iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeeee….IWB dalam dua hari ini dihujani banyak pertanyaan dari pembaca warung atas isu new R25 facelift yang dikatakan akan dibekali mesin 3 silinder Crossplane Crankshaft. Sebuah isu yang jelas membuat IWB nyaris seperti tidak percaya. Namun karena gosip ini disuarakan oleh sesepuh wak Haji Taufik, tentu saja kita tidak bisa acuhkan begitu saja. Ediann bin kenthirrrr cakkkkkk…..

Untuk merespon isu adanya Kawasaki Ninja 250 4 silinder, konon Yamaha ternyata sudah menyiapkan sebuah project jangka panjang dengan gebrakan yang tak kalah nggegirisi. Lha piye cak…menurut wak haji, doi mendapatkan sebuah bocoran bahwa Yamaha sekarang sedang riset mesin 250cc 3 silinder crossplane crankshaft. Catet pakde….3 silinder?crossplane crankshaft. Opo ora dlongop jal…

Mungkin Yamaha ingin menawarkan sebuah sensasi berbeda. Maklum cak….3 silinder umumnya memiliki torsi yang padat. Walau atas sedikit “kopong” jika dibandingkan 4 silinder, power low dan middle emang sadiz. Dirange ini ledakan tenaga melimpah sehingga kalau betot-betotan pasti rajanya. IWB bisa ngomong karena karakter 3 silinder ini pernah IWB rasakan pada MV Agusta dari varian 600-800-ccnya. Jika benar keputusan tentu menarik kangbro….

iklan iwb

Sebab R series selama ini belum satupun menggunakan mesin konfigurasi 3 silinder. Sebut saja R6-R1 yang menggunakan konfigurasi 4 silinder. Baru langsung ke R3-R25 (2 silinder) dan R15 serta R125 (satu silinder). 3 Silinder sejauh ini masih hadir pada gen naked MT series yakni MT-09. So…..keputusan Yamaha mengembangkan mesin 3 silinder 250 sangat mengejutkan dan nyaris sulit dipercaya. Kenapa?…

Sebab ongkos produksi jelas jauh lebih mahal dibanding 2 silinder. Apakah ini artinya Yamaha akan mengikuti jejak Kawasaki dengan menelurkan dua varian berbeda sebagai flagship?. Ora mudeng cak.?Sayang…hingga sejauh ini IWB tidak mendapatkan bocoran apapun perihal isu R25 3 silinder. Jadi kalau sampeyan nanya…bener nggak?. Tentu IWB nggak bisa jawab apapun karena memang tidak ada narasumber yang bisa dijadikan acuan…

Last…New R25 facelift yang IWB kantongin tetaplah menggunakan mesin 2 silinder. So…jika bener bocoran wak haji, bisa jadi mesin 3 silinder crossplane crankshaft ini untuk proyeksi dimasa depan. Artinya jangan ngarep dalam waktu dekat cak. Minimal bisa 2-3 tahun kedepan pakde. Sebuah moment waktu yang tentu saja tidak singkat. Btw…Ninja 250 ada 4 silinder, R25 3 silinder….Honda mosok tetap 2 silinder ya kang?. Semoga saja ada kejutan lain. Toh masih sekedar isu, iyo to :mrgreen: …..(iwb)

 

 

96 COMMENTS

    • 2-3 tahun lagi semoga saya sudah punya pekerjaan dan punya penghasilan sendiri…

      dan R25 3 cylinder mudah-mudahan akan saya jadikan motor pertama saya dari hasil kerja keras saya sendiri tanpa bantuan orang tua.. amiin Ya Allah

      BTW tenaga R25 3cylinder yakin bisa diatas 40ps teriakannya bisa 19000rpm

    • hmmm
      isu angin anginan , jangan GR dulu
      cbr udah siapin mesin 5 silinder catet omongan saya bung.

    • @somplak

      R125 juga sohc..
      Dan org eropa sono jg gk permasalahkan itu..
      Knp disini ribey bgt mslh sohc dohc sih..

      Toh sohc + vva juga udh mirip2 doch kok..

    • Hanya rumor…baca blog nya wak haji..dah di jelaskan beberapa hari yg lalu…ni dah berita basi…selalu buat artikel basi…garai neg.. barang lawas di ulik jadi anyar ..

    • @Adi wkkk.. ente mau naik mesin apa naik motor? mau naik mesin sohc apa mesin dohc apa mesin parud kelapa?
      Yang cerdas mah naik motor bukan naik mesin wkkkk bah..

    • “Maklum cak?.3 silinder umumnya memiliki torsi yang padat. Walau atas sedikit ?kopong? jika dibandingkan 4 silinder, power low dan middle emang sadiz. Dirange ini ledakan tenaga melimpah sehingga kalau betot-betotan pasti rajanya. ”
      Untuk motor2 ber-CC besar iya betul kang, karna klo CC gede jumlah silinder dikit pasti jago nya torsi,, tapi klo cc kecil/sedang dan silindernya banyak jatuh nya tetep ke power..
      250cc mnurut ane bukan kubikasi yang besar2 amat, jadi klo jumlah silinder nya 2 keatas tetap jadinya menang di power, bukan torsi kang,, tapi suara nya bakal ajib tuhh, haha..

      sbgi contoh, CBR jomlo menang torsi bawah utk stop n go di banding ninja 250 atau R25 kan? tapi giliran top end power jelas kalah… jadi menurut ane untuk kelas 250 itu, feel torsi terbaik tetap di 1 silinder, lebih dari itu jadi nya top end power yg besar.. dan yg pasti suara gahar,, hehe

  1. Trus tentang New R25/R3 yg skrg berseliweran di youtube itu gimana kang?
    Apa bener bentuknya akan sama seperti yg ada di youtube (yamaha eropa) klo gak salah..hehehe..

  2. terus mau diharga berapa tuh 😮

    Siapakah pembalap yang akan menggantikan Rossi di GP Misano minggu ini selama Rossi pemulihan dari cideranya ?
    rpmsuper.com/siapa-pembalap-pengganti-rossi-di-gp-misano/

  3. Isu dibalas dengan isu, yang baperan mau bikin geger. yang jelas lebih seneng nunggu MT25 anyar sama naked sport 250cc nya honda. Coba kalau CB150R thailand itu digedein dikit jadi 250cc masuk indonesia po ra keser-keser pabrikan liyane lek..

  4. Di warung wak haji sdh jelas kang… Itu bukan utk next 25 yg bentar lagi brojol… Tp utk jangka panjang.

  5. Klo secara logika mungkin IYA
    Ninja 4 silinder untuk kelas 250 premium tentu Cost akan lebih mahal
    R25 3 Silinder kelas premium tentu untuk gempur CBR250RR yg baru aja mbrojol dan bikin nyungsep R25 untuk MS lokal.
    R25 Facelift baik 2 silinder atau 3 silinder sudah yakin USD Pipa Gold, Banana, Link MonoCross, LED Stop lamp, Front Lamp, Sein Lamp, Air Scop, Underyoke, Full Digital, Hazzard, TBW, Sliper Cluth yakin disematkan di R25 facelift buat jungkalkan CBR250RR apalagi Design Yamaha jago banget.
    Dari Analogi itu pastes saja SUZUKI belum bergerak (Menanti) untuk mbrojolin GSX-R250.
    Kenapa Suzuki tak kunjung keluarkan GSX-R250 sedangkan GSX-R150nya sukses, apalgi klo bukan karena tunggu Timming yang pas dgn menunggu R25 Facelift dan Ninja250 4 silindernya.

  6. Faktor Persaingan yang sengit dan ketat, Klo Kelas Motor 250 CC saja sudah menyematkan :
    Silinder lebih dari 2
    USD Pipa Gold
    Swing Arm Banana
    Link MonoCross
    LED Stop lamp
    LED Front Lamp
    LED Sein Lamp
    Air Scop
    Underyoke
    Full Digital Spidometer
    Hazzard
    TBW
    Sliper Cluth
    Plus ada pabrikan yang siap menyediakan Part Racing Original untuk mendukung sang Fairing.
    ITU ARTINYA PRODUK MOTOR FAIRING DI INDONESIA “ISTIMEWA / SPESIAL” dimana negara lain termasuk Negara Asalnya sendiri belum tentu dapet Fitur selengkap itu untuk ukuran kelas 250 CC.

  7. Tapi bukti bahwa kelas 250 CC di Indonesia Fitur Super Lengkap kayaknya jadi kenyataan karena faktor persaingan yang sengit.
    Saat ini saja Kelas 250 CC dan 300 CC Fairing Sport untuk Balapan sekelas CEV, ARRC itu sudah menggunakan produk buatan Indonesia semua.
    Ninja 250, R25/ R3, CBR250 RR itu produk yg diproduksi di Indonesia semua.
    Termasuk kelas 150 CC baik Underbone sampe Fairing juga produk dari Indonesia seperti : MxKing, Supra GTR, Satria FUFI, GSXR-R150, R15 dan CBR150.

  8. CBR250RR hadir dengan banderol 70 jt’an awalnya diragukan bahwa konsumen Indonesia ga mampu beli karena terlalu tinggi…..FAKTANYA LARIS MANIS.
    JADI 3/4 SILINDER mo di jual 100 jt kek dimari itu Yakin Laku klo urusan Motor/Mobil.
    Innova itu dulu dibanderol 295 s.d 350 jt = Laris manis
    Innova sekarang dibanderol 305 jt s.d 435 jt = juga laris manis (lihat data Gaikindo)….. Indonesia gitu lhoooo
    Avanza awal mbrojol harganya 105 jt langsung jadi mobil sejuta ummat
    Avanza Velos saat ini harga sdh sampe 228 jt tetep aja laris manis…Indonesia gitu lho….
    Jadi harga itu ga ngaruh dimari….
    Beat harga 14 jt’an laris manis…..
    ehhhhh Nmax harga diatas 25 jt jg laris manis
    R15 gen 2 harga 31 jt’an laris manis kayak CBR150 eh sekarang R15 harga dah sampe 35 jt juga masih aja laris manis….
    Pokoknya klo soal harga untuk kendaraan Indonesia Royal banget…..

    • Lo cerita harga dulu..
      Beda dulu sama skrng.. 1 $ dulu lebih murah dri skrng…
      Dulu pun Mercedez benz c200 masi 160 jt… Yg beli org tertentu aja..
      Skrng c200 uda Emberan yg beli pun masi org tertentu aja..

  9. Honda sudah punya senjata rahasia kalau2 Kawasaki beneran keluarin mesin 4 silindernya dan sales CBR sekarang mengkeret, yaitu mesin V-Twin 250cc, kenapa dg V-Twin? karena mesin jenis ini punya prestige yang tak kalah hebat dibanding mesin 4 silinder, selain itu mesin v twin akan nampak padat klo dilihat dari samping, dan bakal punya karakter tersendiri. lalu apakah Honda sudah punya basicnya?
    jelas yaitu Honda VTR 250 discontinue yang bermesin V-Twin, bisa saja dikembangkan dari situ.

  10. Makin kesini makin sadis aja tenaga motor,takt nya bkal tambh bnyak korban yg berjatuhan karena betot betotan dijalanan.

  11. Power might grow much bigger, BUT good attitude and well behaved is most importance.

    That’s machoness is all about.

    Do not Wus Der mak peRoLLL

  12. Agak nanggung utk sebuah motor sport fairing 250cc bersilinder 3. Mending 4 aja sekalian. Kalo mau berpatokan dgn MV Agusta yg rata2 3 silinder, the Italians has more cubication then 250cc. Jelas powernya pada ganasss.. bikin R25 tuh jangan nanggung2. Tengoklah kompetitor yg all out.

    isalblogger.wordpress.com/2017/07/04/sketsa-analisa-desain-yamaha-yzf-r25-model-2017/

    isalblogger.wordpress.com/2017/08/28/fun-touring-blogger-vlogger-se-jawa-barat-ke-ciater-part-1/

    isalblogger.wordpress.com/2017/08/18/test-ride-honda-cmx500-rebel-the-comfortable-touring-bike/

  13. Bukan menolak peningkatan mesinnya jadi 3 silinder tapi berharapnya sih semoga masih 2 silinder biar perawatan lebih mudah dan ringan, tapi pengen juga suara kaya 4 silinder kaya suara motor benelli tnt 250, mantep tenan cak hehehe

  14. Cukup menarik jika yamaha mencangkokkan mesin 3 silinder kepada New R25 karena disini secara tersirat Yamaha ingin menjauhi power CBR250RR yang sangat nggegirisi untuk ukuran mesin 2 silinder sembari menciptakan pasarnya yang tersendiri. Menjauh dari CBR250RR juga dari Ninja 250FI jikapun sang kuda besi memakai 4 konfigurasi silinder… Istilah kasarnya sih emoh bertarung secara hea to head dengan kompetitor kang… Maaf analisane ngawur dan sokor mengo…

    atasaspal.com/2017/09/05/testimoni-boncenger-new-r15-jauh-lebih-nyaman-berbanding-r15-v2/

  15. Arep 3 silinder, 4 silinder 5,6,7,8,910 silinder kek klo memang montornya bagus dan mantab PASTI SAYA BELI.
    Jangankan sekelas Montor..hahahaha …lha wong Montor Mabur aja saya BELI kok.
    ITU PRINSIP SAYA…..
    ……………………………
    …………………………..
    ……………………………
    Kalo Ada Duitnya……maaf

  16. Saya rasa dlm waktu dekat R25 akan tetep berkonvigurasi 2 silinder, mungkin dgn penyempurnaan disana sini, seperti VVA, USD, slipper clutch, throttle by wire, led headlight, dll..
    Tp utk 3 ato 4 silinder sepertinya memang utk jangka waktu panjang..
    Mengingat pangsa pasar 250cc ini kecenderungannya masih mid end, boleh dikata yaahh dibawah 70-80jt saat ini
    Mengingat juga yamaha utk mengejar pangsa pasar 40-50jt sampe mengorbankan finishing bodi, detail, fitur, d
    Itu aja power, torsi udah diatas Ninja..
    Sedangkan di indonesia udah terpatri bahwa motor 250cc kencang ya ninja, bukan cbr250 atau pun R25
    Makin terpuruklah R25, finishing alakadar meski power n torsi gede, tp kadung ogah liat tampilannya, sedang si CBR250 juga udah total, mesin powerfull, bodi ciamik tp mahal..
    Jd saya rasa kalo R25 mau keluarin 3-4 silinder dlm waktu dekat sepertinya memang agak diragukan..
    Yang penting gimana cara menghapus image “motor kenceng itu ya kawasaki” itu yang harus di ubah..
    Itu PR buat pabrikan yang mau ikutan jualan di segmen nya kawasaki..
    Secara kawasaki udah duluan menelurkan produk2 anti mainstream..
    Kita bicara soal pasar indonesia lho ya..
    Ya saya awam banget masalah ini, tp itu pandangan dan pendapat saya..

  17. Wah makin byk aja nih virus” yg menyerang nih , ninin facelift aja lum kluar yg 2 ma 4 silinder , lah ini r25 mo ngeluarin jg yg 3 silinder . Mumet iki
    Apalah dayaku yg cuma punya ninin karbu

  18. biar banyak pengunjung,bikin sensasi dan judul heboh.gini hari malah nyebar HOAX motor….ampun,siapa yg mau percaya bro?

Comments are closed.