Inden R15 mengular….Yamaha belum akan tambah produksi!

92
18

GIF460x110px460x110-OK image

Bro dan sis sekalian…sejak dirilis beberapa bulan lalu, banyak konsumen mengeluhkan susahnya membeli R15. Inden menumpuk sehingga membuka potensi dealer nakal mempermainkan banderol. Hal ini dikarenakan jatah yang diberikan pusat memang tidak banyak. Bahkan dari beberapa info yang IWB kumpulkan…..banyak dealer hanya mendapatkan jatah 4 unit R15 perminggu. Kondisi ternyata tidak serta merta membuat YIMM grusa grusu meningkatkan produksi sang R15. Lha….koq bisa. Apa alasannya??…..

Yamaha Mio

Saat ini Yamaha memproduksi R15 sebanyak 5000 unit perbulan. Angka diatas untuk menyuplai permintaan pasar lokal. Kapasitas akan tetap dipertahankan hingga beberapa bulan kedepan. Perkara membludaknya inden R15…..YIMM ternyata belum berniat meningkatkan produksi sang kuda besi secara grusa grusu. Hal ini diungkapkan oleh pak Eko Prabowo (GM Marketing PT YIMM) saat pelepasan mudik GT beberapa waktu lalu…..

“Produksi R15 saat ini 5000/bulan. Jumlah belum akan ditambah. Kita lakukan analisa paling tidak 6 bulan setelah rilis. Apakah betul permintaan konsisten dan bukan hanya karena eforia sesaat. Itu yang akan kita pelajari” tuturnya keIWB. Lha….kenapa tidak langsung digeber aja toh data konsumen yang inden kan ada didealer. ” Kita nggak boleh gegabah mz. Kemampuan vendor pendukung juga harus diperhatikan. Setiap meningkatkan produksi….perhitungan kudu matang sebab komponen yang sudah dibuat tidak bisa dikembalikan. Tapi kita tetap akan review dan analisa perlu tidaknya menambah produksi” tutupnya…..

Last….sepertinya Yamaha cukup hati-hati dalam menentukan langkah produksi R15. Dan kondisi bisa jadi terpelihara hingga beberapa bulan kedepan. Makanya jangan heran jika produk ini jadi rebutan. Ibarat satu produk…..yang ingin memiliki ada 10 orang. Yo botak sariawan rek. Kalau sudah begini hukum pasar akan berlaku. Siapa yang berani bayar lebih…maka merekalah yang akan mendapatkan. Indikasi inipun sudah terjadi pada R25 yang memberlakukan embel-embel uang administrasi diluar banderol hingga mencapai 1-1,5jutaan. Dealer dan praktek ilegal yang harus kita basmi pastinya. Nyidam R15???. Kayaknya harus sabar kangmzzz….(iwb)

Post by IWB. Follow us on….

Twitter : @iwanbanaran
FB : Iwanbanaran
Email : Iwanbanaranblog@gmail.com
Youtube channel : Iwanbanaran
Path : Iwanbanaran
Google+ : Iwanbanaran
Blog alternate : IWBspeed.com

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

92 COMMENTS

  1. yamaha mw nunggu kali mas,pas CBR150 local yg ga lama lg nongol masi tetep konsisten ga jumlah permintaan dan penjualannya..
    kalo tetep konsisten baru di perbanyak jumlah produksinya..
    main cara aman YIMM kyknya,tp y kalo kyk gitu kalo yg ga sabaran mw bli R15 tp ga dapat” motornya y bisa kabur ke merek sebelah kalo bisa dpt lebih cepat..

  2. Kok pesimis gitu pak???? Optimis donk. Mumpung CBR lokal belum lahir nih. Apa masih nunggu respon pasar CBR lokal. Takut ntar line nya nganggur trus gudang di karawang penuh gitu ya pak??

  3. untung saya udah dapet tanpa upping n disuruh kredit.. saya cash 28.5..barang nyampe setelah inden satu setengah bulan..:D..dan saya puas riding dengan R15..gak sayang ngeluarin uang segitu..sesuai sama kualitas.a..kalau liat langsung mah pantes kok lampu R15..gak kegedean..

  4. Yamaha kelewat pede dengan R15 nya. Yamaha tidak menganggap CBR 150 lokal sebagai ancaman, karena CBR lokal memakai mesin cebong yang memiliki banyak masalah. Apa susahnya sih menambah kapasitas produksi, katakanlah 500 unit, sehingga menjadi 5500 unit perbulan. Baru setelah inden berkurang, produksi kembali berjalan normal menjadi 5000 unit perbulan. Saat ini AHM menyadari mesin cebong memiliki banyak kekurangan. Bisa jadi mesin CBR lokal nanti akan jauh lebih baik dari pada si cebong. Soal desain? Ini Indonesia, bro. Soal modifikasi, kita rajanya. Apa susahnya sih mengganti bodi belakang sama ngelepasin tanduk kambing? :D. Intinya, Yamaha mau atau nggak menambah kapasitas produksi R15, semua bergantung pada hadirnya CBR lokal. Jadi, biar waktu yang akan menjawabnya….

  5. gimana ya mas ,, buat pabrik mendingan orderan segitu dibagi dikit dikit perbulan jadinya masa aktifitas produksi pabrik bisa lama daripada ditingkatin lemburan karyawannya produksi naik tapi 3-6 bulan udah ga ada orderan lagi ,, kan ga sehat buat perusahaan ,,

  6. Asssem tenan iku yamaha,,,,mingin2niiiiiiiii terus,,,,modele apik2 ,,,dancuk ki…ngko sedelok maneh nongol mx king 150….ediaaaa tenan…opo yo kon nuku kabeh???? Gowo godong??”ngohahahaha assssem tenan koe!!!!!!

  7. hahahaha..
    yamaha takut r15 nanti kalah saing dan numpuk di gudang…
    ngga’ kayak honda berani coy…
    walaupun numpuk pelanggan ngga’ di buat nunggu lama…
    lagian lau honda numpuk di gudang uang masih buanyaaakk…
    ngoahahaha

    • Iya tong , stok CBR rakitan 2011 aja di gudang beras masih bejibun ngoahahahaha meskipun akirnya karatan terus ujung-ujung nya di buang ke laut di jadiin rumpon sama nelayan wkwkwk

  8. Si nvl ae wes guanteng nguno,,,iki gek demam spatbor belakange podo di ilangi,,,jian keliatan aura sportnya,,,jossss gandosssss…

  9. biar motornya kliatan eksklusif karena jarang ada di jalan gitu???
    efek buruknya udah jelas, inden panjang, upping price, belom lagi kalo cbr lokal nongol dan langsung produksi banyak, dijamin bonyok tuh R15 😕

  10. wkwkwwk jangan beli yamaha coy , yamaha udah kelewat kaya

    ngoahahahaha mending ente pada beli merk sebelah aja tong diskon 14 jt

    wkwkwjawk

  11. Kasian produk sebelah cong , udah numpuk karatan di gudang beras kagak laku-laku meski udah di diskon 14 juta wkwkwkwk

    jangan tanya kenapa cong

  12. Sales yakamfret semakin kaya alhamdullilah ngoahahahaha

    Astofiruloh sales AHM makan nasi aking tiap hari

    yuk buka koin peduli FBH wkwkwk

  13. CBR muka sy3mpak bersinar diskon 14 jt penunggu gudang beras tetap saja kaga laku-laku . . .

    jangan tanya kenapa cong ngoahahaha

  14. Pantasan saja di Samarinda sini belum ada satupun unit yang kelihatan dijalanan,belum juga dilaunching.
    Semua dealer belum ada yang memajang R15 ini.

  15. Dibikin berita seolah-olah nih motor laku keras, padahal dilapangan kenyataannya tidak! Yang udah punya aja baru sebulan dua bulan pada pengen jual.. Coba cek di berniaga.com , sama tokojelek. R15 mulu isinya 😀

  16. Samarinda didealer jalan hidayatullah dah ada yg dipajang semingguan lebih. Warna merah ama item, harga 30.5 jt. . . Sayang salesnya agak oon. . . Suruh beli nvl terus. . . Kejar setoran dia tau R15 barangnya dikit

  17. Munafik yamaha. Ganmau nambah kapasitas bukan karena inden mengular, hanya aja, emang jarang yg inden, lebih fokus jualan mio series, motor yg paling laku di yamaha

  18. Aq winginane dolan nang samarinda wis eneng kok seng numpak R15 biru sliweran nang daerah tepian mahakam

    Tk kiro ninja trus tk cedaki trnyata R15 jan ngganteng tenan bro

    Trus nang daerah simpang 4 lembuswana tak delok ko spion spdahku nang ngguriku enek spedah lampune koyo old vario tpi kok kyke ora vario yo?trus akhire aq disalip trnyata gamblang nek iku CBR250R bukannya old vario “̮ ƗƗaªƗƗaªƗƗäª “̮ː̗(^▽^) motor saiki emang mirip” yo

  19. Aq winginane dolan nang samarinda wis eneng kok seng numpak R15 biru sliweran nang daerah tepian mahakam

    Tk kiro ninja trus tk cedaki trnyata R15 jan ngganteng tenan bro

    Trus nang daerah simpang 4 lembuswana tak delok ko spion spdahku nang ngguriku enek spedah lampune koyo old vario tpi kok kyke ora vario yo?trus akhire aq disalip trnyata gamblang nek iku CBR250R bukannya old vario “̮ ƗƗaªƗƗaªƗƗäª “̮ː̗(^▽^) motor saiki emang mirip” yo ?
    Dipikir karo ngopi ae

  20. di bali terakhir liat 29,7 jt
    ga tau dah sekarang
    duh, ga jadi inden ini dah
    antara gixxer n CBR150 geh
    atau KLX juga kali ya?
    :p

  21. Skitar awal Juni aku liat R15 di dpan pintu dealer Yamaha Bisma Denpasar. Warna biru putih dan merah putih. Tanpa basa basi ku belok n deketin tuh motor, maunya kududukin, eh masih ada plastik di joknya trpksa urung niat. Aslinya ganteng coiii, padat dan sexy. Kuketok2 swing arm tuk tuk.. weleh apik tenan. Dripada ngiler terus kupkai kamera video, kepala, tangki, ekor, sisi samping dan belakang dan ban.. trus noleh, ehhh bnyak org lg ngliatin aku trnyata. Si boss yg pamannya tmenku itu duduk di atas sadel motor display sembari liatin, entah apa yg dipikirannya. Dgn santai aku ngeloyor pergi, krn sabtu pagi jd bisa kabur dgn 13.000 rpm. wusssss

  22. Sales ahm ga ush ngiri keless,emang brang bnyak yg minat fakta ! .cbr tu operpret pntas klo jd penunggu gudang. Model kek gtu selera bapak2 paham! Yimm sm ahm dua2 nya gada yg bener cmn mkirin untung ,dsni ga berlaku ad harga ad kualitas yg berlaku ad barng ad untung besar ,kualitas egp

    • motor laris manis di pasaran emang bagus buat produsen tapi untungnya apa buat konsumen? tiap lo jalan 100 meter bisa nemuin motor yg sama. sama sekali ga spesial dan udah biasa banget liat motor yamaha ga dilirik haha

  23. klo nulis pake itungan dikit mas, jgn asal beropini.
    ntar tak tusuk pake pedang matahari sampeyan!!!

    terkait upping, terbatasnya produksi ga boleh jd pembenaran buat dealer/sales jd nakal. hukum ekonomi tentang supply and demand hanya bisa diterapkan di tingkatan bandrol/pericelist dr yamaha. dealer itu cuma fasilitator saja. leasing juga. ga pada tempatnya mereka mendikte konsumen. nyolot itu namanya. masyarakat perlu diberi pemahaman masalah ginian.
    kalo bukan dealer resmi ya silakan. mo jual r15 semilyar per unit ya suka2 dia.

  24. ini yamaha buung…bukan Honda, yg selalu memproduksi seabreg..& hasilnya disaat produk udah gak laku.., stock malah masih menumpuk di pabrik ….waaalllaaahhhh….itukan strategi Caurrr..

Leave a Reply