iklan iwb

Bro….lunas sudah rasa penasaran tentang performa engine motor racikan TVS. Dengan embel-embel RTR yang berarti Racing Throttle Response….Apache 160 mampu menunjukkan tajinya sebagai motor yang kencang. Test berikut menjadi bukti kedigdayaan mesin 160cc SOHC Apache….

Uji kecepatan kali ini tidak lepas dari alat GPS recording yang sudah IWB gunakan berkali-kali lewat motor lain. Yah….sudah jamak speedo bawaan pabrikan tidak bisa dijadikan patokan sesungguhnya. Karena itu sejak dari awal, GPS sudah diON-kan agar tidak missed atau lupa. Sebagai informasi….bobot IWB 78kg dengan tinggi 170cm. Dan….seperti biasa…kondisi tengah malam menjadi pilihan utama menunggu jalanan lengang dan sepi. So…test dimulai….

Gear satu IWB betot hingga red line….upshift gear dua, ban depan sempat ngangkat sedikit . Pada gigi dua pergerakan RPM terdongkrak cepat….tembus 64km/jam. Masuk gigi 3….speed dengan enteng melewati 70,80,90,95km/jam….nafas terasa tercekik….gear 4 masuk….motor terus melejit keangka 100, 105, 110, 113km/jam…..mentok red line….shifting final gear (5)….angka speedometer bergerak menuju 118, 121km/jam….agak lambat namun teriakan engine masih padat….dipanteng terus lewat 123….124…125. Angin deras menerpa dari depan membuat IWB merapatkan badan sejajar dengan tanki..terkail 126…126…127…127…tetap 127km/jam…tidak mau bergerak lagi. Dan….trek habis dengan angka mentok 127km/jam. Wihhhh….lumayan kencang mzbro. Tapi…eittt tunggu dulu. Kita intip Runtastic GPS BB berapa top speed sesungguhnya…..

iklan iwb

Berhenti ditempat aman….meraih BB…save recording dan hasilnya??…anjrittt, 119,7km/jam mzbro!! (bisa kita bulatkan menjadi 120km/jam GPS). Woooww…..mantep!!

Sebenarnya IWB nggak terlalu kaget karena pada saat pengetesan….hempasan angin memang lumayan kencang. Artinya kalau sampeyan seorang yang sering nunggang motor…secara feeling sudah mampu meraba speed sesungguhnya. Dengan hasil yang ditunjukkan….berarti penyimpangan kecepatan speedo Apache hanya sekitar 7 km/jam dibanding GPS (persentase monggo dihitung sendiri). IWB yakin….dengan raihan kecepatan diatas, sudah cukup membuat repot mesin SOHC lain. Btw…ini adalah engine 160cc. Gimana kalau Apache RTR 180 ABS datang kemari??. Wihhh….maut tenan mzbro!!

Kalau ada yang bertanya tentang performa diluar variabel lain yang menjadi pertimbangan konsumen seperti 3S dan resale value.??….IWB harus fair mengatakan bahwa TVS Apache RTR 160 memang kencang dan patut dijadikan pertimbangan. Kencang, irit, dan handling stabil. Yang menjadi poin penting lainnya adalah reaksi suspensi dual shock nitro serta kestabilan pada high speed….secara keseluruhan sangat terjaga dengan baik (tidak ngambang). Just for info…karakter engine Apache rada unik yakni enteng dari bawah…namun agak nahan pada RPM 4000-5500 (vibrasi muncul direntang angka tersebut), kemudian melejit kembali hingga nafas habis….(iwb)

151 COMMENTS

  1. mas bro….gimana kelanjutan komparasi speedo dengan gps, terutama soal pengaruh deviasi pada jarak odometer dengan jarak sebenarnya???
    ini salah satu komen di warung sebelah yang persis pertanyaannya ama gw….

    48. mantyasih – Desember 27, 2011

    gus tri, sedikit masukan, mengingat, speedometer ada deviasi, apakah hal itu tidak berpengaruh juga di odometer? sehingga, kilometer ditempuh oleh odo, tdk sesuai dengan kilometer actual, yg dikarenakan deviasi speedo?

    sbg gambaran,

    motor A: untuk yg deviasi speedo mencapai hingga 15%, maka jarak 60 km by odometer hanya akan menjadi 52-an km. jika konsumsi bbm mencapai 1,5 liter, brarti actual konsumsi adalah sekitar 1:34,78

    motor B: jika deciasi speedo hanya 5%, jarak 60 km odo bs jadi adalah sktr 57 km. jika konsumsi bbm mencapai 1,6 liter, maka actual konsumsi menjadi sktr 1:35,71

    dgn cara sekarang, terlihat motor B lbh boros (butuh 1,6liter utk jarak sama 60 km by odo), padahal actual lbh irit.

    ayoo di bahas bikin artikel nyaaaa

  2. saya pengguna TVS Apache Stndar dan juga orang awam & Bukan anggota club.
    soal akselerasi dan tenaga sangat mantab.menjelajah malang selatan di libas dengan mudah…
    untuk ketahanan mesin juga bagus..pernah saya touring dari serang banten ke malang jawa timur…
    waktu lewat pantura top speed dapat 120 kpj.mesin juga oke2 aja
    kekurangan perseneling kurang nyaman. keknya harus ganti pake kampas dan per tiger ya….juga klo mesin terlalu panas rante keteng berbunyi agak keras kenapa ya?

  3. saya pengguna TVS Apache Stndar dan juga orang awam & Bukan anggota club.
    soal akselerasi dan tenaga sangat mantab.menjelajah malang selatan di libas dengan mudah…
    untuk ketahanan mesin juga bagus..pernah saya touring dari serang banten ke malang jawa timur…
    waktu lewat pantura top speed dapat 120 kpj.mesin juga oke2 aja
    kekurangan perseneling kurang nyaman. keknya harus ganti pake kampas dan per tiger ya….juga klo mesin terlalu panas rante keteng berbunyi agak keras kenapa ya?
    oh iya yang terakhir tp juga penting bagi mahasiswa konsumsi Apache sangat irit tuh ane bandingin ama megi …apalg klo dipake di luar kota..iriit tenan

  4. saya pengguna tvs apache asal pontianak. mtr ini memang kencang. saya sdh 3 kali bw mudik 1100km pp. pernah top speed 131 kpj full stndr. cm lbh srg dpt top speed 125-128kpj. asalkan setingan pas. kelemahan mtr ini cm getaran stang di skitar rpm 5rb. klo bw kenceng mlh enak.

  5. tambahan lagi, top speed 125-128kpj cm bs didapat dgn posisi bdn nunduk. klo posisi tegak cm maksimal 116-120kpj tergantung terpaan angin. setingan jg hrus pas. pernah sekali wktu setingan gak pas cm bs maksimal 108kpj mlh bs diladeni ama jupiter mx. tp abs itu setelah setel ulang lg satria fu pun berani di lawan..

  6. @ bro rudi 109.

    Monggo dicoba diganti kampas dan per koplingnya mzbro..byk alternative tp kbykan pakai punya tiger..jd lebih kenyal dan enak tarikannya..setelah itu coba disetting, sudah byk kasus persneling kurang enak ini hilang ko bro (semoga dpt montir yg oke, tinggal setting saja..domisili di mana bro?). Kmdn coba jg ganti oli mesin dengan federal double x. Oli ini hanya 35rb per liternya..tp cocok sekali utk apache, plus tdk gampang menguap…ajipp pokonya (tp oli jg selera masing2 yah mzbro).

    Mau lebih tokcer lg monggo di install oil cooler..bs pakai punya satria fu atau after market, 450 – 600rb. Tp kl mau pasang hrs konsultasi dgn yg sudah pakai yah mzbro spy lbh tepat cara pasang dan jalur olinya..monggo ditengok fb tmc nasional (tvs motor community).

    Untuk soal irit…maknyusss tenan…bisa dan sudah dibuktikan, byk yg sudah berikan testimoni ttg ini..saya tdk perlu sampaikan lg.

    Salam biker

  7. hebat deh produk india berkat didikan inggris kali yee jaman jajah2an dulu!! ktm, royal enfield,piagio juga bikin motor d india,belum lagi motor2 eropa yg lain! yah apa boleh buat image motor jepun emang udah mendarah daging d indonesia!! selamat kerja keras aja deh utk motor india dengan kualitas yg sebenarnya ok dan bisa jual dngan harga murah!!!

  8. Bersyukur kalau bisa sampai 127km/jam Top speednya…..

    Tapi terus jangan buat kebut2 an yachhhhhh…..cari selamat ajah dechhhhhhh…..lah wong bukan untuk balapan kok…..terus kalau di katakan paling cepet emang dapet apa sichhhh

    Pengalaman pakai Apache irit dirasain waktu mudik Bandung – Purwokerto…..dari Bandung isi Full…..pas sampai di Purwokerto di isi Full lagi cuman ngisi 4.2 Litre…..jarak tempuhnya 246Km…..berarti 1 Litre bisa 58km Berat Badan 90Kg + Boncengan + Oleh dari Bandung…..lumayan irit kan

    Itu aku buktiin sendiri lohhhhhh……bukan ngarang
    Kecepatan rata2 80Km/jam

  9. @116 Abdul

    Kebanyakan malah dari India …. Kayak NMP pertama Launcing di India ( Honda CB Unicorn Dazzler ),
    Terussss Byson ( FZ15 )
    Suzuki GS150

    Ciri khasnya batok kepala Besar…..cuman Byson ajah yg paling kecil

  10. Bang Iwan, kalo mau “test keiritan bbm”, coba deh pakai harian di rpm 4000-5500 … Untuk city riding sih cukup (+/- 70 kmh @ 5000 rpm). Kalo di saya konsumsi bisa 1:45 – 1:50.

    Mungkin ada hubungannya dgn kesan “nahan” di rentang rpm itu 🙂

  11. Next time test nya di video kan dong, agak ragu juga di gigi 2 bisa dapet 60-an kpj, kyk apa itu suara mesin.

  12. wahh banter juga ya
    Byson ane 125kpj(speedo) tapi udah ganti PE28 & knalpot
    Satria F juga enak tuh kalo mau nyari motor buat kebut kebutan
    Ane pernah nyoba Satria F yang lama (sebulan kemudian keluar yang baru) sampe 154kpj (speedo)

  13. SAYA PENGGUNA TVS APACHE RTR 160…
    BATREY APACHE LEMOT, BARU DI PAKEK 1 TAHUN SUDAH RUSAK..
    NYESEL SAYA BELI APACHE…
    BODY BESAR TAPI KAGAK BISA LARI….

    • @zeebozz : mungkin apache bro zeebozz belum dapat setingan yang pas. coba ke bengkel resmi dan minta seting klep dan karbu. untuk masalah batre mungkn jg kurang perawatan. punya ane motor keluaran juni 2008 smp sekarang alhamdulillah batre belum ganti. dan masih awet sampe sekarang.

  14. @zeebozz : saya make apache udh 2 thn msh lancar2 aj tu batre. masalah lari pasti setingan gak pas. saya pernah ngalami. lari 108kpj aj udh ngos2an. biasanya setelan angin karbu yg gak pas. tp pas udh disetel lg karbunya dpt 130kpj.

    • punya ane bisa 131kpj, itupun karena ada orang nyebrang. kl g ada orang nyebrang mngkn msh bisa lebih. ada bukti videonya koq.

  15. Motor gak Perlu yang paling Kenceng yang penting AWET, IRIT, PERAWATAN MURAH bagi produsen yang penting Motor Laris Manis…(Laba Naik) ; klo mo KENCENG HONDA RC212v (di motor GP) merek lain belum bisa ngalahin biar kata top speednya yahud dijalanan..mana buktinya di sirkut

  16. salam kenal mas iwan.perkenalkan saya ryder apache 160 dari alas roban kota batang 3 tahun saya pake ne motor top speed bawaan standar yang pernah saya raih adalah 145 km/jm waktu saya kebut di arteri kendal-semarang dengan riding syte ala pembalap motogp.mungkin tekanan angin berpengaruh.dan bobot saya 67 kg tinggi 170cm .juga mempengaruhi akselerasinya x ya.salam jos aja buat mas iwan.pelan-pelan wae haha.

  17. Jupiter mx gw top speed di speedometer 125 km/h di gps symbian gw dapet 116 km/h,tenaga masih ada.keburu ktemu mobil macet karyawan pada balik kerja.karakter motor overstroke itu di putaran atas lemot.makanya pas final gear betot gas mesti di urut pelan2.biar pembakaran busi stabil.bro iwb mantap!!!pengn tau top speed p135 dong brooo?di lapangan p135 di lahap m mx gw.peace….

  18. kaka ipar gw pny pulsar n msh standar..
    gw cb d trek lurus skitar skitar 1-1,5km tembus tuh 136kpj itu jg ky’a msh mau naek..
    lagian speedometer bajaj lbh teliti, kalo d fu skitar 156kpj..
    poko’a trgantung tinggi kecepatan, semakin rendah keceptan, makin dkit bedanya..
    pnrh bandingan sm fu, kcptan 60kpj fu=52kpj pulsar: 90kpj fu=78kpj pulsar; 96kpj pulsar= 112kpj fu, makin lm makin jauh beda’a..
    jadi gw asumsiin kalo gw kcpatan 136kpj mungkin minimal beda’a 20kpj..

  19. jadi speed fu yang bener tuh brp sih? ane baru dapet 120 km coz mata udah keluar air kaya yang nangis, hhahahahhaha. abis kaca helm ga ditutup

  20. Semua Pengen Menang Sendiri,Apanya Yang Dibanggain.Safety Riding Bro,kita Naik motor/touring ya dinikmati aja.pelan2 sambil liat Pemandangan mengagumi Ciptaan Tuhan.lo Bangga ma Motor Lo Percuma Juga,lah wong made in Luar Negeri.justru Menimbulkan Keributan sesama Bikers.

  21. Today, I went to the beachfront with my kids. I found a sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She pput the shell to her
    ear and screamed. There was a hermit crab inside annd it
    pinched her ear. Shhe never wants tto go back!
    LoL I kniw this is completely off topic but
    I had to tell someone!

  22. Very good blog! Do you have any hints for aspiring writers?
    I’m hoping to start my own website soon but I’m a little lost on everything.
    Would you recommend starting with a free platform like WordPress or go for a paid option? There are so many choices
    out there that I’m totally confused .. Any recommendations?
    Thanks a lot!

  23. Full pabrikaan New Apache 2012 160 cc versi spido gw 75g 178cm oli 10w-30 bbm premium sedang nyoba 20Juni 2016 BERULANG-ULANG jalan sedikit mendaki :Gigi 2 70km/h mentok, di rpm 11500 mentok

Comments are closed.