iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…..buanyakkkk yang meminta IWB untuk menerawang tentang apa saja motor terbaru Yamaha di 2024. Karena suka atau tidak memang hanya Yamaha satu-satunya harapan untuk bisa melawan Honda yang terlalu digdaya. Nahh di tahun 2024 ini memang ada beberapa isu dan rumor yang membahas perihal produk baru Yamaha. Termasuk dua nama yang sudah IWB verifikasi akurasinya. Namun tetap penting buat kita UP lago bersama bocoran 5 produk Yamaha di 2024….dan fix AHM memang harus waspada cak. Apa gerangan 6 produk tersebut ? simak detilnya dibawah ini…

  1. New Lexi 2024

Nahh…untuk produk ini sebenarnya nggak usah kita bahas terlalu panjang lebar sebab konfirmasinya sudah diatas 98%. Apalagi IWB juga telah membahas dalam beberapa artikel termasuk penampakan spyshotnya. Desain akan berubah total kecuali velg, palangnya akan tetap sama dengan sebelumnya. Namun Lexi ini bakal lebih agresif dan seharusnya akan membuat sosoknya lebih disukai…harusnya cak. Estimasi sementara Lexi 2024 akan dirilis tanggal 19 Januari 2024 di Hotel Hyatt Jakarta berbarengan dengan dealer meeting..

2. New NMAX 155

iklan iwb

Ini adalah rumor kedua yang masuk dalam newsroom IWB. Seperti yang sampeyan semua tahu….Walaupun pergerakannya sangat tipisss ditahun 2022 namun IWB menemukan indikasi kuat bahwa Yamaha sedang nggarap new NMAX. Keyakinan IWB ini karena project tsb berkaitan dengan kode B6H (kode NMax sekarang) dan kode misterius yang IWB temukan adalah BL*.

Dari terawangan terbaru IWB, ada indikasi kuat mesin New NMax ini bakal ada sentuhan yang cukup berbeda dibandingkan gen sekarang. Mengusung kode project diduga BL* tidak lagi B6H, mesin gen terbaru nanti ada ditawarkan dalam dua varian. Maksude ? jadi cak…jika nggak salah menerawang, ada indikasi Yamaha akan meluncurkan New NMax 2024 dalam 4 varian. Yang pertama adalah versi STD dan ABS (Mesin normal) yang kedua adalah versi STD dan ABS (Model Hybrid).

IWB menemukan indikasi bahwa mesin tidak akan banyak berubah dibandingkan current gen. Maksude ? jadi project BL*, secara basis mesin akan tetap menggunakan NMAX sekarang (B6H) namun dengan sentuhan dan tune up ulang. Makanya jangan berharap kubikasi naik menjadi 160cc….disinyalir nggak cak. Eittt tunggu dulu, karena dari terawangan IWB ledakan tenaga disinyalir naik. Ini diperoleh dari penyempurnaan pembakaran dan CVT.

Peluncuran gen terbaru ini memang masih rancu. Ada yang mengatakan akan dirilis baru tahun depan namun ada juga yang percaya akan dirilis di 2024. Sementara ini IWB cukup yakin New NMax akan dirilis semester 2 2024…

3. New MX KIng 155 VVA

Isu mencuat gara-gara Yamaha Indonesia meregistrasi Exciter 155 MX King dilaman Paten yang mengindikasikan niat mereka melindungi desain MX King 155. Ya..betul cak, bebek ini terkenal di Indonesia dengan nama MX King. Hanya saja kita masih berpikir…apakah benar dengan adanya registrasi paten bisa jadi patokan YIMM akan meluncurkannya ditanah air ?bisa iya bisa tidak. Tapi bisa saja tindakan ini hanya sekedar melindungi desain dari aksi jiplak. Yang pasti Exciter 155 VVA yang belum masuk di tanah air ini kembali jadi perhatian akibat registrasi paten sang bebek super ditanah air. Walaupun dari olah TKP, indikasi MX KIng 155 diregistrasi ditanah air masih sangat lemah…

4. Yamaha PG-1

Seperti yang sampeyan semua tahu…Yamaha merilis Yamaha PG-1 (All-New YAMAHA PG-1) yang merupakan hasil kolaborasi Yamaha Motor Japan dan Thai Yamaha Motor. All New YAMAHA PG-1 menyasar mereka yang menginginkan sepeda motor dengan Transmisi untuk keperluan multiguna….bisa buat jalanan buruk, pelosok, gunung ataupun perkotaan…

Secara desain asli cak…kita memang butuh waktu untuk mencerna. Sebab bebek adventure ini memang sedikit unik. beberapa poin yang membuat kita mengerutkan dahi adalah mesinnya serta swing arm. Tidak seperti kebanyakan motorsport Yamaha yang sudah bergeser dari swing arm kotak biasa, tapi untuk motor ini tidak cak. Sampeyan akan menemukan gen terbaru ini masih mempertahankan model ” lawas” yakni lengan ayun kotak. Termasuk pengereman belakang tromol. Hadirnya velg spoke wheel alias jari-jari dan yang paling menyita perhatian adalah….mesinnya cak…!!

Yup….mesinnya masih model 2 katup dan silinder tidur. Ciri khas mesin bebek banget cak. Fix ini adalah lawan Honda CT125 karena bahasa desain yang seakan dibenturkan oleh Yamaha. Kubikasi murni 114cc, 1 silinder, air cooled yang mampu memuntahkan tenaga hingga 9 PS @7.000 rpm dan torsi maksimal 9,5 [email protected] rpm. Nahh…PG-1 ini diprediksi berpotensi dipelajari YIMM untuk dipasarkan di Indonesia. Tentu saja statusnya CBU. Namun jangan seneng dulu sebab proses studi ini seringkali berakhir negatif, tapi tetap boleh sampeyan tampung untuk kita pantau cak..

5. Motor listrik E1 atau Neos

Nahh dimomen tahun ini bisa saja Yamaha akan mengikuti jejak AHM meluncurkan Molisnya. Jika AHM sudah sukses meluncurkan EM1…maka YIMM berpotensi mengikuti jejak AHM dengan meluncurkan E1 atau mungkin NEOS. Molis ini akan menjadi andalan Yamaha ditahun ini

6. MT07

Rumornya Yamaha sedang request ke Jepang agar bisa menjual moge MT07 diIndonesia. Apalagi moge ini sudah dirakit di Indonesia jadi secara teknis akan jauh lebih mudah. Seharusnya demikian walau tentu saja restu dari Jepang adalah kunci keberhasilan misi menjual MT07 ditanah air..

Last..itulah 6 produk yang diduga akan dirilis ditanah air. Tapi jujur cak…dari sekian produk yang masih lemah, 2 produk bisa kita verisifikasi akurat yakni Lexi dan NMax. Sedang lainnya masih tanda tanya. Nahh kalau sampeyan sendiri piye cak, mana produk yang paling sampeyan tunggu dirilis oleh Yamaha ? monggo berikan opininya…..(iwb)

4 COMMENTS

Comments are closed.