Part 5 (Habis) : Pengalaman dlosor diatas GL-Max…..teringat seumur hidup !!

129
200
“IWB, Udin, Desy, Tomie dan Berlian (sekarang jadi istri Tomie )”

Iwanbanaran. com – ” Nahhhh….iki bocah mau soko duwur banterr banget ugal-ugalan. Bener iki bocahe…ora salah maneh (nahhh ini bocah tadi dari atas memang kenceng bener naiknya ugal-ugalan. Nggak salah lagi ini anaknya…”) teriakan sebuah suara dari belakang IWB disela kerumunan. IWB langsung menoleh dan…darahpun seperti turun ke bawah kaki. Lambe mangap alias dlongop. Waaaahhh….jebule polisi cakkkk. Bongko tenan lek iki reekkkkkk !!!!…

Panas pipi serta rasa ngilu didengkul dan siku seperti hilang rasa saat melihat pak polisi datang kangbro. IWB mung iso bengong tanpa mampu berbuat apapun. Posisi badan masih terduduk diaspal karena kepala juga kliyengan. Tidak jelas berapa petugas yang datang. Saat itu IWB hanya menangkap bayangan Tomie didepan pelupuk mata….

Iyo cak….kesibukan Tomie yang berusaha menerangkan kejadian sesungguhnya. Asli….tiap detik berjalan cukup lama. IWB hanya bisa menunggu dengan badan lunglai. Entah berapa lama IWB tenggelam dalam lamunan hingga tiba-tiba wajah Tomie sudah didepan mata. “Cilokooo pekkk…cilokoooo..“serunya membuat mulut IWB langsung mangap……

Nyapo pekk, apane sing cilokooo??. Piyeee??..”tanya IWB lirih. “Ojo nggarahi jantungen kowe ki pekkk (jangan bikin jantungan kamu tuh) “uber IWB lagi. Wajah Tomie seperti mayat hidup cak. Pucat pasi dan kebingungan. Wahhh….ora beres ki kayaknya. Sambil menahan nafas dalam doipun akhirnya menjawab. “Motor disita polisi pek…modiarrrr aku. Iso dijantur (gantung red) bapakkuu iki pekkkk…” tukas Tomie membuat IWB makin lemes….

Lemes dalam segala hal yang pasti. Lemes badan, pikiran dan dana. Sudah bisa dipastikan untuk mengurus semuanya akan membutuhkan biaya besar. Lhaaa duit gambar cakil opo secara uang saku jaman segitu cuma seimprit. Ditengah kekalutan tersebut…motor Tomie malah raib digotong petugas. Hanya tertinggal kami serta warga yang berusaha menolong ala kadarnya. Terus iki mulihe piyeeeeee?. Jenenge jian sengsoro dobel kwadrat ki hiks hiks….

Tidak ada jalan lain…kitapun memutuskan pulang menggunakan angkot. Lawong jarak rumah dari tempat kejadian masih sekitar 50 km. Kerumah sakit??. Ora cak….kepalang tanggung karena kita nggak mau ketahuan bolos sekolah. Selain itu disaku tidak ada uang sama sekali. Kereee judule rek. Yang tidak kalah menyiksa saat detik-detik dalam angkot. Cedera pipi makin terasa ngilu dan panas. Dengkul dan siku berlubang dengan seragam sekolah jebol dedel duwel membuat mata penumpang lain memandang aneh. Jaran kepang tenan kiii. Seandainya bawa sarung IWB pasti tutupi muka tuh. Isinnn cakkkk…

Singkat cerita kamipun sudah tiba di Tulungagung sekitar jam 4 sore. Masalah pertama….IWB harus mencari alasan jitu agar bokap tidak murka. Akhirnya ditengah kekalutan….IWB dan Tomie punya ide. “Kek….alasan tibo (jatuh) nang alun-alun wae. Pas mulih sekolah rebah miring ban ngarep (depan) ngesot kenek pasir aspal. Piye?“cetus Tomie. Weleh….jiann utek bandit memang canggih tenan ki. Logis dan masuk akal (btw jangan dicontoh cak, ora bener blas soale :mrgreen: ). Setelah sepakat, IWB-pun digelandang pulang ke rumah. Bokap terkejut melihat kondisi IWB yang memprihatinkan. Jantung dag dig dug ora karu-karuan. “Lhooo…nyapooo kii koq bundas kabeh?? (kenapa koq luka semua?)” selidik bokap penuh curiga…..

Apes tenan cak. Wis luka nggak disentuh untuk diobati…..batin tertekan ketakutan setengah mati. “Anu pak….jatuh dialun-alun saat kenceng motor terlalu miring..”jawab IWB gemetar. Bokap langsung tertawa. “Awakmu tibo ora gawe teknik. Tibo ki awak digelindingno ben ora babar bunyak. Tibo nang aspal ojo dilawan….entek wis dengkul karo sikut (kamu jatuh nggak pakai tehnik. Kalau jatuh badan digelindingin saja biar nggak luka. Jatuh diaspal jangan dilawan…habis tuh sikut dan dengkul”)..”tukasnya santai. Jawaban yang membuat IWB ingin jambak rambut sendiri sekaligus lega. Lha piye…..

Komennya santai super enteng tenan dari bokap. Dlosor koq pakai mikir sik. bener sih memang kalau kita bisa melakukannya. Tapi namanya dlosor pasti spontan….badan bereaksi dan terjadi begitu cepat. Disisi lain IWB sangat lega karena respon bokap ternyata tidak semengerikan yang IWB bayangkan. Akhirnya….setelah melewati perjalanan yang melelahkan…IWB-pun terlelap dirumah. Badan terasa remek IWB rasakan semalaman. Opo maneh besoknya…wisss jian koyok mau prothol kangbro balung……

Last…Tomi sendiri malam itu langsung kembali ke Trenggalek untuk nebus motor. Biaya yang dikeluarkan tidak sedikit karena administrasi yang dibebankan mencapai 75 ribu…gede cak kuwi. Sebagai gambaran harga bensin perliter kala itu hanya sekitar 725 rupiah. Mrongozzz to. Itu belum biaya untuk memperbaiki motor yang rusak parah.  Tidak heran Tomie frontal tanpa tedeng aling-aling saat mendapati dompet IWB tanpa isi ketika minta bantuan biaya perbaikan motor. “Pekkk-pekkk…dompet tebel isine koq mung KTP. Ganteng-ganteng koq kere kowee ki pekkk pekkk….“serunya terkekeh. Hasyemmmm makjleb tenan ki :mrgreen: . Yup….sebuah pengalaman tak terlupakan dlosor diatas Honda GL-Max dan akan selalu IWB kenang seumur hidup. Terkenang karena pekok tenan. Piye cak….punya pengalaman serupa kayak IWB oraa?. Hayoo ngakuuu :mrgreen: ……(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1613

129 COMMENTS

  1. pernah dlosor aq jga lek pas turing ke bayuwangi ,pas di tikungan kcpatan tinggi alamat dlosor ,spion sampe remuk tpi gk msalah turing lanjut trus sampe ke pulau merah

  2. ada mas,karna pingin cepat sampai gas pol,akhirny nldlosor,moto rusak,luka,kenai tilang pula.jadi pelajaran berharga mas ada sedikit pesan nih #kalo mau cepat sampai tujuan,berangkatlah lebih awal,keselamatan lbh pnting karna hidup buat game play station bisa ngulang dr awal lg hahahahaha

  3. Jangkrik tenan! Jawabane bpake sampean gokil hahahaha
    Nek aku ndlosor goro2 nyrempet mbak2 nyebrang ndek ngarep kantor koran ng daerah solo lek. Untunge yo gur tatu sitik2 tok, mbake syok kyake tk srempet

  4. Bensin rp725 /liter sekarang anggap aja naik 1000% (rp 7250) , jika om tomy nebus rp 75k kurs nya jadi rp 750k.
    Mumpung mudik numpak pajero (panas njobo njero ) ndang di ijoli duit-e om tomy 😂😂😂😂

  5. 75 ribu,?
    iso dinggo tuku bingsin 100 liter jik enthuk ijolan kuwi pak..
    wkwkw

    saya baru 9 desember kmren pake FU jatuh skitaran lmpuyangan jogja, siku lutut dan atas mata kaki (esmua sisi kiri) lecet, gara2 ngindari range rover di traff light.
    pdahal keesokan harinya 10 Des ngehadirin kondangan di Tasik,
    +-8 jam dari jogja ke arah barat,
    motore gak ono baret,
    rasa2 nya saya dijorokin tuyul itu,
    wkwkw

  6. jadi inget dulu berangkat kuliah pake astrea grand, buru buru ngejar waktu ujian semester, wes sewengi sinau ora turu, budhal subuh nang kampus, lewat ngarepe pasar kepanjen, ono bakul krupuk belok kanan ora tondo tondo…

    mak bresss…

    klonthang klonthang podo gelinding kabeh…

    ngunu iku pas pulisi teko yo ra di tawari berobat, malah diminta sim stnk, terus di kon nang polsek,

    bener tenan, ning polsek malah dikon mbayar 50rb…
    dianggap membahayakan orang lain.

    ngoahahahaha…

    djiyyancukkk.

  7. dadi kelingan jaman iseh blajar numpak motor nggae honda astrea grand nabrak bakul jamu…..wes jongor, motor rusak gara2 mari nabrak mlebu parit, nambakno bakul jamu, di tambah ngijoli dagangane….. Bapakku cuna iso geleng geleng karo ngelus dodo….hiks….

  8. Isin maneh q cak, wes ndlosor atek ketemon guru maneh, awak bundas kabeh sek di omelin karo guru pisan plus di tuturi ” kamu itu masih muda, jalan mu masih panjang ” makanya kalo naik motor jangan ngebut. Sek kelingan sampek sak iki hehehe

  9. masih mending smpean lek gak diomeli…la aku balung pundak sampi tugel malah diomeli ra karuan aring mase aku gara gara vikson ancur bagian depan..

  10. pacare kang iwan sik cewek katok abang????
    welah…….. 3 cowok….2 cewek??? ra imbang ki….

    weka..weka…weka…….!!!!

  11. Yen q tibo neng jalur selatan pas mudik ko bekasi karo calon bojo lek… Kaget pas agi ngebut ndadak ono uwong nyebrang ndadak..ora nge-sein pula.. Motor mlarak neng aspal, tlapak tangan, sikut dengkul bundas.. Engkel sikil tengen geser, ketindihan cvt motor,,yen calon bojoku tangan karo sikut tok,, soal.e tibo.ne tak sikep dadi ra bundas okeh. Motor do lecet baret ,stang ndengkluk(nunduk) padahl yo lumayan banter tibo.ne..

  12. Peh seangkatan karo aku iki pek, Salam kenal wae, aku Papar, Kediri. Motoku biyen F1ZR, dlosor mergo oli nang dalan, jebule ora aku tok, ono 2 motor sak durunge, apes tenan. Jaman semono nyeluk jenenge konco gawe jenenge bapak e, tau pas dolan nag omah (jenenge bpk e ” Bpk WITO” kancaku jenengea ANTOK) pas mrono ngoleki kancaku sing nemoni bpk e, trus takon “Pak WITO wonten” terus diasauri ,”Aku WITO ono opo” lha dalah cengar-cengir dewe aku….

  13. Motor legendaris Honda GL MAX brooo… motor yang jadi cikal bakal deretan motor yaMaho dengan mesin SOHC real no Ngebul sebagai mesin yang di jiplak yaMaho mentah mentah tanpa Kompromi….

    tpi sayang y namanya motor hasil jiplakan pasti tk sebagus aslinya.. terbukti deretan motor yaMaho dengan Mesin SOHC Operstruk jadul jiplakan dari GL MAX masih Ngebul n sampe skrng belum bisa temukan solusinya….

  14. Untung gk pake motor yaMaho kang….

    Bisa di bayangkan pasti sock depannya patah Pateng pecotot keluar pernya Toeng toeng toeng…. maklum sock yaMaho Import India tanpa merk atos glodakan.. makae murah…

  15. hahahhahaha…. podo lek…. aku ndlosor pas pulang sekolah, yang bikin sepesial ga pake telor aku pas mboncengke sinden lek… apesss…. kelingan seumur Hidup…. salam ndlosor……….. hahahhaha

  16. 4 bulan puasa kemarin,jam 3 sore,bangun dari tidur siang,nggak cuci muka,ambil baju koko ma sarung ma kopiah,masukin dalm tas,langsung ambil jupiter z kesyangan,karna hari itu ada acara mau kemakam bapak,bareng-bareng keluarga lainnya,tau nggak enaknya bawa jupie z? Masuk tikungan gas kendorin,oper gigi rendah langsung gas buka separo,pasti ban blakang langsung geol,memberi sedikit efek cornering,bantu belok roda belakangya, Nah karna dah biasa seperti itu,ini kejadiannya,nggak cuci muka,naik motor 80kpj,angin sepoi-sepoi,masih ada rasa kantuknya sedikit,banyak tikungan kanan kiri,ya karna daerah sendiri,mau masuk tikungan kanan,gas tak kendorin,begitu dah miring-miring,oper gigi rendah langsung gas separo-betot gas full,sraakkk…………..siapa tuh yang ngglasar/ndlosor,wah bokong koq rasanya panas ya?,oh teryata aku yang ngglasar,trus ingat si kribo italia,pebalab moto gp,simonceli kalo nggak salah,dia pernah mau jatuh terus pakai dengkulnya bisa ngebalap lagi,tak coba pakai teknik itu walo hanya pakek celana sedengkul,panas cuy,nggak kuat,tak tarik aja tu jupie z yang nyeret aku mau bawa ke sungai kecil,tak sendal stang kanan hingga posisi motor berbalik arah dan akupunbisa berdiri sambil berlari saat itu juga,malu cuy,didepnan masjid,banyak yang sedang tadarus dan depan rumahe pak lurah,masya allloh……celana bagian bokong,atas saku belakang,robek dari kanan sampe kiri,padahal baru 2km,ya udah lanjut kerumah ortu,disana ditanya sama ibu,dinlihat bokongku yang robek,ya…..cuman diketawain,ibu bilang,lha engko tidurmu piye?dah sana mandi dulu,makanya kalo habis tidur cuci muka dulu!agar kalo mau naik motor nggak ada gejala ngantuk!ya udah aku pergi mandi,masya alloh,perihe………tuh kaki ma bokong,habis mandi cuman dikasih obat merah ma ibu,emang aku nggak mau berobat,2minggu baru kering,kayak peyek tuh luka,selama itu juga sering masuk angin,habisnya harus tidur miring ma telungkup,nggak bisa ngatang2,malam terakir puasa,buka minum air belum sempat makan aku minta istri ma anakku buat nglotokin tuh peyek,masya alloh perihnya……..hampir satu jam baru selesai.paginya sholat ied,nggak berani rukuk ma sujud,masih sedikit ndlewer boroknya,takut berdarah,pokoknya nikmat-nikmat sakit deh pengalamn pakek jupie z,sekarang jupie zku dah terjual, habisnya temenku ngrengek mo beli tuh montor,padahal nggak ada niatan jual lho,ya karna sering di sms,ditelpon,jengah juga akhirnya ya tak lepas,padahal banyak yanv ngincer tuh jupie zku

  17. Harusnya perlu ada sekolah / kursus kilat motor yang tujuannya bukan untuk dapat sim tapi bisa mengendarai aman di situasi ekstrem. Tapi jangan seperti demo safety riding yang pakai motor laki dan dibuat free style. mestinya pakai matik.

    Banyak orang yang jatuhnya karena pakai rem depan terlalu kencang.

    Perlu ditunjukkan bahayanya pakai CBS.

  18. Gw jatuh di aspal setahun bisa beberapa kali lek tiap pakai motor sport..
    Pengalaman gw paling ngeri gak terlupakan adalah pernah jatuh disebabkan ban masuk lubang jalan sedalam 15 cm di pantura jateng sekitar jam 6 sore kondisi hujan lebat tanpa penerangan memadai, lalu dari arah belakang gw ada truk tonase hampir lindes gw, untung waktu itu gw masih ada tenaga untuk lambaikan tangan ke arah truk meski kaki udah gak bisa gerak, dan akhirnya gw selamat ditolong orang nongkrong didepan warung kopi seberang jalan pantura..
    Sorry malah curcol, kalo ngebayangin hari itu kadang bikin paranoid sesaat untuk naik motor lagi..

  19. aq y tau tibo nggo rxz 91ek.bar disetting trus tak jaal..wah nak tenan playune..njengat2.
    .ujug2 ono wong go supra pit motong dalan..wis kadung bwanter rem ora nutug..yo wis mak bress..mnclat kbh..gmluntung ning aspal kbh..rxz e skoke dadi huruf L..y mlebu Rs kbh
    etmet

  20. gembus lek… hahah… roto2 do pernah ngalami iki.. po maneh cah seneng ubek2 motor…sik penting saiki salmet, ura yak2 an nehh,,,

  21. Woalaaahhh peeeekkkkk peeekk.. Bener muni e Romo e smpean peeekkk.. Njlungup ae butuh teknik supoyo katon penak disawang lan penak nglakoni ne..
    Wekekekek
    Ojo mbok sawat sendal lhooo…

  22. Pernah abis kuliah iseng cornering, ban belum panas lgsg diajak miring. Pake cbr 150 old, jarum speedo terakhir yg ane liat 120kpj. Lowside lgsg hantem trotoar, motor melayang, jokinya masuk selokan. Wis isin tenan Lek!

  23. Wes tau Lek…
    Adu kambing sama panther
    Pake astrea prima
    Saya patah pergelangan tangan
    Temen yang mbonceng sampe salto kena kaca depan panther cuma mules doang
    Langsung ditangkap PJR, dibawa ke RS
    sama sopir panther dimarahin, untung koe ora matek, nek matek aku Sing dipenjara

  24. Wah, dadi kelingan mbiyen jaman SMK lek.
    lagi enak2 e numpak motor smash 2003, lhakok mak bedunduk ono ibu2 nyebrang ringroad to lek, motor ngarepku kaget malah tibo, mak “srooookkk”, lha aku ng mburine yo kaget, jarak raono 3 meter, rasempat ngerem langsung nabrak motor e mau (ketoke e keno sapit urang e lek), mak “jedarrr”. 2 motor dlosooorr ng ringroad lek. duuuh duuuhh…
    Ibu2 sik nyebrang sembarangan mau langsung ngloyor ae lungo to lek, gak ngroso salah babar blass, asemmm asemm.. Aku mung iso gedek gedek eruh ulah e ibu2 mau lek.
    akibat e celono sekolah suwek, dengkul mlocot. Mbasan rep mlaku meneh, stang bengkok, sik marai mangkel eneh, lhakok ban ku ngarep njeblukk, hess jaann…

    “The Power of Emak Emak”.
    Wah, malah curcol aku lek,,, wkwkwk

  25. jaman segitu yaMaho masih belajar bikin motor 4 tak broo…. wkwkwkwkwkw..

    Ostosmastis sang legendaris anti ngebul honda GL MAX yang di jiplak bro…

  26. iseh ono sek nggantung lek….bar tomi nebus motor pean melu urun bengkelno motor gak lek?
    trus bapak e tomi ngerti ora lek nek do mbolos trs sampean sek gowo gl e pas dlosor…sori lek iseh penasaran akhir e aku..heheheh

  27. jaman segitu FBY masih sibuk ngelap ujung knalpotnya netes aka ngiler Oli hitam keluar dari knalpot ngebulnya kang…. wkwkwkwkwk

    O iya maaf sampe skrng masih ngebul ya…

  28. Sangat menginspirasi (menginspirasi gundulmu sempal ngunu,hehe…) next artikel critain lek gimana akhirnya sampeyan bisa hijrah ke jakarta dr tulungagung sampai bisa seperti saat ini…

  29. Haha jatoh dlosor waktu sekolah apalagi gara gara bolos sekolah… ga ada lek iwan. Soale emang ngga nduwe motor. Ojo maneh nggo tuku bensin lah nggo sangu sekolah wae rekoso.. eeh pas udah punya motor biarpun dapet nyicil pernah juga jatoh.. tapi yg paling parah baru sekitar 7 bulan lalu… lumayan parah lutut kiri di parut aspal pas di tikungan turunan.. kebetulan emang si mbeat kalau di belokan gas ikut tertarik jadi bukannya pelan malah narik kenceng akhirnya ya celaka.. untung pakai helm dan jaket cuman kaki yg pakai celana jeans pendek yg ga tertolong sebulan lebih menderita.. ga bisa jongkok sempurna

  30. Klo jatuh parah alhamdulillah gak pernah dan jangan sampai terjadi. Tapi, klo bikin jatuh orang sampai palanya bocor pernah kang. Di ringroad utara Yogyakarta waktu masih kuliah di sana. Lagi asyik ngebut sm si Greeny (nama jupiter z burung hantu punya saya) yah kisaran 85 kpj lah tiba2 ada motor pitung ngambil kanan gak pake sein lngsng nyelonong. Yo wis pasrah dan nabrak deh. Untungnya ada trotoar pembatas jalur motor dan mobil di sebelah kanan jadi saya gak jatuh, wong malah saya gas kok biar tetep stabil. Cuma ya itu si pengendara pitung jatuh ke kiri, helmnya sampe lepas, mika headlampnya pecah, spakbor hancur, stang bengkok, kepala dia bocor. Kebayang deh ganti rugi berapa. Hitung sendiri, wkwkwk….

  31. Hahaha, ngakak kang. Habis jatuh bokap bukannya panik buat ngobatin malah di ketawain karena jatuh gak pake teknik.

    By the way, nice story. Ditunggu cerita berikutnya kang Iwan. Jozz gandoz pokoke. Hahaha

  32. enek soal “double kuadrat” wealahh pinter jg trnyta matematikane sampean kang.. kuadrat msh di kuadratkan lg.. candak ane “dedel duwell”… ekekekk

  33. tak kiro irengan pekkk…yo ireng ding pekkk…maaf ya pekkk, kata pekkk tak pek. enak le nyebut pekkk.. iso mak pekkk

  34. hihi…oktober 2015 juga saya bohongin ortu kang..pamite mw ke bekasi…eh temen ngajak bablas sampe indramayu.. :v
    di indramayu ribut sama orang mabok..sampe rumah muka bonyok kabeh…bilangnya juga jatoh di alun2 :v

  35. wkwkwk bahasane langka metu… Bongko….,
    kata lokalan yang sekarang jarang digunakan akhirna keluar juga di era moderen…..

    buongkoh tenan kih…

    mantab kang iwan 😀

  36. Mantap kisahnya kang.saya silent reader blog sampean dari bujang wkt msh wordpress blognya. 2010.sya jga ada pengalaman masa tengil yg tak mengenakan.taun 2004 wkt SMA ada tmen pke fu yg notabene wktu itu masih pada jarang yg pnya dnganjuk.singkat nya taun 2005 dibelikan ebes fu biru item.krna didesa bru ane yg pnya jdi mulai keluar parlente nya kang ngebut mulu pgenya.pas ditikungan kn enak buat rebahan dan tk disangka dan tk dinyana ada motor nyalip angkot dari arah berlawan ug lgi ngetem.lsg adu mbek kang saya.potel kabeh awakq kang soale keplanting keceblokan motor pisan ning yg heran motore gpp.lawan saya motor supra fit patah jadi 2 tpi pengendarae gpp.bner2 pling inget sampe skrg pen platinae masih ada di tubuh saya.Kang iwan tulungagunge kro kecamatan gondang legi jauh g?keluarga besar almarhum si mbah saya byk dsna tpi anak putune mencelat keluar tulungagung.dan saya sendiri skrg mukim dmajalengka.ngapunten lak kedawan curcole.hehehe

  37. Hahahaha…………..persis sama kayak aq dulu jg bgtu walaupun beda kota…..aq di kediri sampean tulungagung…….tapi alhamdulillah sekarang jd orang tulungagung. ……..

Leave a Reply