iklan iwb

New-Honda-CBR150R-SwitchgearTidak seperti diIndonesia…membaca berita media online India, IWB baru sadar bahwa CBR150R untuk pasar negara Bollywood ternyata masih dibekali switch pemutus lampu utama. Fakta ini bisa kita gali dari gambar yang dilampirkan Motorbeam diatas……460x170iwanbanaran_newfino

Semua pasti tahu bahwa Honda CBR150R diracik dan dikeluarkan oleh Thailand yang dieksport keseluruh negara importir termasuk Indonesia. Tidak ada modifikasi khusus? dari negara gajah putih sebagai pelopor AHO (auto headlight On)? ketika sikuda besi diboyong keIndonesia sebab persamaan regulasi antara kedua negara. Namun yang membikin IWB heran adalah fakta tentang perbedaan CBR150R India yang tetap dijejali saklar pemutus lampu. Artinya….terjadi modifikasi oleh produsen yang dipegang HMSI. Sebuah keputusan tepat mengingat India belum memberlakukan peraturan tentang lampu motor kudu menyala disiang hari…..

Manuver diatas sebenarnya bukan yang pertama dilakukan HMSI. Bahkan untuk perangkat kaliper rem, mereka tidak sungkan mengganti merk Nissin dengan Bybre. Begitu pula ban. IRC tidak dipilih sebagai karet bundar OEM sang CBR seperti versi Thailand. Melainkan nyomot produk lokal yakni MRF. Nah….yang menggelitik dan sempat diangkat kemedia India adalah kurangnya kualitas finishing sang DOHC engine khususnya segi painting. Padahal….keluhan ini tidak pernah kita temukan dinegara lain. So…kesimpulan sementara, India juga meracik sendiri CBR150R alias bukan mengimpor dari Thailand. Hal ini selaras dengan beberapa info yang IWB kumpulkan sebelumnya…..

iklan iwb

Last.…baru-baru ini Honda India juga merevisi konsol stang CBR150R versi 2013. Jika dulu dibekali pass switch lamp, untuk versi baru dihilangkan. Kompensasinya….pihak pabrikan memberikan opsi tuas lampu senja (gambar terlampir dibawah). Btw….sebagai biker, kadangkala kita merasa bahwa produsen dinegara India begitu memanjakan konsumen disana namun tidak diIndonesia. Semua dituruti hingga perakitan sport fairingpun dilakukan secara lokal untuk menekan banderol. Daya saing meningkat….market share terdongkrak. Disini??…..kuantitas yang seimprit membuat produsen enggan melakukannya. Apes tenan..…(iwb)Old-Honda-CBR150R-SwitchgearTVSMotor

154 COMMENTS

  1. CBR motor premium, yang punya pasti tajir. Motor yang bikin prestis pengendaranya. Proud with it.

    Beda ma Byson, motor kopong. Jalan 110 aja susah. Apalagi Pigson. Ngaku motor semprot tapi overstroke, RPM 10000 mesin berasa ambroll.

  2. orang india nggak seneng aho, dah pasti mikir yang praktis. AHO bikin nggak ekonomis karena :
    1. crankshaft dibebani untuk menghasilkan listrik buah HAO, jadi boros bbm
    2. lampu sering dipake, umur jadi berkurang (ganti lampu headlamp termasuk susah-tanyain yang punya pulsar)
    3. jumlah orang di india kira 1 milyar, kira-kira yang di jalanan brapa puluh juta tuh, tinggal kali in aja, berapa kerugian kalo pake AHO.
    4. tambahan dah sumpek dijalan, panas, berdebu, silau kena aho lagi dan jangan lupa headlamp itu panas bro, jadi dengan sekian juta headlamp yang nyala, maka suhu udara dah pasti naik, tambah puannassss.

    motogokil.wordpress.com

  3. CBR MENURUT KUTANGERS ADALAH MOTOR PREMIUM… TAPI SAKLAR PAKAI TIPE ZAMAN FIR’AUN…. LAMPU DEPAN SATU BIJI S3MPAK STYLE… GITU NGAKU SPORT TULEN PADAHAL DIJALAN DIKAMPLENGIN MULU AMA R15 YG CM SOHC… WKEKEKWKEKEKEKEKEK…. 😀

  4. kata fbh kutangers kualitas paling belakangan!!!
    yang penting MS paling tinggi !!! :mrgreen:

    cetaaaarrr memmmbbaaahhheeeenooolll :mrgreen:

  5. saklar jaman jadul masih dipake :mrgreen:
    kayak tutup tangki konde :mrgreen:
    menekan cost :mrgreen:

    cetttaaar baaahheeennolll :mrgreen:

  6. hadech,,,,,brantem mulu
    ariblogmotor.wordpress.com/2013/03/15/ada-apa-lagi-cb150r-mika-lampu-meleleh/#comment-260

  7. wajar sih, di sana yg laris emang motor batangan, persaingannya kya skutik di sini, gak heran produknya jor-joran

  8. org india nasoionalismenya tinggi…lebih cinta produk dlm negeri..makanya produk kyk bajai laris manis disana…la produk jepung yang masuk jika pengen laris manis harus biasa menggerus pasar lokal makanya konsu disana dimanja’in biar beralih ke mongtor jepung..la di indonesia org orangnya..pada ga percaya ama produk lokal…motor ya buatan jepung..makanya dicekokin ama jepung produk abal2 terus udah diem…penjualan tambah tinggi..lagi2 urusan perut..gini mau jadi negaraa maju..ngimpi..ibarat makan aja ala kadarnya pokoke wareng meneng..entah itu nasi basi..ok

  9. memang betul bgt,sekarang ane yakin MS honda tinggi krn om qwerty yg borong.tentunya buat d bakaaar…

  10. ALL :
    mas iwan & brosis sekalian,,mau tnya nihh…harga CBR150R skrg d daerah sampean nyampe brapa ya..?? kemarin sya kget tnya salah stu dealer SEMARANG,,trnyta hrganya naik trus.. hrga OTR skrg untk CBR std : 37.150.000 & CBR repsol 38.150.000.
    d daerah sampean brapa brosis..???? mau minang mtor ni tpi kok mahal bngt yaa,,bisa2 tembus nympe 40 jt..matur suwun.

  11. Penyakit2 yg harus diwaspadai pada si cibi ini mulai dari rangka berkarat,boros bbm,suara klotok2,sok bocor,hingga yg terbaru mika meleleh.
    Smga mjd intropeksi ke depan bagi produsen sayap sengleh

  12. Welleh … Welleh …

    nofgipiston.wordpress.com/2013/03/16/desain-modifikasi-cutting-sticker-untuk-new-vixion-agar-tampil-beda-dan-keren/

  13. Buahahahaha….
    Sklarnya kaya saklar lampu neon rumah ane….
    ceklak-ceklik..ceklak-ceklik…. klotho-klothok-klothok…

  14. Digempur pakai NMP tidak mempan, karena kesalnya, Old Vixion dijiplak habis-habisan sak konde-kondenya.
    Lihat dijalan sekilas mirip Vixi lawas..(ngaku aja…)
    Tentu saja bagi yang gila merek tetep beli.

  15. Biar yang lain kebakaran jenggot yang penting dagangan lareeessssss…….dapet duit banyak….pabrikan yang dicari kan duit…

  16. biar g meleh,,,,nich dah nemuin,,,
    ariblogmotor.wordpress.com/2013/03/15/ada-apa-lagi-cb150r-mika-lampu-meleleh/

  17. Harga CBR150R di Samarinda kok tembus 41 juta ya untuk versi Repsol dan 40 juta yang versi standard.
    Benar-benar overprice nich CBR150R.

  18. kelakuan honda terlalu bnyak tingkah.. pass beam gak ada, timbol seign n klakson di bolak balik. haisss… kerjaan kok yang gak2 aja.

Comments are closed.