Iwanbanaran.com – Caakkk… MotoGP Italia yang digelar di Misano dan Mugello telah menyisakan beberapa hal yang tidak diinginkan. Kabarnya, Italia hanya akan menggelar satu seri MotoGP saja cak di masa mendatang nanti. Hal tersebut karena pada MotoGP Misano 2022 tidak banyak penonton yang menyaksikan langsung persaingan MotoGP di sirkuit. Bahkan, hanya setengah penonton yang hadir untuk menonton gelaran MotoGP Misano. Sepinya penonton ternyata memicu kemarahan Bos Dorna, Carmelo Ezpeleta?

Bos dorna mengungkapkan bahwa sebenarnya kepopuleran ajang balap MotoGP di Italia tidak diragukan lagi, mengingat saat ini dua pabrikan besar Ducati dan Aprilia tengah bersaing untuk memperebutkan gelar juara dunia. Bahkan, banyak tim di MotoGP yang berasal dari Italia. Meski begitu, sepinya penonton di Misano mungkin karena sudah tidak adanya Valentino Rossi. Kendati demikian, doi menuturkan bahwa MotoGP harus berdamai dengan era setelah Rossi?

“Jika ajang balap motor benar-benar populer di mana pun di dunia, maka itu di Misano dan Italia. Sebab ada pabrikan Ducati dan Aprilia, yang di mana dua pabrikan Italia itu tengah memperebutkan gelar juara MotoGP. Kami juga memiliki banyak tim GP Italia, juga di dua kelas kecil. Tentu saja Valentino Rossi tidak tergantikan, tetapi ada era sebelum Valentino Rossi dan kami juga harus berdamai dengan era pasca-Rossi,? ujar Carmelo Ezpeleta via speedweek.

iklan iwb

Ezpeleta tidak memungkiri dinamika sepinya penonton tidak hanya terjadi pada ajang MotoGP namun juga terjadi pada ajang olahraga lainnya. Meski begitu, doi mengaku heran mengapa MotoGP sepi penonton?

?Ada palung seperti itu di setiap ajang olahraga. Di Spanyol kami juga mengalami penurunan dalam bersepeda setelah Miguel Indurain, tapi setelah itu naik lagi. Di Italia ada permainan ski yang tinggi dengan bintang slalom Alberto Tomba. Di pantai Adriatik di Misano, aku melihat referensi tentang sepeda motor di setiap putaran kedua. Itu sebabnya aku tidak mengerti mengapa kali ini begitu banyak penonton yang menjauh dari MotoGP,” paparnya…

Ternyata ada faktor lain cak yang menyebabkan MotoGP hanya akan digelar satu kali di Italia. Faktor tersebut terkait masalah finansial dari beberapa pihak yang disebabkan dari sepinya penonton. Dengan begitu, setelah musim 2023 kemungkinan MotoGP Mugello akan dihapus meski kontraknya hingga 2026. Celakaaa kalau benerrr kiieee, ternyata Rossi tak tergantikan euy….(RA iwb)

15 COMMENTS

  1. Sekarang motogp sepi, minim rivalitas di track dan di luar track, terkesan adem ayem. tidak ada greget antar pebalap. mungkin perlu ditambahkan sedikit “gesekan” . berasa nonton touring.

Comments are closed.