Iwanbanaran.com – Kangbro….reaksi beragam dilempar para pembaca pasca mendapatkan konfirmasi banderol new R15 V3 yang dilepas diangka 34,5 juta OTR Jakarta. Tudingan mahal disuarakan mayoritas biker yang sepertinya sudah menunggu kedatangan sang kuda besi. Nah….sebenarnya dari hitung-hitungan kasar…..betulkah angka yang dipasang Yamaha memang terlalu mahal untuk generasi terbaru ini ????….

Banyak yang mengaku kecewa dengan banderol yang dipasang Yamaha karena harapan mereka new R15 tidak akan lebih mahal dari angka 33 juta. Harapan yang sebenarnya cukup dimaklumi mengingat makin murah pasti makin terjangkau. Monggo sampeyan intip berbagai komentar dari Iwanbanaran FB fanspage ataupun kolom komentar….

Opini pedas dilayangkan sebagai tanda protes. Pertanyaannya….apakah banderol yang dipasang YIMM dengan kenaikan 4 juta dari harga sebelumnya terlalu mahal ?. Kenapa Yamaha tidak menjual diangka mepet kompetitor dekatnya yakni Honda new CBR150R ??. Kenapa YIMM tidak memanjakan konsumen dengan banderol yang terjangkau ??. Pertanyaan dan opini tersebut deras mengalir kangbro….

iklan iwb

Oke…IWB akan ajak sampeyan berpikir realistis dan tidak terburu nafsu. Yang pertama monggo intip sisi fitur. Ubahan yang dilakukan Yamaha pada gen 3 ini diakui atau tidak termasuk signifikan kalau tidak bisa IWB bilang radikal dan cukup berani. Sebut saja Up side down, assist dan slipper clutch. Dua komponen tersebut sudah merogoh biaya produksi cukup dalam….

Untuk membuktikan sampeyan bisa tanya pada teman-teman vendor supplier suspensi (kebetulan Yamaha pakai Kayaba). Bahkan kalau sampeyan sudi buka “primbon”, suspensi Xabre 150 saja dijual dikisaran 5,5 jutaan (disinyalir common part dengan new R15). Belum lagi assist dan slipper clutch yang jelas secara konstruksi lebih rumit dibandingkan transmisi model reguler….

Lalu ubahan lain ada pada lampu yang sudah LED, speedometer full digital dengan shifting light. Dari sini saja sudah ada perubahan ECU sebagai otak pengirim sinyal. Pasti beda secara kelistrikan sebab ada sensor yang membaca RPM saat mendekati red line. Ubahan lain sampeyan bisa intip ban yang naik satu tingkat dari versi lawas, 90-130 menjadi 100-140. Kuwi wae wis cost cak, biaya tambahan….

Revisi radikal lain ada pada mesin yang meningkat hampir 2 PS dari yang tadinya hanya 16,8 PS menjadi 19,3PS. Itu semua belum termasuk desain body yang berubah total. Artinya cetakan lawas dibuang dan tidak bisa dipakai karena menggunakan cetakan baru (kasarnya demikian). Plus printilan seperti panel stang yang sudah dibekali lampu hazzard. Lhoo…kuwi biaya lho cak…..

Justru IWB sendiri dari awal lumayan terkejut dengan keberanian Yamaha yang berusaha tampil total dengan hadirnya USD, assist slipper clutch, hazzard dan fitur-fitur lain. Kenapa ?. Sebab IWB prediksi akan menyulitkan mereka untuk memasang harga walau pada akhirnya mereka menjawab dengan angka yang cukup ideal di 34,5 juta OTR Jakarta. Lha terus kenapa terkesan mahal?. Kenapa banyak komen miring?….

Karena new R15 lahir pada saat yang kurang tepat. Maksude??. IMHO New R15 hadir disaat GSX-R150 menggebrak pasar dengan banderol yang sangat terjangkau. Iming-iming mesin yang sama-sama powerfull plus fitur safety keyless seakan menodai pricing new R15. GSX-R150 dengan banderol yang hanya dipasang 29,9 juta (normal) dan 27,9 juta (promo) membuat banderol new R15 terkesan tinggi. Padahal kalau kita berpatokan dari gen versi 2, kenaikan sudah sangat wajar dan cukup murah. Itung dewe wae kalau diprotolin satu-satu tambahannya…bakal jauh dari angka tersebut kangbro…

Last….kompetisi disegmen sport 150cc sekarang memang berdarah-darah. Apalagi Suzuki yang dulunya tidak pernah masuk dalam hitungan merangsek dengan hadirnya GSX-R150. Praktis lawan Yamaha sekarang tidak hanya Honda CBR150R namun juga GSX-150. Boleh saja fitur super lengkap dengan power terbesar dikelasnya. Namun gap 4-6 jutaan jelas tidak kecil dan bisa menjadi batu pengganjal serius jika tidak diantisipasi oleh tim strategi Yamaha. Sing jelas harus bekerja keras ki kangbro. Belum lagi kehadiran KTM dibawah Penta Jaya yang menjual Duke 200 34 jutaan dan RC 200 37 jutaan. Tapi kalo 34,5 juta terlalu overprice?. Sorry to say IWB rada kurang setuju cak opini ini. Piye menurut sampeyan, punya pendapat lain soal ini ??…(iwb)

409 COMMENTS

  1. Gw heran dengan komen assist n slipper clutch ga perlu usd ga perlu vva g perlu/ga penting hazard dll .tp klo misal r15 facelift gitu? aja g ada perubahan signifikan d bilang cuma ganti bajulah apalah itu gincu lipstik sampe Alat kecantikan bojo mu d bawa?. Bilang aja lu kurangen duit.. Sori bukannya nghina gw juga bukan orang kaya berpikirlah realistis men dgn spek kaya gitu..

    Alah ngomong apa aku iki
    #komenpertamaxkali d warung ini
    #noFB
    #55MU

  2. biar pake fitur ini itu ttp aja klo mesin sohc yo operpret..haruse 17jt pantes..kn mutu gak jelas..sering ngebul.sohc kok ngalahi seng dohc regane.. seng tuku cm wong gendeng

    • Ini bukan masalah sohc, dohc, fitur dsbnya. Ini masalah kualitas komponen penyusun motornya. Mana yg lebih kuat dihajar oleh orgil? Seharusnya motor dites oleh orgil selama sebulan di jalanan macet. Orgil itu betol gas pol terus, tuker gigi ga liat rpm, lubang jalan dianggap rata.

  3. New vixion facelift gk bnyk ubahan, ngonongnya jelek, kaku, krg berani dsb..

    R15 facelifnya total, ubah semua body tambah part ini itu jual mahal dikit, teriak mahal, overprice dsb..

    Ingat, apa yang didapat ya sebanding dengan harganya lah..

    Mgkn ini salah satunya YIMM gk mau memutuskan utk facelift vixion besar2an..
    Udh dikasih part2 kekinian, malah teriak kemahalan.

    Ketika diberi facelift seadanya utk.menekan hrg jual teriak ini itu, jelek lah apalah..

  4. Klo dilihat dari fiturnya, harga segitu cukuplah, cman secanggih apapun tuh motor tetep aja cman kelas 150/ 155 cc.

  5. Gue kira dengan adanya kasus kartel harga motor baru Y & H turun eh ternyata nga juga ya, jadi apa maksud dan fungsi kasus kartel yg kemarin diangkat ?.

  6. mendingan tuku 318i E30 M10/M40 atawa 528iS E28, 518i/520i E34 2nd hand, dimodif M performance/Alpina wes jos, ra kudanan, ra kepanasen

  7. Tuh, dibelain lek iwan……

    Kl lg dibelain dagangannya aj, ga ada yg ribut” amvlop….

    Ngah ngah ngah

  8. Upgrade sebuah part atau teknologi bukan alasan untuk menaikan harga, sebab produk nya adalah produk massal bukan limited atau prototype,, jika ini jadi patokan sama hal nya ketika pabrikan misalnya contoh suzuki membangun mesin baru dari nol buat fu atau gsx banyak research yg mengeluarkan biaya, haruskah harga melampaui kompetitor,, dan yg dilakukan suzuki tidak upping harga tapi malah lebih sehat memberi harga yg normal,, sebab suzuki jual produk bukan jual nama… Dan jualan ini berkelanjutan atau jangka panjang bukan langsung suntik mati…Beda dengan part aftermarket, pajak plus keuntungan tidak ikut dalam satu kesatuan sebuah kendaraan atau motor tapi pajak atau keuntungan per 1 unit part, wajar bila beli part satuan lebih mahal,,,

  9. Mas iwb ,, mas lupa menyertakan mesin R15 sudah di bekali VVA .

    Saya sie harga 34,5 juta udh standar , krn apa yg d berikan new R15 memang beda dr pesaing nya . Kecuali pesaingan ngeluarkan motor dgn fitur yg sama trus kasih harga di bawah r15 ini , baru overprice !!

    Salam netral !!

  10. keliatan mahal karena wah haji tmc udah jembrengin perhitungannya dari harga njkb sampai jd on the road, yang harusnya ga sampe segitu

    • Kelihatan mahal buat yang duitnya pas-pas an.

      kalau CBR 150 fitur sticker repsol saat ini harga otr 34jt pasti bagi situ ngak terlihat mahal.kan??

      padahal CBR 150 Repsol pun tidak ada fitur sama sekali paling lemot 17ps

    • Kalah dimannya ya???
      power lebih besar R15 2017
      Fitur jauh lebih advance R15 ver 3.0
      Model/Design lebih kerenR15 VVA

    • ya kalahlah dng gsx….gsx masih standar ting ting 147cc saja sudah segitu. CATAT 147cc…belum modif ini itu. sedang r155 v3 harus pake ini itu…baru sebanding. kalau gsx di facelift lg mesinnya gimana jualan r155 nya…harus dgn teknologi apa lagi agar setara? padahal jualan r155 saat ini kan vva nya….sohc +vva sudah mentok. andai kalau cbr mau di overbore…makin nanngis aja r155 sohc+vva….fitur fitur lain macam usd dll…bisa di pasang…kalau mesin tidak bisa sembarangan.

  11. Si Darmo mana mampu beli motor ginian wkekwkw motonya aja masih vega itu pun nyicilll …. ???

  12. Tetep ae mahal kang duit segitu mending cari yang 250 CC walaupun second,
    Opini saya aja sih.

    • Betul 34jt cuma dapat CBR150 fitur tulisan repsol mending ambil 250cc second dari pada CBR 150 repsol 34jt

  13. KONSUMEN GAK MAU TAU LEK…… SENG JELAS PALING MAHAL DIANTARA PESAING, SIHON LAN SISUK…… BELUM LAGI UPPING SALES LAN DEALER YAMPRET…… WES NDLESEP KI…. AYO SISUK…. GEBER GSX MU… APALAGI JIKA PROMO DIPERPANJANG DIJAMIN LARIS MANIS… KALO MULAI APRIL HARGA NORMAL GSX BELUM TENTU BERLARI…….

  14. r15 dibilang mahal, perasaan cbr ademayem harga 33 nggak dibanding2 gsx…..

    mungkin karena harga brand honda mahal?

  15. Karna orang berfikir motor yang pantes mahal itu honda, walau fiturnya gak punya apa” gak ada tuh yg bilang CBR 33 jt kemahalan. Disini kliatan kalo orang cmn liat merk, bukan fitur. Be a smart buyer!

  16. Otr jakarta okelah harga segitu no problem sampai di daerah tambah upping price deler ya mrongos jelas tambah larang

  17. Dongakno lek iwan. Mari rabi aku isoh tuku pit iki….ragagas omongan nyinyir….pokoe pas ning kantong wae regone

  18. Fix pengg!r!ngan opini… Kenapa bandingin ama gsx mulu.. G sama cbr, yg harganya mirip..
    Dasar antek ahm.. Moga barokah aja Mas brooo.
    Fix INI udah kelihatan g neutral… Saya yg user netral pun paham maksud dan tujuann ARTIKEL ini.. ini jadi yg terakhir saya mampir disini lek.. mugo2 lancar rejekine.. nuhun

  19. Harga segitu dengan vitur seabreg ya itungannya sangat murah

    Harusnya ni motor dihargai 45jt… Saya rasa itu harga yang sangat rasioanal untuk motor dengan vitur mumpuni kayak gini

    Tati tetep..walaupun saya penggemar sohc. Tetep saya akan membeli verza…. Gak gablek duit 🙂

  20. Dengan harga 34,5 juta sih ga overprice klo lihat fitur yg ditanamkan. Cuma yamaha kan bkn kawasaki yg ngejar ekslusivitas kelas premium, penjualan nomor dua yg penting gengsinya. Yamaha bersaing dgn honda untuk gelar raja sport nasional. Ujungnya adalah laris gaknya R15 V3 ini.Laku itu pasti tp laris utk bs mengalahkan cbr150 lain soal. Utk skala nasional gengsi yamaha & honda dilihat dr laris ato gaknya produk. Mengalahkan penjualan cbr150 diperlukan tambahan fitur dgn harga maksimal sama dgn cbr150, diatas itu akan susah utk menggaet konsumen, krn mindset konsumen akan cbr150 sdh tertanam kuat. Apalg orang kita selalu itung2an untung rugi klo mau beli motor.
    Coba yimm kasih promo jg spt suzuki, promo dgn waktu terbatas utk r15 v3. Pasang harga 30,5 jt selama promo dijamin laris cak.

  21. yg komen byk yg ga ngerti dgn biaya produksi nih , emangnya part” dan aksessorisnya itu tinggal metik apa . harga segitu uda sesuai kali dgn fiturnya , mo bandingin dgn gsx ma cbr jelas jauh lah dari segi fitur
    emang ente pikir merek lain ga upping price bro , hp , mobil , dan gadget aja pake upping price low ente tau

  22. Fans boy yamaha mna ni itu da ada otr nya ….wkwkwkw
    Jangan cuma bilang jass joss jass josss baru kaga beli wkwkwk….??
    Kasihan ymh sda jauh2 impor usd dari banglades.. wkwk

    Salam delta kaleng….

  23. kalau mau beli ya belilah ,klo belum punya ya nabung masing2 merk type pasti punya kelebihan kekurangan .woles bro urip pisan kok yo ruwet

  24. serangan halus tapi mematikan ke CBR150R sebenernya ini

    dengan fitur yang bisa dibilang hampir setara GSX150R (bila CBR150R menang tampang, GSX150R menang power), CBR150R jelas dan nyata overprice nya,

    dan dengan fitur yang bisa dibilang kurang banget bila dibanding fitur R15 V3, CBR150R lagi2 jelas dan nyata overprice nya,

    so seharusnya CBR150R tetep dijual di angka tidak lebih dari 31 jutaan, serperti versi sebelumnya

  25. Lebih baik gsx kalau menurut sy yg suka kecepatan kalau suka yg ngebul boros oli mesin ya r 15 simple kan ….kalau duit sgtu mending beli ninja 150rr 2016 cuk second seperti baru barang okay barang langka

  26. wkwkwkwkwkw

    lek iwan koyo ra ngerti FBY
    tabiat FBY kan jass jess joss tapi horraaa tukuu
    kasian Yamaha wes import USD merk Chuong Nguor ttp ae hooraa tuku FBY ne.

    ekekekekeke cruuoot

  27. In bukan maslah mahal n murah..tp worth to buy..
    Sy rasa paslah fitur melimpah,selsih ratusan ribu dg cbr repsol…ok katakan ada ktm rc,tp jaminan servis n part2 nya gmn tuh,tkutny lari ky bajaj..
    Bener kta kang iwb..momenya g pas,gr2 si gsx..

  28. Bang Iwan please deh, jgn samakan org per org yg beli suspensi KYB di toko, ama harga yg dikasih ke Yamaha. Gak apple to apple. CBR 150 overprice. R15 v.3 overprice too

  29. 34,5 juta OTR jakarta iku wes worth to buy loh yo wes entok Slippery Clutch USD mesin anyar ban guedhe

  30. Pada akhirnya lihat ke pasar laku ngaknya, motor kenceng keluar sabtu minggu, sehari hari bebek buat macet macetan? siklus berputar lagi ingat 90an zaman nsr beda setting

  31. mending RC 200, tambah 2,5 jt, udah USD, Power gede 25 ps, tampang anti mainstream gak banyak dijalanan
    versi hematny GSX dah, power sama, kualitas logam ajib coooy…….

  32. Sy sangat se7 ama pernyataan yg diatas yg blg spt ini:
    kalo ane ngerasa pabrikan besar menggiring kita utk beli dengan harga makin mahal setiap waktu. harga r15 baru relatif tidak mahal kalo dibandingkan punya sebelah yg notabene udah pasang harga operpret. jadi ambil patokan yang benar. harga r15 lokal yg pertama itu lah patokannya.

  33. Aga aneh juga sampeyan lek kalo bandingin sama gsx r150 .. gsx r150 lahir dengan gen pertama dan untuk mengangkat nama suzuki kembali lewat sport. Dari part suspensi depan arm itu dimensinya aja masih agak kecil di banding cbr 150r Stoplamp bohlam biasa..
    Knpa gak bandingin ketiga2nya aja lek mana harga yg masuk akal dari ketiganya ..
    #
    Salam netral lek

    • Netral tenan opo ngaku2 netral cak. Model begini yang maling teriak maling. Saya membuat artikel ini bukan saya sendiri yang bandingin namun berdasarkan suara biker…monggo baca komen satu persatu dan 80 % bandinginnya sama GSX (Sebelum komen sampeyan intip wae seluruh komen di FB Fanspage saya ama kolom komentar di artikel harga resmi R15 diumumkan). Kenapa biker bandingin kesana ?. Logis cak….
      Sebab kedua motor sama-sama brojol diwaktu yang nyaris sama. Terus kenapa nggak bandingin dengan CBR150R?. yang pertama CBR150R sudah mengaspal hampir setahun dan dengan pricing yang dipasang pasar sudah menjawab. Motor ini laris manis konsisten bermain dikisaran 6000-8000 unit/tahun. Lalu kita mencoba ngritik harga dan bandingin motor lawas yang secara market terbukti laris??. Tepuk pramuka njaran kepang wae cak-cak

      #monggo ngombe kopi cak biar pikiran adem :mrgreen:

    • Lama ku tunggu tunggu ternyata liat harganya agak lumayan kecewa
      Saya kira kisaran 32 jt, dengan asumsi bahwa facelift ini Yamaha ingin memberikan fitur yang lebih tapi harga tetep kompettif, mengingat GSX-R150 yg juga mempunyai fitur unggulan dimana kompetitor juga tidak memilikinya SUZUKi tetap membanderol harga yg cukup menggiurkan.
      Diantara GSX-R150, CBR150 dan R15 V3 ini jelas ga ada yg paling sempurna, satu sama lain punya kelebihan dan kekurangan masing”, jadi harusnya banderol juga harusnya ya 11-12 lah.
      Klo kita amati dari masing-masing kelebihan dari ketiga motor ini satu sama lain kentara sekali ada yg saling tak memiliki, terutama untuk R15 dan GSX-R.
      GSX-R : DOCH, Over bore, Keyless dan 13.000 RPM itu tak dimiliki di R15
      R15 : Semi Swing Arm Banana, USD, Hazzard dan Slip Cluth tak dimiliki GSX-R.
      Dari masing masing kelebihan dan kekurangan lebih Afdol ya Price di kisaran 30 s.d 31 jt itu sedeng, Gapnya ga terlampau jauh, Gap harga normal sudah 4.5 jt… fiturnya 11-12.

  34. Jiaaaannnn…..ngguanteng tenan ki motor……..jebol celengan kodok dhabbbb…..!!!

  35. Banderol GSX-R150 itu paling masuk akal dan Value.
    Mengingat Fitur dan kualitas Material GSX-R150 ini termasuk diatas kompetitor.
    Ungulan dari GSX-R150 ini jelas di : RPM 13.000 itu yg tak dimiliki kompetitor, Mesin DOCH Over Bore + Fitur unggulan lainnya : Keyless dan Underyoke.
    Walau minim Swing Arm Banana, USD, Hazard dan Slip Cluth saya rasa banderol 30 jt’an itu harga yg pas buat konsumen Indonesia.
    Banderol R15 V3 ini menurut ane kemahalan.
    walaupun di beri Semi Swing Arm Banana, USD, Hazard, Slip Clutch dan ban lebih gembot, tapi kan engine Soch Over Stroke walau + VVA tetap saja konsumen Indonesia ingin mesin yg DOCH, Over Bore dan RPM bisa meraung diatas 12.000 rpm.
    Kecuali mesinnya : DOCH, Overbore, Limit RPM bisa tembus 13.000 atau lebih nah baru harga 34.5 juta sesuai.
    Dan menurut saya yg lebih kemahalan lagi itu CBR150.
    beda kelir / warna saja harga beda, padahal GSX-R150 semua warna harganya sama.
    CBR150 harga diatas 33 jt, fitur minim, No Keyless, No, USD, No, Swing Arm Banana, No. Slip Clutch, No Hazard, No. Under yoke, RPM hanya sampe 11.000 rpm itu aja ngeden, Power cuma 17.1’an….
    Yang paling Pas harganya ya GSX-R150
    Klo R15 dibanderol 11-12 sama GSX-R150 baru konsumen cekot cekot bingung milihnya diantara GSX-R150 atau R15VVA.

  36. Solusi alternatifnya… Bikin R15 V3 pahe (minus usd), jual 31.5an…

    Tenaaang walau tanpa usd, amunisi buat lawan gsx dan cbr masih ada VVA, Arm Banana, Assist Slipper Clutch, Delta Box, ban lebih besar… Hhahaaahaa masih banyak plusnya…

Comments are closed.