Bro dan sis sekalian…banyak biker terperanjat atas kekalahan mutlak Ninja 250R pada ajang balap IRS Kejurnas 250cc. Gap yang lumayan jauh dengan pembalap CBR250R tak ayal membuat siapapun bertanya-tanya….sudah sebegitu parahkah kemampuan Ninja 250R ??. Jujur IWB tidak terlalu kaget dengan fakta yang terjadi. Lho koq bisa begitu??. Oke…IWB coba gali, analisa dan telusuri berdasarkan ilmu ngawur pengalaman 25 tahun mengenal sosok yang bernama kuda besi….
Kalau kita membicarakan sebuah motor, banyak hal teknis rumit yang cukup kompleks untuk dibahas. Segala faktor yang membuat motor menjadi superior mulai dari mesin, hitungan geometri, distribution weight, power to weight ratio dan segala tetek bengek yang membuat laju, handling sikuda besi mampu melibas tikungan serta braking secara terukur dan terkontrol. Kenapa IWB angkat mengenai ini?? sebab beberapa hal diatas tidak bisa kita lepaskan atas gagalnya squad genk ijo mengimbangi keampuhan CBR250R. Maksude piye??…
CBR mengalami peningkatan pesat?? tidak diragukan!!. Berbagai komponen seperti radiator yang makin besar, seting ulang ECU pemangkasan bobot, plus engine telah membuat CBR250R menjadi sebuah mesin yang angker. Namun kita tidak akan membicarakan sisi engine. IWB lebih tertarik membahas sisi pengendalian. Karena menurut analisa pribadi, faktor itulah yang menjadi titik awal gagalnya Ninja250R mendulang sukses. IWB yakin, saat inipun jika Ninja250R dan CBR250R pada posisi imbang untuk PWR setelah dikalkulasi output power masing-masing motor, Ninja 250R akan tetap kesulitan mengimbangi gacoan Honda dilintasan balap. Kenapa??…
Gaya G brosis!!. Yup…pressure gravitasi yang diderita Ninja 250R lebih besar. Power?? keyakinan pribadi Ninja tidak kalah. Pihak panitia pasti sudah menghitung secara akurat PWR sebelum ketuk palu regulasi diumumkan. Namun….patut dicatat bahwa balap tidak melulu tentang mesin. Pihak otoritas sepertinya lupa akan hal itu. Handling juga menjadi faktor utama untuk memenangkan balapan. Dengan bobot lebih enteng 25 kg, CBR250R bakal makin lincah. Entry corner bisa lebih dalam, braking point makin dekat serta kailan tenaga keban tersalurkan dengan sempurna. Hal ini berbanding terbalik tentang Ninja250R….
Beban gaya khususnya dorongan gravitasi yang ditanggung oleh genk ijo lebih besar. Efeknya…titik pengereman ditiap tikungan tidak akan mampu sedekat CBR250R. Dengan kecepatan sama…lewat bobot makin berat, rider dipaksa membejek rem lebih cepat untuk mendapatkan titik berhenti ideal. Dengan braking point lebih jauh….bisa ditebak motor akan sedikit lambat masuk tikungan. Begitu pula entry corner. Gaya G yang lebih besar membuat tekanan pada suspensi, ban serta seluruh komponen kaki-kaki mengalami pressure berlebih. Dampaknya…Ninja 250r tidak akan mampu menyamai kemampuan entry corner CBR250R. Ingat….dalam sebuah balapan melebar sedikit saja dari racing line akan berdampak pada peroleh waktu. So beda sepersekian ribu detik perlapnya bakal berpengaruh terhadap hasil akhir…..
Tidak bisa diingkari…selama ini kita hanya konsen tentang engine dalam sebuah balapan. Padahal ada satu faktor penting yang sering dilupakan yakni handling atau pengendalian. Yah..memang dilema untuk membuat regulasi yang pas. Sebab disisi lain Ninja 250R mempunyai basis engine pararel yang memang tetap tidak fair kalau kita sandingkan head to head dengan CBR250R tanpa campur tangan pembuatan regulasi. Tidak ada yang bisa disalahkan. Tentu saja tetap pabrikan yang menjadi biang rumitnya kondisi ini. Coba kalau Honda sudi membuat Honda CBR250R dengan mesin pararel engine. Atau Kawasaki brojolin Ninja 250R single silinder biar sama-sama imbang . Walau judule ngimpi….pasti balapan lebih seru dan enak dilihat…
Last.…untuk meraih kemenangan kini bukan sesuatu hal yang mudah bagi genk ijo. Mereka kudu bisa mengoptimalkan kailan tenaga dua silinder diluar kemampuan handling melibas tikungan. Sebuah hal yang sepertinya susah mengingat kelebihan beban yang digendong sasis. Terbukti M. Fadli tak mampu berbuat banyak dibalap pembuka kemarin.? Apalagi tim sayap mengepak nampaknya juga makin serius terjun dalam dunia racing. Bobot lebih enteng 25KG, mesin makin powerful, teknisi mumpuni? serta dukungan penuh dari ATPM. Sebuah kombinasi yang IWB prediksi akan meruntuhkan dominasi Kawasaki pada balap IRS Kejurnas 250CC 2012. Kita tunggu saja untuk membuktikan…..(iwb)
jika membaca data dari blog berikut, cbr menag tipis meski tampa regulasi bobot.
yang belum ada datanya adalah berat pemenag OMR ninja.
lutfi117.wordpress.com/2012/04/24/kalau-cbr-250-art-vs-ninja-250-spek-ffaomr-gimana-kira-kira-hasilnya/
Menurut ane sih yang hebat ya bung benny djati dari star motor,, kalau motor sih baik cbr maupun ninja masing2 punya plus minus, tinggal pinter2nya mekanik buat nge-tune motor tersebut, yang tentunya didukung oleh input yang tepat dari pembalap
Tapi ane setuju sama mas iwb yang intinya kesenjangan berat nyampe 25 kg itu terlalu jauh
Pio Z bisa menang juga kayanya… hahaha:D
Kalo beban motornya tetep disamain apalagi yah alasannya kalo ninja tetep kalah??? 19 detik ajaib lho ….
bahasan yg sangat menarik……,
Dan memutar penjualan motornya 🙂
—
http://www.dk8000.co.nr
jualan ikut moncer gak ya…….
Kalo berat motornya sama tapi berat pembalap ninja lebih berat 25 KG kira kira CBR bisa menang nggak???
syukur….sodara jauh menang………….
25 Kg mah gak ada artinya…Big Valve CBR yg jadi kuncinya…gak percaya CBR standar,port polish,Big valve,ganti injeksi,ecu, 42 HP on crank mah gampang didapet…gak percaya nih biar gak Hoax…
http://www.youtube.com/watch?v=p9CePPkymF8
hebat
mas, jangan lupa juga, ini cbr udah abs kan, pengereman pasti lebih bagus daripada ninja yang sistemnya masih biasa 😀
Mudah2an team art menulis +15kg di tangki +10kg di buntut… 1cylinder mode [ON] di sayap… Mantep dah…
si ninin kebanyakan makan, trus kekenyangan jadi dia kagak kuat lari,.
cbr standar 160 kg++ bole diet ampe 130an
ninja standar 150kg++ enga bole diet
adil banget kata fbh 😆
memang gak bisa dilihat dari mesin doang
ajrix.wordpress.com/2012/04/23/ganti-sendiri-oli-new-honda-blade-sendiri/
Sing sabar yo mas iwb
Akeh fans berat yg rada gila, mosok cs1 setara ninin250. .
Wkwkwk
Stres kui sing ngomong, sejen maning yen cs1 + jet sukhoi baru percaya atau’a sing numpak cs1 malaikat pencabut nyawa. .
Hadeh hadeh. .
Paling kenceng itu Yamaha ScorpioZ,apalagi bore up piston angkot,CBR,Ninja,Desmosedici mah cemen
25 kg gak ada artinya? hahahaha… justru itu sangat berarti. Apa beda MotoGP dengan WSBK? Salah satunya ya berat itu. Sampai saat ini motor2 CRT belum bisa nyamain berat motor prototype yg sangat enteng.
Ambil contoh balapan mobil, kelas GT1 lebih kenceng dari GT3, karena salah satunya adalah GT1 lebih enteng 200 kg dibanding GT3.
Berat itu ngaruh sekali, makanya kemaren Stoner marah2 karena regulasi motogp berubah dengan menambah 4 kg.
Ambil contoh lain, kenapa pedrosa selalu punya top speed tinggi dan akselerasi kenceng? karena beratnya pedrosa ringan banget, bahkan bisa selisih 20 kg sama pembalap lain. Makanya kalo adu di trek lurus daped selalu bisa ngejar. Kalo start bisa nyodok kedepan.
Masih anggap 25 kg gak ada artinya?
heh siapa sekarang yg masih keras kepala kalo ninja4tak paling kenceng ??!!!
BULLSHIT !!!
nih faktanya ninja4tak yg dibangga2in twin engine paralel KALAH TELAK lawan CBR250 yg single paralel
MALU MALUIN aje !! 😈
😆
ada 2motor sama misalnya cbr…tp yg satu di tambahi bobot 1buah gas 15kg+3buah gas 3kg+1kg jajanan pasar…dicantolin dibody motor dengan stabil…tuz cbr nya dibalapin dah…menang yg mn hayo??:-D
tu baru cbr yg torsinya gede..kalo ninja yg dicantoli…ngeden aja x yak…mo dpt rpm atas gmn gt??
regulasi aneh
uda saatnya kmi keluarin ninja 250 versi injeksi,sebab nama ninja 250 bisa jd bulan2an ejekan nantinya
pemenang dalam balapan adalah yang bisa mematahkan tikungan….
Ninja kalah lawan CBR ????
FENOMENA APA INI ???? 😆
gue heran…yg jadi masalah tu regulasi yg complang…ni kenapa ad yg banggaen CBR mati2an ya?
kalo situ taw CBR lbh hebat dari ninja berati situ setuju dong kl pembatasan beban 25kg lbh berat tu ga adil…
regulasi gini ni kesalahan fatal panitia yg buat tu peraturan…mrk tidak taw kemampuan maksimal masing2 motor sehingga mereka tidak bs menciptakan regulasi yg adil…thats all
@Botax
bener2 manteb videonya, 42 hp, cuman biayanya $4000, hampir 40 juta, sama dengan harga motornya
bobot motor + dana gedhe + benny djati + persiapan..
kasian ya yamaha suzuki ga ikutan..
Hallo FBY nyamar kalau liat selisih waktu 19 Detik tampa ada pembatasan berat menurut anda semuanya apakah CBR bisa dikalahkan Ninja apa kagak? Kalaupun bisa dikalahkan berapa detik Ninja di depan CBR.
Menurut saya kemungkinan CBR masih di depan Ninja walau tidak signifikan minimal imbang. Sekarang pertanyaan apakah kelebihan dua silinder yang sehingga banya di antara anda menganggap CBR Lemot itu? Sunnguh anda telah mememalukan diri anda sendiri.
Kalau seumpama tampa pembatasan berat ternyata masih kalah apakah anda sekalian akan mengatakan perbedaan setelan obeng dengan notebook, seperti beberapa komentar diantara anda.
Lantas kenapa banyak dari anda merasa CBR yang modern, Injeksi 1 piston di anggap overprice, padahal dilengkapi dengan banyak firtur modern lainnya seperti ABS, digital speedometer dll. Disnilah anda semua sungguh telah memalukan diri anda sendiri, Mencaci CBR tapi menunjukan Cacian anda itu sebagai kelemahan motor yang anda dewakan. Sungguh komentar bodoh yang anda berikan.
CBR dan Ninja tidak bersaing berebut kelompok comunity. Hanya alay-alay dan Fanboy sebelah yang ngak punya gacoan yang anti Honda yang menganggap CBR dan Ninja itu saingan.
Salam Community 250 cc Keep Brotherhood, Except FBY
19detik itu dr total waktu balap apa lap bro?
ya kl msh unggul cbr bila bobot dsamaen ya wajar dong…tu arti g complang regulasi…nah situ yakin bobot sama tep menang cbr..tuz nyalahin 2silinder…sekarang balik lagi deh fungsi regulasi tu apa tah?
saya gag dukung motor mana jg..malah dr awal yg saya lihat regulasix bkn mtrx…mo cbr ap ninja yo sn…g urus…saya sih yg pasti ja hbeat matic soal tu mtr sy…gag lebay meskipun situ mtrx cbr tp motor situ apa yg terjun di IRS?
Sudah dong jangan dipojokin terus si cbr kasihan fbh
ntar kalo fbh marah bakal ngeluarin jurus pio piston angkot diasepin cs1 di trek lurus
lama2 capek juga yah ribut2
tetep ane pilih cbr karena lebih canggih
walaupun dulu udah kepincut nenen
masih musim bongkar motor pake puter2 obeng mulu?
sekarang jamannya laptop brooo
masih musim was2 pas ujan kalo mau ngerem?
sekarang jamannya ABS bro
masih musim speedo tahun 80an?
sekarang jamannya digital bro masa kalah sama spido nya sijuki fufu
masih musim ban cungkring gitu?
sekarang jamannya ban lebar bro,handling mantep, masa kalah sama om banteng byson
tambah lagi
masih musim BIJI PANAS gara2 mesin masih karbu 2 biji?
sekarang jaman injeksi bro ga terlalu panas walau cc gede
tahan omelan pacar sendiri gara2 jok belakang kecil?
ya elah buat harian ini cari yang nyaman aja ;mrgreen:
Artikel’e orak nguati… 😳
Penuh kata dilematis…
Mengandung Oyeee… 😆
82. Hermesh – April 24, 2012
Sudah dong jangan dipojokin terus si cbr kasihan fbh
ntar kalo fbh marah bakal ngeluarin jurus pio piston angkot
diasepin cs1 di trek lurus
=========================
Apa gak kebalik? Bukankah yang terpojok yang selama ini memandang sebelah mata terhadap kemampuan CBR yang satu silinder. Dan cemoohan itu sudah dilakukan sejak CBR masih belum lahir. Bahkan pada IRS tahun kemarin sampai ada yang nulis artikel, hanya CBR Moriwaki yang bisa ngimbangi N250. Mindset yang sudah sedemikian merasuk tentang inverioritas CBR inilah yang membuat tidak siapnya mental mereka untuk menerima kenyataan akan kemenangan telak CBR VS N250. Anehnya, hal ini lebih banyak dialami oleh FB yang motornya tidak turut dalam IRS. Dasarnya hanya kebencian mereka saja terhadap CBR, umumnya produk honda. Mereka begitu takut kalau sampai benteng terkhirnya (segmen sport) akan jebol dengan makin bersinarnya CBR.
Any question?
Udah dr pada bingung turunin aja KRR150 SE PDK R1 yg bobotnya cma 125Kg . dilihat dr bodinya cukup ramping & aerodinamis, plus speed standard yg 220Km/h (korek bisa 250Km/h). Syang skr bukan dijamanya lagi. #just Kidding# Bro. Walaupun jadul tapi LEGENDARIS.
Masih pada inget ga musim GP 500 (tahunnya saya lupa) dimana pada waktu itu ada motor dengan mesin 2 silinder (NSR500V2, Tadayuki Okada, Siniichi Itoh), 3 silinder (Proton KR3, Kenny Roberts Jr) dan 4 silinder (NSR500, YZR500, RGV500) perbedaanya adalah berat kendaraannya.
Klo misalnya berat antara CBR250R dengan Ninja 250R disamakan, maka opsi yang ada adalah penambahan kubikasi pada CBR250R.
iseng2 saya hitung berdasarkan WSBK perbandingan antara 1000 cc dan 1200 cc (Ducati) :
1000/1200 = 250/x
5/6 = 250/x
5x = 250 * 6
x = 300 cc
Dengan cc segitu berarti CBR250R diboreup menjadi 300 cc
Jadi mamematika yach
CMIIW (setelah kondisi begini masih ada yg protes, mending balap karung aja)
lama2 capek juga yah ribut2
tetep ane pilih cbr karena lebih canggih
walaupun dulu udah kepincut nenen
masih musim bongkar motor pake puter2 obeng mulu?
sekarang jamannya laptop brooo
masih musim was2 pas ujan kalo mau ngerem?
sekarang jamannya ABS bro
masih musim speedo tahun 80an?
sekarang jamannya digital bro masa kalah sama spido nya sijuki fufu
masih musim ban cungkring gitu?
sekarang jamannya ban lebar bro,handling mantep, masa kalah sama om b*nteng b*son
tambah lagi
masih musim BIJI PANAS gara2 mesin masih karbu 2 biji?
sekarang jaman injeksi bro ga terlalu panas walau cc gede
tahan omelan pacar sendiri gara2 jok belakang kecil?
ya elah buat harian ini cari yang nyaman aja ;mrgreen:
_____________________________________________________
wkwkwkwwkwkwkwkwkwkwk……… ASLI… Ejekan yang Kreatif dan Inovatif…. tapi kalo boleh jangan sebut merk yach… gak enak nanti hilang brotherhood-nya…
masih ada yang mau nambah… ??????
motor lemot?? ikut indoprix az om drajat mode : on
@84
klo buat harian pake matic aja bos, nyaman bgt..:D
murah lagi
ea makin panas aja,
apalagi ninja 250 yang make biji nya pada panas :ngakak
ingat yg kita beli adalah motor standart bukan yg spek balap.. jdi ingat jupieQ di asapi dgn mudah sama Shogun SP 👿 pdhl di IP & MP jupie sering menang
salut buat honda dan tim nya om benny,
semoga pihak regulator bisa mencari ramuan biar semua bisa berjalan seimbang…, inget dulu di wsbk, pabrikan jepang *inget, ‘jepang’ nih, bukan cuma K, Y, S ato H*, ngancem mundur kalo ketimpangan dengan ducati yang lebih irit 2 silinder gak diakomodir ama flammini, dan juga sebaliknya, waktu ducati mulai merasa jadi bulan2an motor 4 silinder pabrikan jepang. toh dengan ramuan yang pas, semua persaingan tetap merata…, cmiiw
semoga dengan persaingan yang seimbang, balap 250cc ini yang diharapkan untuk ramai dan bisa jadi ajang pembibitan untuk ke jenjang yang lebih tinggi, gak akan cuma seumur jagung karena ada pihak2 yang merasa g bisa bersaing dan akhirnya mundur teratur dan cuma jadi kelas OMR
hal ini juga bisa jadi cambuk buat kawasaki untuk melakukan riset lebih dalam lagi biar gacoannya bisa bersaing, diluar faktor regulasi tentunya
syukur2 ada pabrikan lain yang lagi molor yang terusik trus meramaikan kelas ini…, kan kita juga penonton yang seneng disuguhi atraksi menarik bin gak boring….
terakhir…., buang jauh2 fanatisme sempit antar merk, fanatik boleh, g suka merk lain boleh, cuma gak perlu lah menghujat ato mencela merk yang gak kita pake ato yang g kita suka…, si jepun yang punya merk, yang punya pabrik motor, juga bisa bersikap sopan dengan pesaing, walo mungkin cuma basa-basi, kenapa kita yang cuma user, yang bayarin dan bikin mereka kaya, kok malah jadi ribut dan saling mencela, padahal katanya sama2 satu nusa satu bangsa….
wassalam…
poin penting Handling yg menjadikan yamaha juara walau power dibawah honda apa lg ducati sampai akhirnya ada stoner yg bisa mengesampingkan handling motor dgn skilnya, duc aja dijinakan apalagi 212
sebenernya Ninjanya aja yg terlalu ngremehin CBR. Kuapok… sekarang mewek… yg inilah…yg itulah….
halah cemen… kayak eFBeYe…..
tapi ya kasian juga sich liat ninja di hajar habis-habisan ama CBR…
secara gue suka tampang Ninja yg Cakep tapi culun itu….
kenapa CBR menang lawan Ninja????
1. Karena Setingan CBR yg terlalu Sadizzzzzzzz…..!!!!!!!
2. Karena Team Kawaksaki super Ngremehin……!!!!!
3. Karena nama Besar Honda yg bikin Racer CBR semangat 45
4. Karena motogp 2011 Honda yg juara 1 *(gak nyambung….)
kalo mintanya FBY berat Ninja dan CBR disamain sebenrnya FBH seneng2 aja…. knp?
1. kalo CBR kalah itu wajar dr spek udah beda…
2. Kalo Ninja Kalah mau ditaroh dimana mukanya Team FBK dan FBY.
3. tetep yakin gak semudah ntuh ngalahin CBR250R
4. Karena motogp 2011 Honda yg juara 1 *(gak nyambung?.)
sebenernya Yamaha Scorpiyo Z boleh ikut loh….
cpa tau bisa *menang
*menangis krn mesin ambrol….