iklan iwb

Verza150Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian…seperti yang pernah IWB posting diartikel sebelumnya, IWB menjadi satu Blogger yang beruntung mengawal turing tim 3S Honda. Mendapatkan jatah rute Yogyakarta Semarang….Verza warna merah IWB pilih sebagai tunggangan menaklukkan jalur berliku. Panas, hujan dengan variasi jalanan macet turun naik menjadi santapan sang kuda besi. Nah…selama hampir 3jam duduk diatas jok sport berbanderol 17jutaan…berikut impressi yang bisa IWB rasakan….

Ergonomi

Pasti sampeyan sudah tahu posisi duduk Verza santai dan nyaman. Tangan memegang stang secara rileks. Konsol speedo cukup jelas kendati display tergolong mungil. Kelemahan absennya indikator RPM juga bukan masalah berarti. Lawong mata melototin jalanan kangbro….bukan speedo :mrgreen: . Overall….sisi ini merupakan kelebihan rata-rata sport Honda yang cukup frindly saat dipakai berkendara jarak jauh….

iklan iwb

Mungkin satu yang sedikit menjadi masukan Honda adalah posisi kaki yang terlalu kedepan. Kerugian yang IWB rasakan adalah sedikit pegel dipinggang setelah berkendara lebih dari 2 jam. Solusinya…kadang-kadang kaki digeser kebelakang menginjak foot step boncenger. Trik ini cukup ampuh mengurangi rasa pegal. Selain itu…jok rada keras dibanding? varian sport sayap mengepak lain. Tapi nggak terlalu signifikan bro….

Handling

Nah….ini yang perlu kita bahas. Verza 150 dibekali sasis tipe diamond yakni mesin digendong satu pipa dibagian depan (selain tulang tengah atas tentunya). Kalau boleh jujur….frame tipe ini termasuk paling rendah kastanya khususnya dilihat dari aspek rigiditas. Dan memang hampir seluruh sport Honda masih dijejalin sasis tersebut kecuali CB150R yang sudah jauh lebih maju (thruss frame atau trellis). Terus bagaimana respon dilapangan??….

Ternyata banyak yang berubah brosis. Insinyur AHM sudah belajar dari pengalaman masa lalu dimana handling tidak melulu mengandalkan rigiditas. Ada hitung-hitungan geometri supaya reaksi atau respon motor tetap anteng melibas tikungan ataupun high speed. Dan inilah yang IWB rasakan pada Verza150. Kendati bobot kendaraan termasuk ringan yakni 129kg….motor ini cukup baik menaklukkan jalur turun naik…

Rolling speed….straight hingga belokan tajam dilibas dengan prima. Untuk ukuran motor murah….bisa IWB katakan jempolan. Bahkan Megy lawas kudu tunduk pada kepiwaian Verza. Yang patut kita catat lagi adalah shockbraker. Dicangkokkin peredam Showa….karakternya rada stiff dibanding NMP ataupun Tiger. Efeknya….malah anteng lho dibuat kencang minus ngayun. Hanya saja…handling turun drastis saat aspal mulai diguyur hujan. Licin euy ban standartnya….

Braking

No complaint!. Jangan melihat tromol belakang. Yang pasti kinerja cukup baik menahan laju sang kuda besi saat panic brake sekalipun. IMHO kepakeman tidak kalah dibanding tipe diskbrake…

EngineScreenshot_7

Verza150 dibekali engine SOHC 150cc 2 klep air cooled yang mampu memuntahkan tenaga hingga 13,2PS@8500RPM dan torsi 12,7NM@6000RPM. Dari spek tersebut kita bisa melihat…torsi didapat sejak RPM rendah yakni kisaran 6000RPM. So…tidak perlu mengail diRPM yang lebih tinggi guna mendapatkan torque 12,7NM. Dampaknya??….

Tarikannya nampol tenan. Untuk stop dan go….bahkan Verza mampu mengimbangi kakaknya yang 200CC (Tiger). Bisa dipastikan….sampeyan akan dimanjakan saat memakai Verza dikemacetan atau perkotaan. Selain itu membawa beban beratpun bukan masalah berarti bagi Verza. Namun tentu saja tidak semua bisa kita dapatkan. Seperti hukum keseimbangan, ketika X diprioritaskan…maka Z dikorbankan. Dan itulah yang terjadi….

Mengejar torsi….Verza menganut karakter close ratio. Makanya nafas pendek. Hasilnya….mesin rada kelimpungan dan cenderung mengerang saat speed dipanteng pada kecepatan 90km/jam. Vibrasipun mulai timbul tanda RPM cukup tinggi. Padahal ketika turing…kita sering bermain dizona 80km/jam-90km/jam dan sesekali menjelajah dikecepatan 100km/jam. IMHO semua memang sudah didesain sesuai pakemnnya…

Ketika kita turing lintas kota yang menuntut speed tinggi….akan jauh lebih baik mzbro memboyong CB150R. Diluar setingan ratio, transmisi 6 speed merupakan jaminan RPM tetap adem dikecepatan tinggi sekalipun. So….plus minus pastinya kangro. Yang patut dicatat disini adalah komsumsi BBM yang cukup irit. Kendati tidak menghitung secara akurat…mengamati pergerakan bar fuel consumption, keiritan Verza bisa diandalkan….

Last….dengan banderol yang cukup terjangkau…sport 150cc dari Honda ini memang worthed to buy. Handling lincah, akselerasi nampol, irit serta jaminan 3S tak tertandingi menjadi nilai plus yang patut dipertimbangkan. Hanya saja….turing yang menuntut speed tinggi secara terus menerus memang rada kurang cocok untuk sijaran wesi. Verza150 untuk turing??. Monggo jika sampeyan hanya demen bermain direntang speed 70km/jam (titik nyaman bebas vibrasi). Tapi kalau menyukai menjelajah jalanan dikecepatan 80-100km/jam engine tetap halus…..IWB rekomendasikan langsung keCB150R. Jaminan rileks dah :mrgreen:.(iwb)

Video Cuplikan turing bersama Honda Verza 150

HP klik disini

189 COMMENTS

  1. Wajah dan rupa seseorang itu adalah ciptaan Tuhan.
    mau di BC juga…???
    silahkan berdbat tanpa menyinggung hal-hal yang semacam itu.
    # Makasih atensinya [IWB mode]

  2. Halo om iwb, kalo di bandingkan verza dgn megapro primus tenaga menang mana? .. Soalnya om dulu kan pernah punya megapro hehehe.. 😀

  3. Berarti verza lebih sesuai untuk pemakaian harian daripada buat touring dengan kecepatan diatas 90 kpj:)

  4. walah, om iwb nyobain touring pake verza, ane nyobain touring pake cbsf :b
    daivangelion.wordpress.com/2013/11/02/one-day-with-cbsf-nunggangin-cb150r-seharian/

  5. ngapain ya MArc pegang tuas kopling M1?

    oprekmotore.blogspot.com/2013/11/marc-marquez-pegang-tuas-kopling-m1.html

  6. Yo wes gpp lah,budget cm smpe sgitu bwt beli motor sporty,,,klo ngomongin kelebihan motor laen yg lebih baik,gag ada habisnya.

  7. Tarikannya nampol tenan. Untuk stop dan go?.bahkan Verza mampu mengimbangi kakaknya yang 200CC (Tiger). Bisa dipastikan?.sampeyan akan dimanjakan saat memakai Verza dikemacetan atau perkotaan.
    ——-
    utk stop n go tetep pegang beat ato vario…
    mtr koplingan dari dulu utk stop n go kelimpungan..

    ato supra ..

  8. iwb
    Last?.dengan banderol yang cukup terjangkau?sport 150cc dari Honda ini memang worthed to buy. Handling lincah, akselerasi nampol, irit serta jaminan 3S tak tertandingi menjadi nilai plus yang patut dipertimbangkan. Hanya saja?.turing yang menuntut speed tinggi secara terus menerus memang rada kurang cocok untuk sijaran wesi. Verza150 untuk turing??. Monggo jika sampeyan hanya demen bermain direntang speed 70km/jam (titik nyaman bebas vibrasi). Tapi kalau menyukai menjelajah jalanan dikecepatan 80-100km/jam engine tetap halus?..IWB rekomendasikan langsung keCB150R. Jaminan rileks dah :mrgreen: ?.(iwb)
    -=-=============

    mas iwb ini pintar memainkan kata2 joss..
    hehe…
    produk kurang di speak oleh iwb jadi tersamarkan kekurangannya..
    benar sekali si jarang wesi yg kurus ini…memang cukup ganteng bila dibandingkan revo dan supra..
    tapi tdk vs pulsar 200ns…

    si verza ini ergonominya unik tegak bgt…
    tangan serasa membentang kayak bawa harley….padahal rasa bebek…
    utk conering sgt kaku bgt , dikarenakan stangnya yg agak tinggi…
    stiff…tapi ok2 aja utk conering..tapi feelnya bgt ma cbr 150 utk conering jauh.. ataupun vario 125 jos bgt buat conering rebah2 alay motogp…
    verza ini light utk ukuran motor laki…
    irit bgt karena speed nya keteteran….
    vibrasi hebat di stang dan body kerasa bgt ketika kita tembus angka 70 kmh an…..
    mesin kuaaasar bgt sueerr….
    jauhh bgt dgn cb 150 yg sgt halus bila dikasih pertamax+

    verza ini pernah aku cekokin premium pertamax n pertamax+
    hasilnya
    sami mawon
    KASAR!

    mungkin nilai plus yg aku rasakan ketika naik verza 150..
    adalah…

    ini motor tergolong murah dgn desain yg cukup laki..

    jadi bagi laki2 yg kantong tipis.. tapi pingin tampil lomayan gaya dikalangan karyawan only.. mtr yg satu ini cocok bgt buat anda..
    selain irit juga friendly bgt dgn kantong karyawan…

    cuma satu yg aku pesan utk kalian..
    rasakan betapa kasarnya mesinnya.. dan vibrasi stang dan body,,,

    ok yes?

  9. satu lagi…
    verza ini nafasnya pendek bgt di gear2 awal…

    baru gas dikit ngeden ,,, pindah gear 2 masih ngeden, gear 3 ngeden gear 4 ga isa halus kayak cb 150..

    kesimpulan pribadi: mesin kasar..pantas harga bisa murah..

  10. 106. Penyadar Doktrin – November 1, 2013

    @cuplez

    ada yg komen dikolom komen bawah begini:

    ?aduh mas2 itu gimana sih, kalo cuma buruh yg logis aja motornya jgn yg mahal2.?

    dalam hati gua mau nambahin:

    mbak yg penting motor KEYEN,

    walaupun diusir dari kost khan bisa tidur dimotor,

    walaupun kagak makan yg penting motor uda nenggak pertamax,

    walaupun gua belom nikah yg penting gu uda akad KREDIT SEUMUR HIDUP,

    ckckckckckckck inilah korban doktrin hidup demi MOTOR, bukan MOTOR alat bantu dalam kehidupan..

    ckckckckck
    ————-
    astaga beli motor itu harus cash..
    kalo belum ada duid , ga usa beli mtr dulu..
    nabung dulu trus beli mtr..
    biar adira ga tambah ndut….
    apa kalo ga ada mtr ga isa kerja?
    alasan…!
    pake bus ato mikrolet whatever..
    banyak ruginya daripada untungnya mengkredit sebuah motor..
    apalagi yg kredit ninja..
    astaga naga…
    60jt jadi 80jt.. an ckckck cuma utk memuaskan birahi ego pribadi..
    20jt buat beli verza maasih kembali…
    pikiran kok ngutang trus….

    nehi no!

  11. 122. HANSIP LOGIKA fans GIMBOT 100% – November 1, 2013

    gak pegel di tangan, tapi di pinggang (encok itu kang!)

    70 km/j ke atas motor jadi vibrator (motor buat cewek cucok)

    motor sport kok max 110km/j

    motor sport pertama di indonesia yg gak pakai RPM (rekor MURI)
    ————-
    turing experience

    vario
    bokong ancur, tangan sehat punggung sehat proved!

    verza
    bokong lomayan, punggung agak pegel, tangan ancur.

    cbr 150
    bokong sehat, punggung remuk, tangan lebur,

    pulsar 200ns
    ganteng + ganteng + ganteng + bensin agak bonyok..
    it s all about ganteng +++ with reasonable price.

    ok yes?

  12. Dalam aksi buruh kali ini, banyak buruh membawa kendaraan motor gede lainnya, seperti Honda Tiger, Yamaha Vixion, dan Kawasaki.

    Menurut Agus, keikutsertaannya dalam demo kali ini didasari rasa solidaritas. ?Saya ikut Demo, selain merasa kekurangan buat sehari-harinya, ini juga rasa solidaritas sama teman-teman,? kata Agus.
    ———–
    …………..
    ……..
    gaji sedikit berani kredit motor gede… pancen…
    ya salah loe berani kredit ! resiko tanggung pengkredit…

    sudah tau kekurangan ga mau pilih honda revo…
    malah pilih vixion tiger…. apalagi ninja…

    yg kayak gitu sudah jelas yg salah yg mana….
    negri banyolan…

  13. saran saya buat agus..,.
    ninja 250 loe jual harga 30jt an pasti byk cari..

    trus loe beli honda revo 13 jt an…
    sisa 17 jt kan..
    nah itu bisa buat loe makan dan bebas kreditan…
    jgn kredit lagi agus..
    itu pesan dari saya..
    kredit itu seperti pedang bermata dua..
    bisa membantu loe, tapi juga bisa menebas loe…dan sakit bgt..
    loe boleh kredit tapi buat usaha..
    tapi dgn planning yg matang dan terarah..

    ok yes?

  14. 94. Penyadar Doktrin – November 1, 2013

    Kalau IWB sungkan mengatakan scr terang-terangan sekiranya ane boleh mewakilkan kang:

    Kelemahan neng VERA:
    -Ergonomi menurut kata IWB :
    ?Mungkin satu yang sedikit menjadi masukan Honda adalah posisi kaki yang terlalu kedepan. Kerugian yang IWB rasakan adalah sedikit pegel dipinggang setelah berkendara lebih dari 2 jam.?

    versi ane: rasanya kayak naek odong2 goyang dombret, dibuat luar kota rasanya naek motor ke amerika, capeknya minta ampun?

    ckckckckckckckck?.Behahahahahaha
    ———
    ga segitunya sih..
    tapi memang
    verza ini

    1 mesin kasar

    2 vibrasi body dan stang..terutama ketika rpm tinggi, walau memang ga da rpm meternya wkwk..

    3 egronomi lebih friendly dibanding cbr 150, ataupun z250, tapi tegak bgt… dikatakan rileks juga tegak …gimana yah? tegang2 gimana gitu..

    4 kalo di gas agak dalam juga cukup lah bisa tembus 90kmh..
    tapi stang gtar walau tdk separah cbr 150, tapi body ikut getar..
    dan mesin bukan meraung raung minta di siksa,, tapi kaing2 minta di ampuni..

    5, melewati jalan yg tdk mulus cukup enak walau belum bisa dikatakan enak.
    tapi dibanding vario yg pendek.. pastinya verza lebih mumpuni utk menghajar jalanan rusak…

  15. wah Verza touring yah, baru denger sebelumnya kan pasti klo touring motor” yang lain,sekalian coba mesin nya yah, mudha”an lancar yah masbro

  16. Lebih bagus doang pake CB150 daripada Verza hehe. Tapi yah gpp deh, yg penting bisa touring siiiip!!!

  17. Semoga semua perusahaan di jawa tutup, trus pindah ke Kalimantan, SUlawesi atau Irian Jaya. Sudah Saatnya pemukiman penduduk merata. Kasihan Pulau Jawa, seperti jakarta, semakin lama semakin tenggelam karena kelebihan beban hehehe.

  18. alhamdulillah udah nyoba walo belum punya, sy nyobanya ekstrim , ala garuk tanah di perbukitan becek dan nanjak cucok buat harian mas mas yg kerja di pabrik( kayak sy) bener deh ” dari pada beli motor bebek kasta tertinggi mending batangan kasta terendah”….

  19. omm iwan,,,gmna bedane kalo pake nmp n byson nya omm,,pengalaman pribadi deh menurut omm
    punya ane nmp soalnya,,n lum pernah nyoba veerza,,kalo cb150r pernah,,kenceng sih,,tapi agak merunduk,,,emang enak dipake buat keluar kota omm??pegel pinggang e omm

  20. 124. Cah kene bae – November 1, 2013

    Wc umum
    ga perlu sama NVL. . Sama Mx aja kyaknya dah ngosngosan. . Apalagi lawan karisma ane. . . Jauh tuh verza
    ————————-
    jiah ngapain sama karisma, apalagi sama MX. ya jauuuhhh lah.
    suruh lawan mio atau beat aja megap-megap tuh motor, wkwkwk

  21. wah reportnya enak sekali dibacanya lek…bojo sampeyan ikut po?

    btw kalau diamond sebutlah kasta terendah dari sistem chassis, gimana kelas 250cc kaya CBR dan Ninja/Z? afaik mereka chassis diamond juga…

    kobayogas.com/2013/11/02/diy-merawat-rantai-motor-pakai-gzox-teflon-chain-lube/

  22. basis honda verza sepertinya hampir mirip seperti new vixion ya ?
    soalnya kemarin pas lihat, kirain emank vixion. rupanya verza …

    hehehehe

  23. Nice info gan,,, kalo ada sharing pengalaman seperti ini akan sangat bermanfaat utk bikers2 lainnya, dan dapat menjadi pertimbangan sebelum membrli..

  24. Pake verza bikin pegel punggung padahal hanya riding pasuruan-malang. Ternyata handlebar terlalu maju, kopling ama rem juga kudu dimiringin 45? setelah itu super nyaman 🙂

Comments are closed.