Bro dan sis sekalian….isu tentang suara ngorok pada produk Honda Vario 125 PGM FI nampaknya semakin kencang. Bisa dilihat dari forum WeloveHonda yang membuka tread khusus membahas perkara ini. Setelah coba IWB baca….dari sekian pembahasan, ada satu yang menarik perhatian yakni ulasan dari seseorang bernick name Hasibuanirfan tentang keberhasilannya menemukan pangkal permasalahan ngorok yang ternyata bersumber dari bearing, crankshaft dan crankcase…..

Secara gamblang doi menjelaskan langkah-langkah kongkrit untuk menghilangkan suara yang timbul. Berikut cuplikan yang bisa IWB copas dari Welove Honda…..

“Pada tanggal 7-6-2012, kami berhasil lagi menghilangkan suara ngorok yang berasal dari engine vario techno 125 PGM-FI. Rencananya besok (tanggal 8-6-2012) kami akan buatkan laporan Kualitas Honda (LKH)-nya ke AHM. Hari ini (tanggal 7-6-2012) merupakan unit yang ke lima yang bisa kami hilangkan suara ngorok nya. Masih ada tiga unit lagi yang harus di selesaikan. Data ukur sudah kami dapat, permasalahannya pun jadi jelas berada di mana. Salam satu hati….”

– Astra Motor Plaju/Ahass 11548 Modern Plaju-

Setelah itu, secara terperinci sang sumber melanjutkan sharing pengalamannya kepada para pengunjung forum……

iklan iwb

“Masalah suara ngorok di Vario 125 PGM-FI berada pada bearing, crankshaft dan crankcase. Prosedur mengatasinya yaitu dengan bongkar bagian drive pully, kemudian dorong as crankshaft ke arah radiator dengan menggunakan case puller kurang lebih 1mm. Kemudian drive pully dirakit kembali, ditambahkan bahwa dengan cara ini, dapat menghilangkan ngorok pada Vario yang baru berjalan dibawah 100km. Sementara yang sudah menempuh jarak lebih dari 500km…..ngoroknya sudah tidak bisa dihilangkan karena clearance crankshaftnya dengan crankcase sudah terlalu besar. Dengan ini harus dengan klaim C2 dengan mengganti crankcase sebelah kanan.”…

-WeloveHonda/forum-

Tujuan sang sumber jelas sangat mulia yakni ingin menginformasikan temuannya agar bisa berguna bagi yang lain. Maklum mzbro….menganalisa lebih berat ketimbang memperbaiki. Dan…mereka sudah melakukannya dengan sempurna. Namun konfirmasi bahwa biang ngorok berasal dari 3 komponen yang saling berhubungan (bearing, crankshaft dan crankcase) tak ayal menimbulkan pertanyaan….apakah benar ada yang kurang sempurna pada produk Vario 125 PGM-FI??. Dan kenapa Honda berdiam diri??…..

Bisa dipastikan ngorok tidak akan mengganggu kinerja mesin secara keseluruhan. Tapi…tingginya keluhan dan desakan terhadap suara yang bagi beberapa konsumen lumayan mengganggu, seyogyanya ditanggapi secara serius oleh Honda. Yah…..untuk mencegah simpang siurnya informasi yang malah akan merugikan image sayap mengepak itu sendiri. Last…..bagi penunggang Vario 125 PGM-FI, bener nggak sih ada suara ngorok yang timbul pada motor sampeyan. Dan kalau iya….apakah demikian mengganggu??. Monggo berikan jawaban dan sharing pengalamannya. Maturnuwunnn…..(iwb)

Sumber : Welove Honda

822 COMMENTS

  1. @186 kacau
    Wow, sorry yee, ai kagak pernah dan kagak mau menyebut seseorang sbg sampah.

    @187 sntbt
    Apa gunanya ai jelaskan ke kau,hai tukang fitnah dan adu domba? Bye bye.

    Salam one heart

  2. tambah rame nih, daripada cuma rame di forum, lebih baik rame-rame nyerbu AHM aja…. biar jelas penyelesaiannya..

  3. saya juga pemilik vario 125, jujur suara ngoroknya sangat mengganggu, selebihnya luar biasa (top markotop), pertanyaanya, kenapa AHM meloloskan produk tersebut? kata orang bengkel jawabnya wajar/normal saja. apakah ada recall dari ahm/perbaikan gratis?

  4. menempuh jarak lebih dari 500km?..ngoroknya sudah tidak bisa dihilangkan karena clearance crankshaftnya dengan crankcase sudah terlalu besar. Dengan ini harus dengan klaim C2 dengan mengganti crankcase sebelah kanan
    ————————————————————————–
    kalu dari kalimatnya “jarak dah terlalu besar” artinya ada ruang antara kedua benda tsb, artinya kemungkinan suara mesin terjebak disitu dan bergesekan dgn logam, timbul ngorok,

    bener ngak yach?? sorry ngk ngerti detail mesin

  5. @thole @masterxeon @joni
    ane salut pada kalian semua…hati boleh panas tapi berniat menyelesaikan masalah secara kepala dingin dan dewasa….:two thumb up:
    Semenjak tiga tahun yang lalu selalu pantengin blogger roda 2 baru kali ini ada yang serius kopdar dan dua-duanya termasuk dendengkot fb……gak nyesel deh baca artikel ini…salut buat mas IWB…Ayo blogger yang ada di solo bisa mengabadikan peristiwa ini gak? Akan jadi berita fenomenal banget nih!

  6. @mas iwb
    salut untuk postingan2 yg menguntungkan konsumen macam begini.
    Dan salut juga buat kelancaran berkomen di sini tanpa pake nyangkut…ai like it.
    dua jempol la…

    salam one heart

  7. sbenernya gampang pario tuh merasa tersaingin ma bunyi knalpot sodaranya (new blet) yang “grong…grong” gitu…., pario ga mau kalah makanya dia pake fitur ngorok sound “krox…krox”…

  8. nek judule ki nyangkut” elek’e honda mesti komene akeh pooolll,,,
    enek sing seneng
    enek sing ra seneng
    enek sales liyo sing seneng
    enek sales sing mbelani mati”an
    enek sing arek gelut
    enek sing biasa wae
    enek sing nambah”i elek’e
    enek sing nrimo,,,,wis jan pokok’e nek nyangkut produk honda,,apapun itu pst rame komene,,,

  9. salut buat mas bero yg nemuin solusinya…
    btw banyak juga kawan2 pemakai spacy pgm-fi yang getar di bagian cvt nya… kalau tmen2 mengistilahkannya dengan problem dreded-dreded…
    kebetulan punya ane jg kena dan masih sampai sekarang…
    udah dua mekanik ahass yg benerin tapi blum solve…

  10. Apa…….la dulu bukannya udah dikomfirm ama petinggi H, soal ngorok berasal dr kompresi mesin yg cukup tinggi.lha klo sekarang sebab ngorok karna hal laen….lha itu petinggi H goblok asal njeplak.trus gmna n vsrtk ge yg udh jln 1200 km.gmana ni mas iwan kok dibikin ketar ketir lg….TINGGAL NUNGGU DR AHM…..APAKAH CUMA DIEM BAE……..!

  11. vario oh…vario….fitur bletakmu hilang, ganti sama fitur ngorok, blm lagi jok yg bisa buka sendiri karena per yg kurang keras, bodymu yg aduhai namun tifis…..aku mau…tapi aku mikir dulu ya…!! tunggu aku, kalo kamu sudah perfekto, tlg kasih tahu aku ya…?

  12. kalo jaualan yg ngorok aja laku, kenapa harus yg perfecto………
    kalo konsumen dikibulin aja mau, kanapa harus jujur…..

    konsuman kecewa:mode on

  13. sabar ya…. lebih mending ngorok deh.. timbang beletak…

    kalo nggak percaya.. tanya aja fbh…

  14. Fb sales HONGKONG jng bikin kesel doang lo!siialll……AKU TUKU MOTOR CACATTTTTTTTT……..!

  15. yang merasa kecewa.. nggak perlu kecewa lah…. wong pabrikan yang ngeluarin tuh produk udah untung… mosok pabrikan untung.. konsumennya nggak seneng… piye al… :mrgreen:

  16. 218. mildut – Juni 14, 2012
    Fb sales HONGKONG jng bikin kesel doang lo!siialll??AKU TUKU MOTOR CACATTTTTTTTT??..!

    ————————————————————-
    kalu cacat tu om, motor tuh ngak bisa jalan, pengkor, atau bisu ngak ada suara knalpotnya,

    ini cuma ngorok, kaya ente punya bini, kecapean tidur trus ngorok, artinya masih normal.

    coba mampir ke warung DOHC yg lagi di negara om rossi , dia bilang matic disana rata-rata ngeluarin suara ngorok, bukan cuma honda doang.

    sorry ye, cuma kasih tau, bukan sales ane, ngak bakat jadi sales

  17. yang merasa kecewa. nggak perlu kecewa lah. wong pabrikan yang ngeluarin tuh produk udah untung. mosok pabrikan untung. konsumennya nggak seneng. piye jal. :mrgreen:

  18. sekalian tanya deh sama bro MASTERXEON…kan vario 125i mesin klan dari PCX 125…tapi kok pcx gk keluar Ngoroknya bro…

  19. info yang berguna bagi pemilik vario 125 😀

    yudibatang.wordpress.com/2012/06/14/honda-riding-trainer-didealer-honda-jarang-digunakan/

  20. 220. peyek – Juni 14, 2012

    yg seneng itu karyawan ahm, dari office boy sampai dirut, bonus gede.

    makanye ahm ngak nyiarin moto gp, duit yg milyaran ntuh buat nambah bonus karyawan.

    kalu kecewa, bawa ke ahassm pasti diberesin, wong dah jadi berita nasionak kok.

    rileks aja om, nanti juga selesai kaya vario 110 awal keluar dulu

  21. @221 bdt
    gak baek nyaranin yg menutup2i cacat, itu namanya gak bertanggungjawab dalam berkomentar, alias gak smart….lihat pcx125 itu, ai kagak pernah dengar ngoroknya….yup, pcx125 ada di INDONESIA….bukan di ITALIA.

    salam one heart

  22. 214. mildut – Juni 14, 2012
    SIAL SIAL SIAL???
    —————————————————————
    pantesan ente sial, ngocehnya sial melulu

  23. berikut data yang diminta Masterxeon:
    Nomor rangka: MH1JFC11XCK028449
    Nomor mesin: JFC1E1028112

    Motor saya Vario CBS merah.

  24. Aku kira ngoroknyaVario 125 wajar saja karena memiliki kompresi mesin yang tinggi, yang jadi masalah sebenarnya konsumennya rewel buanget mintanya mesin motornya memiliki suara yang halus. Coba bandingin dengan motor eropa seperti Ducati, nanti suara mesinnya seperti apa. Dan pembeli Ducati pun endak ada yang protes. Jelas yang ramai disini bukan penunggang Vario 125 tapi para perusuh dari negeri dongeng.

  25. 192. tiger 26 – Juni 14, 2012

    wah?klo sy sndri,mas.ga da mslh,ngorok ato apa itu khan da dperhitungkan sm honda,ga da mslh yg pnting irit,,,,toh klo ada ngoroknya jg bs jd ciri khas mesin itu sndri,,,,lgpula jg ga da bedanya kyk mesin 2 tak?cm vario khas spt iti bunyinya
    —————————————————————————

    huahahahahahahahhahahahaha

    2 tak ngorok kalo over heat om… bukan pas di gas langsung ngorok…

    wkwkwkwkwkkwkwkwkwk

  26. 221. BDT – Juni 14, 2012

    218. mildut ? Juni 14, 2012 Fb sales HONGKONG jng bikin kesel doang lo!siialll??AKU TUKU MOTOR CACATTTTTTTTT??..!

    ????????????????????-kalu cacat tu om, motor tuh ngak bisa jalan, pengkor, atau bisu ngak ada suara knalpotnya,

    ini cuma ngorok, kaya ente punya bini, kecapean tidur trus ngorok, artinya masih normal.

    coba mampir ke warung DOHC yg lagi di negara om rossi , dia bilang matic disana rata-rata ngeluarin suara ngorok, bukan cuma honda doang.

    sorry ye, cuma kasih tau, bukan sales ane, ngak bakat jadi sales
    ___________________
    Lha klo bini kecapean ngorok wajar.lha ini motor baru beli.emang dr awal motor dateng dites udah ngorok……sempet jg masalh ini dibahas ma mas iwan.ditanya ke petinggi ahem suara ngorok krn kompresi yg cukup tinggi.piye jal…..!lha klo sekarang ketemu masalhnya seprrti ini……kudu piye jal?konsumen kok cuma digolok2in mulu.sial…..!

  27. 228. jaos_one heart – Juni 14, 2012
    ——————————————————————————
    bukan nyaranin nutupi cacat, cuma kasih tau info ke orang, ada produk bagus matic merk erofa sono juga ngorok.

    nah apakah artinya produk sana cacat semua??????

    pcs 125 disini kagak ngorok, yach iyalah masa om lupa???

    khan produk itu laku dikit, artinya kualiats bagus khan???

    artinya yg beli khan org yg smart dan cerdas, iya toh, dah lupa om??

  28. Saya tunggu janji Masterxeon yang katanya besok sabtu mau benerin motor saya di Timbul Maridy Jaya Kaliwingko.

    Yang lain kalau mau jadi saksi hidup silaken bergabung.

  29. sekarang semakin dikonfirmasi, sales ala fanboihongkong memang sakit dan gila…kagak perduli konsumen.
    Sip, ai memang gak akan pernah membeli mtr hendi apapun, gak salah lagi la…

    salam one heart

  30. 233. mildut – Juni 14, 2012
    ———————————————–
    lah dah tau dari awal , baru dites belum dibeli dah ngorok, dah tau cacat , kenapa juga ente beli ??????

    kenapa baru ribut sekarang?????????

    berarti ente konsumen ngak smart and cerdas , (kalu kata om jaos yah)

  31. 235. joni – Juni 14, 2012
    —————————————————–
    gabung om, dari jauh yach

  32. BDT@BERARTI YAMAHA YG LAKU DIKIT DIBANDING HONDA ,KUALITASNYA LEBIH BAGUS DONG OM!ngibul……….!

  33. @234bdt
    wow….mantaap, benar2 gak bisa ngerti rupanya….agak bebal.
    Bandingin dgn di eropa itu soal ngorok, u bisa tau buktinya gak? Seberapa lama tau gak? hahahah…
    udah…daripada ketinggian koar2, mending yg di depan mata la, tu vario kan turunan pcx, nah pcx125 gak ngorok kenapa turunannya ngorok? masak starter bisa jadi halus ngorok yg didapat? kenapa gak dapat halusnya vario110?
    kita ini bukan ngomongin soal konsumen yah, tapi produk yg dijual ini. Krn ada produk dari merk lain yg satu segmen dgn vario125 ini, tapi gak pake ngorok.

    salam one heart

  34. Buat yang masih membela AHM,alias fbh pliss jadi orang jangan lebay,,

    Saya ini pemilik Vario 125 dan terus terang merasa dirugikan. Gue aja yang punya motor honda ga selebay ente sekalian.. .Kalo emang produk AHM bermaslah ya jujur aja napa sih?

    Kalau mau jadi saksi hidup penyelesaian ngorok Vario 125 silaken gabung di Timbul Maridy Jaya jam8 pagi hari sabtu besok. Mari lihat apakah janji2 Masterxeon akan dipenuhi.

  35. wow………pertemuan antara konsumen biasa pemakai vario125 dan fanboihongkong…
    mantaap……ditunggu updatenya

    salam one heart

  36. 233. mildut
    ——————————————————————————-
    sorry om, minta maaf yach,
    tenang om,

    AHM itu, perusahaan yg menghidupi ribuan karyawan, mungkin salah satunya kerabat anda tau teman anda.

    jadi kalu dia ndak bertanggung jawab, end produknya ngak laku, artinya karywannya akan kena imbas.

    so, berpikirlah yg positif dan jernih, AHM pasti tanggung jawab, dia juga ngak mau pabriknya tutup khan ??

    ingat:

    pin baut vario awal, dah diberesin

    starter bletak dah diberesin

    ngorok???????? masa ngak diberesin,

    tunggu tanggal main nya aja om

  37. jangan lupa ya om@joni…
    fotoin sales Honda yang ber inisial M*****X***

    kali aja orangnya ganteng… :mrgreen:

Comments are closed.