iklan iwb

gp-banner-460x110

Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian….menjadi Blogger otomotif bukan berarti IWB cuek terhadap berita dan isu negeri ini. sebagai anak bangsa yang pernah merasakan masa keemasan….IWB hanya bisa ngelus dada ketika membaca banyak berita. Teringat 20 tahun lalu negara Indonesia begitu disegani. Kesejahteraan rakyat rata dirasakan hingga seluruh pelosok desa. Lha sekarang??. Petani ngos-ngosan jauh dari kata sejahtera…..

460x150Banner-Gif-uk460x140-Recovered

iklan iwb

IWB lahir didesa terpencil Banaran Tulungagung Jawa Timur. Background kakek nenek adalah petani tulen. Jadi kalau sampeyan nanya….pernah nggak mz Iwan nunggu padi??. Walah…tiap mau panen tuh. Ribuan burung penyerbu menjadi musuh utama IWB saat masih kecil. Begitu juga aktifitas sehari-hari. Mana ada Playstation atau game online. Paling hanya game watch keluaran Casio. Itu aja yang mampu beli hanya anak orang kota. IWB??. Nelen ludah doang saking ketatnya adat wong ndeso terhadap barang skunder. Pelariannya….cari belut atau jangkrik. Pol-polnya…enthik dan gobak sodor (ngertikan permainan ini??). Byuhh…gitu aja perasaan udah seru nggak ketulungan. Kenangan masa lampau yang tidak pernah IWB lupakan…..

Sekalinya panen…IWB masih ingat, rumah joglo kakek nenek bak lumbung padi. Tingginya sak wuwung (atap). Saking makmurnya jaman itu…sekali panen sampeyan bisa beli mobil. Untuk memancing ekonomi bawah pemerintah juga membangun koperasi unit desa. KUD yang akan membantu masyarakat kurang mampu. Hebatnya….seluruh elemen berfungsi dengan baik. So…walau atas korupsi (katanya lho ya :mrgreen: )…..bawahpun tetap merasakan kemakmuran dan kesejahteraan. Perhatian pusat sangat kental terasa sebagai komitmen menjunjung tinggi negara agraris. Dan diakui atau tidak…dibalik kekurangan masa itu, kita harus tetap acungin jempol pembangunan yang melesat tak terkejar. Tidak heran Singapura, Malaysia, Thailand, Brunei dan negara Asia Tenggara lain menjadikan Indonesia sebagai negara yang dihormati dan dituakan…..

Sayang….sekarang susah mencari sosok pemimpin yang bisa jadi panutan. Korupsi makin menjadi. Koruptor ketangkap malah cengar-cengir….hakim agung katanya melakukan perselingkuhan…dana kitap suci diembat dan masih banyak kasus lain yang membuat kita hanya bisa tepuk jidat. Cita-cita reformasi bak menguap tanpa bekas. Sebagai wong cilik….kita semua hanya rindu pemimpin yang betul-betul sudi membela rakyat. Lha piye kangbro….sembako meroket aja seperti cuek bebek nggak perduli, lak yo mringis to. Ngeselinnya sekalinya membumbung…susah untuk turun. Jian sobek tenan!!…

Last…..mari tempa diri kita untuk mencintai negeri ini. Didik anak-anak kita agar selalu jujur dan takut terhadap hukum Illahi (kalau penjara nggak ngefek….bisa plesiran je :mrgreen: ). Karena dari merekalah akan lahir pemimpin-pemimpin muda calon penerus bangsa. Mungkin….negeri ini butuh refreshment lahirnya sosok muda, bukan warisan masa lalu. Leader yang mengerti betul arah pembangunan. Pro rakyat…..bukan hanya mementingkan golongan. Jadi ingat sindiran kata-kata…” piye…enak jamanku to??” . Halah…ada-ada aja :mrgreen: . Masa nggak bisa dibalik tapi menatap masa depan serta pintar memilih nahkoda negeri ini adalah kunci kesuksesan…...(iwb)

Foto : Flickr

Baca juga : IWBspeed.com

162 COMMENTS

  1. Wani piro??
    Huehehe…

    Mbuh lek, wes kadung ajur je. Sok yen meh kiamat yak’e gek ono kemakmuran neh, bukan Makmur temene Sule jelase 😀

  2. bener kang,pernah ngrasain jaman kecil dulu makmur gemah ripah loh jinawi,,

    jaman sekarang nga yg tua nga yg muda semua korupsi.

    tanda” akhir jaman semakin dekat.

  3. @jet darat
    Nggak gitu juga mas. Analoginya gampang kok. Anggap saja keluarga mas itu Indonesia jaman pak Harto (ane anggap mas udah nikah punya anak masih kecil2 taruhlah 3 orang yah).
    – mas kepala keluarga a.k.a presiden a.k.a pak harto
    – istri sebagai DPR/MPR.
    – anak2 sebagai rakjat kecil.
    Jaman pak harto dulu, klo rakyatnya lagi susah/menderita dia dengan tegas langsung ? HUTANG!!!. Mau gimane ntar mbayarnye atau mau siapa yang bayar, dia nggak peduli. Sing penting rakyat bisa makan, bisa hidup. Dan karena ketegasannya didukung oleh DPR/MPR. Langkah yang salah? Well..salah/benar its debatable nggak akan kelar sampek kiamat.
    Coba bandingkan dengan jaman sekarang. Pada saat rakjat kecil hidup susah dan menderita serba salah. Mau hutang salah karena pasti dikritik habis oleh DPR/MPR. Nggak ngutang nggak ade duitnye. Mau gimane coba?
    Intinya adalah :
    – yang namanye hutang dari dulu ampe skrg ya tetep ade. Amerika aje skrg lagi krisis dan hutangnya luar negerinye banyak.
    – yang namanye korupsi juga dari jaman belande ampe sekarang juge ade. Bedanye klo dulu gampang disembunyiin, sekarang lebih terekspose. Trus kenape banyak komentator yang ngeributin korupsi? Kesannye kemane aje?
    Yang salah ame negare ini karena kite terlalu bergantung sama luar negeri. Susah untuk diajak mandiri. Susah untuk ‘susah’. Dan susah menerima kriktikan. Hobinya saling menyalahkan. Ya kagak salah dong klo banyak asing yang bilang orang indonesian people itu pada dasarnya pemales tapi manja. Its sad but true.
    Klo mau maju bisa dimulai dengan cara mencintai produk dalem negeri kok. Langkah keciiiilll tapi sangat membantu. Tapi yaaaaa….tau sendiri laaaaahh…

  4. enakan jaman soeharto / orde baru ? > secara keamanan iya…, jaman soeharto katanya aman tentram n damai sejahtera > betul ? realita masa lalu mengatakan spt itu, 32 tahun berkuasa terbukti kondusif !

    itu plusnya…, > minusnya juga banyak n gak perlu diceritakan, semua udah pada pahamkan, so kalo ane mah gak paham > lahh waktu jaman penghujung orde baru, ane masih tk…, cuma baca2 di media n katanya aja sihh !

    “masalah pelanggaran ham, kkn dsb pada jaman dulu n jaman sekarang > gak perlu di sebut, puyeng mikirinnya, gak pernah tuntas sampe ke akar2nya…!”

    misalkan nihh > cuma misalnya aja, ok…, > bapak presiden sby dari pertama menjabat 2004 s/d sekarang, gaya kepemimpinanya > misalnya spt bapak soeharto di jaman orde baru > gimana yaa, yang pasti kondusif juga dong ? kan misalkan aja..

    tapi, jangan harap ada forum di social media yang bebas ngebahas beliau2 “sang penguasa” tsb…, > bisa2 di ciduk n dikarungin sama militer x yaa ? katanya sihh > dulu kek gitu..

    😀

    *abang2 senior di bawah mungkin lebih pamam..

  5. Ane seorang bocah yg lahir di desa tsari tulungagung jawa timur lahir dari keluarga yg sederhana cita-cita ane bisa memimpin negeri indonesia tercinta ini menuju kemajuan dan kesehjatraan kalo iwb bisa jadi blogger hebat GAK ADA salahnya ane pingin jadi pemimpin yg hebat juga hehehehe (berlumur air mata)

  6. negara ini kek bangunan rumah dan penghuninya,

    1. bangunan
    kalo sekarang ibaratnya indonesia ini bangunan rumah yang sangat besar yang dibangun tahun 1945 kemudian direnov tahun 1998, tapi renovasinya belum selesai ampe sekarang dimana mana banyak retak dan bocor, tambal ruang makan, kamar tidur lantainya ambles kena lapindo, tambal kamar tidur kamar mandi bocor airnya mbleber kemana 2 kek tsunami… dan seterusnya

    belum semua itu selesai tetangga juga mbangun gedung2 pencakar langit yang kalo materialnya abis tinggal nyuri dari rumah kita (singapur nyolong pasir wkwkwkwk) belum tetanga2 lain juga pada ikutan nyolong semua, wong satpam yang tugas cuman 1 (kpk doang) njagain rumah sebegini besar pasti kesulitan, kalo satpam lain (pulis, tni dll) cuman makan gaji buta sekalian ikutan nyolong jual material bangunan rumah sendiri

    2. Penghuni
    ini simpel dah, dulu keluarga penghuninya tahun sebelum 1998 masih punya bapak, jadi anak2 dan tetangga pada segan, kalo sekarang jamannya renovasi eh salah reformasi, bapaknya mati, meninggalkan kekayaan gak terhitung banyaknya anak2nya pada rebutan warisan, setifikat satu dibuat royokan ada yang sukses dapet pecahan sertifikat namanya timor timur sekarang dah dapet warisan ganti nama timor leste biar keren katanya ikut2 bangsa eropah, dasar anak2nya pada serakah rebutan warisan gak karuan, makanya sekarang banyak raja2 kecil baru ditiap propinsi,

    walo gak semua anak2nya pada serakah, nah yang gak serakah ini namanya rakyat kecil dibuli terus ma saudara2nya yang jahat. gak dibageni warisan

    nah gimana solusinya untuk semua permasalahan ini

    rumah ini walo masih baru tapi pondasinya itu yang jelek gak kuat nahan besarnya rumah ini, pondasinya keropos peninggalan penjajah bule ma jepang

    jadi solusinya bangunan dirobohkan bikin pondasi baru yang kuat,
    pondasi yang kek apa yang cocok, itu saya kembalikan ke pembaca kemen saya aja. saya sendiri gak punya gambaran pondasi yang kek apa yang cocok buat negara Indonesia ini.

  7. Kemaren aja “Cikeas” kebanjiran pas hujan gede…
    Huakakakak… Ngatur daerah rumahnya aja ga bisa, apalagi ngatur negara?

  8. jadi ingat masa kecil juga bro..sama kalau gitu ceritanya sama kangbro 😀
    cicaakcerdas.wordpress.com/2013/11/16/ecu-its-mencoba-ecu-yamaha-v-ixion-buatan-anak-bangsa-its-surabaya/

  9. dahlan iskan wae presidene….mnurut sya plihan trbaik saat ini..sderhana..pkerja keras..inovatif..jujur..visioner
    sya mngikuti spak terjang beliau sjak sbelum jd dirut pln n mentri bumn
    slama jd pjabat beliau tdk prnah ambil gaji..mobil dinas gk prnah d pake aka pake mobil pribadi sendiri
    beliau cm pnya satu tjuan…indonesia maju!!!!

  10. pingin presiden beserta kabinetnya dari k4mbing …

    mau.korupsi biarin wong cuma rumput …

    hahahahaha..

    😀

  11. setuju ama 106 garuda
    kenyataan yang ada sih jaman lek harto emang rakyat bisa makan murah tapi ya cuma makan doank mas, pengen punya motor ngimpi doank apalg mobil, kritik dikit ilang gak da kabar anak kecil anak sekolah didoktrin untuk milih partai pemerintah, mau nonton tivi numpang tempat tetangga, gak dukung gol….. dipersulit administrasi kependudukannya, masalah sekarang karena kita dalam masa transisi hanya saja banyak warga negara dan pejabar yang tidak siap dan yang bikin negara ancur warga juga, kenapa milih caleg yang bagi2 duit yang jelas nantinya bakal ngejar setoran balik modal. yang harus diperjuankan siha selamatkan pendidikan, selagi gelar sarjana bisa ditebus dengan skripsi abal2 dan hasil karya orang lain alias beli, masuk sekolah unggulan pake duit, gak bisa indonesia bangkit, gambarannya gini, masuk sekolah unggulan tapi pake duit bukan prestasi kuliah lulus s1 skripsinya beli, lulus masuk kerja PNS pake duit lagi ntar jadi pejabat ya korupsi,

  12. negoro sugih tapi kere…jare wis merdeka tpi isih terjajah…sing paling ngenes sih terjajah perekonomiane…kabeh2 wek e wong luar negeri…nyesek urip nang indonesia babar blas ra iso polah…titenono besok nang akhirat d godho riko (pemimpin) nang malaikat…anda bisa beli hukum di dunia…tpi anda takan bisa beli hukum ALLAH

  13. Ngaku jaman sekarang jaman susah, tapi penjualan motor sport “mundak maneh” CBR harga selangit tetap aja ada yang beli -padahal pengen, tapi kaga kesampaean- coba aja tar Yamaha ngeluarin motor ‘fairing’ klo kaga laku lagi. Beh… Ekonomi Indonesia mah paling stabil

  14. Nice pict bang iwan.
    komposisinya dapet.
    tp boleh kritik bang ya….
    pictnya ibu diatas tampak merasakan kebahagiaan dan kedamaian. Seolah olah beliau penuh rasa syukur atas kehidupan yg seadanya. Jd agak tdk sejalan dgn isi artikel, tp saya setuju dgn artikel abang.
    kita bisa membuat perubahan yg lebih baik untuk negara ini. Dimulai dari diri kita sendiri, lingkup keluarga, dan lingkungan tempat tinggal. Semoga kita bisa menciptakan generasi yg jauh lebih baik dari yg sekarang.

  15. Ijek penak jamanku to le, biyen motogp, superbikes tau balapan nang sentul, seng menang tole rosi nang kelas 125, sak’iki ra tau enek balapan maneh to le

  16. tetep enak jamane mbah Harto…
    Walaupun dibilang korupsi ttep rakyate makmur, cari kerjaan gampang, pemerintahan berwibawa,
    Gak ky sekarang semua serba bobrok,,,
    Dikit2 melanggar HAM, HAM tai kucing kwi,,

  17. Betul Kang, saya dari blitar dulu bapakku kalau panen bisa penuh rumah sama gabah hasil panen, pupuk murah, tanah subur dan dukungan pemerintah membuat waktu itu terasa makmur jadi petani, sampai bapakku bilang hidup jadi petani sangat membahagiakan.. sekali panen bisa beli truk baru, motor baru..masih ingat waktu itu harga suzuki shogun cuma 4 – 5 jutaan baru gress buka bungkus, sekarang… biyuh jan mbuh wess, petani nelongso tenan….

  18. semua itu gara gara SBY goblok, amin rais si pecundang negri ini, reformasi mentah yg berakibat negri ini tambah kusut dengan segudang permasalahan, jaman dulu ga ada demo, sbelum amin rais menggerakan demo2 rakyat+mahasiswa ga berani menentang pemerintahan, sekarang pemerintah ga berwibawa

  19. Wah ternyata mas iwan cucunya tuan tanah ya, sekali panen bisa beli mobil? Cuma gak dijelaskan mobilnya nambah terus atau sebelum panennya dilego lagi seperti kebanyakan petani di daerah pertanian lain? Kalo nambah terus mobilnya enak tuh bisa jadi pengusaha rental mobil. Sayangnya kebiasaan orang Indonesia setelah si mbahnya sekali panen bisa beli mobil, anak2nya yg karena warisan dibagi banyak anak sekali panen cuma bisa beli motor dan seterusnya cucu2nya seperti kita2 sekarang…… He he he … gak punya sawah lagi. Kalo mau petani hidupnya tidak melarat ya harga padi dan produk pertanian lainnya harus tinggi jadi buruh tani gak dapat upah murah. Tenang saja Indonesia akan mengarah ke situ dengan semakin langkanya anak muda yg mau jadi petani. Moga indonesia makin makmur dan salah satu syaratnya dengan cara orang Indonesia menjadi pintar gak bermental orang jajahan seperti fby dab fbh yg berantem terus cuma karena merek motor.

  20. hohohooo
    aku ijeh koyok panjenengan kang,, ijeh tunggu manuk emprit nganti sakiki kang,, 🙂
    cuma bedane jamanku ws enek ps3,, game watch tu wektu aku TK kang,,!

    dolanan koyok sampeyan ws gak enek kang,, eneke mung hp,, chting,, pkoke sing g nganggo tenaga,, 😀

  21. memang bener pemimpin sekarang sudah bobrok ane udah bertekad gk mau colok2 lg kalo ada pemilu apalagi pemilu legislatif ala bullshit semua calonnya cuma mau korupsi doank kadang sakit hati mas kalo inget milih tu orang ternyata korupsi doank….Btw artikele apik mas gawe FBH karo FBY akur hehehe ternyata rasa nasionalisme masih ada di diri setiap individu rakyat negeri ini syukurlah 😀

  22. dulu itu juga ada korupsi, bedanya spt lek iwb bilang, bawah gak menderita…sekarang maling teriak maling…
    jujur enak jaman cing Ato…dengan semua kelebihan dan kekurangannya, rakyat gak gini gini amat…

  23. jaman q kecil.. listrik aja blm ada. tp aq yakin lbih bahagia ketimbang anak sekarang.. dulu belajar ngaji pake lampu teplak.. tp semangatnya luar biasa.. boro2 komputer. tv aja g ada.. tp orang tua dulu sejalan sama anaknya. ortu ngaji anak juga ngaji.. sekarang?? ortu ntn sinetron anak ke warnet..
    kl tuk pimpinan terus terang sy lbh suka suharto ( diluar kasusnya ) wibawa negeri ini terjaga..
    kl sekarang sudah saatnya berubah. cara pandang cara pandang dan cara berfikir harus lbh maju.. tp moral ttp sopan santun bak kesultanan.. aq yakin martabat bangsa ini kan terjaga..
    ayo berantas korupsi mulai dari diri sendiri…

  24. Foto Pak Tani dan Bu Tani dimana ini Mas Iwan???
    kok daerahnya mirip dengan kampoeng halaman saya di Kuningan JABAR

  25. Ngebahas hal ini udah kayak brnang kusut bang. Ga tau mesti mulai dari mana. Mesti 1 generasi pejabat dihabisin semuanya n mulai yg baru.

    Cost politik yg tinggi menuntut return. Nah saking keenakan mengembalikan cost saat pilkada atopun pemilu sekalian deh korupsi.

    Klo dah perlu ma rakyat semua tersenyum manis agar dapat dukungan. Setelah berkuasa, boro2 nyapa rakyat. Klo ketemu pasti rakyat dianggap “bawahan” n harus meladeni mereka. Padahal rakyat adalah pemegang kekuasaan n pejabat bertanggung jawab ke rakyat.

    Pengalaman pribadi saya sendiri, pernah di bandara seseorang masuk melewati pintu pemeriksaan dan alarm nya berbunyi. Tp tak ada yg brani menghentikannya. Orang itupun ga pake antri bablas trus malah dikasi akses. Sementara pembantunya sibuk bawain barang. Iseng saya tanyain ke petugas sapa orang itu dan jawabannya adalah bupati salah satu kabupaten di bali.
    Dalam hati mikir waduh br jd bupati dah kayak gini angkuhnya bukan main.

    2014 sepertina golput akan meningkat drastis. Kepercayaan kepada politisi sdh hampir menyentuh titik nadir.

Comments are closed.