iklan iwb
Home Racing Motogp Gendeng !! Record Maverick Vinales tidak main-main….Kalahkan Rossi dan Lorenzo !!

Gendeng !! Record Maverick Vinales tidak main-main….Kalahkan Rossi dan Lorenzo !!

Iwanbanaran.com – Cakkk…nama Maverick Vinales langsung menjadi buah bibir setelah pembalap Aprilia tersebut berhasil menjadi juara pada Race Amerika kemarin. Dalam sejarah balap MotoGP ataupun GP500, nama Vinales akan masuk dalam tinta emas Motogp disandingkan dengan empat nama legendaris. Bahkan Vinales mampu menggeser nama Valentino Rosi ataupun Jorge Lorenzo. Artinya Record Maverick Vinales tidak main-main. Dan inilah sejarah yang ditorehkan Maverick bersama Aprilia…

Vinales berhasil menjadi juara pada balap COTA Amerika setelah melakukan recovery dari posisi 9 dan mengalahkan Acosta. Hal ini membuat nama Vinales masuk dalam sejarah Motogp yang menang diatas motor dengan 3 merk berbeda. Pembalap lain di MotoGP tahun ini yang bisa mengikuti Vinales menang bersama tiga pabrikan berbeda adalah Alex Rins dan Jack Miller. Rins pernah menang bersama Suzuki dan Honda, dan kini bersama Yamaha. Miller telah menang bersama Honda dan Ducati, dan sekarang membalap untuk KTM. Tapi Vinales telah mengalahkan mereka berdua dengan rekor yang tidak bisa dilampaui oleh pembalap hebat seperti bahkan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo….

Mike Hailwood

Jika mengacu pada sejarah cak…Hanya empat pembalap yang sebelumnya memenangkan balapan kelas premier (500cc/MotoGP) dengan tiga merk berbeda sejak kejuaraan dunia dimulai pada tahun 1949. Mike Hailwood adalah yang pertama, berkat kemenangannya diatas mesin Norton, MV Agusta dan Honda di kelas 500cc pada tahun 1960an. Lebih dari satu dekade kemudian, Randy Mamola menyamai record pria Inggris tsb dengan kemenangan bersama Suzuki, Honda, dan Yamaha pada tahun 1980an….

Rekannya dari Amerika Eddie Lawson bergabung dalam daftar ‘3 kemenangan diatas mesin berbeda’ ketika Eddie meraih 26 kemenangan bersama Yamaha dan empat kemenangan bersama Honda antara tahun 1984-1989, ia meraih kemenangan terakhir dalam karirnya bersama Cagiva pada tahun 1992. Lalu Loris Capirossi sukses masuk grup elit ketika memang diatas mesin 500cc bersama Yamaha (1996) dan kemudian Honda (2000) serta membawa Ducati meraih kemenangan MotoGP pertamanya di Catalunya 2003. Itu adalah yang pertama dari tujuh kemenangan Capirossi dengan Desmosedici….

Screenshot

Namun tidak ada pebalap lain yang bergabung dalam daftar tersebut dalam 20 tahun terakhir sebelum Vinales. Memang sempat ada beberapa nama cak yang berpotensi kesana namun gagal. Daftar pembalap yang gagal termasuk juara MotoGP tujuh kali Valentino Rossi, yang meraih total 79 kemenangan bersama Honda dan Yamaha sebelum pindah ke Ducati pada 2010-2011 tetapi tidak mampu meraih kemenangan dengan Desmosedici. Berikutnya adalah Jorge Lorenzo, yang menambah tiga kemenangan di Ducati dari 44 kemenangan yang diraihnya di Yamaha pada 2008-2016, namun kemudian gagal mencapai ‘triple’ karena musim yang buruk di Repsol Honda pada tahun 2019. So..luarr bisa Vinales…..!! (iwb)

8 COMMENTS

  1. Marc Marquez unbeatable Cakkk
    🥰🇮🇩🇺🇸💯 Rekor mm93 gada yang bisa obox-obox & ocox-ocox pakdhee budhee

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version