Iwanbanaran.com – Kangbro….reaksi beragam dilempar para pembaca pasca mendapatkan konfirmasi banderol new R15 V3 yang dilepas diangka 34,5 juta OTR Jakarta. Tudingan mahal disuarakan mayoritas biker yang sepertinya sudah menunggu kedatangan sang kuda besi. Nah….sebenarnya dari hitung-hitungan kasar…..betulkah angka yang dipasang Yamaha memang terlalu mahal untuk generasi terbaru ini ????….

Banyak yang mengaku kecewa dengan banderol yang dipasang Yamaha karena harapan mereka new R15 tidak akan lebih mahal dari angka 33 juta. Harapan yang sebenarnya cukup dimaklumi mengingat makin murah pasti makin terjangkau. Monggo sampeyan intip berbagai komentar dari Iwanbanaran FB fanspage ataupun kolom komentar….

Opini pedas dilayangkan sebagai tanda protes. Pertanyaannya….apakah banderol yang dipasang YIMM dengan kenaikan 4 juta dari harga sebelumnya terlalu mahal ?. Kenapa Yamaha tidak menjual diangka mepet kompetitor dekatnya yakni Honda new CBR150R ??. Kenapa YIMM tidak memanjakan konsumen dengan banderol yang terjangkau ??. Pertanyaan dan opini tersebut deras mengalir kangbro….

iklan iwb

Oke…IWB akan ajak sampeyan berpikir realistis dan tidak terburu nafsu. Yang pertama monggo intip sisi fitur. Ubahan yang dilakukan Yamaha pada gen 3 ini diakui atau tidak termasuk signifikan kalau tidak bisa IWB bilang radikal dan cukup berani. Sebut saja Up side down, assist dan slipper clutch. Dua komponen tersebut sudah merogoh biaya produksi cukup dalam….

Untuk membuktikan sampeyan bisa tanya pada teman-teman vendor supplier suspensi (kebetulan Yamaha pakai Kayaba). Bahkan kalau sampeyan sudi buka “primbon”, suspensi Xabre 150 saja dijual dikisaran 5,5 jutaan (disinyalir common part dengan new R15). Belum lagi assist dan slipper clutch yang jelas secara konstruksi lebih rumit dibandingkan transmisi model reguler….

Lalu ubahan lain ada pada lampu yang sudah LED, speedometer full digital dengan shifting light. Dari sini saja sudah ada perubahan ECU sebagai otak pengirim sinyal. Pasti beda secara kelistrikan sebab ada sensor yang membaca RPM saat mendekati red line. Ubahan lain sampeyan bisa intip ban yang naik satu tingkat dari versi lawas, 90-130 menjadi 100-140. Kuwi wae wis cost cak, biaya tambahan….

Revisi radikal lain ada pada mesin yang meningkat hampir 2 PS dari yang tadinya hanya 16,8 PS menjadi 19,3PS. Itu semua belum termasuk desain body yang berubah total. Artinya cetakan lawas dibuang dan tidak bisa dipakai karena menggunakan cetakan baru (kasarnya demikian). Plus printilan seperti panel stang yang sudah dibekali lampu hazzard. Lhoo…kuwi biaya lho cak…..

Justru IWB sendiri dari awal lumayan terkejut dengan keberanian Yamaha yang berusaha tampil total dengan hadirnya USD, assist slipper clutch, hazzard dan fitur-fitur lain. Kenapa ?. Sebab IWB prediksi akan menyulitkan mereka untuk memasang harga walau pada akhirnya mereka menjawab dengan angka yang cukup ideal di 34,5 juta OTR Jakarta. Lha terus kenapa terkesan mahal?. Kenapa banyak komen miring?….

Karena new R15 lahir pada saat yang kurang tepat. Maksude??. IMHO New R15 hadir disaat GSX-R150 menggebrak pasar dengan banderol yang sangat terjangkau. Iming-iming mesin yang sama-sama powerfull plus fitur safety keyless seakan menodai pricing new R15. GSX-R150 dengan banderol yang hanya dipasang 29,9 juta (normal) dan 27,9 juta (promo) membuat banderol new R15 terkesan tinggi. Padahal kalau kita berpatokan dari gen versi 2, kenaikan sudah sangat wajar dan cukup murah. Itung dewe wae kalau diprotolin satu-satu tambahannya…bakal jauh dari angka tersebut kangbro…

Last….kompetisi disegmen sport 150cc sekarang memang berdarah-darah. Apalagi Suzuki yang dulunya tidak pernah masuk dalam hitungan merangsek dengan hadirnya GSX-R150. Praktis lawan Yamaha sekarang tidak hanya Honda CBR150R namun juga GSX-150. Boleh saja fitur super lengkap dengan power terbesar dikelasnya. Namun gap 4-6 jutaan jelas tidak kecil dan bisa menjadi batu pengganjal serius jika tidak diantisipasi oleh tim strategi Yamaha. Sing jelas harus bekerja keras ki kangbro. Belum lagi kehadiran KTM dibawah Penta Jaya yang menjual Duke 200 34 jutaan dan RC 200 37 jutaan. Tapi kalo 34,5 juta terlalu overprice?. Sorry to say IWB rada kurang setuju cak opini ini. Piye menurut sampeyan, punya pendapat lain soal ini ??…(iwb)

409 COMMENTS

  1. Yg blng mahal paling sales sebelah…..sm ky cbr250rr dl…yg blng mhl jga sales sebelah.
    Klo konsumen…semahal2nya klo suka pasti dibeli

  2. Yamaha telah berubah. Tidak seperti dulu lagi. Mau naik kelas, tdk bisa disejajarkan dgn 150cc sport lokal yg beredar.

  3. Motor sport beneran ada di Yamaha. Lihat saja, mana ada sport lokal recall-recall an, yg ada: “Lu udah beli, ya udah. Hancur, ya hancur sana” begitu kata si sport lokal lainnya.

  4. YIMM mah ngak pusing R15 produk global siap diekspor ke Mancanegara laku di lokal sukur dan kalau kurang moncer kipas-kipas dollar. Tapi secara fitur dan harga sudah sangat pas dikelas sport fairing 150cc Value for moneynya dapat.

    Yang paling kehajar secara harga dan value jelas CBR150 apalagi CBR150 ngak dijual global cuma lokal kalau sampe penjualan mengkeret dijamin tahun depan CBR150 bakal facelit lagi kasih banyak fitur tapi masalahnya mau dihargai berapa yang sekarang saja CBR150 repsol sudah Rp. 33,925,000 beda 500rb sudah dapat New R15 2017.
    Sekarang tinggal pembelinya is a Smart Buyer atau cuma beli karena lihat brand sayap. Kalau penjualan CBR150 masih lebih bagus dari R15 kedepan kesimpulannya banyak konsumen mau dikasih harga operprice dibeli asal logo sayap.

  5. Weh weh sales yimm ama fby lg menggiring opini soal harga wkwkwk
    Klo ada fbh yg blg fby hanya jas jes jos ga mampu beli r15 v3 rasany benar, fby bakal pindah ke lain hati, ke hati nya suzuki wkwkkw
    Cbr ??? Diem di gudang aja. Cbr Harga Terlalu overprice, harganya pantes di bawah 30 juta, jika di bandingkan ama gsx yg 29 juta cbr kalah fitur dan power pastiny juga kalah quality.

    Fby yg mengatakan ni harga yg wajar silahkan dibeli jgn jas jes jos aja..
    Fbh mending diem urusin aja tuh gudang bakal tempat si cbr gepeng
    Yg punya angan2 motor 150 cc budget max 32 juta di sarankan ambil gsx..sebelum naik harga di april..
    Jadi keuntungan buat suzuki karena yimm rilis harga r15 v3 di minggu akhir maret, org2 yg sudah nunggu bisa mikir bijak lagi untuk motor 150 cc..dapat yg lebih murah so whatt ??? Ngapain yg lebih mahal
    Motorny full power sudah ane coba ama cbr..
    Hasilnya gsx menang hampir 50 meter di depan cbr .. tenaga atas gsx nya enak bgt..

  6. Pabrik Es aja bisa bikin motor powerfull, standar eropa, material jempolan, bandel, kualitas mumpuni, fitur modern (keyless) dengan harga dibawah Sayap Sengkleh. Kenapa pabrik Piano ngga bisa coba? Kalau reasonnya ditambahin fitur ini itu, itu cm alasan buat naekin harga, coba diilangin fitur2 mahalnya, bikin standar kek sayap sengkleh, harga bikin mepet, berani ngga bunuh2an,,,?
    Namanya mafia itu saling menghormati, saling respect, sama2 membodohi konsumen.

    SALAM KARTEL

    • Gsx:29,9 jt dapet immob,keyles

      Cbr:32,9jt dapet dohc,tp gsx jg dohc… Oh iya merek sayap,kayak pembalut ya,hihi

      AN R15:34,5 dapet,usd,digital display,slip clurt,under yoke,arm banana gak d hitung soale udah ada dri dlu….

      Skrang tingal pilih sesuai budget,dan yg keliatan wajar harganya yg mana dan yg gak wajar yg mana,kalian tau lah,soale ini bukan uang sedikit…..
      Salam satu aspal bos

    • Betul, para fbh dan fby debat sampai berbusa2, pdhal pimpinan duo kartel yg dibela mati2an lagi asik main golf bareng sambil ngerumpi topik yg sama, enaknya menjajah ekonomi dan membodohi rider2 indonesia.

  7. Hahahaha . . . mau beli cbr uang 33.9 tapi nanggung fitur cuman nambah 500 ribu dah deh dapet vva usd assit sliper cluuth ban gambot . .
    Hahahah .

  8. Waan Wann…. Judul yang tepat tuh gini
    “NEW R15 V3 dengan segudang Fitur Dibandrol CUMA Rp 34,5 Juta, Bro! CBR150 yang dibandrol (Tertinggi) Rp 33,925 jadi Overprice !!!”
    Ini judul baru netral. Kalau judul di atas jelas penggiringan opini R15 itu kemahalan !!!

  9. Harga berbanding lurus dengan spek & fitur yang didapat.. Harga gak pernah bohong. Yang bohong oknum dealer/ salesnya.. Hehe

  10. Kalo para fffbbby itu pindah ke ketek sujuki itu wajar . .
    Tapi kalo fffbbbyyy pindah ke ondah itu wajib di hajar hahabab . .

  11. Iya kita konsumen kan raja . harus pintar2 lah jangan di bodohi sales kenapa ga laporin k pusat yimm. . karna kan kita punya otak .
    Saya juga minggu kmari mau beli aerox cash malah di tolak . . malahan kalao mau harus ada praktek uping price nya terus harus nunggu 2 minggu dulu .
    Ya udah aku lapirin ama costumernya yimm . udah beres para sales nakal ga bisa ngomong apa apa lagi
    Itulah kalo jadi konsumen harus pintar dan cerdas jangan di bodohi kayak anak sd.
    Hahahahha . . udah deh gua udah punya aerox di garasi gua . .

  12. Motor sport 150 cc cepet ganti facelit tp cpt ngebiseni,kecuali yg di cari cuma fungSi buat transport,djamin awet,mending250 2cly di jamin gk bosen,dah dapet suara merdu mesin gede,mejeng oke

  13. Kalo kemahalan y jgn dibeli beli semampunya gsx ato rondo, ngaku biker kok takut seken bilang aja gak mampu cash aka isoe nyicil

  14. Betol bang iwan..kalau ada yang bilang harga R15 segitu kok mahal..yaaa berarti dia tidak pernah berfikir..fitur segudang kualitas juga bagus..kok mau minta murah..dikasih murah tapi gampang protol nanti bilangnya beda lagi

  15. wajar lah kang Iwan harga segitu dibanding CBR
    cbr baru gt ban atau velg aj harganya udah mahalan dibanding R15 vva
    blm USD ASC dll
    klo pgn yg murah tp kren jg ada power sm Immob kynya sizuki jd pilihan

  16. Ayo kita dukung GSX ramai2……
    Tinggalkan yg kibul2 ambil yg gas napuol (GSX) lebih murah & berkualitas

    • Jangan paksakan sesuaikan kondisi kantong masing

      Yang punya duit lebih jelas ambil paket komplit Moge look Baby R6, Fitur melimpah, power terbesar dikelasnya. Aftersales R Shops ada dilingkungan rumah anda terdekat.

  17. Hahahahah . . . ngumpet di ketek sujuki saking panik nya cbr mau putus ms . hahaha .
    Asal 70% jadi 60 %.
    Hahahah. Segitunya ngebela2 sujuki trus yang cbr khas klotpk2 mau di kemanain hahah .

  18. Hahahaha ngeri tuh kalo cbr di paselip jadi berapa tuh harganya 37 oke deh kalo kata fffbbbhhh. Itu sangat murah.
    Hahaha

  19. Pas nyampe di dealer kena upping price. Mending klo ada duit cash 35jutaan disimpen dulu, nabung lagi dikit buat beli second 250cc

  20. Klo dibandingin sm kelas sport diatasnya piye lek…?cbr250rr muncul bawa byk fitur baru dan advance dibanding lawan sekelasnya tp bs setting hrga sangat2 kompetitif dan hasilnya terbukti dr hasil penjualan yg melewati semua lawannya…

  21. Semua harga sudah dihitung oleh Budgeting
    Tiap pabrikan yang Buat pun dapat Pengawasan Harga Dari Pemerintah
    Jadi gak ada Harga kemahalan
    Kalo pun ada pasti ketangkap seperti kasus Kartel Matic 110 CC yang kemarin

  22. Mau tanya om2 saya punya duit 35 pingin motor sport ,bingung milih…Bini jg pengen dibeliin motor metic 2nd gpp, pengen nya sih motor sport yg powernya gedean soalnya seneng geber2an kira2 yg mengakomodasi semua secara itungan bijak motor apa ya…..realita kehidupan

  23. Hahahah . . ya pasti lah orang susah knapa ga langsung yang baru 250 cc nya
    Kalo yang seken nanti merawat keluar lagi dong budget nya hahahja . .
    Bodoh ko di piara . hahaha

    • Jangan mau beli baru kalau ada yg seken berkondisi baru. Itu namanya buang duit. Kondisi motor tergantung perawatannya. Melihat kondisi motor bagus itu gampang.

  24. Kalo menurut saya mau yang murah tapi tarik jambakannya pilih gsx
    Kalo yang mahal tapi tarik juga jambakannya + ama fitur kumplit pilih r15 . kalo cbr jangan dah nanti nyesel . seumur hidup tenaga ga ada fitur minim .
    Harga mepet beda selisih 500 ama r15 .
    Itu juga menurut aku .
    Kalo gsx cocok tapi 3s nya . kalo yamaha lumayan banyak 3s nya.

  25. Kalo menurut saya mnding gsx krna harga murah dan tarikan ok . . cuman minim fitur.
    Kalo mau yang selisih mepet ama cbr .
    Mnding r15 harga mepet tapi fitur sangat melimpah dan tarikan ok sama gsx .
    Kalo cbr jangan deh nanti kamu nyesel seumur hidup tenaga ga adaan minim fitur . harga mepet beda selisih 500 ribu ama r15 .

  26. Kalo ktm . . . brapa harga part ama servisnya .
    Temen aku juga beli ktm malah mahal servis trus sperpat nya susah di cari . .
    . . hampir 2x lipat servis jepun . . servis jepun harga 70ribu kan kata temen ane servis ktm sampe 120 ribu.

    • Service mercy ama bmw brp kira2 ?? Ehehhe
      Spartpart juga kudu inden..ehehhe
      Ketika di jejer toyota honda ama mercy bmw ..yg paling wah yg mana ?? Hehehe

    • Bicara KTM pasti kena ke Reliability. Banyak tulisan sudah mengakui Yamaha lebih reliable daripada KTM. Sport lokal lainnya? Ke laut aje itu semua.

  27. Saya heran kenapa terlalu mengembar gemborkan GSX sih .

    Ini pendapat saya model GSX saja paling jelek dikelas 150cc, power dohc 150cc apa sih spesial nya sama SOHC VVA juga sama-sama main 19HP. DOHC nafas mesin panjang buat apa kalau lama dan butuh jarak yang panjang naiknya jalanannya udah keburu rame. Saya pake 250cc saja gigi 4 , 5 dan 6 ngak maksimal dipake di jalan raya umum. Yang dibutuhkan konsumen 150 cc bukan hanya top speed tapi minta irit , minta tongkrongan rupawan , minta fitur terkini, buat stop and go perkotaan asyik buat diajak ngebut juga asyik semua itu saya lihat cuma ada di R15 2017

    Harga GSX juga udah hampir 30jt dapat keyless key ok itu berguna buat keamanan tapi apalagi stoplamp saja belum LED kwalitas plastik Deltabox imitasinya buat nutupin rangka yang kecilnya juga terlihat cheapy. Jok tempat duduk belakangnya juga menyiksa kaya R15 muka lele. Kaki Kakinya kalau dibandingkan R15 2017 bagai bumi dan langit belum USD belum Alumunium Banana belum ban dan velg besar.

    So Gsx bagi saya udah pasti coret dari list belanja saya di tahun 2017i. Dan CBR 150 saya juga coret dari list belanja saya karena ini motor dari lahir sudah ngak jelas mau kemana DOHC tapi kok overstroke mahal pula fitur hampir tidak ada.
    Pilihan saya jelas R15 2017 beda 4,5 jt dari GSX ngak masalah saya punya duit jelas pengen yang terbaik dikelasnya, masa orang yang punya duit disuruh beli yang paling murah fitur dan tampang biasa saja. Ajegile

  28. Menilai harga r15 dari sudut pandang cbr150 : cbr sekarang udah di harga 33jt an, fitur jelas kalah telak dengan r15 dgn semua gimmicknya, cbr unggul di dohc nya. Jadi selisih 1jt an meskipun lebih mahal r15 tapi disini justru cbr150 yg terkesan overprice

    Menilai harga r15 dari sudut pandang gsx150 : lets be honest, gsx memang tampil memukau dgn performa yang ditawarkan, model timeless dan fitur keyless. Belum lagi harga yg di luar nalar kelewat murahnya. Tapi kita juga tahu bahwa gsx juga kalah fitur dari r15. Usd, arm, velg, asc dsb. Harga gsx murah mungkin karena suzuki yg berani ambil margin keuntungan yg tipis, ingat gsx adalah upaya suzuki buat kembali ke persaingan motorsport di indo yg semakin sengit. jadi wajar dan memang harus ada perbedaan di banding produk yg sudah lebih dulu eksis. Disini kesimpulan saya gsx dan r15 sama2 punya value yg tersendiri. Suzuki dgn mesin powerful tapi minim fitur, yamaha dgn banyak fitur dan mesin yg meski sohc tapi sangat kompetitif performanya. fair enough ? I think yes

    Menilai harga dari sudut pandang yamaha r15 itu sendiri : lets be fair, jika kita menganggap harga r15 v3 ini overprice secara tidak langsung kita sudah “melabeli” diri kita sendiri sebagai “pecinta otomotif kemarin sore” hehehe. Seolah kita lupa bahwa r15 v2 dgn desain dan fitur yg sebegitu jelek nya (sorry to say) punya harga 31 juta !! Seolah kita lupa cbr 150 yg cuma dgn modal dohc overstroke nya punya harga 33 juta !! Seolah juga kita lupa kita hidup di indonesia yg bisa dikatakan dalam cengkeraman korporasi otomotif dunia (jepang dan eropa) karena brand lokal kita nol besar dan gagal bersaing. Terima saja karena memang kenyataan nya begitu.

    Terakhir, menilai harga r15 dari sudut pandang pembeli : ya suka suka lah, wong duit juga duit siapa. hehehe, mau beli gsx, cbr atau r15 ya silahkan. Tinggal suka yg mana, cocok angkut dan enjoy your ride.

    Saya user gl 200 r alias tiger, dan gak punya maksud apa apa, cuma sharing dan sekali lagi ini cuma opini saya saja yg masih sangat mungkin keliru.

  29. Dengan sgala fiturnya ga mahal2 amat tapi lagi2 konsumen emang banyak mau nya fitur oke malah minta murah kan aneh.jadi sbnernya indonesia mah untung .tinggal pilih2 aja tuh gsxr150 yamaha r15 cbr150.smua nya oke.tinggal sesuaikan keinginan dan yg pnting kantong cakkkk….hehe

  30. Beli r 155 dapat kembalian 500 rb dapat motor metic
    Beli CBR 150 dapat kembalian 1,5 JT dapat motor metic apa??
    Beli gsx 150 dapat kembalian 6,6 JT udah dapat motor metic 2nd ya om…..realistic nih manteb beli gsx dapat motor 2 nyenengin Bini jg….value for money beneran makasih om

    realita kehidupan

    • Gw heran dengan komen assist n slipper clutch ga perlu usd ga perlu vva g perlu/ga penting hazard dll .tp klo misal r15 facelift gitu? aja g ada perubahan signifikan d bilang cuma ganti bajulah apalah itu gincu lipstik sampe Alat kecantikan bojo mu d bawa?. Bilang aja lu kurangen duit.. Sori bukannya nghina gw juga bukan orang kaya berpikirlah realistis men dgn spek kaya gitu..

      Alah ngomong apa aku iki
      #komenpertamaxkali d warung ini
      #noFB
      #55MU

  31. Mungkin hanya waktu yang akan menentukan mana produk yang akan lebih di sukai masyarakat.
    Mana ketiga produk ini yang akan lebih laku di pasaran.

  32. Kenapa Kang Iwan bandingin ama GSX, menurut penerawangan saya, Kang Iwan menyamakan bahwa ini motor kelas 19ps, jadi komparasinya sama GSX hihihi…… Lha yang 17ps gimana? Tanya kang Iwan deh… Mungkin ga di anggep ama kang Iwan….

  33. Y dan H jelas kartel nya
    Y menghormati H,maka nya di kasih harga di atas
    H…..jelas ini permainan yang sudah di atur rapi….ini produk lokal bro….harusnya 30 jt udah mentok….siklus ini akan terus terjadi terus menerus seiring facelift produk untuk tahun tahun ke depan….terutama antara Y dan H

  34. Kalo menurut saya, Harga New Yamaha YZF-R15 VVA ini udah “value for money” banget sih. Udah dapet banyak fitur melimpah, harga nya cuma segitu..

  35. Ngapainnn bayar mahal buat motor harian yg speknya over, blum nanti kalau service atau rusak mahal partnya, kalau mslah power sama2 150cc mah sebelas dua belas, orng kita di jln niatnya jg bkn mau balapan, safety first, yg penting motor aman & nyaman di pakai.

    • Brow omonganmu berbanding terbalik sama sales beha yg suka ngajak r15v2 balapan di jalan!
      Wkkkkkk
      Giliran terlemot bilang gak perlu balapan dijalan
      Noh di sirkuit juga nangis2 berak di gamparin sohc

    • Cbr apanya yg pasti? Itu motor ga sanggup main rpm tinggi terus menerus krn komponen motor sport nya disamakan dgn bebek, matic, dsbnya. Kalau pelan bawanya sih awet tapi kalau orgil betot gas pol terus dan hajar lubang jalanan sebulan juga udah ga enak tuh.

Comments are closed.