iklan iwb

460x110 (7)460x110_ok

Honda CBR150R_vs_Yamaha_R15 (11)

Bro dan sis sekalian….kelar sudah melakukan editing foto Honda new CBR150R vs Yamaha YZF R15. Dijepret berbarengan dari berbagai sisi…..motor ternyata mempunyai garis desain berbeda. Komparasi dari depan…samping…..belakang hingga sisi atas. Harapan IWB satu…sampeyan bisa menjadikan jepretan ini sebagai referensi produk mana yang sesuai dengan selera dihati. Seperti apa? Check it out….460x110REVSYOURBIKE

iklan iwb

Artikel adalah sekuel dari topik sebelumnya. Namun kali ini IWB tidak membahas detil part. Melainkan satu kesatuan utuh desain body…..yang IWB adu secara head to head didepan kamera. Dari sini bisa terlihat kedua pabrikan memang mempunyai karakter serta soul berbeda soal desain. Honda menggabungkan shape tajam serta membulat. Nuansa gambot sangat terasa pada new CBR150R. Makanya secara dimensi jika dijejerin, CBR150R lebih bongsor. Monggo intip bagian tanki, ban depan, moncong yang terinspirasi dari moge CBR1000RR. Begitu juga jok yang lebih lebar diikuti lekukan buritan yang juga cenderung wide. Konsep R & D Honda tetap mempertahankan kenyamanan walau motor masuk kategori fairing bike….

Sementara R15 berbeda. Yamaha berusaha menurunkan desain YZF R6 pada R15. Turunan moge diterjemahkan dengan pengaplikasian swing arm almu die cast plus buritan lancip dan fender? model gantung. Bagi Yamaha tidak ada kompromi soal desain walau kenyamanan kudu dikorbankan. Tidak heran nuansa agresif begitu terasa. Body depan deprok dengan buntut super nungging. Fairing sendiri diklaim mengadopsi model dual layer alias dua lapis. Hasilnya….memang manjur dan mujarab. Bahkan banyak testimoni masuk desain kakaknya R25 pun dikatakan kalah elok dan sporty dibanding adiknya. Yang menarik…walau serba tajam, bentuk fairing muka R15 lebih lebar dibanding CBR150R. Terus gimana jika dijejerin bareng???…..

R15 jadi kelihatan mungil. Tanki, jok serta buritan terlihat cekli. CBR150 mempunyai ukuran tanki yang super lebar didukung posisi depan yang lebih mendongak. Hasilnya??. Dimensi CBR150R jadi jauh lebih kekar dan body Yamaha cenderung terlihat mungil. Uniknya….buntut R15 saat dijejerin ternyata sedikit tinggi dibanding CBR. So…depan rendah namun belakang lebih tinggi. Efeknya??. Secara visual agresif galak bener. Namun impressi berkendara??. Akan kita kupas diartikel terpisah :mrgreen: . Sementara CBR150 dari depan kebelakang cenderung rata. Terlihat banget desainer Honda ogah mengorbankan kenyamanan pengendara diatasnya. Balancing coba dilakukan agar comfort serta design tetap saling mendukung….

Last…..desain adalah selera. Dan kadangkala “as matter of design”….sisi lain dibuang jauh-jauh nggak perduli. Fakta bahwa kekuatan desain memang masih mendominasi sebuah produk diterima pasar atau tidak. Namun biker ditanah air juga ogah dijejali produk berdesain rupawan namun engine kurang mumpuni. Susah to :mrgreen: . Nah…..desain mana yang sesuai dengan sampeyan antara new Honda CBR150R vs Yamaha YZF R15??. Sampeyanlah yang menentukan. berikut gallery lengkap komparasi kedua sport fairing yang sedang kita bahas. Ada komentar brosis?? …..(iwb)

edit2 Honda CBR150R_vs_Yamaha_R15 (6)Honda CBR150R_vs_Yamaha_R15 (4)Honda CBR150R_vs_Yamaha_R15 (10)Honda CBR150R_vs_Yamaha_R15 (9)Honda CBR150R_vs_Yamaha_R15 (7) Honda CBR150R_vs_Yamaha_R15 (8) Honda CBR150R_vs_Yamaha_R15 (12) Honda CBR150R_vs_Yamaha_R15 (16) Honda CBR150R_vs_Yamaha_R15 (17) Honda CBR150R_vs_Yamaha_R15 (18) Honda CBR150R_vs_Yamaha_R15 (19) Honda CBR150R_vs_Yamaha_R15 (20)R15 vs cbr150Honda CBR150R_vs_Yamaha_R15 (21)Honda CBR150R_vs_Yamaha_R15 (3)

IWB (2)IWB_r15IWB (1)
rpms-banner

306 COMMENTS

  1. 2 foto dr bwah.. ada pesan tersirat..
    – kang iwan pas nunggang r15 melas gt..
    – pas kang iwan nunggang k45 langsung sumringah gt..

    • Yo wis tak gantine. Serba susah ki dikomeni :mrgreen: . Lawong dicari angle yang pas dan sepadan nggak percaya. kae…wis ganti sing sumringah

  2. sy salah satu rider R15 ….tp 2 bln yg lalu udah tak lempar ke dealer motor bekas….gak tahan bawa itu motor, leher pegel nya gak ketulungan + gak ada nyaman nyamannya itu motor , gak recomended banget dah …yg ada tinggal replika helm si jolor doang sekarang.

  3. kalo naik yg sohc expresi kang iwan koyo wong ra dijatah bojo, kalo naik yg dohc expresi kang iwan kayak pengantin baru abis jamu…

  4. tetap CBR nya lebih luwes utk seumuran kang iwan
    klo naik r15 badannya kudu dikecilin like anak sma/ alay2

  5. jadi kesimpulan sementara, cbr itu bagus untuk di lihat secara umum, sedangkan r15 itu bagus untuk di beli.
    sedangkan menurut gw ke-2 motor itu elek, coz klo di ceburin ke laut, k-2nya cuma bisa tenggelam, ra iso berenang 😀

  6. R15 : motor kualitas export
    Desain : pure sport tulen

    CBR150R : motor kualitas recall,rompal,klothok-klothok,tanki bocor,rantai berisik.
    Desain : bulus angop

  7. Mas untuk perbandingan riding, bisa tidak buat video onboard akselerasi dari nol yang kelihatan spedonya?

    kupasmotor.wordpress.com/2014/11/27/mencoba-menghitung-power-hp-dk-dari-video-akselerasi/

    kalau boleh nanti saya gabung / jejer biar jelas perbedaannya.

  8. byson adalah produk yamaha yang mengandalkan tampilan fisik. moge look, penjualannya bagus…

    sampai NVL yang dianggap lebih seksi keluar…

    rider2 muda indonesia kebanyakan mata keranjang, seksi nomer 1, tapi kalo ada yang seksi dan enginenya bagus, yang ga punya nilai lebih akan ditendang

  9. Cbr cocok buat pekerja/pengusaha/eksekutif muda (25-35 tahun)
    R15 cocok buat anak smu – kuliah.

  10. iyo kang iwan,
    nek potho mesem e sing podho!!!
    di R15 atau di CBR!!
    ntr persepsi orang dadi lkut ikut, , ,
    persis iklan,,,,
    penonton akan menangkap apa saja yg ada di gambar
    dan menafsirkan sesuai muut,,,
    kok kayak e kepekso,,,,
    waka waka e e,,,,,,he he

  11. mbok,,, foto cemberut e di hpus kang
    biar 1: 1
    ntr jadine 2: 1
    gak imbang,,,
    he he,,,
    di koment lg,,,,ntr
    dikira dukung sebelah,,,he

  12. klo saya lebih suka cbr150r desainnya kalem, nyaman, ga trlalu ekstrim (soalnya saya bkn pembalap), ada pegangan buat geser2 di parkiran..
    klo r15 maaf aja, desainnya udh lama ya sejak dari india entah brp taun yg lalu, harusnya desainnya diperbaiki di bagian lampu yg trlalu besar, kurang matching dgn bodynya yg berkarakter garis2 lancip, imho lebih bagus lampunya jg lancip..
    bagian jok juga jaraknya terlalu jauh, jok belakang mungkin perlu ditambahin supaya ga terlalu jauh..klo boncengernya cwe mau peluk ridernya (biar romantis..hehe) itu nti agak ga nyaman kayanya posisi boncenger bakal duduk di celahnya..hehe
    maaf ya, ga brmksd mnjatuhkan.. saya bkn fby atau fbh..

  13. keliatan kang Iwan pake r15 anunya tersiksa,,,sakitnya tuh disiniiii..#tunjuk b1j1
    xixixixiii……yang mo m4ndul mangga beli R15…dianjurkan buat yang muda2 bin alay penyembah merek..wkwkw

  14. Desain Cebong Terpal ama Lele 15 punya banyak +&- nyah
    tapi kalo ane buntutuin dari blakang, secara gitu aura sporty nya mmmmm si Lele 15 Itu mantap,,, Serasa ngbuntutin R6
    nGOAhahahaha

    • sporty mungkin dr kcmata alay, ada cebong nyalip werrr jd culun, mau ladenin pikir 10x, jln padat imbang agk lapang dikit bengek, lapang panjang alah mencret ktinggalan sejauh mata memandang

  15. tampilan 11-12 12CBR 11R15 ,,minus R15 tanki kecil headlamp lele dumbo plusnya swing arm banana tapi warnanya hitam kenapa g silver mirip plastik malahan…minus cbr hanya diburitan overall cool mogelook bingit…kenyamanan cbr unggul mesin juga unggul…trz kelebihan r15???

  16. CBR kekurangannya ya di bagian mesin yang kopong banget. Kenapa ga ditutup dah tuh sama fairing biar lebih padet

  17. cbr proporsional: tangki gede, fairing gede, mesin kopong, wheelbase pendek.
    proporsional coy. ngoahaha.

  18. Lebih bagus kalau dua desain ini di lebur. Area Tangki sampai headlamp ambil cbr150r, jok ke belakang ambil R15. Top markotop dah. Sempurna.

    • Nihh Gw Kasih Perbandingan Yg Semuanya FAKTA:

      R15 Plusnya:
      -Kualitas Material Lebih Baik Dari CBR
      (Dia Punya Swing Arm Alumunium yg Bener2 Mantap)
      -Ada Pas Beam
      -Engine Cut Off
      -Buat Mejeng Sabtu-Minggu Ok Lahhh
      -Punya “Racun” Yang Banyak, Mereka Punya :
      KNALPOT SAKURA,
      ECU DAYTONA Yang Bisa Disetting Melalui Android
      Single Seater, PADDOCK
      Pernak Pernik Moto GP
      dan Banyak Lagi Aksesoris Lainnya
      (Pabrikan ini Sangat Pintarrr, Mereka Paham klo biker2 indonesia tuh paling ga mau yang namanya Motor “Standar” kebanyakan biker Tanah air Gila akan Modifikasi)

      R15 Minusnya:
      -Model Motor JADUL.
      (R15 ini udah keluar dari 2010, cuma ga pernah dimasukkin di indonesia, kemaren Dijual di india, thailand, Baru Tahun ini Pabrikan Bisa Me’Lokal’kan R15
      Jadi untuk desain udah BASiiii, Bengkel2 Modif Pinggir Jalan Pun udah banyak yg ngejual Fairingnya.
      Gak usah kaget klo Dijalan tau2 ngeliat ada motor modifan mirip motor sampean.

      -Motor Gak Nyaman Buat Dikendarai Jarak Jauh Secara Terus Menerus
      (Semua Pengendara R15 Mengakui Hal ini,Tapi Mereka Rela Badan Pegel-pegel demi look Sporty.
      Dan untuk Pengalaman Boncenger nya, ada yang pernah Kesangkut Ranting Pohon atau hampir kena Kepentok Portal Di perumahan, dan klo di Jalan Bisa Ngeliat Atap Kap Mobil)

      -Rantai R15 Kemrosak dan Suaranya sangat Mengganggu
      (FAKTA Kang iwan Sangat Terganggu dengan Hal ini dan akhirnya Mengganti Dengan Produk AFtermarket S**ob

      -Akselerasi Kurang Nampol
      (FAKTA Kang iwan Sangat Terganggu dengan Hal ini dan akhirnya Menurunkan Ukuran Gear Standar nya

      -Inden Lamaa (rata-rata 2 bulan)
      (Bisa Di usahain Cepet asal Kasih Upping Sama Salesnya, jadi punya orang yg dah antri duluan bisa dikasih ke Sampean Dulu)
      inden yang lama ini terjadi karena Pabrikan Juga Mengekspor R15 Kenegara-negara Lain,

      -BBM Kalah irit dibanding Kompetitor
      (Baca di Tmcblog, dia udah Kupas Tuntas dengan Sedetail Mungkin pengujian pemakaian BBM motor Kompetitor)

      -TOP Speed kalah dibanding Kompetitor Jika diadu Trek Jarak Jauh
      (Jangan Coba-coba Balapan Trek Jauh Dengan Motor Kompetitor, Pasti Keok Cos DOHC Sama SOHC punya Karakter Sendiri)
      (artikel Pertamax7 berdasarkan pengujian oleh Potretbikers yang dah nyoba Di trek Sepanjang 1,5KM SURAMADU, R15 Keok DAN udah Diulang 10x pun R15 Tetep kalah)

      **************************************************************************

      CBR 150 Plusnya:
      * Desain Model Paling FRESH dan Up to Date, Dengan Kiblat CBR1000RR FIRE BLADE, Kereeenn
      (Terbukti Anaknya IWB Malah Minta Dijemput Pake CBR REPSOL Dibanding R15 Punya Sendiriii,
      ingat anak kecil itu paling JUJUR, hatinya belum terkontaminasi Fansboy ataupun Target Sales
      dan desain ini sepertinya Everlasting, Walaupun 5 taun kedepan masih tetep Keliatan Elegan dan Kerenn)

      * Motor Sangat Nyaman untuk dipakai Sehari-hari dan Boncenger juga nyaman duduk dibelakang
      (Pabrikan ini Sepertinya Tahu Betul klo Kenyamanan adalah Faktor Yang Sangat Penting)

      * Tidak Perlu inden Lama untuk meminang motor ini
      (Pabrikan ini sepertinya Memprioritaskan Pasokan Dalam Negeri, Mereka BELUM MAU EKSPOR sebelum Pasokan Dalam Negri Terpenuhi Semua Sampai Ke Pelosok)

      * BBM irit
      (inilah Teknologi Pabrikan ini, ANEH TAPI NYATA, Bagaimana Mungkin Karakter DOHC bisa Diajak irit, Mau Kenceng Bisaa irit Juga Bisaa, BRiLLIANT)

      * Tenaga SUPERIOR untuk Trek Jarak Jauhh
      (Sudah Teruji melalui artikel Pertamax7 berdasarkan pengujian oleh Potretbikers yang dah nyoba Di trek Sepanjang 1,5KM Di SURAMADU, CBR 150 Berhasil Unggul Dibanding R15 Sampe Diulang 10x)

      * Handling Mantap
      (Semua Blogger yang ikutan Test Drive mengakui jika Handling CBR Sangat Nurut dan Gesit diajak Bermanuverr)

      CBR 150 Minusnya :
      -Tidak ada Pas Beam

      -Tidak Punya ENgine Cut OFF

      -Kualitas Material Kalah OK dibanding Kompetitor
      (Bahan Swing Arm Seadanyaa, Beda jauh dengan milik Kompetitor)

      -Rangka Ditengah Terlihat Kopong atau Bolong klo dilihat Dari Samping
      (inilah Konsekuensi Peralihan Sasis DELTABOX Ke TERALIS)
      Klo pendapat ku sihh Bolongan yang Disamping itu akan Berguna untuk Mengatasi “Angin Dari Samping”
      Jadi Klo ada Hembusan ANgin yang Besar Dari Samping, itu akan Langsung Nyeplos dari bolongan Tersebut, Jadi Motor ga akan Oleng dan Tetap Stabil Walaupun terkena Terpaan Angin Besar Dari Samping.
      apakah ini sudah diperhitungkan oleh insinyur-insinyur pabrikan, atau ini hanya pendapat diriku saja,, hahaa

      -Konsekuensi lain Menggunakan sasis Teralis, Tentu Banyak Terlihat Bekas Las-Lasan Pada Rangka

      -Tidak Punya “RACUN” Modifikasi Seperti Kompetitor
      (biker-biker indonesia paling ga mau yang namanya Motor “Standar” kebanyakan rider Tanah air Gila akan Modifikasi)
      Pabrikan Sebelah Punya ECU DAYTONA Bisa Disetting Pake Android
      Punya Knalpot Sakura
      Pernak Pernik Moto GP dan masih Banyak Lagi Yang Lain.
      (mosok dirimu Cuma Jualan Single Seater, TankPad Doankk???)

      Ok, Tidak ada Produk Yang SEMPURNA, Semua Punya Plus dan Minus,
      Tinggal Kita Sendiri Mau Menjatuhkan Pilihan Ke mana’

  19. dari artikel sebelumnya kayak’e kang iwan prefer ke CBR150 deh…coba deh diperhatikan, kelihatan dari gaya bahasanya…tp overall good, a nice article,…btw foto-fotonya bagus kang

  20. sebenernya lebaran r15 atau CBR ssih?? ane liat data r15 lebarnya 660mm kalo cbr 711mm tapi kok di foto R15 kayak lebar gitu ya? jawab dongg

  21. 3 dnk…
    sama Minerva rx150,kn sama” full fairing yg 150cc..

    ko Minerva rx150 jarang ada yg ngereview ya…
    padahal kn lumayan buat alternatif…

  22. Hai Mas Iwan,
    Sepatunya keren abis, Xpd yah? 😀
    Kedua fairing bike ini keren Mas, merahnya R15 aduhai.
    Biasanya saya lebih suka K45 tapi baca artikel ini saya jadi netral, keduanya keren. Cuma R15 not recommended buat daily riding di Jakarta.
    Tak enteni artikel selanjute Mas hehe

  23. KANG IWAN AJA BELI NYA R15 BUKAN BELI CBR JADI KETAHUAN DONG MANA YG LBH BAIK… GITU AJA KOK REPOT..:)

  24. biji mletak dah lo klo perjalanan jauh… tangan kram trlalu nungging ud kaya bntang bf jepang nungging mlu… motor kaga nyaman stahun kmudian motor2 bkas r15 bnyak di deler motor bkas gak berkwalitas…

  25. 2-2 nya bagus, kalau ada program trade-in sich, mau ambil dua-dua nya buat gantiin motor ane yang dah tuwir, kalau ngak ada yach percuma, mending pelihara yang lama ajah, dari pada kebanyakan motor akibat ngiler

  26. entah knp lebih suka liat Nvl drpd R15, all new CBR andai sj Delta box bkn teralis serta kaya fitur pasti nya sangat juozzz maknyosss kang!!! hmmm mmmmm…

Comments are closed.