iklan iwb

Memang dilema kalau sudah membicarakan Industri otomotif. Ketika penjualan meningkat, mereka dituduh sebagai biang kemacetan. Namun menurunnya produksi juga tidak diharapkan karyawan yang bekerja disana. Sebuah ironi serta kondisi yang tidak bisa dihindari. Seperti yang akan terjadi bulan Juni ini brosis. IWB mendapatkan informasi yang bisa dipercaya bahwa beberapa pabrikan berencana menurunkan produksi hingga 30%. Artinya?? PHK mengintai para karyawan!!…

Dalam bocoran internal yang IWB terima, disinyalir dua pabrikan besar bakal menurunkan produksi hingga 30%. Rencana efektif berlaku pada bulan Juni 2012. Hal ini merupakan ancang-ancang atas berlakunya peraturan pemerintah yang mengharuskan DP atau UM pembelian kredit kendaraan bermotor minimal 25-30%. Jelas para produsen panik atas kebijakan tersebut. Penjualan produk yang mayoritas ditopang dari sistem kredit akan tersendat akibat mandeknya distribusi. Jika UM kudu besar, daya beli masyarakat melemah ujung-ujungnya sales anjlok. So, wacana ini sudah masuk dalam prediksi mereka….

Mirisnya, yang menjadi korban secara langsung sekali lagi para buruh kecil. Bahkan dua vendor besar telah merumahkan 40%-25% pegawai kontrak mereka perhari Senin kemarin. Tidak hanya itu, rentetan pemutusan hubungan kerja terhadap buruh disinyalir juga akan diikuti pabrikan utama. Estimasi, mencapai 25% pegawai non permanen. Merupakan pukulan berat jika ini terbukti….

iklan iwb

Last...bukan hal yang mudah untuk memutuskan. Namun bagaimanapun bisnis tetap bisnis yang kudu memikirkan kelangsungan korporasi mereka. Jika pemasukan menurun, dampaknya adalah pemotongan beban finansial. Dan…cara paling gampang adalah pengurangan karyawan. Untuk apa buruh banyak jika produksi turun?? Begitulah kira-kira. Semoga ada jalan tengah yang sama-sama adil dan menguntungkan wong cilik…..(Iwb)

Noted : Gambar hanya ilustrasi (Google)

113 COMMENTS

  1. suatu langkah kebijakan yg salah dari pemerintahan negri ‘Auto Pilot’.. mereka (pemerintah) sebaiknya melakukan RnD dulu ( Research n Development ) untuk mensosialisasikan kebutuhan rakyat kecil. Untungnya ada salah satu Orang yg memegang amanah di kementrian BUMN yg masih memikirkan suatu produksi massal sepeda motor dalam negri di PT.Pindad. Sungguh Paradox menyaksikan gelombang Kapitalis dari sebuah pemerintahan incumbent yg tidak pro-rakyat.

  2. Mudah2an tidak ada kata PHK di pabrikan manapun
    dan mungkin gak yaa kalo seandainya pegawainya dirumahkan ,
    mereka akan dikasih modal buat bikin usaha sendiri ??
    hemmmm 🙁

  3. @87. ismailov – Mei 29, 2012
    lagi2 buruh yg jadi korban dr kebijakan pemerintah?
    Di satu sisi kbijakan pmerintah sudah bagus..
    Tp disisi laen pmerintah tdk memikrkan solusi utk para buruh..
    ======================================
    iya , sungguh dilema sekali jika hal ini terjadi
    yaaaa…..
    semoga saja pemerintah sudah punya solusinya
    namun masih dalam RAHASIA 😀

  4. kasian banged yang rakyat yang kecil,pemerintah cuma mementingkan kepentingan mereka tanpa melihat rakyat bawah,kalo DP 25% smpai 30% arti nya brapa ya,bukannya semangkin DP nya kecil semangkin banyak untung nya,kenapa mesti di naikkan,ya sabar aja deh

  5. Kebijakan dari BI (25%) atau Kebijakan KemenKeu (20%) yang dipakai??? cekidot om…

    wawwiwiwaw.blogspot.com/2012/06/kebijakan-dp-minimal-untuk-kredit-motor.html

  6. Menurut saya masalah timbul bukan karena DPnya berapa tapi persetujuan kredit yang longgar banget. Proses survey tidak benar-benar dilakukan. Pagi ngajuin kredit sore motor dah sampai rumah. Sebaiknya proses persetujuan kredit yang diketatin. Minimal surveynya dijalanin bener2 lah.

  7. Kl di Kuwait beli mobil malah tanpa DP, cuma SIMnya yang diperketat persyaratannya. Utk bisa beli mobil mesti punya SIM, jd SIMnya jalan diobral …..

  8. Heya i am for the first time here. I came across this board and I in finding It truly useful & it helped
    me out much. I’m hoping to offer one thing back and help others such as you helped
    me.

  9. Catatan kami menawarkan pinjaman pada tingkat 3% dan kami memberikan minimum dan maksimum pinjaman sebesar $5,000 USD, $1,000,000 USD. Tertarik pelamar harus mengisi aplikasi dan kembali untuk prosedur lebih lanjut dan untuk informasi lebih lanjut. Begitu pemohon memenuhi persyaratan, pinjaman dan rencana pembayaran akan dikirimkan kepada Anda dan semua informasi lainnya. silahkan hubungi: [email protected]

Comments are closed.