iklan iwb

CB150 (5)Bro dan sis sekalian…usai sudah test ride Honda CB150R. Rasa penasaran akan ketangguhan motor yang IWB sudah dengungkan setahun lalu terjawab pada hari Minggu kemarin di Yogyakarta. Sayang rute kurang mendukung untuk ekplorasi top speed. Jalanan sempit disertai rumah-rumah penduduk kiri kanan membuat IWB urung melakukannya. Dan….percaya atau tidak, jalanan yang dipilih lumayan serem buat biker perkotaan macam IWB…..

Berangkat dari Hotel Ambarrukmo Yogyakarta….IWB segera menggunakan helm dan protector lengkap (arm & knees). Mendung gelap pekat sudah menggantung diatas kota gudeg. Tidak sudi digangguin cuaca, semua melapisi kostum jas hujan yang disediakan panitia. Setelah usai….IWB segera ngacir ke motor yang berjejer dihalaman hotel. CB150R warna merah IWB pilih guna menemani ke Parangtritis. Menaruh badan dijok, memperhatikan sejenak dan berikut impressi yang dirasakan…..P1200691

Posisi badan jebule agak nunduk namun tetap nyaman buat biker bertinggi tubuh 170cm. Kaki menapak sempurna tidak masalah. Hanya saja….seat height memang lumayan tinggi dibanding sport 150cc Honda lainnya (dibawah Vixion dikit). Buntut belakang juga lebih nungging dibanding gen Dazzler aka New Megy. Melirik stir….lengkungan stang didesain lebih pendek tidak menjulang seperti NMP ataupun Tiger. Hhhmmm….mirip banget posisi Vixion. IWB berpikir…..kayaknya rider bakal capek nih untuk jarak jauh. Analisa akan kita buktikan nanti sama-sama…

iklan iwb

Yang kedua kekerasan busa jok. CB150R lebih solid rada keras. Padahal seingat IWB…sisi tersebut menjadi nilai plus rata-rata motor Honda yang lentur dan nyaman. Emang sih bukan hal istimewa tapi tetap menjadi perhatian IWB. Terus gimana sensasi nongkrong diatas CB150R??. Tidak terlalu keluar dari pakem motor Honda. Bisa jadi karena desain tank cover yang njendol, shape dimensi tanki yang tidak terlalu besar, serta pernik-pernik common part dari motosport yang sudah dulu eksis. Yang menarik….mounting pada raiser bawah yang dibekali karet pada NMP hadir di-CB150R. Yup…tetap dipertahankan untuk meminimize getaran.CB150 (2)

Mengamati konsol speedo…..pada display kanan, keterangan speed,? jam, temperatur sensor, odometer, fuel bar terlihat jelas disiang hari. Sisi tengah RPM dengan background themes putih membuat mata dengan gampang mengamati pergerakan jarum. Sedang bagian kiri….engine checking, high beam, dan netral indikator. Btw…..Tidak sabar kontak diputar dan….suara lembut dan garing.? karo Megy piye mz??. Sik ngebas Megy anyar kangbro. Yang IWB demen adalah puntiran gas…enteng tenan. Begitu pula kopling…wihhh maknyuzzz empuknya…..sama plek dengan CBR150R. Setelah aba-aba running IWB upshift gear satu….(kombinasi normal..shifting kedepan terus belakang)…

Buka gas….awalnya IWB lumayan mengerutkan dahi. Gen CBR150R yang agak berat diputaran bawah….hilang babar blas. Tidak diragukan karakter berubah total. Sampeyan bisa merasakan…kailan tenaga pada low RPM tidak seperti CBR. Power pick up lebih mumpuni sudah tersalur dari bawah.?Melibas jalanan ring road Yogyakarta…..IWB hanya bisa gigit jari. Hujannya deras banget euy. Motor tidak berani ditekuk-tekuk pecicilan sebab daya cengkram ban terasa turun drastis. Waduh…ciloko tenan kalau kayak gini, kapan ekplorasi engine nih. Konstan dikecepatan 60-75km/jam, IWB bisa merasakan…..raungan mesin masih rileks walau masuk 6000RPM. Mantep!!….CB150 (3)

Kondisi wet turing terus terpelihara hingga masuk kedaerah pegunungan (emboh…..daerah mana tuh). Hujan berubah menjadi kering. Niat menggeber hingga mentok gas kembali menggebu-gebu. Namun menunggu 10-15-20 menit…..kesempatan tersebut tidak kunjung datang. Jalan sempit…..dan kiri kanan merupakan rumah penduduk. Waladalah…..doweh lan domblong mendapati fakta susahnya mendapatkan trek yang ideal. Untungnya ritme? speed rombongan turing bertambah seiring rombongan mulai meninggalkan lokasi padat penduduk. Kesabaran akhirnya berbuah manis. Ada celah dimana trek sepi. Dari gear 5…downshift ke gear empat, puntir gas mentok…..DOHC engine teriak!!…

Mesin menjerit….konsentrasi kedepan…..IWB tidak berani ngelirik speedo. Limiter gear 4 terasa tercekik…..langsung oper gigi 5. Pada gigi 5….barulah? sesekali IWB mencuri pandang kekonsol speedometer. Terlihat angka 105, 108, 111 terlewati sempurna (putaran mesin kalau tidak salah sekitar 9500RPM). Melihat kedepan…..weleh, kudu nikung kanan nih. IWB putuskan tutup gas tanpa sempat merasakan final gear serta gigi 5 pun belum tergali optimal. Dan itulah yang bisa IWB raih sebab setelah itu jalanan ala “cilukba” membuat biker perkotaan macam IWB ciut nyali. Menanjak….dan tiba-tiba kudu turun langsung tekuk kanan-kiri. Estimasi pribadi…top speed gear 6 kemungkinan bisa tembus 130km/jam. Mesin CB betul-betul diperkosa habis. Walau climbing ability masih dibawah kompetitor, pegunungan bisa dilibas dengan eces….

Karakter power CB150R sudah ngisi sejak RPM 4000…..dan semakin liar kala masuk RPM 8000. Dibanding CBR150R…..CB menang putaran bawah namun kalah diputaran atas. Yang paling terasa adalah nafas yang tidak sepanjang CBR150. Terus kepriye dengan handling?. Cakep bro!. Menghantam lubang….goncangan keatas tidak terlalu terasa. Ban kecil tidak menjadikan fungsi Pro-Link terkebiri. Motor tetap stabil dipakai naik turun…nekuk kiri-kanan, hard braking…open atau close throttle. Rem juga mumpuni. Perpaduan RDB serta rem depan dua piston bekerja dengan sempurna. Lek sampeyan nanya….bagaimana dibanding NMP ataupun Tiger??.CB150 (4)

Kendati pahit….IWB kudu jujur, soal handling kedua produk Honda tersebut bukan lawan CB150R yang gampang ditekuk serta nurut. Bukti bahwa sasis teralis atau disebut Honda sebagai Trus frame memang revolusi total. Pendekatan pabrikan sayap mengepak untuk menyamai keampuhan handling kompetitor sukses dilakukan oleh mereka. Yang menarik lagi adalah shifting…..enteng dan empuk. IWB jadi teringat TVS Apache 160/180. Motor India ini begitu gampang oper gear. Dijamin walau sistem congkel tanpa ungkit belakang,? ujung sepatu sampeyan nggak bakalan tergerus. Itulah yang IWB rasakan pada sang CB. Dan yang patut digaris bawahi lagi adalah….

Vibrasi!!. Penyakit mayoritas sport Honda yang banyak didera getaran jauh berkurang pada generasi CB150R. Level memang masih sedikit dibawah Byson namun siStreet Fire bisa bejaban dengan Vixion soal minimnya vibrasi. Ini baru revisi serius. :mrgreen: .? Yup…bisa IWB katakan reinkarnasi produk melompat jauh dibanding generasi NMP ataupun Tiger. Handling tajam, power mumpuni, sasis rigid, banderol terjangkau plus berbagai kelebihan yang harus diwaspadai oleh kompetitor. Jian lawan tangguh nih!!. Anyway…kendati ergonomi tidak setegap NMP, prediksi badan akan capek nunggang CB150R buat perjalanan jauh tidak terbukti. Malahan sejam terasa terlalu cepat….

Last….diatas kesempurnaan yang ditunjukkan….material yang masih dibawah kompetitor memang menjadi perhatian IWB. Khususnya casing dalam shroud serta beberapa bagian yang terasa tipis ketika kita melakukan pengecekan. Selain itu…desain tanki njendol juga mengurangi rasa sporty sikuda besi. Begitu pula pemilihan ban ukuran belakang 100/17 lumayan membuat handling cornering kurang maksimal. Namun…apapun itu, CB150R memang patut dijadikan pertimbangan bagi mzbro yang suka betot gas. Mesin kencang, sasis rigid dan revolusi total yang ditawarkan AHM bukanlah main-main. DOHC 150 4 katup power 17ps, pendingin radiator, sasis teralis banderol 22,350…..siapa bisa nolak??….(iwb)

Video CB150R (Blogger Yogyakarta sedang persiapan turing kembali ke Ambarrukmo)

Spesifikasi Honda CB150R

  • Panjang X lebar X tinggi : 2.008 x 719 x 1.061 mm
  • Jarak Sumbu Roda : 1.288 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 148 mm
  • Berat kosong : 129 kg
  • Tipe rangka : Diamond Steel (Truss Frame)
  • Tipe suspensi depan : Teleskopik
  • Tipe suspensi belakang : Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal (Sistem Suspensi Pro-Link)
  • Ukuran ban depan : 80/90 ? 17M/C 44P (Tubeless)
  • Ukuran ban belakang : 100/80 ? 17M/C 52P (Tubeless)
  • Rem depan : Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
  • Rem belakang : Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
  • Kapasitas tangki bahan bakar : 12 liter
  • Tipe mesin : 4-Langkah, DOHC, 4-Katup, Silinder Tunggal
  • Diameter x langkah : 63,5 x 47,2 mm
  • Volume langkah : 149,48 cm?
  • Perbandingan Kompresi : 11.0 : 1
  • Daya Maksimum : 12,5 kW (17,0 PS)/ 10.000 rpm
  • Torsi Maksimum : 13,1 Nm (1,34 kgf.m)/ 8.000 rpm
  • Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1,0 Liter pada Penggantian Periodik
  • Kopling Otomatis : –
  • Gigi Transmsi : 6-Kecepatan
  • Pola Pengoperan Gigi : 1 ? N ? 2 ? 3 ? 4 ? 5 ? 6
  • Starter : Pedal & Elektrik
  • Aki : MF 12 V ? 5 Ah
  • Busi : –
  • Sistem Pengapian : Full Transistorized

338 COMMENTS

  1. Strategi marketing jitu dari AHM, gak usah survey model copy paste dikit pake kompetitor, gak usah riset mesin lama-lama, copy paste dikit pake yang ada, model sudah pasti diterima konsumen, mesin udah jelas pake cbr150r. Mantap. Tinggal teralisnya aja nih, udah terbukti apa belum ya…?? Hidup matic wkwkwkwk….

  2. raiser diganjel karet bisa jadi plus minus.
    plus: meminimalisir getaran
    minus: getaran mesin dikawatirkan mengganggu handling. trus diredam pake karet, sehingga mirip kompetitor. sedangkan kompetitor tanpa karet peredam level getarannya sudah minim. mirip bebek kali ada karet peredamnya.

  3. Hi bro,

    wait n see dulu

    kalau ente top speed lover kan akan masih ada line up :
    1. satria injeksi
    2. kawasaki 4 tak 150 cc
    3. Kawasaki pulsar 200 cc
    4. dll

    jadi wait n see dulu
    tapi kalau ente penyuka irit namun tetap kencang
    yaaa new vixion jawabannya
    secara tenaganya 16.59 ps broo ! torsi hotttttt !!!!!!!

    masih mau mengungulkan chibi-chibi ???? …silahken.

  4. Dapat pinjaman bwt tes ride pribadi g’ mas?? kurang nih artikelnya. top speed ama BBM blm bisa diukur…
    yanusakti.wordpress.com/2012/12/19/whos-the-next-legend-v-ixion-vs-cb150r/

  5. 132. Pria_Manja – Desember 19, 2012

    saya ngerti analogi itu, tapi coba jelaskan soal NVL sm CB, saya ga paham soalnya hehe

    ————————

    kenapa CB yg overbore bisa ok berakselerasi dari putaran bawah, udah ada jawabannya di artikel2 sebelumnya.

    DOHC memang gede output powernya, tapi apakah power gede berarti topspeed juga lebih kenceng? belum tentu ada faktor lain yg nentuin topspeed motor , misal rasio gear, yg lainnya ga tau 😀

    NVL bisa kenceng topspeednya udah ada ulasan dari artikel2 di blog otomotif

    apakah SOHC lebih lambat topspeednya dibanding DOHC? belum tentu, jawabannya sama ada faktor lain yg nentuin topspeed motor

    CMIIW

  6. 104. Nasroen
    Betul emang mas, kebalik bolak, sing di jago2kan DOHC nya, padahl AHM sendiri mensettingnya seperti SOHC.
    LHA terus nyapooo gembar gembor DOHC mulu?.
    Konsumen qta ini mas yg belum cerdas, di bodohi mauuuu aja.
    LHa lek d gw sehari2 yo wis milih sing SOHC tenanan ae to mas lebih fungsional, drpd CB yg ternyata :
    SOHC WANNABE !

    —————————————————

    ini komen yang cerdas.. kalau mau jual DOHC ya DOHC murni jangan diseting jadi semi SOHC, ini namanya jualan nama DOHC doang sedang performa SOHC, jalanan di Indonesia yang macet butuh motor tipe SOHC untuk stop and go dan torsi besar untuk pegunungan dan tentunya SOHC lebih irit

  7. 49. Gitar yamaha – Desember 19, 2012

    Lok dah nongol keyboard ma jongos stop deh baca koment,
    _________________________________________________
    hahaha..nih ibarat mau ngaji banyak godaan..baru ngaji separo..setan udah beterbangan ..LOL..bagi gue sales tuh ga honda ga yamaha semua unsur genderowonya kalo komeng ..omongnya kotor semua..bisanya hujat menghujat bukan kasih pencerahan..jadi patutlah diganyang.. 🙁

  8. kalo saja sasis deltabox plus ban sama2 gambot dan harga sama dgn New v-ixion, sangat boleh jadi NVL akan …… seketika.
    tapi itulah hebatnya honda walaupun bukan deltabox tapi setidaknya bisa mengimbangi. lihat saja O2 sensor diganti sama AIS meski beda tapi tugasnya hampir mirip.
    kamuflase yang “SEMPURNA”!

  9. @sales2 honda&yamaha yg aktif di dunia blog: kalian cari nafkah pake cara2 tdk terpuji dg saling merendahkan martabat saudara kalian sendiri. Pernahkah kalian ketemu dg petinggi AHM dan YMKi yg bisa sedemikian rukun di pertemuan2 AISI? Persaingan kedua pabrikan tsb adalah keniscayaan, tp utk memenangkannya perlu kepala dingin. Dan itu yg dilakukan petinggi2 di atas sana.
    Seberapa besar sih pengaruh black campaign dan caci maki di blog2 ternama ini ke penjualan dealer kalian? Kok aku yakin ga segede yg kalian pikir.
    Demikian.

  10. “Dibanding CBR150R?..CB menang putaran bawah namun kalah diputaran atas”
    gk salah tu masbro….mesinnya kn sama n sm2 kuat rpm atasnya….masa krn gir blkng naik 2 mata atasnya lngsng kalah ma cbr150r.
    ga bnyk nagruh itu mas org cm 2 mata….

  11. 60. thole – Desember 19, 2012

    handling, cakep bro! cakep doank? meragukan LOL 😆

    jok keras, built up product dibawah kompetitor, nothing special kecuali embel2 DOHC, LOL 😆

    selamat menikmati motor dengan tampang biasa aja, fitur biasa aja, mesin? meragukan, downgrade gt lho LOL

    ==============

    keliatan banget ketakutan sales yamaha yg satu ini..
    produk andalan satu satunya yg masih unggul vixi bentar lagi di gulingkan ama cb150r
    siapa siap bendera setengah tiang buat sales yg satu ini akan di rumahkan…produknya new vixi gak laku.
    Hasil polling akan jadi kenyataan

  12. design mesin lokal dah selesai.

    tinggal design buat sport fairing 150 cc lokal ina,

    buat lawan r15v2.0 kalu jadi msk ke ina.

    tinggal design mesin cb 250 buat tiger, kayanya sih dah jalan nich

  13. 138. Nasroen ? Desember 19, 2012
    bocah80an pada Desember 19, 2012 pada 11:30 AM
    108. juned ? Desember 19, 2012
    kata kang iwb material plastik dr shroud dan body cb150
    lumayan tipis masih bagus kompetitor..
    apakah jurus cb ini meniru jurus beat ygpake plastik tipis? jadi
    males jg akhirnya mau pilih cb?
    mending new vixion yg pasti aja deh yg penting gampang
    perawatannya gak bnyak trouble, klo cb kan msh baru sukur2
    minim trouble jg, tp klo nantinya bernasib sm dg vario125 mk
    siap2 saja ditinggalin konsumen. Biar gak bisa 140kpj gak papa
    bagi ane cukup 120 kpj aja udah kenceng banget.. yg penting
    enak perawatannya dan gak masuk kluar bengkel melulu.
    ??????????????????????????????
    vario 125 target 70rb/bulan terjual 74rb/bulan siapa yg di
    tinggal konsumen bro wkwkkwkwkwk
    bc fby tidak sukses wkwkwkk
    _______________________
    Ntu artinya konsumen pd bodo kang, termasuk lu yg gak nyadar kalo d bodohin,
    Repot mgadepin bocah 80an koyo ngene iki, d jak cerdas uangel..
    ???????????????????????????????
    so situ merasa sudah lebih pinter dr ratusan ribu orang yg beli vario 125, n bhkan smw org yg beli motor honda?n merasa smua orang yg beli motor honda itu bodoh dan ga cerdas?
    klo boleh tau situ lulusan mana sih?harvard kah atw MIT kah?atau sudah jd professor?ada lho dosen ane udah S3 tp beli vario125, so ente blg dy itu bodoh dan ga cerdas,padahal udah S3?

    inget ya, ga ad brg ciptaan manusia yg sempurna, termasuk mtor, smua ad kelebihan ad kekurangan, dan dr sekian byk mtor yg d produksi jg ga bakal smuanya sempurna, harus diliat brp presentase yg krg sempurna dibanding kseluruhan produksi baru bs kita bilang cacat produksi. ga cuma honda, smua pabrik manufaktur juga begitu, termasuk merk motor sesembahan lu

    Biker yg hebat adalah biker yg tau motor ap yg cocok buat dirinya dan bisa memaksimalkan kelebihan motor tersebut. Bukan biker yg bisanya cuma menjelek2an motor lain yg dianggap ga sesuai sama preferensinya.

  14. Mulanya saya kurang ngeh dengan istilah konde, tetapi setelah melihat foto ketiga, dimana dua motor berdampingan dengan menunjukkan kekondeannya, baru paham maksudnya.

  15. cukuplah design lokal + asia u/ ngelawan desinger M1, buat motor sport fairing 150 cc .

    cb juga desinger lokal + thai bukan?

    hebatnya cb apa sic sampe designer m1 turun tangan buat menjaga ms sport yamaha???????

    gitu juga nji, yg design mesin designner m1

  16. tambah mumet gua….vikson ga punya… trus ada lagi yg bagus…mumet-mumet…..bercanda bro….woles wae…

  17. Ada yang masih mendewakan Diasyl Cldr, sebagai keunggulan. Bagi gw kalau ada tape aka peyem yang dipakai jadi bahan buat piston tapi bisa tahan puluhan tahun itu baru kemajuan teknologi.

    Motor gw yang sudah ngulang speedometernya ke nol aja belum pernah ganti jeroan tuh selain keteng.

  18. gan ane jg kgk ngerti soal DOHC n SOHC,
    tapi kenapa ya kalo DOHC itu identik dengan karakter overbore bukan overstroke..?
    ada yang bisa jawab..?

  19. luar biasa dah, hasil mengamati ,tiru n modifikasi kliatanny bkal sukses besar penjualanny..
    tp diera yg mkin padat kendaraan, kentjeng2 terasa kurang..

  20. 178. miio juadul – Desember 19, 2012

    gan ane jg kgk ngerti soal DOHC n SOHC,
    tapi kenapa ya kalo DOHC itu identik dengan karakter overbore bukan overstroke..?
    ada yang bisa jawab..?
    ———————————————————————————————–
    gak juga seh gan,tapi dohc overbore setau ane cuma ada di mesin sepeda motor,gini gan di mesin sepeda motor itu kan CC nya kecil rata2 maka nya di rancang mesin nya overbore agar diameter piston nya besar dan kalo besar bisa muat 4 klep dengan ukuran yg mendekati efesiensi volumetrik mesin tersebut,

    cmiiw

  21. 180. kasamago –
    ==============
    yach tinggal disesuaikan aja kalu macet pelan-pelan aja,

    khan dohc juga bisa pelan toh

  22. orang2 kayak si jaos qwerty roy sukro dan antek2nya disinyalir orang susah taunya ngeBC doank padahal motornya digarasi rumah cuman bebek kayak vega or jupi tapi bacotnya kayak orang yg kebeli er6n aje,,susah ngmong ama orang susah mah yah bro2 smuanya gk bkalan nyambung,,udah dibayar yamahmud 50rebu perak utk ngeBC tiap thread,,kasian,,,os gw punya nih duit 50rebu mah ente mau gak???

  23. 71. jaos_konsumen biasa – Desember 19, 2012
    @66 cacing
    Wow?tepat skali. Akhirnya ada jg komen ???? cerdas.

    ——————————————————
    memang NVL irit ? kan waktu test irit itu larinya cuma 40 km/jam doang..emang bisa bawa segitu di dalam kota ( gak nyampe nyampe nying )kl real nya paling tembus 1: 38 km doang…opssssss maap om jaos yg lupa ya slogannya : ” MAU NGEBUT DIMANA SIH “

  24. 168. Roy (X-Road Wannabe – Trellis Edition) – Desember 19, 2012
    ————————————————–
    jaelaaaaaaa…royyy..royyy…berape duit sih tangki ?? kl 2 tahun bocor mah wortheddd lahhhh…masak beli motor bisa , beli tangki gak mampu

  25. 180. kasamago – Desember 19, 2012
    tp diera yg mkin padat kendaraan, kentjeng2 terasa kurang..
    ————————————————–
    jd intinya percuma ya beli motor 150 – 250 cc…mending beli matic sama bebek aj yg 100 cc ya?

  26. 189. Kolor ijo – Desember 19, 2012
    168. Roy (X-Road Wannabe ? Trellis Edition) ? Desember 19, 2012
    ?????????????????
    jaelaaaaaaa?royyy..royyy?berape duit sih tangki ?? kl 2 tahun bocor mah wortheddd lahhhh?masak beli motor bisa , beli tangki gak mampu
    ———————————————————————————–
    dari pada duit buat beli tengki mending yang laen sob… kualitas tengki win 100 lebih bagus dari pada tiger revo yang rawan bocor…

    apa ente mw di repotkan oleh tengki bocor dan tambelan atau ente mau tengki berkualitas seperti tengki win 100?

    😉

  27. 170
    so situ merasa sudah lebih pinter dr ratusan ribu orang yg beli vario 125, n bhkan smw org yg beli motor honda?n merasa smua orang yg beli motor honda itu bodoh dan ga cerdas?
    klo boleh tau situ lulusan mana sih?harvard kah atw MIT kah?atau sudah jd professor?ada lho dosen ane udah S3 tp beli vario125, so ente blg dy itu bodoh dan ga cerdas,padahal udah S3?

    inget ya, ga ad brg ciptaan manusia yg sempurna, termasuk mtor, smua ad kelebihan ad kekurangan, dan dr sekian byk mtor yg d produksi jg ga bakal smuanya sempurna, harus diliat brp presentase yg krg sempurna dibanding kseluruhan produksi baru bs kita bilang cacat produksi. ga cuma honda, smua pabrik manufaktur juga begitu, termasuk merk motor sesembahan lu

    Biker yg hebat adalah biker yg tau motor ap yg cocok buat dirinya dan bisa memaksimalkan kelebihan motor tersebut. Bukan biker yg bisanya cuma menjelek2an motor lain yg dianggap ga sesuai sama preferensinya.
    ————————————————————————————–komen cerdas nih,,,,jgn trl nyolot bro ngaadepin orang kampung gitu mah,,bisa nemu warnet n punya motor kriditan aja mereka harusny udh bs bersyukur mlh ngeBC sok iyeh dsni

  28. kalo boleh ane nambahin….
    maksud yamaha pake diasil + forgot to maksudnya kan baik juga brow… pengen kasi tau kalo produknya punya keunggulan…sama aja kalo kita jual barang….apa yg jadi ciri khas kita ya mesti kita sebutin supaya bisa jadi bahan pertimbangan untuk di beli….kala itu kan yamaha masih baru mengebrak pasar karena sebelumnya sudah di dominasi honda…ya wajar kalo mereka mengekspose apa itu keunggulan mereka….dan memang sudah ter uji kan? sampai mereka berani ambil langkah garansi mesin 5th..??dan vixion ataupun mx juga sudah 5 th nan kan? dan juga sudah ada bukti juga….,ini kan juga strategi jualan juga, jadi sah 2 aja kalo mereka terus mengunggulkan strategi mereka itu…….

  29. wah………..akhirnya ada yg sadari kalo saya orang susah yg gak sanggup beli si cepotbacot…………….mana si ymh buelum pernah bayarin saya bantu2 dia jualan sambil ngasi pencerahan buat fbh sekalian…..

    kalo scouzy, ninka dan fireblade, saya sanggup kalinya…………maklum orang sederhana ini…..heran aja , koq barang hnd di sini mahal2 semua gak ada value nya???

    *hahahahahahahah

Comments are closed.