iklan iwb

Bro dan sis sekalian…bukan hal mudah bagi IWB untuk melakukan komparasi desain keduanya. Selain keterbatasan bank image (thanks buat wak haji atas ijin nyomot gambarnya) angle yang berbeda membuat IWB kudu memilah satu persatu agar setidaknya bisa dijadikan gambaran brosis semua. Hot topic yang saat ini sedang menghiasi media online atau Blogger dengan brojolnya generasi baru dan Jupiter injeksi dengan kode Z1 mau tidak mau menggelitik IWB untuk membuat artikel ini. Tiada tujuan apapun selain memudahkan bagi potential buyer menjatuhkan pilihan…mana yang sreg dihati. Maklum bro, kalau cuma mbayangin bisa brodol rambute sampeyan :mrgreen: . Oke, langsung aja….

iklan iwb

Banyak yang mengatakan bahwa desain JupiterZ1 mempunyai kemiripan dengan Honda New Blade. Entahlah…kalau soal ini IWB tidak akan banyak berkomentar..mana yang menyontek. Tapi selama tidak sama plek..tentu saja kita tidak bisa judge terjadi plagiat. Terbukti ketika IWB jejerin dengan foto pendukung, keduanya memang ada kemiripan. Tarikan-tarikan yang dibenamkan kepada sikuda besi begitu identik kendati tidak bisa kita katakan sama. Mulai dari tebeng, sein, speedometer, lekuk body, headlamp, stoplamp….mempunyai kekhasan tersendiri. Semua tergantung selera. Coba mzbro intip lampu moncong depan…..New Honda Blade lebih melebar pipih sementara NJZ1 sedikit bulat kebawah.

Dalam pandangan IWB….beberapa detil kelihatan lebih cakep NJZ1, tapi disisi tertentu racikan Honda lebih oustanding. Contohnya knalpot. Cover stanless steel membungkus keseluruhan muffler membuatnya modern serta moge look. Sedang NJZ1…secara visual sedikit dibawahnya. Selain itu….peranan double disk brake juga mampu membuat NHB terlihat sporty.? Sementara jika kita melihat secara komplit dari samping, new JupiterZ1 memperlihatkan soul agresif beda dengan NHB yang agak kalem. Strengh point lainnya….walau sama-sama menganut SKS, kunci NJZ1 lebih fungsional. Jok dibuka tanpa cabut kunci…coba bandingkan NHB yang mengharuskan pengendara cabut-colok kontak….

Dari segi engine masing-masing mempunyai kelebihan teknologi. Jika Yamaha bangga dengan forged piston dan YZ crackshaft technology, maka Honda mengandalkan Honda Variabel Ignition Control yang akan memungkinkan pengapian mengikuti riding style. Kurva ignition akan diatur secara otomatis tergantung betotan gas sehingga memberikan performa serta fuel efficiency maksimal. Dengan bobot kosong 104kg, muntahan tenaga dari engine 110cc Blade mencapai 8,4ps@7500rpm, torsi 8,[email protected]. Kapasitas tanki bahan bakar 3,7liter menjadikan bebek NHB sebagai moped favorit para biker. Apalagi AHM melengkapi seabreg fitur seperti RDB, SKS, crackcase cover protector, position light inner lens, leg shield ventilation, muffler protector dan masih banyak lagi lainnya. Sementara Yamaha…mereka klaim, engine gen anyar telah dirombak total…..

Dalam jeroan new JupiterZ1, mereka merombak klep dengan ukuran lebih besar serta pemasangan cam bearing untuk meminimize gesekan. Selain itu ring piston lebih tipis serta ringan dipadukan forged piston plus YZ crackshaft dengan hollow Pin untuk optimalisasi crank balance agar mesin lebih responsif, putaran RPM lebih tinggi tapi minim vibrasi. Gen anyar juga menggunakan silinder tipe spiny sleeves yang telah sukses dipasang pada sikebo Byson. Keuntungannya…cepat melepaskan panas (better heat transfer) ketimbang silinder model konvensional. Berbagai perombakan membuat engine 115cc-nya mampu memuntahkan tenaga hingga 10,6ps@7750rpm, torque 9,9nm@6500rpm….terbesar dikelasnya!

Yang tidak kalah menarik…..perut knalpot (muffler chamber) juga direkonstruksi ulang dengan penambahan honeycomb catalyzer agar emisi gas buang memenuhi syarat Euro 3. Semua semakin sempurna setelah dipadukan dengan sistem injeksi yang dibekali oxygen sensor, engine temperatur sensor, crackshaft position sensor & AC-DC generator, TPS (throttle position sensor), IAPS (Intake air pressure sensor), dan IATS (intake air temperatur sensor). Tiga yang terakhir merupakan satu kesatuan unit dari 22mm throttle body. Jadi bagi para biker tidak perlu risau jika akan pergi ketempat pegunungan tinggi nunggang JupiterZ1 sebab sensor unit akan secara otomatis mengetahui dan melakukan adaptasi secara auto akibat perbedaan tekanan udara dan temperatur yang dikuatirkan membuat perfoma anjlok….

Yup…dari segi teknologi tidak bisa dipungkiri gen anyar Yamaha lebih menjanjikan. Begitu pula performa…walau kudu dibuktikan dulu test jalanan secara head to head. Sementara dari banderol….secara fair kita tentu belum bisa membandingkan keduanya mengingat versi karbu memang lebih murah dibandingkan injeksi. Entahlah jika kedepan ternyata Honda mampu brojolin NHB FI dengan harga sama. Desain??….buah karya Honda untuk bebek Blade ini memang masuk kategori brilian…indah dan enak dipandang mata. Dipadu sentuhan striping membuat biker dipastikan mumet untuk menjatuhkan pilihan. Sedang NJZ1 tidak kalah menawan. Campur tangan Mr. Takeda sebagai “The man behind M1 & R1” membuat gen anyar lebih agresif serta galak. So….new Honda Blade vs. New Jupiter-Z1??. pilih mana brosis??….(iwb)

Rem belakang…..NHB lebih sporty akibat RDB

Rem Depan sama-sama satu piston

View dari handgrip belakang
Stoplamp NJZ1 lebih meruncing
Angle depan sebelah kiri
Cover muffler NHB membungkus seluruh knalpot dengan bentuk semi oval, lebih modern look
View samping….NJZ1 lebih agresif
Kepala silinder kotak…NHB sudah mengaplikasi lebih dulu
View muka…garis desain sein ada kemiripan
SKS NJZ1 lebih fungsional…jok bisa dibuka tanpa cabut kunci
Crankcase engine NHB dibekali protector….NJZ1 tidak
Air fin membuat NJZ1 terlihat lebih agresif
Spek New JupiterZ1

 

Spek New Honda Blade

  • Panjang X lebar X tinggi : 1.898 x 709 x 1.080 mm
  • Jarak Sumbu Roda : 1.227 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 135 mm
  • Berat kosong : 104 kg
  • Tipe rangka : Tulang punggung
  • Tipe suspensi depan : Teleskopik
  • Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dengan sokbreker ganda
  • Ukuran ban depan : 70/90 – 17 M/C 38P
  • Ukuran ban belakang : 80/90 – 17 M/C 44P
  • Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
  • Rem belakang : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
  • Kapasitas tangki bahan bakar : 3,7 liter
  • Tipe mesin : 4 langkah, SOHC
  • Diameter x langkah : 50 x 55,6 mm
  • Volume langkah : 109,1 cc
  • Perbandingan Kompresi : 9,0 : 1
  • Daya Maksimum : 8,4 PS (6,18 kW) / 7.500 rpm
  • Torsi Maksimum : 0,83 kgf.m (8,15 Nm) / 5.500 rpm
  • Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 0,8 liter pada penggantian periodik
  • Kopling Otomatis : Ganda, otomatis, sentrifugal, tipe basah
  • Gigi Transmsi : 4 kecepatan rotari / bertautan tetap
  • Pola Pengoperan Gigi : N – 1 – 2 – 3 – 4 – N
  • Starter : Electric starter & kick starter
  • Aki : MF 12 V ? 3,0 Ah
  • Busi : ND U20EPR9, NGK CPR6EA-9
  • Sistem Pengapian : DC – CDI, Battery

432 COMMENTS

  1. 101. Abdi suhamdi – Juli 17, 2012

    Lihat bulan depan? penjualannya mana yang unggul? diartikelin yo mas??
    ==================================================

    KLO BULAN DEPAN JELAS Z1 MASI KALAH, LHA WONG PRODUKSINYA MASI DIKIT….NTAR TUNGGU 3-4 BULAN BARU PRODUKSINYA Z1 MODE MAX DILIAT MANA YANG PALING LARIS :mrgreen:

  2. @kang iwan
    tak tunggu hasil komparasi performa n konsumsi bbm+ keakuratan spedometer.mtr swn.

  3. 104. Paijo – Juli 17, 2012

    @kang iwan
    tak tunggu hasil komparasi performa n konsumsi bbm+ keakuratan spedometer.mtr swn.
    ===========================================

    INI BARU MANGSTABSSS….PENTJERDASAN OTOMONGTIPPPP 🙂

  4. jos marsogood mas iwan komparasinya, klo di lapangan tinggal usaha salesnya yang menyakinkan, klo perlu beri pancingan spg semlohai :mrgreen:

    *mumpung lum bakar2an, nyiapin solar 1 jrigen sambil bakar menyan sama mbakar telo kali aja pada dateng 😆

  5. BAERARTI JUPE YG KMARIN GAGAL…umurnya pendek….gak pa2 buat vega masih bisa…berarti?

  6. @84. masem.

    tunggu harga resmi aja baru koar2 lg,,. Coz banyak banget fanboy2yamaho menyesatkan yg fanatik buta!
    ===============
    emanghya menurut lu yg milih jupiZ1 itu org yg fanatik n buta merk ea??? Utk smentara ini perbandintan d atas kertas sii jupiz1 vs NHB 1-0 broow.. emg yg buta merk itu sbnrnya siapa see??? Kayaknya ello dc.. :mrgreen:

  7. WARNING! Buat fby dilarang keras OOT ke 250cc!! Daripd cuma malu2in nebeng merk tetangga mulu! Urusin aja bebek kwek2! Understands?? :mrgreen:

  8. yg jelas produk baru patut di tunggu hasil komparasi hariannya.

    @whitesmile
    waahhh telat lu, gw udah manggang bbq nih dari tadi. berhubung apinya belum besar banget jadi ya baru setengah mateng bbqnya.

    cesss cesss….kebul kebul

  9. Hmmmm…. gini ajah…
    NJZ tambahin tuh rem diks nya di belakang
    NHB pakein injeksi…
    kalo udah, dua2nya di test ride head 2 head di jalanan…
    baru deh adu2an komen…

  10. 110. arnold – Juli 17, 2012

    WARNING! Buat fby dilarang keras OOT ke 250cc!! Daripd cuma malu2in nebeng merk tetangga mulu! Urusin aja bebek kwek2! Understands?? :mrgreen:
    ======================================================

    INI LG NGELINDUR YAH….KECIAANNNNN………JUALAN nhb DULU SANA GIH, :mrgreen:

  11. 112. HondaBoy – Juli 17, 2012

    Hmmmm?. gini ajah?
    NJZ tambahin tuh rem diks nya di belakang
    NHB pakein injeksi?
    kalo udah, dua2nya di test ride head 2 head di jalanan?
    baru deh adu2an komen?
    ===============================================

    NGELES LAGIII,…….DIADU AJA KONDISI SEKARANG…..KLO GAK BERANI, JADI KONDISI SEKARANG nhb KALAH DARI Z1 DI JALANAN….GITU AJA KOK REPOT

  12. 95. RC110R Rider – Juli 17, 2012

    @true:udahlah bro orang fanfatik emang dah buta..harga satu juta dah ilang dibutakan selisih 1,6 PS..lagian PS itukan cuma ?KLAIM? gak tau gmana realnya di jalan?pengalaman ane new bladeku emang sangar !!! shogun 125 r pun bisa dilibas?.(tapi gak tau gmana keadaan shogunnya, masalah pengendaranya dia jelas dah geber maks shogunnya)?.back to topik?orang ekonomis akan pilih nhb dibanding njz1 sedangkan orang stylis akan pilih njz1 dibanding nhb
    ——————————————————————————————
    hueeeeee… shogun 125 r keok ama nubled? kekx motor ente kenceng neh… seinget gw make shogun r punya temen, makin kenceng makin alus suaranya + stabil di kecepatan 100kpj on speedo ngerebah di kecepatan 80 jg enak aja tuh… tapi gw ragu shogun r 125 keok ama new blade… huehehehehe

    101. Abdi suhamdi ? Juli 17, 2012

    Lihat bulan depan? penjualannya mana yang unggul? diartikelin yo mas??
    ==============================================
    udah tenang aja… bonus ente aman. gak usah panik yamaha naik MS nya..
    kan udah FBH sumpahin biar yamaha, suzuki, kawasaki, viar, minerva etc bangkrut…

    bonus aman kok… gak usah panik… tenang aja…

    :mrgreen:

  13. true
    ha ha ha lah… kalau beri contoh di bilang oot ya. lah ente aja belum tau harga nya berapa… udah menjugde ini barang lebih mahal satu juta… .btw apa nggak kebalik ente tuh yg oot…harga nya aja belum ada ente udah tau duluan. ente sih sama nya mirip kayak si rio ya. barang nya aja belum ada..tapi bilang udah megang.. apa beda nya sama ente… harga nya aja belum ada ente udah bilang mahal sekian sekian. kalau ngeles om.. cari alasen yg bener dung. sebenar nya siapa yg oot om. di kasih contoh di bilang oot. 😉

  14. 112. HondaBoy ? Juli 17, 2012

    Hmmmm?. gini ajah?
    NJZ tambahin tuh rem diks nya di belakang
    NHB pakein injeksi?
    kalo udah, dua2nya di test ride head 2 head di jalanan?
    baru deh adu2an komen?
    ————————————————————————
    mw adu dijalan? buat apaan? gagah2an?
    liat di sirkuit aja mana yang paling cepet… gen jupe or gen blade?
    gitu aja sie…

    kalo MS… ya u know lah…

    :mrgreen:

  15. i.imm.io/wQ3L.png
    masih ada yang protes bebek kok performance? bebek buat balap? gambar diatas ada tulisan racing edition lho.

  16. 118. variongorok – Juli 17, 2012

    true
    ha ha ha lah? kalau beri contoh di bilang oot ya. lah ente aja belum tau harga nya berapa? udah menjugde ini barang lebih mahal satu juta? .btw apa nggak kebalik ente tuh yg oot?harga nya aja belum ada ente udah tau duluan. ente sih sama nya mirip kayak si rio ya. barang nya aja belum ada..tapi bilang udah megang.. apa beda nya sama ente? harga nya aja belum ada ente udah bilang mahal sekian sekian. kalau ngeles om.. cari alasen yg bener dung. sebenar nya siapa yg oot om. di kasih contoh di bilang oot. 😉
    ————————————————————————–
    semua produk yamaha itu operpress kok…
    coba bandingin karbu modern, sks + pbl vs injeksi, diasil silinder n forged piston… lebih value mana???

    ooopppsss… liat MS aja dah!!!!

    :mrgreen:

  17. jeff – Juli 17, 2012

    pas waktu NJZ baru launching apa yamaha ga niat perbaiki itu kekurangan RDB ya ?
    kan udah kalah dari gen lama..
    seharusnya pas keluar yg baru lgsg d perbaiki..
    ini malah d biarin
    ###############################################
    ntar klo dtambahin mau dharga brp?khan udab tau ente, yamahal takut predikat overpret dsematkan lg stlh keong eh xeon

  18. 123. tiger 26 – Juli 17, 2012

    jeff ? Juli 17, 2012

    pas waktu NJZ baru launching apa yamaha ga niat perbaiki itu kekurangan RDB ya ?
    kan udah kalah dari gen lama..
    seharusnya pas keluar yg baru lgsg d perbaiki..
    ini malah d biarin
    ###############################################
    ntar klo dtambahin mau dharga brp?khan udab tau ente, yamahal takut predikat overpret dsematkan lg stlh keong eh xeon
    ====================================================

    EMANG GAK PAKE RDB ITU KEKURANGAN YAH ?????????
    KLO ABS ITU BARU AKU KASI JEMPOL EMPATTTT

  19. Otomotifnet.Com
    “Ya, on the road Jakarta harganya mulai Rp 14,3 juta untuk varian spoke wheel atau pelek jari-jari,” buka Eko Prabowo, GM Marketing Communication & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
    Sedang varian berpelek racing atau casting wheel dijual sedikit lebih mahal. “Yang casting wheel harganya Rp 15,1 juta,” ungkap pria bersahaja ini ketika dihubungi siang tadi (17/7).
    Bila dibandingkan dengan sang kompetitor Honda Blade 110R, harga jual All New Jupiter Z1 memang sedikit lebih tinggi. Honda Blade 110R dilepas Rp 14,1 sudah mengusung pelek racing atau casting wheel. Sedang Blade 110R dengan livery MotoGP Repsol Honda dilepas Rp 14,3 juta.

  20. 127. ciaaaaa – Juli 17, 2012

    horeeeee ada om tiger 26, akhirnya nimari juga.
    wkwkwkwkw

    tp ko bau asep yaa.. :mrgreen:
    ——————————————————————-

    ENTE SALAH, BAU BENSIN BOCORRRR :mrgreen:

  21. Yamaha Resmi Rilis Harga Jupiter Z1, Mulai Rp
    14,3 Juta!
    Pada launching Yamaha All New Jupiter Z1 minggu lalu
    (11/7) di sirkuit Sentul, Bogor, harga jual bebek
    berkarakter sporty ini belum diumumkan. Ketika itu
    harganya masih perkiraan karena masih dalam proses
    registrasi. Tapi kini harganya sudah dirilis!
    “Ya, on the road Jakarta harganya mulai Rp 14,3 juta
    untuk varian spoke wheel atau pelek jari-jari,” buka
    Eko Prabowo, GM Marketing Communication &
    Community PT Yamaha Indonesia Motor
    Manufacturing (YIMM).
    Sedang varian berpelek racing atau casting wheel dijual
    sedikit lebih mahal. “Yang casting wheel harganya Rp
    15,1 juta,” ungkap pria bersahaja ini ketika dihubungi
    siang tadi (17/7).
    Bila dibandingkan dengan sang kompetitor Honda
    Blade 110R, harga jual All New Jupiter Z1 memang
    sedikit lebih tinggi. Honda Blade 110R dilepas Rp 14,1
    sudah mengusung pelek racing atau casting wheel.
    Sedang Blade 110R dengan livery MotoGP Repsol
    Honda dilepas Rp 14,3 juta.
    Lebih mahal? Tunggu dulu, secara spesifikasi, Yamaha
    All New Jupiter Z1 memang unggul dengan teknologi
    pengabutan bahan bakar injeksi. Sedang Honda Blade
    110R masih mengusung karburator.
    Selain itu, beberapa penyempurnaan pada mesin baru
    yang diklaim membuat performanya meningkat 20
    persen menjadi salah satu unggulan. Peningkatan
    performa ini karena mengadopsi teknologi special
    engine YZ Crankshaft Technology, Low Friction
    Technology dan Forged Piston.
    (motorplus-online.com)

  22. @ true
    soal harga mau selisih brapa itu hak nya pabrikan. Toh masing2 pabrikan punya standart n parameter ndiri2 buat nentuin harga.
    Minus rdb g bs dijadikan acuan bhwa z1 operprise. Ad harga ada rupa.
    Nhb pake rdb tp kualitas no sekian (smua org jg tau) yg pnting tampilan. Pun di material body lbh tipis.
    Sdangkan z1 minus rdb tp kualitas tromolnya wow smua org jg tau. Mtrial body jg lbh tebel. Urusan mesin z1 jelas di atas nhd. So bnyak variabel buat nentukan harga. Minus rdb brarti operprise…? Oohh tdk bs.:D

  23. 135. RI.SpdO – Juli 17, 2012

    @ true
    soal harga mau selisih brapa itu hak nya pabrikan. Toh masing2 pabrikan punya standart n parameter ndiri2 buat nentuin harga.
    Minus rdb g bs dijadikan acuan bhwa z1 operprise. Ad harga ada rupa.
    Nhb pake rdb tp kualitas no sekian (smua org jg tau) yg pnting tampilan. Pun di material body lbh tipis.
    Sdangkan z1 minus rdb tp kualitas tromolnya wow smua org jg tau. Mtrial body jg lbh tebel. Urusan mesin z1 jelas di atas nhd. So bnyak variabel buat nentukan harga. Minus rdb brarti operprise?? Oohh tdk bs.:D
    ——————————————————————————-
    RDB >>>>>>>>>> Injeksi + Forged Piston

  24. dasar sales..di kasih contoh bilang oot.
    kalau sesembahan nya kalah.. alasan nya banyak amat.
    nggak fair lah..
    info yg menyesat kan lah..
    disuruh beli yg cc nya gede lah
    fanatik buta lah… btw nggak kebalik ya.. siapa yg fanatik buta. kasian amat ya fanboy onda beberapa hari ini babak belur di hajar koment nggak bisa bales. mulai dari motogp ampe si Z1… sampe sampe udah banyak yg seteres kayak si rio.. saking pinginnya udah mimpi telah beli si Z1. eets jangan marah ye ..ane cuma berkaca dari banyak nya sampel fbh yg udah.. rada rada.. ghitu lo. sangking makan ati di gebuk koment. 😎

  25. 131. Cb – Juli 17, 2012

    Woaw selisih 1jt versi casting whell.. Overpress gk ya? Bakar bata dulu..
    ——————————————————————————

    YAYAYAYA nhb CUMAN NGANDELIN RDB ABAL2x NGISSIN2xNI,
    GAK PAKE FORK PIST, GAK PAKE INJECTION, MESIN CUMAN 8,4PS… nhb MEMANG MOTOR MURAH…AN :mrgreen:

  26. @Roy (Ducati Wannabe – Trellis Edition)

    cepeet mas brooo keburu menyebaar apinyaa.
    :mrgreen:

    @Mbelgedhess

    wah bisa juga mas bro, sip buat barang bukti
    :mrgreen:

  27. mas iwb yg terhormat,
    dimohon utk sgr diterbitkan artikel komparasi irit bahan bakar jadul njebluk lawan vario 125, utk artikel ini sy rasa semua sdh paham, ga lebih 1 taon lg, nhb injeksi uda nongol utk ngelibas najiz kendaraan lelembut fby…..ya rerata jelas barang baru dan jiplak kyk najiz bs lbh unggul khan metode jiplak/plagiat diolah sm tuan tak kasih murah,ksh nama aneh2 model injeksinya…masy. awam.yg terkena rayuan manis lelembut fby dpastikan msk perangkap….smoga mas iwb bs mberikan pencerahan pd lelembut fby

  28. tebakan saya pasti Mas Iwan sendiri akan milih Jupiter Z1,

    disuruh pilih antara produk tetangga yg pakai RDB dengan motor non RDB, ergonomi riding ala Ducati 848 pilih yang non RDB miniatur Ducati 848 . yaa too ??

  29. @Roy (Ducati Wannabe – Trellis Edition)

    waaah ente salah nyolokin selangnya.mas bro, itu mah saluran pertamax,,

    waah gawaat nambah gede apine.
    :mrgreen:

  30. @ variongorok
    ya bgitulah om tabiatnya. Mulai dri pucuknya sono sampe sales2 n fbh nya. Salah bner g mau kalah. Kalah pun g mau kalah, aplgi ngalah 😀
    g di jualan g di balapan, sampe mati di bela tuh ma sales n fbh nya.
    Dah filosofinya kale, lambangnya sayap ngepak. Maunya diatas terus g bleh ad yg laen. Apapun cra ditempuh.

  31. kenapa hsx 125(bukan helm in) lebih mahal dr pada nhb?

    ya karena performa hsx lebih baik, padahal fitur seimbang(sks, rdb).

    jika performa hsx 125 sama dgn nhb, apa yakin laku??

    BTW,, bagaimana dgn nhb vs z1 tanpa melihat merk??
    lebih value mana???

    open your mind and NO BRAND MINDED…

Comments are closed.