iklan iwb

banner-460x110
image

Iwanbanaran.com – Kehadiran YZF R15 tinggal menghitung bulan. Tak heran pemberitaan motor fairing pertama Yamaha setelah Touch 2 stroke cukup gencar. Begitu juga media online Otomotif yang melakukan komparasi perbedaan R15 versi INA vs India. Cekidot…..

uk460x120(Gif)460x110-ok

iklan iwb

Setelah Honda dah Kawasaki sukses meramaikan pasar lokal…akhirnya YIMM menyerah dan confirmed mendatangkan R15. Mengambil desain dari India….ada beberapa perbedaan agar versi lokal melawan India. Soal ini sebenarnya sudah IWB bahas diartikel sebelumnya (monggo intip arsip). Namun tidak ada salahnya IWB cantumkan pembahasan rekan Otomotif sebagai tambahan referensi. Apa aja???. Berikut detilnya…..

Lampu Sein
Lampu sein R15 versi Indonesia persis Yamaha New V-Ixion Lightning, bentuknya futuristik dan serasi dengan desain bodi R15.

Kunci Kontak Bermagnet
Kunci kontak R15 India tanpa pengaman magnet, sedang versi Indonesia sudah menggunakan pengaman bermagnet, bentuknya serupa dengan bawaan New V-Ixion Lightning.

Anak Kunci Laser Cut
Anak kunci kontak modelnya sama seperti New V-Ixion Lightning. Bentuknya jadi menarik karena proses pembuatannya dengan laser.

Automatic Head Lamp On
Sesuai regulasi di Indonesia yang mengharuskan lampu utama nyama siang-malam. Motor ini juga sudah mengadopsi fitur Automatic Head Lamp On.

Tanpa Sari Guard
Versi Indonesia tidak dilengkapi dengan sari guard. Di India, besi yang berada di sebelah kiri swing arm ini menjadi pelindung yang mencegah kain sari, pakaian khas wanita India tersangkut dan masuk ke rantai.

Sepatbor Kolong Lebih Pendek
Sepatbor kolong Versi India panjang sampai ke bawah, meski terlihat terpisah menjadi dua piece ternyata menyatu. Sedang untuk Indonesia lebih pendek hanya sebatas sepatbor kolong bagian dalam saja, bagian belakang ditiadakan.

Footstep Beda Desain
Footstep alumunium R15 versi Indonesia memiliki plat pengaman tumit dengan tiga lubang, sedang versi India yang lama ada 7.

Finishing Lebih Rapi
Finishing jauh lebih bagus. “Kalau enggak percaya lihat di area kemudi, versi Indonesia lebih halus,” beber sang narasumber dari PT YIMM.

Nah…klop kan. So…monggo gabungkan dengan artikel IWB sebelumnya supaya referensi makin komplit. Btw…yang menarik, media online tersebut juga menyebut bahwa swing menggunakan aluminium. Monggo intip penggalan kalimatnya….

Secara spesifikasi mirip versi India, dari desain bodi hingga rangka dan mesin masih mirip-mirip. Desain bodi dan fairingnya boleh dibilang sama persis, rangkanya juga tetap menggunakan deltabox dengan swing arm alumunium. Di area mesin, persis Yamaha New V-Ixion Lightning, satu silinder SOHC 4 klep berpendingin air dan tanpa kick starter. Di sisi transmisi, R15 sudah menggunakan gear box 6 speed…

Yo wis…monggo ditampung dan sampeyan sendiri yang menyimpulkan. IWB pengen dlujurne sikil sik….ngantuk rek :mrgreen: . Btw temanya cukup dulu perkara R15. Tiwas sampeyan semua nggak bisa merem ntar. Lawong masih Mei soale :mrgreen: . Sampurasunnn…gooddd niteee (iwb)

161 COMMENTS

  1. asik2
    pemilik Vixion series jadi punya bahan yang lebih murah nih
    apa aja ya
    gearbox
    swing arm
    full fairing
    buritan belakang with LED stop lamp
    mantab2
    semoga bahannya ga mahal

  2. Mas Iwan kemari dunk cuz mau nanya nih
    sensor speedometernya jadi pindah ke gear depan atau masih di roda depan

  3. Dari perbandingan itu, nih motor kalau di atas 30jeti worth apa nggak om iwan? Dari mesin dan spesifikasi cuman 11-12 sama nvl, fairing r15 (pasang di nvl) udah pernah kelihatan di jogja. Nuwun.

  4. salam roda dua Mas Iwan….. sukses selalu untuk njenengan. saya tunggu terus kiriman2 terbarunya.
    terimakasih 😀

  5. yimm terlihat tdk mau jadi follower utk membuat tandingan verza, kemudian juga yimm sudah all out utk produk sportnya, dengan desain mesin yang racy dan penggunaan ban gambot utk byson walaupun mengorbankan tenaga, juga NVL yang dibuat fairing serta R25 yg katanya spek diatas ninja, sedangkan honda masih setengah hati dan tidak atau belum menuruti kemauan para konsumen produk sportnya, seperti harga cbr 150 yang mahal walaupun memang dari import, cbr 250 dibuat hanya 1 silinder, verza yang murah dan minim vitur, karena tacho meter aja gak ada, kemudian cb150r yang masih tutup tangki jendol dan ban kurang besar serta tralisnya yang di cat hitam, serta garpu depan yang terbilang kecil dibanding dgn kompetitor, nmp injeksi yang ala kadarnya serta tiger injeksi yang kapan brojolnya, tetapi itu semua saat ini sudah mulai merepotkan pihak yimm, apalagi kalau honda / ahm mau menuruti semua kemauan konsumen indonesia, misal tutup tanki rata, ban gambot, serta tralis di cat merah dll, pasti honda akan jadi raja di tiap lini?. honda / ahm, macan yg mulai bergeliat, hati? utk kompetitor.

Comments are closed.