (lawas),mesin ga boros,dompet ane yg boros wkwkwk,

  29. Bukan menuruti keinginan pasar tapi ingin merebut ms vixion. Klo gak ada vixipn mungkin lain cerita. . . mgkin masih itu itu saja. Buktinya honda old cb masih kya gitu kan. . trus di kelas 250cc . krna pasar keliatannya ga trlalu menggiurkan jadi apa adanya aja. Trus yamaha ngluari r25 dan pasar 250cc mulai rame baru serius. Jadi pd intinya AHM hanya niat jualan doang. . .

  30. Lek IWB…
    Kalo menurut ane sih R n” D HONDA sama aja ga riset & develop tapi tiru yang laku dipasar baru di develop,secara cost udah ga keluar banyak lagi karena produk sudah pasti laku…tapi secara Prestige ya di CAP PLaGiAT…

  31. dari dulu Honda AHM memang sukanya meniru…fakta yg tak terbantahkan…mana ada produk AHM yg gak nyontek kompetitor…??
    udah gak usah menghibur FBH lek…semua tau kalau apapun yg anda tulis menghasilkan fulus.meskipun itu penggiringan opini,membenarkan yg salah,hanya karena Mereka mensponsori blog anda,bayar iklan di blog anda.

    • Mana ada produk ahm yang gak nyontek kompetitor?
      Sebegitu benci kah anda dengan honda?

      Btw, vario 150 nyontek siapa ya?
      Mio??

  32. ingat 2 pasal ini soal jiplak menjiplak..
    1. YIMM sampe detik ini belom bisa menjiplak MarketShare Honda
    2. MarketShare Honda tidak mampu dijiplak YIMM

  33. SIAPKAH DIRIMU DENGAN MEGAPRO RANGKA DELTABOXX..?????
    SOHC, 153cc
    RDB
    SEMI CLASSIC
    BOOM

  34. produk mirip gak jauh beda dengan artikel otomotip

    terus,,,

    blogger yang halal dan yang haram disimak yang mana?

    artikel sering sama semua, malah 1 gambar dipake gangbang rame rame.

  35. Kalo mw pake acara jiplak2an…coba tengok bagaimana old cbr150 dijiplak habis ama minerva??? Saya kira yg namanya jiplak kyk gitu,scara tampilan luar memang mirip…tapi kasusnya new cb150r ato sonic150 walau ada beberapa part yg “mengekor” tapi tidak benar2 sama persis bgitu liat motor dgn utuh

Comments are closed.