iklan iwb

Bro dan sis sekalian….Pulsar 200NS memang fenomenal. Gaungnya pasca rilis diIndia dan diboyong ke tanah air oleh KMI tidak kunjung redup. Apalagi berbagai media asing selalu mengulas sikuda besi dengan iming-iming luar biasa untuk motor sekelas 200cc. Dengan body ala moge plus power yang mencapai 23,1ps diatas kertas, kehadiran P200NS membuat siapapun membayangkan bahwa motor ini memang brutal. Sayang….imajinasi dan hasrat menggebu seakan buyar dan jatuh diititik terendah setelah mendapati fakta bahwa sikuda besi hanya memuntahkan tenaga sebesar 17ps on real Dyno test. Waladalah…..iwb460x140AHM Oil IWB (460x150)

Mendapatkan info dari pengunjung warung…bro Yuli, power tersebut didapatkan setelah rekan jurnalis kita dari Motorplus melakukan testing diatas dyno. Berikut surel doi ke IWB…..

iklan iwb

Selamat malam mas Iwan,

Semoga sehat selalu. Nama saya Yuli Prasetyo, saya pembaca setia Blog IWB, meskipun jadi silent reader. Saya mau konfirmasi mengenai hasil test ride Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS di tabloid MotorPlus terbaru edisi nomer 748. Hasilnya sangat diluar prediksi saya. Sebelumnya saya terkagum kagum akan kehadiran P200NS dengan spesifikasi yang powerfull dan harga terjangkau. Tetapi setelah saya baca hasil test ride oleh tester MotorPlus, kok saya jadi kecewa ya. Ini hasil test ride nya….

1. Dikawal teknologi triple spark dan SOHC 4 klep, 200NS langsung digas. Untuk merasakan top speed engine yang dijejali piston 72 mm dan stroke 49 mm, dipacu di trek lurus sepanjang 1 km. Speedometer, bisa menyentuh angka 120 km/jam saat gigi di posisi 6. Angka tadi, didapat berdasarkan instruksi pindah gigi saat indikator limitter rpm di panel spidometer menyala setiap 10200 rpm.

2. Akselerasi bawah, sedikit kurang galak. Tapi, saat menuju putaran tengah atas, 200NS mulai menggila. Ini, karakter mesin dengan stroke pendek. Asik diajak bermain putaran atas.

3. Usai dibejek top speed dan bermacet macet ria, konsumsi BBM setelah tempuh jarak 105 kilometer, 200NS hanya menyedot Pertamax sekitar 3,8 liter. Itu artinya, 1 liter Pertamax = 27,6 kilometer.

4. Melalui Dynojet 250i yang dipunyai Aerospeed di Jl. H. Nawi Raya No. 74, Jakarta Selatan, sport 200cc ini dilarikan statis beberapa kali agar mendapat hasil maksimal. Hasil akhirnya, power maksimal yang disemburkan sebesar 17,00 di/8900 rpm dan torsi 14,13 Nm/7250 rpm.

Begitu mas Iwan, hasil test yang saya kutip dari tabloid MotorPlus terbaru. Jujur hasil tersebut mengagetkan saya, karena jauh dari prediksi saya sebelumnya yang berharap performa yg lebih di P200NS ini. Tadinya saya sempat tertarik pada si 200NS ini, tapi sekarang jadi berkurang minat saya. Mohon pencerahannya mas Iwan. Bagaimana menurut mas Iwan?. Maaf kalau email saya terlalu panjang.

Yup….email yang jelas dan gamblang. Soal test-mengetes dialat dyno memang selalu menjadi polemik panjang. Masih ingat dulu anget-angetnya Honda CB150R yang diadu test dyno melawan NVL dengan hasil NVL unggul tipis dibanding sang street Fire. Berbagai adu debat kala itu muncul dan mengungkapkan keraguan atas komparasi tersebut. Namun kini…khusus untuk sang P200NS test Dyno dilakukan langsung oleh rekan kita yang kompetensinya bisa dipertanggung jawabkan. Artinya apa….IMAG1412

Bisa jadi memang segitulah output murni sang triple spark. Walau ngedropnya lumayan signifikan dibanding klaim pabrikan yang mencapai 23,1PS…IMHO untuk motor 4 tak kubikasi 200cc, P200NS tetaplah digdaya. 17PS lho kangbro…kuwi murni lho. Bandingkan dengan Scorpio atau Tiger yang tidak sampai segitu (dynotest). Yah….memang akan lebih afdol jika pengetesan tidak hanya dengan satu alat Dyno. Kenapa?. Sebab dari pengalaman ada beberapa dyno yang kalibrasinya jian pelit jabang bayi, namun ada juga yang mendekati pabrikan. IMHO….polemik tentang power diatas Dyno mending jangan diambil pusing….

Last…bukannya menyepelekan alat, namun IWB adalah salah satu biker yang demen ngetes real dilapangan ketimbang itung-itungan kertas. Feeling berkendara yang akan ditunjukkan lewat video khususnya pergerakan speedo serta beberapa variabel lain. So….atas pertanyaan bro Yuli, karena belum nyicipin langsung IWB tidak bisa memberikan komentar apapun. Akan tetapi…seperti yang IWB bilang sebelumnya, bisa jadi memang segitulah power asli P200NS. Dan untuk membuktikannya….biarlah waktu yang berbicara. Btw…ada yang bisa memberikan komparasi detil produk lain dengan menggunakan Dynojet 250i yang dipunyai Aerospeed di Jl. H. Nawi Raya No. 74, Jakarta Selatan sebagai perbandingan?…..(iwb)

626 COMMENTS

  1. ni sohc 17 ps > 150 km/ j
    cebong dohc 17 ps > 124 km / j

    ^ dohc syammmpaah…

    ekekekekekekek…

    😀

  2. itu motor yang dicoba masih barurururu atawa udah sering pakai sekitar 1 tahun? sebab kalo motor masih gress banget ga bakalan bisa mencapai kekuatan maksimum karena ada syarat reyen dahulu biar komponennya terbiasa

  3. Artikel yg bikin fbh,menyerang dgn gembira_lanjut Bro ,bc’y…

    Salam ,,mesin tiger >mesin canggih.. Qkqkqk

  4. @CHM

    Lah ni orang kebanyakan nyembah merek kali yak, sampai lupa otak-nya ditinggal dirumah.

    Yg ada cebong stressfire dibuat untuk mengalahkan NVL. Lah data di AISI kan jelas NVL penjualannya 35ribu, cebong stressfire cuman 13ribu. Kok malah faktanya dibalik. Lagian ngga ada bukti DOHC cebong stressfire bisa ngalahin NVL ataupun p200ns dijalanan maupun sirkuit, apalagi dynotest. Tapi kalo dalam mimpi iya kali yak, MIMPIII!!!!

  5. 98. MP rider
    mgkn lbh fair/bijak jika dynotest tsb (yg dipakai utk tes P200NS) dipakai jg utk tes CB150R dan NVL. shg tahu sebenarnya
    =============================================
    Udah pernah koq dimuat di tabloid Motorplus (ane lupa edisinya).
    Hasilnya NVL unggul tipis nol koma sekian DK dr CB.
    Pengujian NVL & CB oleh Motorplus ngedyno di Aerospeed hasilnya sama” di kisaran 14 DK. Satria FU malah 13an DK.

  6. sohc kencang bagi orang cerdas…

    dohc bala bala bagi orang dongo…

    ekekekekekekek…

    😀

  7. Untuk lebih yakin gimana klo semua motor di adu drag race kaya di india…

    Pio vs tiger vs vixion vs nvl vs cbr vs nmp vs p220 vs pulsar200ns

    upload youtube!!!..

  8. 23ps itu power utuh dr mesin..blm terpotong dgn bobot mtr itu sendiri + bobot pengendara itu sendiri..ya wajarlah jd turun…

  9. 145. Purwanto
    Kalau ada 10 orang ga waras pengagung SOHC lemot dan boros macam darmo. Bisa makin bego konsumen.
    =============================================
    Buahahaha..
    Nampol banget tuh 😆

  10. 153. ???REVOLUSI OTOMOTIF ??? – Juni 26, 2013
    Untuk lebih yakin gimana klo semua motor di adu drag race kaya di india?

    Pio vs tiger vs vixion vs nvl vs cbr vs nmp vs p220 vs pulsar200ns

    upload youtube!!!..
    _________________________________

    ane juga tadi udh bilang gitu ke si fbhonpret,eh orgnya ga nongol nongol 😆

  11. kan udah ada pembuktiannya kalo ni motor memang kencang, gausah pusying 😀
    lagian mau ngebut dimana sih? 😀 😀

  12. si DOHC nya oonda motor nya diopname mlolo karena saking kencengnya kali y apa karena downgrade
    klo mo bli yg pasti-pasti kaya NVL aja sing penting keren dan irit bbm
    coz bbm naik paker bbm juga naik gaji lom naik-naik

  13. waduh konsumsinya bbmnya kq jozz jg ya? 1:28 pertamax lagi, hrsnya 1:33. kalu tuh wajib pertamax mending yg cc gede tp konsumsi premium sekalian 300cc tp kmpresi rendah aja 1:9.8, konsumsi bbm 1:20, jk P200NS mnempuh jrk 280 km pengeluaran 98rb buat minumnya prtamax, klu yg 300cc mnempuh 280km bbm habis 14lt (91rb), masa iya p200ns seboros itu? modif cb jadul aja 240cc konsumsi bbm premium 1:29. jgn2 nih motor sering slip kopling

  14. Purwanto pada Juni 26,
    2013 pada 10:11 AM
    Kalau ada 10 orang ga
    waras pengagung SOHC
    lemot dan boros macam
    darmo. Bisa makin bego
    konsumen.

    ——

    ente pny cebong dohc burung pendek gak ??? sini ane jotosin pakai sohc panjang peler…

    ekekekekekek…

    😀

  15. Pilih motor tuh yg sdh teruji puluhan tahun. Kalau baru spek brosur aja jangan ditelen mentah”. Makan tuh pns sohc 23 ps & nvl sohc 19 ps on brosur.

  16. modar ooooooooooooooo……. motor di gadang2 ternyata njur muk sakmono… opo goro2 di kebiri karo pihak2 FB….. jangan2 ninja or CBR klo di dyno asli nya cuma 19DK …. opo kata FB kiek…. sekarang yang bisa ketawa group nya mbah darmo kiek… ane tapi ikut ketawa, tapi ngak masuk group nya mbah darmo…

  17. Penasaran pada Juni 26,
    2013 pada 10:25 AM
    Blog saza aza
    menghilang dr
    peredaran. What
    happen?

    —-

    ehmm..

    pakai ngeles dengan nyerang blog sebelah….

    penyakit lama para kutang…

    ekekekekek..

    😀

  18. Gilem kalah sama pikson kalbar yang 19 PS padahal cuma 150 cc.

    Berarti kaga salah gwe punya pikson overstroke 150 cc motor terbaik dunia akhirat.

    Udah tahu begini, ya udah hai pemilik kawasaki pulsar, tak tantangin koe kebut2an di kemacetan

    kan pikson rajanya rpm bawah, kalo jalanan lengang gwe tak ngaso dulu, tak ngudud sek.

    FBY MOde On

  19. itu msh subyektif, coba di test di mesin dyno lainnya sampai 3 – 5 tempat berbeda, kmd hasilnya di grafik dan di rata2.. baru ketahuan rata2 nya brp, hitung juga nilai deviasinya (penyimpangan) ini bisa jd tolak ukur antara mesin dyno yg satu dgn yg lain. mana yg mendekati akurat..

  20. 110. ?? MB@H D@RMO ??
    walau dapat segini cebong tewas di gigi 3 ?
    ekekekekek?
    😀
    =============================================
    Ah masa’ sih?
    Udah pernah ngetes sendiri y?

  21. waduhh…
    diartikel kayak gini masih sempat2nya FBH KOPYOR sidang terbatas fitnes bloger sebelah…

    ekekekekekek….

    😀

  22. terus motor yang pas launching bilang.nya 16,x PS terus di revisi jadi 17PS siapa yaa??,, bukannya itu pembodohan otomotif -__-

    # gak nyebut merek lohh bro, jangan dimarahi yak

  23. 166. ?? MB@H D@RMO ??
    ehmm..
    pakai ngeles dengan nyerang blog sebelah?.
    penyakit lama para kutang?
    ekekekekek..
    😀
    =============================================
    wkwkwk
    nyerang gimana sih?
    ane nanya koq

  24. @ penasaran

    Ah masa? sih?
    Udah pernah ngetes
    sendiri y?

    —-

    ngapain ngetes segala om…
    sambil ngorok pun bisa disimpulkan
    kalo cebong kalah telak…

    ^ gak terima tes sana ja sendiri..

    ekekekekek….

    😀

  25. realnya di jalanan bkn di dyno sma sprti ksus cb vs nvl menang di dyno g msti mng di jalanan ya to…salam dohc

  26. kadang coretan diatas kertas gak sesuai kenyataan.
    Contoh:
    banyak yg bilang p200ns tinggi banget, dan harus jinjit waktu naikin.
    Tapi gak akan berlaku kalo pengendaranya bawa dingklik (kursi kecil) waktu posisi diam (gak jalan). Hehehe

  27. 3 (TIGA) BUSI DICIPTAKAN BUKAN CUMA BUAT AKSESORIES YAAA,…. NTAR JIKA DAH KETEMU SETINGAN YANG TEPAT CEPAT, LIMITER NGAK D BATASIIN….. SSEESSUATUUU……NIH BNTAR LG PUASA HATI2 PADA HATI YANG NGAK SETIA SM HATI NURANI, BICARALAH SESUAI FAKTA. Biarkan masy yang menikmati.

  28. 150. CHM Kurang Mikir
    “Lagian ngga ada bukti DOHC cebong stressfire bisa ngalahin NVL ataupun p200ns dijalanan maupun sirkuit, apalagi dynotest.”
    =============================================
    Jiahahaa
    Yg ada tu malah CB udah dipake balapan tuh di Sentul.
    Malah udah ada OMRnya juga.
    Justru NVL & P200NS tuh yg belum dipake balapan di sirkuit.
    Nyentul dulu donk.. Udah ditungguin CB tuh 😉

  29. 176. ?? MB@H D@RMO ??
    ngapain ngetes segala om?
    sambil ngorok pun bisa disimpulkan
    kalo cebong kalah telak?
    ^ gak terima tes sana ja sendiri..
    ekekekekek?.
    😀
    =============================================
    wakakakakak
    lah ngambil kesimpulannya gimana tuh?
    sambil ngorok atau sambil mepe gabah? 😆

  30. 180. arifudin
    3 (TIGA) BUSI DICIPTAKAN BUKAN CUMA BUAT AKSESORIES YAAA,?. NTAR JIKA DAH KETEMU SETINGAN YANG TEPAT CEPAT, LIMITER NGAK D BATASIIN?.. SSEESSUATUUU??NIH BNTAR LG PUASA HATI2 PADA HATI YANG NGAK SETIA SM HATI NURANI, BICARALAH SESUAI FAKTA. Biarkan masy yang menikmati.
    =============================================
    It’s OK. But, this is stock spec performance bro.
    Tanpa ‘what if’ inilah, itulah, bla bla bla
    17 PS on wheel itu udah jujur loh
    Cukup besar koq. Sesuatu banget kan? 😉

  31. Pulsar 220 DTSi temen owe bisa tembus 17dk standar ting2 pas baru beli tuh…pas jg Dyno di Aerospeed…masa yg 200NS sama2 17dk??ga salah tuh??

  32. mkanya kl mau dyno gede, operatornya selipin merahan minimal selembar, dyno jamin gede dagh

  33. wkwkwk..ko bisa segitu sih?

    Brarti kalo lawan NVL bisa kalah dong nih, secara cm beda tipis di DYNO.wkwkwkw,..

    Tp kalo di aspal, beda lagi.wkwkwk,…

  34. apa yg gue bilang dulu jd kenyataan.

    KIBUL200ns benar2 tukang KIBUL.
    Disunat kaoskaki habis2an powernya. Soalnya ninja biar tetap lebih galak dr KIBUL.

    Note: KawasakI Bajaj pULsar disingkat KIBUL

  35. ada yang bangga bangets cb dah d buat nyentul emang speknya sama apa ama yang d jual bebas???? Dah mencela kbj 200ns,,, kebanyakan dong- dong nih org, baru di lounching ma belum d distribusikan ke pembeli, dah d fitnah , ht2 kena karma, ngak ad yang abadi d dunia, d atas langit msh ad yg lebih tinggi

  36. Penasaran said:

    Jiahahaa
    Yg ada tu malah CB udah dipake balapan tuh di Sentul.
    Malah udah ada OMRnya juga.
    Justru NVL & P200NS tuh yg belum dipake balapan di sirkuit.
    Nyentul dulu donk.. Udah ditungguin CB tuh

    ————————————————-

    Nah, kalo punya otak di pake om, namanya juga OMR, yang diadu sesama cebong. Mosok OMR disitu ada p200ns ama NVL.

    Yg gw tanya kan, emang ada buktinya cebong ngalahin NVL & p200ns di sirkuit? Ada ngga buktinya? Malah nyinggung OMR, kebanyakan makan kutang kali yak…

Comments are closed.