iklan iwb

Menjamurnya gundukan semen yang dipasang dijalanan kadangkala memang cukup menjengkelkan. Terutama jika sang pembuat tidak memperhitungkan jarak atau ketinggian ideal yang aman untuk pengendara kendaraan bermotor. Kalau ketemu bapak-bapak yang sudah dewasa sih nggak masalah. Dengan sabar mereka pasti mau mengalah….alias alon-alon gas rem persatu meter (IWB pernah menemui polisi tidur model begini). Tapi gimana jika yang melintas anak ABG sruntulan yang tidak telaten mengurangi kecepatan?? nih dia hasilnya…..

Ada salah satu bengkel (thanks bro Hadi info dan surelnya) yang menerima mesin Jupiter-Z nyaris ambrol akibat kecerobohan siempu. Lho koq bisa??…usut punya usut siowner adalah anak ABG yang pecicilan ogah ngerem ketika melibas polisi tidur. Doi tidak tahu penghalang didepannya mempunyai ketinggian diatas rata-rata. Alhasil…duarrrrr, blok oli bagian bawah menghantam puncak semen. Bukannya berhenti….motor tetap digeber dengan kencang memainkan knalpot racing kebanggaan. Doi tidak sadar bahwa blok mesin bawah telah pecah memaksa pelumas mengucur deras keluar. Terus memacu motornya sampai akhirnya ada?bunyi krek..krek..kratak… Mesin mengunci dan macet!!!!

Pagi-pagi dia dorong motor ke bengkel langganan guna diperbaiki. Setelah dibongkar dan diperiksa hasilnya… Dia harus ganti mesin. lho kok bisa?? Remuk mzbro!!. betul-betul seperti habis diperkosa tanpa pelicin. Lha gimana nggak remek, lawong oli ngocor motor tetap dipacu. Berikut daftar bagian mesin yang harus diganti :

iklan iwb

1. Blok Mesin bagian bawah hancur sampai dudukan cylider head
2. Stang Piston sisa sedikit dan bengkok
3. Piston sisa separuh
4. Dudukan bearing dalam mesin hancur dan rompal semua (monggo di zoom).

Ketika iseng tanya ke kemekanik “apa nggak bisa dibubut aja..?” jawabannya, ” apanya yang mau dibubut?? semua daleman mesin dan dudukannya rompal.. …dan resiko besar bila dibubut..”.?Byuh…cuma bisa mlongo. Yup…itulah jika mesin tanpa pelumas. Ibarat tubuh manusia, ?seperti darah yang mengalir disel kita…..yo asile mumut. ?Nah…..masih berani hajar polisi tidur???…alon-alon wae mzbro, cari safety euy. Ketimbang nyesek, iyo ora. Btw punya pengalaman serupa?? monggo sharing infonya…...(iwb)

159 COMMENTS

  1. hm.harusnya ada sidak poldur 🙁
    Kayaknya makin meresahkan deh, bikin ga ada aturan, en bukane harus ijin dulu kalo mau bikin ya?

  2. 81. emun – Februari 20, 2012

    41. Black_Viper ? Februari 20, 2012

    gw benci ma orang yg bikin polisi tidur ?. mereka kebanyakan dendam ma orang yg punya kendaraan, jadi bikin seenaknya, dirmh ada species cmry ma c200 nyangsang juga.

    ======================================================
    Bayangkan jika anak kamu ditabrak alay pecicilan , kayak apa hatimu sebagai ortu ? ?.marah ? ingin bunuh ? sabar ? pasrah ?

    Poldur dibikin karena ulah pemakai motor yang suka ngebut tidak memperhatikan keadaan sekitar ( apatis ) , biasanya mereka ini memakai knalpot bajing*n !!!
    —————————————————————————————
    gueh setujuh bos !!!!!!!!!!!!!!……

  3. kalau nggak salah di jakarta barat sudah ada penertiban polisi tiduran, dan sebenarnya membuat polisi tidur ada aturannya.
    dishub.mataramkota.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=72:aturan-polisi-tidur&catid=1:artikel-terkini

  4. Stang Piston sisa sedikit dan bengkok??
    Atau itu motornya yang kelewata cepernys??
    Itu polisi tidur ternyata lebih ganas dari pada Polisi bangun…

    Pentingg juga tu aturan untuk menertipkan polisi tidurt..
    Moga di tertipkan yah

  5. ijin sharing bro…. dulu pernah liat orang abis jatuh naek motor, pijakan/step depan bengkok ke atas. Sama yg punya motor inisiatif benerin step depan itu dengan cara dipukul pake palu yg gede!!!! padahal dah dikasih tahu ma orang2 jangan pake palu, yg aman pake pipa bwt nekuk step biar bener lagi ditambah diwahnya diganjel sama balok kayu dulu…. tp karena yg punya motor itu ngeyel nya minta ampun dipukul-lah step depan…. dan hasilnya….. pecahlah crank case!!!!! oli mengalir dengan derasnya!!!!

  6. Mohon maaf apabila comment ane byk yg tidak berkenan, ane cuma muak dengan alay seruntulan yg banyak bgt dilingkungan ane makanya dilingkungan ane bnyk poldur
    Ane juga setuju dengan adanya polisi tidur, mbok yo nak nggawe poldur ojo duwur2. Jgnkan motor bebek ma matic motor batangan standard aja kesulitan untuk melewati poldur, kasian juga kan pengendara mobil2 sedan banyak yg nyangsang, pembuatan poldur juga ada prosedurnya ketinggian dan jarak berapa meter lagi boleh dibuat poldur berikutnya.

  7. 116. Bugz – Februari 21, 2012

    ijin sharing bro?. dulu pernah liat orang abis jatuh naek motor, pijakan/step depan bengkok ke atas. Sama yg punya motor inisiatif benerin step depan itu dengan cara dipukul pake palu yg gede!!!! padahal dah dikasih tahu ma orang2 jangan pake palu, yg aman pake pipa bwt nekuk step biar bener lagi ditambah diwahnya diganjel sama balok kayu dulu?. tp karena yg punya motor itu ngeyel nya minta ampun dipukul-lah step depan?. dan hasilnya?.. pecahlah crank case!!!!! oli mengalir dengan derasnya!!!!

    ============================================

    hahhhh….!!! fut step gabung jadi satu ama crank case..???

    purba amat desain tuch motor.. emang entu motor merek apaan..??

    bener2 gilaaaa…!!!

  8. polisi tidur/ poldur memeng kadang2 nyebelin ..TAPI perlu…
    jangankan alay… jaman sekarang bapak2 aja banyak yang sruntulan naik motornya ya bebek ya batangan ya matic rata2 udah parah
    BEGITU juga mobil sama juga… diperumahan dg jalan yg cuma pas ukuran 2 mobil+ sebuah mobil aja bisa ngegas di atas 60km/jam …gimana gak pada was2 dgn kondisi biker dan driver yang kayak gini…

    just sharing….

  9. mas iwan … kalau type hancur nya seperti itu bukan karena kehabisan oli thok… , itu dari penampakan hancurnya.. seperti kasus kena high impact seperti kasus nya water hammer, jadi perkiraanku itu pada hancur karena dudukan cylinder block udah pecah pas nyangkut polisi tidur , liner cylinder jadi melengkung & pemanasannya tidak rata , kalau kasus kehabisan oli sich biasanya ngancing dan paling pisto & boring nya mbaret parah tapi kalau sampai connecting rod bengkok gitu kok kayak nyangkut sama sesuatu

    1. Blok Mesin bagian bawah hancur sampai dudukan cylider head
    ====================================================
    itu cylinder head nya utuh mas.. yang hancur cylinder block boring nya

    btw kasus nya manteb yakin mending ganti mesin dari pada re build !
    :mrgreen:

  10. Mantap gan,dgn artikel kaya bgni biar anak2 alay yg baru punya motor(di belikan orangtua)bisa mikir ko jalan di perkampung’n itu kudu hati2 🙂 nice info

  11. lagian bawanya kaya gitu, ya wajar aja motor ancur..

    seperti pepatah, siapa yg menabur, dia lah yg menuai

    lo ngebut sruduk polisi tidur, mesin lu ancur mentok tuh polisi tidur,

    siapa suruh ngebut”??

  12. Kasusnya sama kaya vega gua,tapi gak separah itu sih,cuma blok mesin bagian kiri di bawah persneling yang retak gara gara ngehantam batu dipinggir jalan pas solo riding malem2,paginya langsung konsultasi ke bengkel langganan dianjurin ganti blok mesin,tapi berhubung gak punya duit jadi dibiarin aja dulu.
    Tapi gua masih beruntung gak jatoh & oli gak bocor sampe sekarang masih fine2 aja padahal udah 4 tahun

  13. apapun artikelnya selalu jd bahan perang para fb……………………..mendingan bikin blog sendiri aja sana…………

  14. tetep safety riding aja deh ga usah macem macem, jadilah pengemudi yang cerdas, tau kapan harus kencang, tau kapan harus pelan, dan tau kapan harus berhenti.

  15. @Black_Viper
    Sip masbro … sebenernya saya juga benci polisi tidur ( bikin tidak nyaman ) akan tetapi gimana lagi , karena sekarang banyak pemotor yang gila2an di gang sempit yang banyak anak kecil … itu kan sangat riskan . Namanya anak kecil kan gak tau dan gak bisa disalahin meskipun sudah dilarang ortunya untuk tidak berkeliaran dijalanan, harusnya kita sebagai orang waras harus bisa lihat situasi setempat

    Ya harusnya poldur harus diseragamkan tidak ngawur bikinnya

  16. 24. ayumi jadi jadian – Februari 20, 2012

    pasti yang bawa umurnya 29 tahun, gendut kaya babon, item, kacamataan, dan habis nyeruduk orang

    lho… tugu tani?…..

    bro iwan,. standar jupiter-Z itu bawah mesin ada lempeng besi/baja sekita 2cm rongganya/seperti lubang angin kalo kena poldur gak bakal langsung kena bodi mesin bawah… andaikan ngebenturpun yang peyang ya besi/baja tersebut… keculai besi tsb udah di copot sama siempunya…

  17. alay si anak tanpa otak… mikirnya keren2an doank… kalo bos ane yg rajin bikin polisi tidur di perumahannya memang demen tinggi2.. dan ngomongnya “biar yg kebut2an nyurusuk masuk got”

  18. to owner tuh motor, makanya jangan maen betot gas aja…. sudah jelas ada polisi tidur, dibikin supaya yang melintas jalannya pelan-pelan….

Comments are closed.